silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Video ini membahas berbagai topik terkait dengan anak PAUD yang ribut di kelas saat PBM, seperti penyebabnya, cara mengatasinya, dan tips untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Anak-anak usia prasekolah masih dalam tahap perkembangan, dan mereka mungkin belum memiliki kemampuan untuk duduk diam dan fokus untuk waktu yang lama. Penting untuk bersabar dan memahami dengan mereka.
Ada banyak alasan mengapa anak-anak mungkin ribut di kelas. Mereka mungkin bosan, frustrasi, atau mencari perhatian. Penting untuk mengidentifikasi penyebab keributan sehingga dapat mengatasinya dengan tepat.
Informasi yang saya dapat dari video tersebut sangat membantu untuk menerapkan strategi management kelas yang kondusif dan nyaman.
Terima kasih
Sebagai seorang guru pendidikan anak usia dini menenangkan anak-anak yang memiliki karakter yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan mencari dan menerapkan berbagai trikseperti tepuk fokus,menggunakan kerincingan,meniup pluit hal tersebut ditepakan dengan konsisten sehingga anak-anak sudah tahu petunjuk . apabila aktivitas tersebut diterapkan guru maka mereka harus bersikap tertib dan aman.
Nama : LULUK IDNAWATI
NIM : 858965205
menurut pendapat saya memang rata – rata itu yang dilakukan guru ketika ada keributan dikelas. sama seperti yang saya lakukan pada saat ada anak didik saya yang membuat keributan. menurut saya ini hal yang wajar ya, karena tidak ada anak yang bisa diam dalam waktu yang lama, meskipun ada mungkin hanyalah satu atau dua anak. kita sebagai guru memang harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. setelah itu kita coba untuk menenangkannya, saya menggunakan tepuk diam biasanya. dan rata – rata keributan didalam kelas disebabkan karena bosan. dari video ini saya jadi tahu solusi untuk mengatasinya.
Dalam kegiatan belajar mengajar memang sering terjadi kejadian anak yang ribut saat di kelas, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk kita sebagai guru PAUD. Hal tersebut membuktikan perlunya profesionalitas guru , kesabaran yang luas serta memahami perkembangan anak sesuai dengan minat bakat anak. Sebelum memulai pembelajaran guru perlu menguasai kelas dengan mengkondisikan anak anak supaya tertib dan menyepakati aturan yang tertata di kelas serta penting sekali melatih fokus anak dengan beberapa kegiatan/permainan.
Anak ribut di kelas saat PBM
Secara keseluruhan hal-hal yang di terapkan guru di dalam video ini untuk mencegah terjadinya keributan di dalam kelas seperti:
* Mengajak anak-anak tenang
* Jika anak yang ribut cukup banyak gunakan tehnik tepuk diam atau menggunakan peluit
* Bila anak yang ribut hanyasedikit maka dekati anak untuk fokus kembali ke tugasnya
*Jika anak yang ribut tadi selesai mengerjakan tugas maka ajak anak untuk melakukan kegiatan lain
sudah cukup baik. Sedikit tambahan yang bisa kita lakukan di kelas untuk menenangkan anak yang sedang ribut adalah menyediakan pembelajaran yang membuat anak menjadi nyaman dan tidak membosankan.
Nama : siti farida
No. NIM: 859812764
Video diatas sangat bagus dan baik sekali sebagai inspirasi dan tekhnik dalam mengatasi anak yang suka mengobrol yang bisa kita praktekkan dalam proses mengajar anak- anak.
Nama : Siti Farida
No. NIM : 859812764
Dari video yang berjudul Anak ribut di dalam kelas saat PBM banyak solusi yang bisa digunakan ketika guru menghadapi masalah serupa. Mulai mengajak anak – anak yang ribut untuk tenang, jika anak yang ribut cukup banyak, maka guru bisa melakukan tekhnik tepuk diam atau meniup peluit, dan jika yang ribut hanya satu anak maka guru bisa mendekati anak tersebut dengan bertanya penyebab anak ribut. Semua solusi yang disebutkan diatas sangat bagus dan menginspirasi saya selaku pendidik untuk bisa diterapkan ketika melakukan proses mengajar anak-anak anak. Terima kasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Tantriyani
Nim: 855832052
Dari Vidio tersebut dapat kita ketahui bahwa setiap pembelajaran pasti ada saja kegiatan yang terjadi di dalam kelas yang dilakukan oleh anak itu sendiri. Oleh karena itu guru harus dapat lebih bersabar lagi dalam menghadapi anak pada saat pembelajaran berlangsung. Kemudian guru juga bisa membuat anak menjadi tenang dengan berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh guru. Supaya anak dapat mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
nama : Risna Aminudin
NIM : 857382048
Mengatasi anak yang ribut di kelas memerlukan pendekatan yang bijak untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. tentunya dalam hal ini guru memerlukan ketenangan serta kesabaran dalam mengahadapinya. karena pada dasarnya anak usia dini yang memang memiliki keaktifan dalam kegiatan sehari-harinya. maka sebelum pembelajaran dimulai guru dapat membuat kesepakatan bersama dan juga membuat aturan bermain. dengan adanya hal seperti maka diharapkan pembelajaran akan bisa lebih kondusif dan berjalan sebagaimana mestinya.
Nama : Siti Ma’rifah
NIM : 858192563
Anak yang ribut di kelas atau anak yang suka berlari lari kadang memicu teman lain yang sudah duduk rapi untuk ikut juga berlari lari, oleh karena itu guru harus sesegera mungkin mengondisikan ana yang berlari lari maupun ribut. Guru tidak boleh memberitahu dan mengondisikan dengan cara marah. Anak usia dini harus di beri pengertian dengan cara lembut dan sesuai dengan tips yang telah di jelaskan di dalam video.