silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,237 Comments

  1. Wahyu Mirendah
    859656607
    Menurut saya video ini menginspirasi saya sebagai guru karena video ini menjelaskan dan memberi solusi bagaimana mengatasi anak yang suka mengobrol saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. dikarenakan anak yang mengobrol itu dapat menimbulkan permasalahan perkembangan moral – disiplin, maka guru harus mengupayakan langkah – langkah seperti berikut ini:
    1. menghentikan kegiatan pembelajaran untuk sementara waktu agar suasana kelas menjadi tenang
    2. memisahkan anak yang suka mengobrol tadi dengan teman -temannya dan duduk dekat dengan guru
    3. melibatkan dia dalam permainan/ cerita pada proses pembelajaran
    4. tekankan anak agar tidak mengulanginya kembali
    5. Berilah reward

  2. Idawati H
    858461651

    Video di atas sangat membantu saya cara mengatasi anak tidak fokus atau berbicara saat guru sedang memberikan penjelasan atau berbicara di depan kelas. Strategi-strategi yang disampaikan akan saya praktektan di kelas nanti.
    Terima kaih.

  3. Nama : Puspitarini Dharmawati
    NIM : 858528015
    Judul Video: Anak Ngobrol Saat PBM

    Video tersebut tampak ada anak yang sedang mengobrol di kelas saat guru sedang membacakan cerita. Untuk mengatasi hal ini ada cara yang bisa dilakukan oleh guru yaitu (1) mengubah strategi mengajar di dalam kelas, .hentikan kegiatan membaca guru untuk menenangkan suasana kelas, pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang tenang, posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru, tekankan pada anak agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

  4. khairunnisa
    855896134
    judul : Anak mengobrol dikelas saat PBM
    vidio ini sangat bermanfaat untuk saya,
    dalam vidio ini menjelaskan strategi-strategi bagai mana menghadapi anak yang mengobrol di kelas saat PBM.

  5. judul : Anak mengobrol dikelas saat PBM
    Nama : Juliana
    NIM : 858098189
    Beberapa hal yang saya pelajari dari video diatas untuk emnhadapi anak-anak yang senang berbicara dengan teman
    1. mengubah strategi pembelajaran membuat lebih menarik
    2. pause sejenak untuk menenangkan kelas tidak dilanjutkan terus, memberi perhatian
    3. Anak yang senang bermain dan yang mau belajar perlu dipisahkan atau membawa anak tersebut didepan guru/ didekat guru
    4. libatkan mereka dalam proses belajar mengajar
    5. Anak-anak senang dengan hadiah, bisa diberi reward jika mampu bertahan dalam memberikan perhatian kepad Guru

  6. NAMA : AINUN JARIAH
    NIM : 837769196
    VIDEO : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Video ini sangat baik penerapannya karena anak usia dini butuh kasih sayang dalam penyelesaian masalahnya. Pada video ini, sangat menginspirasi karena tidak adanya bentakan kepada anak yang mengobrol sehingga emosional anak tidak terganggu. Penyelesaian masalah dalam video tersebut juga merupakan cara terbaik, yaitu :
    Menghentikan sementara waktu agar proses belajar mengajar tidak terganggu.
    Memisahkan anak yang mengobrol dari teman-temannya dan duduk atau posisinya lebih didekatkan kepada guru sehingga anak akan menjadi sungkan untuk mengobrol dan anak akan fokus terhadap PBM
    Memberikan perhatian kepada anak yang mengobrol untuk terlibat aktif dalam PBM
    Berikan kesadaran kepada anak agar tidak mengobrol karena akan merugikan diri sendiri yang tidak tahu pembelajaran yang sedang dilakukan
    Memberikan penghargaan kepada anak yang dapat mengikuti PBM dengan baik
    Proses seperti akan saya coba terapkan di sekolah. Terima kasih

  7. NAMA : AINUN JARIAH
    NIM : 837769196
    VIDEO : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Video ini sangat baik penerapannya karena anak usia dini butuh kasih sayang dalam penyelesaian masalahnya. Pada video ini, sangat menginspirasi karena tidak adanya bentakan kepada anak yang mengobrol sehingga emosional anak tidak terganggu. Penyelesaian masalah dalam video tersebut juga merupakan cara terbaik, yaitu :
    Menghentikan sementara waktu agar proses belajar mengajar tidak terganggu.
    Memisahkan anak yang mengobrol dari teman-temannya dan duduk atau posisinya lebih didekatkan kepada guru sehingga anak akan menjadi sungkan untuk mengobrol dan anak akan fokus terhadap PBM
    Memberikan perhatian kepada anak yang mengobrol untuk terlibat aktif dalam PBM
    Berikan kesadaran kepada anak agar tidak mengobrol karena akan merugikan diri sendiri yang tidak tahu pembelajaran yang sedang dilakukan
    Memberikan penghargaan kepada anak yang dapat mengikuti PBM dengan baik
    Proses seperti akan saya coba terapkan di sekolah. Terima kasih

  8. Nama: HENNI PURWASIH
    NIM:858296724
    Pada video tersebut menggambarkan bahwa,betapa cerdasnya ibu guru tersebut dalam mengatasi permasalahan mengenai anak mengobrol di kelas saat pembelajaran,dengan cara mendekatkan ibu guru dengan anak,memisah anak yang belajar dari anak yang mengobrol,
    Sehingga pembelajaran menjadi tertib kembali,Mendisiplinkan anak dengan sikap yang ramah.

  9. video ini berisi gambaran mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dimana anak yang asik “ngobrol”. Adapun Upaya yang dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
    Dengan video ini kita sebagai guru dapat belajar untuk menyelesaikan masalah yang muncul pada saat pembelajaran.Mencipyakan suasana menarik dan menyenangkan agar anak bisa fokus saat kita bercerita.

  10. NAMA : ENNY SUGIARTY
    NIM : 858318274

    Video tersebut tampak ada anak yang sedang mengobrol di kelas saat guru sedang membacakan cerita. Untuk mengatasi hal ini ada cara yang bisa dilakukan oleh guru ada beberapa saran buat guru :
    1. Pendekatan Preventif : Buatlah aturan kelas yang jelas tentang kapan dan bagaimana siswa boleh berbicara
    2. Keterlibatan Aktif : Gunakan metode pembelajaran interaktif yang melibatkan siswa sehingga mereka terlalu sibuk untuk ngobrol.
    3. Pengaturan Tempat duduk : Pertimbangkan untuk mengubah pengaturan tempat duduk agar siswa yang sering ngobrol tidak duduk bersama.
    4. Dialog satu-satu : Bicarakan secara pribadi dengan siswa yang sering ngobrol untuk mencari tahu alasan mereka dan mencari solusi bersama.
    5. penguatan positif : Berikan pujian atau reward ketika siswa menunjukkan perilaku yang baik dalam kelas.
    ingat, penting untuk tetap konsisten dan adil dalam menerapkan aturan serta pendekatan yang dipilih.

Leave a Reply