silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. pendapat saya setelah melihat vidio tersebut ribut di kelas saat pembelajran. anak tk pada dasarnya adalah suka dengan kegiatan bermain sambil belajar. metode klasikal dan kelas yang kurang luas di tambah kegiatan mewarnai di kelas kadang kurang nyaman bagi anak
    solusi:
    guru bisa melakukan kegiatan di luar kelas atau mengajak pembelajaran di taman dekat kelas sehinnga anak akan senang dalam belajar

  2. Bismillah.. Assalamualaikum wr. wb.

    Nama : Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 859404339
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya, dalam video tersebut guru sudah melakukan tugasnya dengan baik yaitu meminta anak untuk tetap tenang dengan lembut saat suasana kelas sedang ribut. Namun yang menjadi kelemahan dalam video tersebut adalah strategi pembelajaran yang membuat anak mudah bosan padahal menggambar dan mewarnai merupakan hal yang sangat disukai oleh anak namun karena pengelolaan kelas yang kurang baik dalam penempatan sarana dan prasarana pembelajaran (tata letak meja dan kursi) membuat suasana kelas menjadi tidak efektif untuk melakukan PBM. Dan saran saya, saat guru menemukan beberapa anak yang ribut saat proses pembelajaran, guru dapat mengajak anak untuk fokus dengan memberikan beberapa tepukan misalnya tepuk fokus dll.

    SEKIAN DAN TERIMAKASIH

  3. nama :suharni
    Nim : 859168944
    judul vidio : anak ribut di kelas saat pembelajaran
    menurut saya dari vidio di atas memperlihatkan cara guru mengatasi anak yang ribut di kelas saat pembelajaran sudah baik. karena, ketika anak ribut lalu di lakukan pendekatan kepada anak yang ribut maka anak akan tahu bahwa dia diperhatikan oleh gurunya. namun sekarang guru harus lebih kreatif lagi dalam menghadapi anak yang ribut di kelas,misalnya di berikan ice breaking untuk menghilangkan kejenuhan anak dan mengembalikan fokus anak,karena anak usia taman kanak-kanak memiliki tingkat fokus yang tidak sama seperti orang dewasa,dan mereka cendrung lebih ingin bermain daripada belajar jadi akan lebih baik pula jika proses pembelajaran dikelas di selingi dengan kegiatan bermain,atau belajar sambil bermain.sehingga mereka mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan.

  4. NAMA : CISWANTI
    NIM : 857757379
    POKJAR : BOJONG

    Dari Vidio GPO dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara yang dilakukan guru untuk menghadapi anak yang ribut dikelas ketika pembelajaran berlangsung.
    1. Ajak anak- anak untuk tenang
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak Maka gunakan teknik berbagai tepuk.
    3. Bila anak yang ribut hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk mengerjakan tugas yang seharusnya dikerjakan.
    4. Jika anak yang sudah selesai,akan ajak anak untuk mengerjakan tugas yang lain.

    Menurut pendapat saya, penyampaian guru sudah baik. Namun anak mempunyai karakter yang berbeda- beda. Sehingga ada yang bisa duduk tenang dan ada yang berlarian didalam kelas.Maka sebagai guru kita harus dapat memahami perbedaan karakter setiap anak tersebut, sehingga kita dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menggunakan metode yang menyenangkan ,seperti dengan menampilkan suara dan gambar.

  5. NAMA : Nyoman Yuliawati
    NIM : 858423146
    UPBJJ : Samarinda

    Dari tayangan video tersebut dapat disimpulkan solusi yang dapat diterapkan oleh guru guru untuk menghadapi anak yang ribut dikelas ketika pembelajaran berlangsung.
    1. Ajak anak-anak untuk tenang.
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak, guru dapat menggunakan tehnik tepuk (seperti meminta anak untuk tepuk diam), selain itu dapat juga digunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
    3. Jika anak yang ribut sedikit, dekati anak dan ajak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan
    4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas yang harus dikerjakan, ajak anak untuk melakukan tugas yang lain.

    Menurut pendapat saya, solusi yang dilakukan guru sudah tepat, namun perlu di perhatikan bahwa pemilihan media pembelajaran juga sangat menentukan keberhasilan kelas, seperti yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS), mungkin membuat anak menjadi bosan. Selain itu pengaturan posisi duduk anak juga sangat menentukan, serta pentingnya ada guru pendamping untuk membantu guru dalam mengatasi kelas yang sangat banyaj jumlah siswanya sehingga membuat suasana menjadi ribut.
    Terimakasih.

  6. Assalamu’alaikum wr wb
    Mohon ijin menjawab🙏
    Setelah melihat ilustrasi video Anak Ribut di Kelas saat PBM.
    Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung terlihat ada beberapa anak yang berlarian , berkejar – kejaran mengelilingi teman yang lain. Dengan kegaduhan tersebut maka akan dapat mengganggu proses belajar mengajar. Namun guru berusaha untuk mengatasi itu ini yang menjadi kelebihan guru tersebut.
    Adapun kelebihannya adalah ;
    1. Disaat ada kegaduhan anak ribut disaat PMB guru berhenti mengajar dia berusaha mengajak anak-anak tersebut untuk tenang tenang.
    2. Ternyata masih disitu masih ada beberapa anak yang berlarian, dan akhirnya guru memutuskan untuk meniup peluit.
    3. Setelah melakukan dua cara tersebut ternyata masih ada salah satu anak yang tidak mau kembali ketempat duduknya, gurupun melakukan usahanya kembali dengan mendekati anak tersebut, dan membujuk anak tersebut untuk kembali duduk dan fokus kembali dengan tugasnya.

    Adapun kekurangannya adalah:
    1. Model pembelajarannya masih klasikal yang berpusat pada guru dengan menggunakan LKS. Tentunya ini yang menjadikan anak akan mudah bosan sehingga mereka berusaha bermain berlarian mengajak teman yang lainnya.
    Saran kami :
    Pada zaman moderen seperti sekarang harusnya guru dapat mengurangi penggunaan LKS, sebaiknya menggunakan media lostpat yang didapat dari lingkungan sekitar sekolahan.
    2. Setting kelas,dengan menggunakan meja kursi akan menjadikan kesan ruangan menjadi sempit.
    Saran kami:
    – seharusnya setting lah tempat yang nyaman dan leluasa bagi anak untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar.
    -Bagi anak menjadi berapa kelompok, siapkan meja sesuai dentitas
    – Berikan kebebasan anak untuk berkreasi.
    – siapkan meja disetiap sudut sesuai dengan dantitas.
    Demikian jawaban kami terimakasih

  7. Nama: Maya Asih Intania
    NIM: 857066774
    Program Studi: S1 PGPAUD

    Setelah menonton video yang berjudul “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”
    Disitu terdapat kelemahan guru yaitu:
    1. Guru menggunakan media LKS sehingga anak-anak terlihat bosan
    2. Guru tidak memberi aba-aba waktu pembelajaran dimulai
    3. Guru terlihat diam saat ada anak yang lari-larian

    Solusi:
    1. Gunakan media lain selain LKS, seperti benang woll yang dijadikan rambut
    2. Sebelum kegiatan belajar dimulai, alangkah baiknya guru memberikan ice breaking sehingga perhatian anak berpusat pada guru

  8. Menurut saya pada dasarnya pendidikan anak usia dini adalah bermain belajar jadi pembelajaran dilakukan dengan bermain, diciptakan suasa yang nyaman untuk anak didik,menggunakan media pembelajaran yang menarik anak didik dan diusahakan di lakukan pembelajaran di luar kelas suapaya anak tidak bosan dan bisa lebih luar untuk bergerak.

    Kelemahannya :
    Menurut saya lihat dari video tersebut pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut dilakukan pembelajaran klasikal yang hanya menggunakan media LKS yang membuat anak bosan dan akhirnya ribut di kelas,kurangnya kreatifitas guru untuk membuat media pembelajaran yang menarik.

    Solusinya :
    Sebaiknya pembelajaran dilakukan diluar kelas supaya anak tidak bosan dan media pembelajaran yang dilakukan bisa dengan menggunakan alat peraga yang nyata yang mampu menarik perhatian anak didik

  9. Nama : Suparsih
    Nim : 858172482
    program : S1 PGPAUD (BI)

    Setelah melihat video diatas dapat kami simpulkan bahwa untuk mengatasi kelas yang ribut ketika pembelajaran sedang berlangsung,ada beberapa cara yang guru lakukan diantaranya :
    1.Menghentikan pembelajaran beberapa saat untuk memfokuskan anak
    2.Jika anak yang ribut banyak guru bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai macam tepuk
    3.Jika anak yang ribut sedikit maka dekati anak dan ajak untuk kembali fokus ke pembelajaran
    4.Jika anak sudah selesai mengerjakan tetapi yang lain belum ,ajak anak untuk melakukan kegiatan lain agar tidak mengganggu anak yang lain

    Pengelolaan kelas yang baik juga mempengaruhi terciptanya suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak dapat fokus pada pembelajaran,antara lain :
    1.Jika anak sudah merasa bosan,guru bisa merubah strategi belajar,setting kelas,atau diperkenalkan dengan mainan baru
    2.Pengelompokan meja dan kursi disesuaikan dengan kebutuhan anak,berikan tempat yang cukup dan tidak terlalu sempit
    3.Guru menyediakan media belajar yang menarik dan bervariatif untuk anak agar tidak mudah bosan
    4Guru menekankan sikap disiplin dan tanggung jawab kepada peserta didik

  10. Nama Devi Suciyanasari
    Nim 857979709
    Prodi PGPAUD

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Setelah melihat video tersebut menambah pengetahuan saya tentang cara menghadapi anak yang ribut
    Di antaranya :
    1. Ajak anak untuk tenang
    2. Jika yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau menggunakan peluit
    3. Jika yang ribut sedikit maka hampiri anak dan ajak fokus
    4. Jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas maka berikanlah tugas yang baru/lain nya

    Demikian pendapat dari saya. Maaf jika ada kesalahan. Atas Perhatian nya saya ucapkan terimakasih

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply