silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama : Faiz Ainul Azizah
    NIM : 857760377
    Prodi : PGPAUD BI
    POKJAR : SALUT Cempaka Pati

    Tanggapan saya mengenai video di atas adalah terlihat bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru akan menyebabkan anak mudah merasa bosan terhadap pembelajaran yang berlangsung. Akibat rasa bosan itu anak menjadi tidak fokus dan tidak tertarik lagi mengikuti pembelajaran. Anak akan mencari hal lain yang menyenangkan baginya seperti menciptakan keributan untuk menarik perhatian temannya. Seharusnya guru bisa menggunakan strategi pembelajaran lain yang lebih berfokus pada siswa agar pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi anak.
    Dalam video di atas juga terlihat bahwa media yang digunakan guru kurang bervariasi dan guru tidak memberikan anak kesempatan untuk berkreasi mewarnai gambar sesuai imajinasinya sendiri. Seharusnya guru membiarkan anak mewarnai gambar sesuai imajinasinya dengan tetap membimbing anak mengenai warna nyata gambar tersebut dalam kehidupan.
    Dan intuk mengembalikan fokus anak guru bisa menyanyikan lagu-lagu atau memberikan ice breaking.

  2. Nama : Cicik Indriani
    Nim : 858946119
    Prodi : PGPAUD

    Guru dituntut harus bisa mengatasi anak ribut didalam kelas ketika pembelajaran. pendapat saya dalam video tersebut masih membosankan sehingga anak masih ngobrol dan masih ribut guru harus lebih memfokuskan anak supaya lebih senang dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas dan guru juga harus kreatif dalam menghadapi anak yang mulai bosan dalam melaksanakan pembelajaran

  3. Nama : Sri sumyanti
    1. Permasalahan yang saya temui adalah anak kurang tertib dikarenakan guru menggunakan cara belajar yang membosankan, dan guru kurang menguasai lapangan/kelas banyak anak yang tidak mendengarkan cerita dari guru tersebut dan kurangnya media yang digunakan guru.
    2. Solusinya adalah menurut saya sebaiknya guru membuat jarak tempat duduk antara anak dan guru menggunakan media yang menarik menurut anak dengan membawa boneka tangan atau menggunakan nada suara yang berbeda disetiap cerita yang dibuat dan mengajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam setiap pembelajaran yang dilakukan dan memberikan reward kepada anak yang ikut berpartisipasi dalam pembelajaran atau membetikan reward kepada anak yang mau mengikuti tata tertib yang sudah disepakati

  4. Nama : Nurhasanah
    Nim : 859165053
    Program Study : PGPAUD
    Mk : Evaluasi Pembelajaran TK

    a. Identitas Video
    Judul Video : Anak Ribut di Kelas Saat Pembelajaran
    Nama Pengembang video : Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc ( Bidang Keahlian Perkembangan Anak)
    Lokasi : Dalam Kelas
    Kelompok Anak : TK
    Ringkasan Materi :
    Terlihat dalam video tersebut guru langsung menerangkan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak dan membagikan majalah yang akan dipakai anak dalam berkegiatan, setelah menbagikan majalah pada anak guru langsung mencontohkan cara mewarnai gambar yg baik pada anak, tetapi disaat guru menjelaskan ada sebagian anak yang tidak mendengarkan dan mereka berlari kesana kemari meninggalkan tugas yg diberikan oleh guru, kenapa hal tersebut bisa terjadi?
    Kita sebagai guru harus bisa mengenali penyebab anak ribut di kelas ketika anak sedang berkegiatan salah satunya dengan cara bertanya kepada anak kenapa ribut, guru seharusnya memberikan kebebesan kepada anak untuk memilih warna yang disukai dalam mewarnai, misalnya saat mewarnai rambut tidak semua anak suka rambutnya warna hitam seperti yang guru contohkan,apa anak juga bosan belajar di dala m kelas, kita sebagai guru dapat elakukan pembelajaran diluar kelas agar kebosanan anak teratasi dengan baik.

    b. Sudah melakukan Prinsip Asenmen dan Evaluasi seperti : strategis dan mempunyai tujuan, objektif, menyeluruh, mendidik dan membantu anak.

    c. Menurut pendapat saya yang harus diperbaiki adalah cara guru dalam memberikan tugas kepada anak, disaat guru memberikan tugas mewarnai , anak di beri kebebasan dalam memilih warna apa yg disuka tanpa harus berpatokan pada warna yg kita pakai saat nencontohkannya, katakan pada anak, boleh memakai warna apa yang kalian suka tapi mewarnainya pelan-pelan biar hasilnya bagus. dan cara mengatasi anak yg ribut saat pembelajaran berlangsung bisa digunakan cara tersebut
    – Ajak anak-anak untuk tenang
    – jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tepuk diam atau gunakan pluit agar anak dapat tertib kembali
    – bila anak yang ribut atau berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan , jika anak yang ribut tadi sudah mengerjakan tugas, maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.

  5. Nama : Farizah Irsalina Ahyar
    NIM : 858870724
    Jurusan: PGPAUD

    dari video diatas dikarenakan anak ada yang ribut mungkin anak mengalami kebosanan dalam kelas. dan solusi yang dipaparkan dapat diterapkan disekolah dengan modifikasi guru sendiri agar suasana lebih tampak hidupn dan anak-anak yang ribut menjadi mengikuti gurunya kembalin dengan tanpa paksaan.

  6. Nama saya Rosmawati
    Nim :857232958
    Prodi : PGPAUD BI
    Tanggapan saya mengenai Vidio ini baik mengatasi anak yang berlari – lari saat pembelajaran berlangsung, namun kurang asik aja, ank d berikan gambar yang berbeda2 kemudian anak mengmbil gambar yang ia sukai dn mewarnai nya.. guru hanya mengarahkan saja, biar anak happy dalam mengerjakan tugas,, kemudian setelah anak mengerjakan tugas anak maju kedepan kemudian menjelaskan apa yang ia warnai…

  7. Nama : Nur Adriyani
    Nim : 858864469
    Prodi : PGPAUD
    Assalamualaikum wr. wb
    Menurut pendapat saya anak ribut dikelas saat pembelajaran dikelas dikarenakan anak teralihkan dengan apa yang lebih seru (anak bosan), guru kurang memancing minat kreasi anak
    Solusi yang ada didalam vidio bisa diterapkan dilembaga untuk menangani anak ribut didalam kelas, guru juga dapat mengkombinasikan trik-trik yang ada dilembaga dengan materi yang didapatkan didalam vidio tersebut.

  8. Nama: Suzanna
    NIM :858742848
    PRODi :PG PAUD
    Menurut pendapat saya;
    PBM yang dilakukan ada plus dan minus:
    Keuntungan: pembelajaran secara klasikal dan materi bisa disampaikan di kelas secara langsung tanpa membedakan karakter siswa
    Guru mengharapkan target yang diharapkan

    Minus:
    Siswa yang memiliki sifat belajra kinestetik akan bosan karena pembelajaran mengerjakan LKS saja.

    Tapi di video guru menggunakan cara denga tepuk sehingga anak akan diduk diam.
    Itu hanya bersifat sementara

    Guru yang kreatif harus memiliki plan A,B dan C bila rencana 1 gagal harus ada rencana lain. Diingatkan guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dengan media kreatif yang ada di sekitarnya.

    Thank you

  9. Nama : SALWA M. ARIF
    NIM : 859415141
    prodi : PG PAUD BI

    Menurut saya cara guru untuk menenangkan anak didik sudah tepat, terbukti dari saat guru mulai menyanyikan tepuk diam, anak-anak mulai kembali ketempat duduknya. Akan tetapi mungkin ada hal yang perlu diperhatikan dan perlu diperbaiki, yaitu penyebab anak-anak berlarian saat melaksanakan proses pembelajaran, apakah itu dari segi perhatian seperti guru yang lebih sering menghadap ke papan tulis dibandingkan menghadap ke anak didik sehingga anak merasa kurang diperhatikan, juga dari segi kesukaan, bisa jadi ada anak yang kurang suka dengan gambarnya atau pemilihan gambarnya. Saya rasa itu bisa jadi penyebab anak suka kurang fokus terhadap pembelajaran yang diberikan

    Terimakasih.

  10. Nama : Verginia Dwi Sesla Cahyaningrum
    NIM : 858743248
    Prodi : PG – PAUD S- 1 ( AKPMM)

    Tanggapan saya dalam vidio tersebut adalah :
    Mungkin dalam konteks vidio tersebut anak merasa bosan, sehingga pendidik harus meningkatkan kreativitas agar dapat menarik perhatian anak sehingga anak tidak merasa bosan dan akan memperhatikan pendidik.
    Alangkah lebih baiknya tidak monoton anak diberi lembaran gambar-gambar, bisa melakukan hal lain yang lebih memancing minat kreasi anak seperti halnya belajar diluar ruangan.

Leave a Reply