silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr wb,
    Nama : Putri Supartini
    NIM : 877669104
    Vidio yang berjudul anak ribut di kelas saat PBM, menurut saya bagus sekali langkah-langkahnya dan bisa diterapkan dalam kelas TK saya, biasanya saya cara ” Siapa yang duduk di kursinya dan tidak berisik akan dikasih stiker bintang” Lalu anak duduk dan mau mendengarkan gurunya.

  2. Nama : Siti Fatimah
    NIM : 858713291

    Video ini sangat bermanfaat, dan dapat menginspirasi para guru untuk mengatasi anak yang ribut dikelas saat kegiatan belajar berlangsung, dan ini dapat diterapkan di sekolah saya, karena beberapa murid yang saya didik sulit untuk diam saat kegiatan belajar berlangsung.SS

  3. Nama : Muhini
    Nim. : 859179083
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional
    Judul : Anak Ribut di kelas saat PBM
    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Vidionya sangat bagus, menginsfiratif dan menambah wawasan kami dan saya khususnya sebagai pendidik Anak usia dini bagaimana cara menangani anak yang ribut dan tidak fokus ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, terimakasih vidionya sangat membantu.
    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

  4. Bissmillahirrahmanirrahim
    Nama Afidah
    NIM 859438701

    Ketika anak ribut di kelas saat Proses Belajar Mengajar (PBM), itu bisa menjadi indikator bahwa aspek pengembangan sosial emosional belum menjadi prioritas, atau belum ditangani secara efektif. Kalau anak sering ribut di kelas dan tidak ada pendekatan sosial emosional untuk menangani itu, bisa disimpulkan bahwa pengembangan sosial emosional belum menjadi prioritas. Tapi jika guru menggunakan momen ribut itu sebagai bagian dari proses belajar sosial dan emosional, maka itu justru tanda kemajuan.

  5. Menanggapi video beejudul “Anak ribut dikelas saat PMB
    Saya juga pernah mengalami,,,penerapan d Tindakan guru tersbut saya setuju,,jika terjadi keributan dg jumlah anak yng banyak maka kita siasati dengan tepuk diam,,jika sudah diam maka anak bisa melanjutkan pembelajaran,
    Jika yang ribut bberapa anak.maka kita dekati dan kita tanya penyebab mereka ribut dan mencari solusinya bersama seperti saling minta maaf dan kemudian melanjutka kegiatan kembali.
    Teekadang keributan terjadi karena anak merasa bosan denga suasana di kelas maka kita sebagai guru harus tanggap dan mencari ide mengajak anak belajar di luar.

    Demikian tanggapan saya ,saya sampaikan terima kasih

  6. Nama :nila hanita

    Nim :858927767

    Menanggapi video beejudul “Anak ribut dikelas saat PMB” saya juga pernah mengalami,,,penerapan d Tindakan guru tersbut saya setuju,,jika terjadi keributan dg jumlah anak yng banyak maka kita siasati dengan tepuk diam,,jika sudah diam maka anak bisa melanjutkan pembelajaran, Jika yang ribut bberapa anak.maka kita dekati dan kita tanya penyebab mereka ribut dan mencari solusinya bersama seperti saling minta maaf dan kemudian melanjutka kegiatan kembali. Teekadang keributan terjadi karena anak merasa bosan denga suasana di kelas maka kita sebagai guru harus tanggap dan mencari ide mengajak anak belajar di luar. Demikian tanggapan saya ,saya sampaikan terima kasih

  7. Izin berkomentar mengenai video anak yang ribut di kelas saat kegiatan pembelajaran.
    Pada situasi ini guru tidak bisa melanjutkan kegiatan pembelajaran dikarenakan anak ynag ribut akan memecah konsentrasi guru dan juga anak-anak lain. Solusi pada video sudah tepat dan sebagai tambahan juga mungkin bisa disesuaika dengan beberapa kegiatan berikut:
    1. Sertakan aktivitas yang menarik dan bervariasi, karena seringkali kebosanan menjadi pemicu keributan. Sertakan beragam aktivitas yang melibatkan berbagai indra dan gaya belajar (kinestetik, visual, auditori).
    Contoh: Kombinasikan cerita, lagu, permainan peran, seni, dan aktivitas motorik halus/kasar dalam satu sesi PBM.
    2. Memberikan penguatan positif dengan memuji dan memberikan perhatian pada perilaku yang baik dan tenang. Ini akan mendorong anak untuk mengulang perilaku positif tersebut.
    Contoh: “Hebat sekali kamu bisa duduk tenang saat mendengarkan cerita!” atau “Terima kasih sudah berbagi mainan dengan teman.”
    3. Mendekati anak yang ribut dengan tenang. Usahakan sebagai pengajar menghindari berteriak atau menunjukkan kemarahan. Pendekatan yang tenang menunjukkan bahwa guru memegang kendali dan dapat menenangkan anak.
    Contoh: Datangi anak, berjongkok setinggi matanya, dan ajak bicara dengan suara rendah.
    4. Gunakan transisi yang terstruktur yaitu memanfaatkan momen transisi antar kegiatan. Berikan peringatan sebelum transisi dan gunakan lagu, tepuk tangan, atau isyarat visual untuk memandu anak.
    Contoh: “Tiga menit lagi kita akan merapikan mainan ya,” diikuti dengan lagu “ayo beres-beres.”

    Terima kasih.

  8. Nama : Fenny Sugiarti
    NIM : 857994006
    Video dengan judul mengatasi anak yang ribut saat PBM.
    Dalam video terlihat beberapa anak lari-lari di dalam kelas sedangkan teman-teman yang lain sedang mengerjakan tugas. Hal tersebut jelas sangat mengganggu kegiatan pembelajaran. Seperti yang sering kami lakukan di kelas, guru mengajak anak untuk tenang. Jika anak yang ribut banyak maka guru mengajak anak untuk tepuk focus/ ice breaking terlebih dahulu. Jika anak yang ribu hanya 1 atau 2 orang, maka guru mendekati anak kemudian memberi pengertian kepada anak tersebut untuk menghargai teman-temannya yang sedang mengerjakan tugas dan mengajak anak tersebut untuk mengerjakan tugas seperti teman-teman yang lainnya. Jika anak tersebut sudah selesai mengerjakan tugas, maka guru memberikan/ mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang lain agar anak tersebut tidak ribut di kelas. Intinya anak diajak dengan berbagai kegiatan untuk mengurangi keributan di kelas.

  9. Nama : Ratisa
    NIM : 856299566
    UPJJ : Padang

    Video ini sangat bagus karena memperlihatkan bagaimana guru menghadapi anak-anak yang ribut di kelas dengan cara yang sabar dan kreatif. Guru tidak langsung memarahi, tapi mencari tahu dulu penyebab anak ribut, lalu menenangkan dengan cara yang menyenangkan seperti tepuk semangat. Selain itu, guru juga tidak memaksakan anak belajar di dalam kelas saat mereka bosan, tapi mengubah suasana dengan belajar di luar kelas. Ini menunjukkan bahwa guru memahami perasaan anak dan berusaha membuat pembelajaran jadi lebih menarik. Video ini bisa menjadi contoh yang baik bagi guru-guru lain dalam mengelola kelas dengan cara yang positif dan ramah anak.

Leave a Reply