silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Lidiya Nur Vitasari
    NIM : 857987903
    dari video tersebut saya mendapat gambaran bagaimana mengatasi anak yang asik mengobrol saat pbm dimana anak mengobrol saat PBM itu adalah masalah yang sering kami hadapi, dari video tersebut saya belajar mengatasi hal tersebut.

  2. Video ini bermanfaat untuk guru dalam mengatasi anak yang mengobrol saat belajar. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi anak tersebut sudah tepat dengan mengadakan variasi permainan misalnya bertepuk tangan, memisahkan anak yang suka mengobrol, memberikan reward kepada anak di akhir pelajaran, dengan cara tersebut anak tidak akan mengobrol dan berusaha lagi agar bisa mendapatkan reward.

  3. NAMA : SITI ROFIAH
    NIM : 856259634

    Situasi yang terjadi dalam cuplikan vidio pembelajaran diatas memang sering kita temui disaat kita mengajar, solusi yang di berikan dalam vidio pembelajaran ini sangat membantu seorang guru disaat guru tersebut mengkondisikan kelas, . Kondisi kelas yang tenang dan kondusif sangat membantu keberhasilan proses pembelajaran. Adapun solusi yang diberikan dari vidio pembelajaran ini adalah sebaiknya guru dapat mengubah strategi pembelajarannya . Apabila guru akan memulai bercerita / kegiatan pembelajaran pastikan anak sudah tenang dan sudah siap untuk mendengarkan atau belajar, sajikannlah kegiatan pembelajaran yang dikemas secara menarik ,disinilah kreativitas guru harus ditunjukkan.
    Dalam vidio di atas guru diberi langkah-langkah yang dapat dilakukan jika peserta didik sibuk mengobrol atau bercanda dengan temannya , diantaranya peserta didik diminta untuk ikut aktif dalam kegiatan bercerita atau kegiatan belajar, memisahkan anak yang ribut, memposisikan anak dekat dengan guru , dan memberikan reward apabila iya berhasil merubah perilakunya ,bisa tenang saat guru bercerita atau kegiatan pembelajaran.

  4. NAMA : SITI ROFIAH
    NIM : 856259634

    Situasi yang terjadi dalam cuplikan vidio pembelajaran diatas memang sering kita temui disaat kita mengajar, solusi yang di berikan dalam vidio pembelajaran ini sangat membantu seorang guru disaat guru tersebut mengkondisikan kelas, . Kondisi kelas yang tenang dan kondusif sangat membantu keberhasilan proses pembelajaran. Adapun solusi yang diberikan dari vidio pembelajaran ini adalah sebaiknya guru dapat mengubah strategi pembelajarannya . Apabila guru akan memulai bercerita / kegiatan pembelajaran pastikan anak sudah tenang dan sudah siap untuk mendengarkan atau belajar, sajikannlah kegiatan pembelajaran yang dikemas secara menarik ,disinilah kreativitas guru harus ditunjukkan.
    Dalam vidio di atas guru diberi langkah-langkah yang dapat dilakukan jika peserta didik sibuk mengobrol atau bercanda dengan temannya , diantaranya peserta didik diminta untuk ikut aktif dalam kegiatan bercerita atau kegiatan belajar, memisahkan anak yang ribut, memposisikan anak dekat dengan guru , dan memberikan reward apabila iya berhasil merubah perilakunya ,bisa tenang saat guru bercerita atau kegiatan pembelajaran.
    Demikian, Terimakasih

  5. Nama: Endah aksiatun
    Nim: 857607078
    UPBJJ: UT Purwokerto
    Dalam vidio anak ngobrol saat PBM sering terjadi , vidio tersebut sangat bermanfaat untuk pendidik paud dimana pada vidio memberikan referensi cara mengatasi permasalahan anak yang suka ngobrol saat PBM yaitu dengan menghentikan sejenak saat PBM agar suasana kembali tenang,memisahkan anak yang mengobrol dengan di dekatkan kepada guru, memberi reward pada anak karena mengubah perilakunya

  6. Nama: siti hanna rozika
    Nim: 856259509

    apa yang terjadi di dalam video sering kali kita jumpai ketika berhadapan dengan anak di dalam kelas. tentu saja video ini menarik dan bermanfaat karena guru mencontohkan bagaimana dalam menghadapi anak yang ribut. diantaranya melalui pendekatan positif, menegur langsung, memberikan pujian kepada anak.

  7. Kegiatan pembelajaran seperti ini sering kali terjadi saat guru melakukan proses belajar mengajar dikelas. Tentu saja Vedio ini sangat bermanfaat bagi saya selaku guru TK untuk memperbaiki cara belajar anak yang sering ngobrol saat KBM sedang berlangsung. Dari Vedio ini saya bisa mencontoh bagaimana menghadapi anak yang ngobrol yakni dengan cara pendekatan yang positif, menegur langsung dan memberikan reward kepada anak-anak.

  8. Nama: Laily Febriana
    NIM: 858317147
    Anak mengobrol didalam kelas saat kegiatan belajar mengajar memang sering terjadi, tidak hanyar sekolah PAUD, untuk tingkatan SD, SMP, SMA juga terjadi, tak terkecuali juga pada jenjang kuliah. Diperlukan strategi yang tepat agar kelas menjadi kondusif. Terlihat di video ada beberapa cara atau strategi yang guru lakukan untuk mengatasi hal tersebut, memisahkan anak yang suka ngobrol, memindahkan anak dengan memposisikan duduknya dekat dengan guru, memberikan reward kepada anak yang mau mengikuti perintah guru agar anak merasa dihargai dan diperhatikan.

  9. Nama : Jesi Listia Ningsih
    NIM. : 857628594
    Semester : 2
    Pokjar : Kebumen

    Anak ngobrol dikelas saat PBM
    Kasus seperti ini pasti hampir setiap hari dijumpai oleh rekan guru. Apalagi anak usia dini yang memang pada umumnya bermain sambil belajar. Namun setelah melihat video diatas tentunya menambah ilmu dan pengetahuan guru ketika mengalami kasus serupa. Sehingga guru memahami apa yang harus ia lakukan ketika pembelajaran sedang tidak kondusif karena anak mengobrol dikelas seperti guru memisahkam anak yang mengobrol , kemudian guru menempatkan posisi duduk anak yang suka mengobrol didekatnya dan memberi reward kepada anak yang memperhatikan dengan baik agar anak merasa dihargai . Terimakasih.

Leave a Reply