silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,250 Comments

  1. ijinkan saya memberikan komentar hal2 yang membuat anak berbicara pada saat literasi
    1. Guru tidak membawa alat peraga bercerita
    2. Gaya bercerita guru tidak menarik
    3. Guru tidak menjelaskan peraturan literasi
    4. Guru tidak merencanakan posisi duduk yang tepat agar anak tidak ngobrol

    Yang patut dicontoh adalah
    1. Pujian guru kepada anak yang bisa duduk dengan rapi dan mendengarkan
    2. Jika ada sticker di kelas, guru dapat memberikannya kepada anak yang memperhatikan dan bisa menjawab pertanyaan tentang isi cerita

  2. Sangat bermanfaat bagi Guru untuk mengatasi anak yang ribut didalam kelas pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan tehnik tepuk kreasi dan mengajak anak fokus kembali terhadap tugas,apa bila anak yang sudah selesai guru dapat mengajak anak melakukan aktivitas lainnya, agar suasana kelas lebih efektif

  3. nama : sri miyarsih 858530219
    dengan melihat vidio diatas menurut saya guru sudah memberikan solusi terbaik untuk anak kembali fokus PBM. Dengan memberikan reward kepada anak ini menjadi cara yang efektif, jadi anak akan merasa di perhatikan menjadikan anak semangat kembali dalam mengikuti PBM kemudian memberikan kegiatan yang menarik dan berikan dia kebebasan untuk memilih kegiatan yang ia senangi dengan begitu anak akan merasa senang dan tidak melakukan kegiatan dengan terpaksa.

  4. 1.guru tidak membawa alat peraga
    2. guru tidak menjelaskan peraturan kelas pada saat literasi
    3. guru tidak merencanakan posisi duduk agar kelas lebih kondusif .
    tetapi yang perlu di contoh adalah
    1. guru tidak memberikan pujian kepada anak yang bisa duduk dengan rapi dan mendengarkan
    2. guru dapat memberikan stiker kepada anak yang memperhatikan dan bisa menjawab pertanyaan tentang isi cerita .

  5. Izinkan saya berkomentar dlam video ini
    Anak suka mengobrol saat PBM karena guru kurang menarik, dan cara guru bercerita pun tidak menyenangkan bagi anak sehingga anak cepat bosan dan lebih suka bercerita

  6. Selamat malam ijin memberi tanggapan Pada video di atas menurut saya sudah lasim dan sering terjadi Pasa saat proses pembelajaran (bercerita)
    Sering terjadi kerna penenpatan murid yg tidak sesuai atau bahkan karna murid tertarik pada suatu hal yg lain .saran saya sebaiknya dalam satu kelas ada 2 orang guru sehingga pada saat bercerita guru yg satunya menertipkan anak sehingga bisa berjalan dengan baik dan mudah di pahami

  7. video ini bermanfaat bagi saya karena saya bisa belajar bagaimana seorang guru PAUD dapat mengadapi kegiatan PBM, Karena saya sebagai seorang guru juga sering merasakan hal yang sama saat mengajar anak didik mengobrol dengan temannya. Sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “

  8. Nama: Mery kamali
    Nim 959413986
    Pokjar makassar
    Salam sejahtera buat kita semua dari video dengan tema anak mengobrol dalam kelas satu PBM
    Menurut saya tidak efektif klo cara berceritanya seperti itu akan membuat anak anak bosan bis kita bercerita dengan menggunakan alat peraga mungkin dengan boneka tangan dengan panggung boneka juga baik karna kalau kita melakukan kegiatan bercerita dengan ukuran cerita yang gambarnya kecil saya yakin tidak apai maksudnya ke anak anak dan solusi yang di sampaikan oleh guruh paud sangat efektif dalam melakukan kegiatan pembelajaran

  9. Nama : Mahmudah
    NIM : 858526179
    pada vidio tersebut membahas tentang anak yang suka mengobrol saat proses pembelajaran yang dalam hal ini guru menggunakan strategi cerita dalam pembelajaran. terlihat anak ngobrol sendiri dengan temannya, hal ini bisa terjadi karena anak kurang tertarik dengan cerita, dalam penyampaian cerita tidak menggunakan media seperti boneka sehingga anak merasa bosan dan tidak tertarik. untuk mengatasi situasi yang seperti ini guru bisa menggunakan strategi untuk menarik perhatian anak seperti mengadakan variasi permainan, permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru memberikan reward pada akhir pembelajaran. dengan cara seperti itu anak menjadi aktif dalam pembelajaran dan berusaha lebih giat untuk mendapatkan reward. reward yang diberikan tidak harus berupa barang tetapi bisa dengan pujian atau ucapan lain untuk mengapresiasi anak.

  10. Nama : Siti Farida
    NIM : 858530921
    Judul Video: Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Dari video diatas, tips atau bagaimana cara yang dilakukan jika ada anak yang mengobrol sendiri saat PBM, tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi kami selaku calon guru ataupun yang sudah lama menjadi guru karna bisa menjadi reminder bagi kami untuk bisa menerapkannya kembali jika suatu saat mengalami permasalahan yang sama sehingga nantinya PBM akan lebih effektif lagi, para siswa jadi bisa selalu fokus dengan apa yang kami sampaikan. Trimakasih

Leave a Reply