Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. SITI FAIZZATUN NAJAH
    858170647

    menurut saya yang dilakukan guru dalam video saat berhenti bercerita saat ada siswanya yang mengobrol sudah benar tetapi ada beberapa yang harus di perbaiki yaitu
    – cara mengatasi posisi duduk anak bisa dilakukan dengan melingkar mengelilingi karpet lalu guru berdiri ditengah-tengah
    – Usahakan cari media yang bisa menarik fokus anak, misal bercerita menggunakan finger puppet, gambar yang menarik / bercerita menggunakan laptop dengan menunjukkan video animasi sehingga anak biasanya mudah tertarik.
    – Usahakan jalan cerita yang akan diceritakan jangan monoton tapi lebih divariasi dalam gerakan dan gesture tubuh, sehingga anak bisa ikut serta masuk kedalam alur cerita tersebut.
    – Usahakan pisahkan anak yang suka ngobrol (ribut) dengan anak yang ingin mendengarkan cerita tersebut.
    – Pastikan anak yang ngobrol/tidak fokus duduknya didepan guru, sehingga kita sebagai guru bisa mengamati anak tersebut.
    – Dalam kegiaatan bercerita jika dirasa mulai membosankan guru dapat menyelipkan kegiatan circle time atau ice breaking, agar dapat memicu anak kembali bersemangat dalam mendengarkan cerita lagi.

  2. Nama: Rike Nur Janah
    NIM: 858733523
    Prodi: S1 PGPAUD AKPMM
    Tutor: Hj.TETIN SYARIFAH,M.Pd

    izin menanggapi video GPO tentang “Anak yang mengobrol di kelas saat PBM”. Peran guru cukup baik ketika berupaya membuat suasana kelas kembali kondusif dengan menghentikan kegiatan pembelajaran untuk memenangkan suasana kelas, memisahkan dan memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru. namun saya memiliki masukan untuk strategi pembelajaran agar anak bisa fokus dan menyenangkan ketika kegiatan bercerita yaitu dengan bermain ice breaking seperti gerak, lagu, tepuk variasi terlebih dahulu sebelum kegiatan dimulai, mengatur posisi duduk anak dengan membentuk lingkaran, membuat tujuan dari kegiatan tersebut, menyediakan media bercerita yang menarik, melibatkan anak ketika bercerita, mendramatisir cerita, serta memberi reward ketika anak dapat mengikuti kegiatan tersebut.

  3. Nama : Siti Nur Rochmawati
    Nim : 858170955
    Program Studi : S1 PG PAUD
    A.Judul Video :Anak Ngobrol di kelas Saat PBM.
    Nama pengembang Video:Megawati Simanjuntak,SP.MSi
    Lokasi : Didalam Kelas
    Kelompok Anak :Paud
    Ringkasan Materi : Strategi Pembelajaran Agar Anak dapat Menyimak dan Mendengarkan Ketika Guru Bercerita.
    B.Didalam video tersebut upaya guru untuk mengatasi ketika ada anak yang ngobrol ketika pembelajaran/bercerita sudah bagus,dengan memberhentikan berceritanya dan menghampiri anak yang mengobrol.Dan kemudian memisahkan mereka dengan cara memposisikan tempat duduk salah satu diantara mereka dekat dengan guru.
    Jadi didalam video tersebut guru sudah melakukan asesmen.

    C.Menurut saya ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan,yaitu:
    1.Ajak anak untuk ice breaking terlebih dahulu(bermain tepuk,bernyanyi dll) untuk mendapatkan perhatian
    2.Memberikan wawasan atau aturan saat kegiatan sudah dimulai
    3.Mengatur tempat duduk(secara melingkar).
    4.Melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran(memberikan kesempatan untuk bertanya atau menjawab).

  4. Nama: Rike Nur Janah
    NIM: 858733523

    Berikut pendapat saya:
    a. Identitas Video “Anak Mengobrol di kelas saat PBM”
    Penulis naskah: Megawati Simanjutak, SP,MSi
    Seri Pembeajaran: Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Ringkasan Materi dalam video GPO tersebut:
    dalam pelaksanaan kegiatan bercerita tersebut peran guru cukup baik dalam menjalankan asasmen dengan berupaya membuat suasana kelas menjadi kondusif, ketika anak sedang sibuk mengobrol dan tidak mendengarkan guru. guru menghentikan kegiatan pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dan memposisikan anak duduk dekat dengan guru, namun saya memiliki tambahan untuk strategi pembelajaran agar anak dapat fokus dan membuat suasana pembelajaran menyenangkan dengan mengajak ice breaking seperti gerak, lagu, tepuk variasi sebelum kegiatan pembelajaran atau bercerita dimulai, menggunakan media yang menarik seperti boneka peraga, melibatkan anak dalam bercerita agar anak antusias, mendramatisir cerita agar anak tertarik apa yang ada pada cerita tersebut, mengatur posisi duduk anak dengan melingkar, serta memberi reward pada anak ketika anak dapat memahami rule dan tujuan dari kegiatan tersebut.
    Demikian pendapat dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan penyampaian kata. Terima Kasih

  5. Strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi anak yang ngobol saat PBM sudah sangat bagus namun Guru perlu memperhatikan kembali media pembelajaran yang akan digunakan, yaitu dari segi ukuran dan tampilannya agar bisa menarik perhatian anak-anak. Hal kedua yaitu tidak adanya guru pendamping yang ikut serta dalam menertibkan kelas.

  6. Nama : Dina Mariana Mokoginta
    Nim : 859860948
    Prodi : PGPAUD
    Strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi anak yang ngobol saat PBM sudah sangat bagus namun Guru perlu memperhatikan kembali media pembelajaran yang akan digunakan, yaitu dari segi ukuran dan tampilannya agar bisa menarik perhatian anak-anak. Hal kedua yaitu tidak adanya guru pendamping yang ikut serta dalam menertibkan kelas.

  7. Nama Maesun Hayati
    Nim 859130789
    Prodi PG PAUD

    bissmillahirrohmanirrohim…
    Saya akan menanggapi video GPO tentang Anak yang mengobrol saat kegiatan proses belajar mengajar.

    Tanggapan saya tentang video di atas adalah bagi saya peranan guru di dalam video tersebut sudah sangatlah baik dengan berusaha menenangkan anak-anak yang sedang mengobrol, berhenti bercerita dan menghampiri anak kemudian memindahkan tempat duduk anak.
    Sebenarnya, sebelum guru melakukan kegiatan bercerita sebaiknya guru melakukan kegiatan ice breaking agar anak-anak menjadi bersemangat dalam mendengarkan cerita, kemudian guru juga dapat menambahkan variasi tepuk tangan saat anak-anak mulai bosan. Dengan kegiatan ice breaking dapat mengembalikan kefokusan anak juga.
    Untuk kelemahan guru dalam video tersebut adalah guru belum mampu mengatur posisi tempat duduk anak, sehingga ada beberapa anak yang kehilangan kefokusan saat kegiatan bercerita berlangsung.

    Namun, kita semua pasti pernah mengalami hal seperti ini, dan sayapun sering mengalami nya. Dari tanggapan-tanggapan teman-teman semua saya mendapatkan pencerahan dan ilmu yang dapat saya salurkan dan saya praktekkan di kelas saya nantinya.

    Terima kasih

  8. Nama: Juita Berutu
    NIM : 859886711

    Menurut pendapat saya strategi yg telah dilakukan ibu guru dalam video tersebut sudah sangat tepat sekali.Dengan kita melakukan pendekatan pada anak yg suka mengobrol pada saat proses pembelajaran akan sangat membantu kita untuk lebih mudah dalam mengarahkan dan menjelaskan pelajaran pada anak.Saya juga melakukannya di dalam kelas,agar anak tidak terlalu merasa di tekan/takut saat kita memisahkannya dengan teman yg tidak ribut/mengobrol saya biasanya memangku si anak dan memberitahukan apa kesalahan yg diperbuatnya.Saya melihat si anak akan mudah memahaminya.

  9. Nama Maesun Hayati
    Nim 859130789
    Prodi PG PAUD

    Bissmillahirrohmanirrohim…
    Saya akan menanggapi video GPO tentang anak yang mengobrol di Kelas saat kegiatan bercerita. Tanggapan saya tentang video di atas adaah bagi saya peranan guru di dalam video tersebut sudah sangatlah baik. Dalam pelaksanaan kegiatan bercerita terlihat pada video di atas suara dan intonasi guru sudah baik dan mengunakan variasi suara nya juga.
    Nah, pada saat proses kegiatan bercerita berlangsung ternyata ada anak didik yang sedang asik mengobrol dengan teman nya dan guru berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan memindahkan tempat duduk anak. Guru sangat sabar dan tenang saat menghadapi anak seperti itu.

    Masukan dari saya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru dan harus di perbaiki adalah :
    1. Sebelum guru melakukan kegiatan proses belajar mengajar, alangkah baiknya guru melakukan kegiatan ice breaking agar anak-anak menjadi bersemangat selama mendengarkan cerita kita.
    2. Mengatur posisi tempat duduk anak seperti duduk berbaris lurus, melingkar, membuat posisi duduk seperti huruf V akan lebih menyenangkan.
    3. Mengunakan media yang lebih menarik dan tidak membuat anak cepat bosan. Karena sejatinya anak-anak memiliki sifat yang cepat bosan, jadi sepintar dan kreatifnya kita sebagai guru untuk mengatasi hal seperti itu.

    Setiap guru pasti pernah mengalami hal seperti ini dan sayapun sering mengalami hal seperti ini, namun banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari masukan-masukan yang di berikan oleh teman-teman semuanya.
    Terima kasih.

  10. assalamualaikum saya mau menanggapi vidio tersebut
    Nama : ALFIA INDARWATI
    Nim ; 857599977
    pokjar KEBUMEN
    prodi PGPAUD
    dalam vidio tersebut menampilkan guru yang sedang melakukan pembelajaran mendengarkan cerita didalam kelas, ada anak yang fokus mendengarkan guru saat bercerita, ada juga anak yang ngobrol sendiri, bediam diri dan ribut sendiri , guru harus cepat untuk melakukan asesmen mengenai perilaku anak-anak yang sedang mengobrol dan melalukan evaluasi untuk menemukan solusi dari kendala ini . Guru mencoba untuk mengendalikan situasi dengan memanggil anak yang berbicara sendiri terlebih dahulu, kemudian guru memisahkan murid yang tidak mau memdengarkan cerita ini untuk duduk didekat guru, guru memberikan sedikit nasehat kepada murid agar mendengarkan cerita. Setelah menenangkan situasi guru melanjutkan cerita. namun ketika anak mulai berbicara sendiri lagi guru segera mengubah formasi duduk anak dengan memisahkan anak yang berbicara sendiri saat guru bercerita dari anak yang mendengarkan cerita
    .maka dari itu guru paud harus kreatif misal sebelum mendengarkan cerita,guru membuat aturan main misal tidak boleh bicara ketika tiba waktu belajar, guru membuat permainan terlebih dahulu bisa dengan nyanyian,memberikan apresiasi kepada murid yang tertib ,mencari buku yang ada gambarnya /menambah alat peraga

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/