silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Irmawati
Nim : 858613501
Dari kasus diatas sering kali dialami guru pada saat proses pembelajaran. Hampir setiap hari ada saya anak yang ribut pada saat kegiatan pembelajaran, dengan adanya video diatas sangat bermanfaat untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut
Nama : Irmawati
Nim : 858613501
Dari kasus diatas sering kali dialami guru pada saat proses pembelajaran. Hampir setiap hari ada saya anak yang ribut pada saat kegiatan pembelajaran , sering kali apabila mendapati hal seperti itu guru hanya membiarkan anak tersebut sampai anak berhenti dengan sendirinya. Dengan adanya video diatas sangat bermanfaat untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut.
Nama : Khusnul Khotimah
Nim : 858183629
Video tersebut menyajikan kasus yang sering saya alami yaitu anak ribut saat pembelajaran. Solusi yang diberikan pada video tersebut sudah sangat bagus dan dan sudah saya terapkan. haasilnya cukup berhasil pada pembelajaran saya.
Nama : Feti Indri Lestari
Nim : 858161595
UPBJJ : Palangkaraya
Cara yang dilakukan ibu guru untuk menenangkan anak agar dapat belajar kembali merupakan cara yang efektif, anak dapat melanjutkan pembelajaran yang diberikan dan teman-temannya juga tidak terganggu atas keributan yang dibuat,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Vindy Rima Arifah
NIM : 858946885
Pokjar : Bondowoso
Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Video tersebut dapat membantu para guru untuk mengetahui cara dalam mengatasinya karena mengingat permasalahan anak ribut di dalam kelas merupakan masalah yang sering terjadi.
Dalam mengatasi hal tersebut, kita sebagai guru dapat mencari tahu terlebih dahulu sebab dari masalah tersebut, Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Upaya diatas dapat kita terapkan di kelas ketika terjadi keributan di daalam kelas sehingga anak dapat melaksanakan pembelajaran dengan tertib.
Sekian pendapat saya, kurabg lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Zakyyatul farah
NIM : 858528237
judul video: anak ribut dikelas saat KBM dilaksanakan
Video diatas menyajikan bagaimana cara agar kelas kembali kondusif saat anak anak ribut saat KBM dilaksanakan
Nama: Supriyatun
Nim : 857620149
Dengan video ini saya sebagai guru sangat membantu sekali untuk mengatasi anak yang ribut dikelas saat PBM ,Dimana saya juga sering mengalami masalah ini.Melalui video ini yang mudah dipahami dengan tips yang ada yaitu ajak anak untuk tenang,jika anak yang ribut cukup banyak gunakan tepuk diam agar anak tenang kembali,jika sedikit anak yang ribut dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali dengan tugas yang ia kerjakan,jika 1 anak yang ribut sudah selesai dekati dia dan beri tugas yang lain.Terimakasih untuk video ini
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut, kesimpulan saya yaitu adalah hal yang sering terjadi di dalam pada saat proses pembelajaran, ada beberapa anak mudah bosan dan jenuh sehingga anak akan melakukan kegiatan lain yang dapat memicu keributan. Maka dengan itu seorang guru PAUD harus memiliki strategi belajar yang tepat untuk kegiatan pembelajaran anak, seperti yang dijelaskan pada video tersebut dengan mengajak anak untuk tepuk diam, maka anak akan fokus kembali pada kegiatan pembelajaran dan pada video tersebut juga menggambarkan bahwa seorang guru PAUD harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk mengatasi hal-hal semacam itu. Selain itu bercerita dengan menggunakan alat peraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menenangkan anak ketika mulai ribut kelas, maka dengan penjelasan ini menurut saya video tersebut sangat memberikan manfaat kepada seluruh pendidik PAUD.
Halo, perkenalkan nama saya Indri Yuliani S, dengan NIM 859884155, izinkan saya memberikan tanggapan pada video tersebut:
Video pembelajaran “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” merupakan langkah yang baik dalam memberikan panduan praktis kepada guru PAUD untuk mengatasi tantangan sehari-hari di kelas. Berikut adalah beberapa masukan dan saran untuk meningkatkan kualitas video pembelajaran ini:
a. Masukan:
1. Pengembangan Struktur Video:
– Pembukaan dan Penutupan Pembelajaran: Pada tayangan video, pembukaan pembelajaran terlihat cukup jelas, namun penutupan pembelajaran masih kurang terlihat. Disarankan untuk menampilkan juga bagian penutupan pembelajaran agar proses pembelajaran terlihat utuh dan memberikan panduan yang lebih komprehensif bagi para guru.
2. Penggunaan Evaluasi:
– Evaluasi Pembelajaran: Video ini sudah memperlihatkan penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media pembelajaran. Namun, aspek evaluasi belum terlihat jelas. Sebaiknya ditambahkan bagian evaluasi untuk menilai efektivitas pembelajaran dan sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai.
3. Variasi Teknik Pengelolaan Kelas:
– Tepuk dan Aktivitas Outdoor: Meskipun penggunaan tepuk-tepuk dan pembelajaran outdoor sudah baik, alangkah baiknya jika ditambahkan variasi teknik pengelolaan kelas lainnya. Misalnya, teknik “brain breaks” atau aktivitas fisik singkat di dalam kelas yang bisa mengurangi kebosanan tanpa harus berpindah ke luar ruangan.
4.Interaktivitas dan Keterlibatan Anak:
– Keterlibatan Anak: Video dapat lebih memperlihatkan cara-cara interaktif untuk melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran. Misalnya, memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak untuk berpartisipasi aktif, bertanya, atau memberikan tanggapan selama pembelajaran berlangsung.
b. Saran:
1. Pelatihan dan Workshop:
– Pelatihan Guru: Mengadakan pelatihan atau workshop bagi para guru mengenai teknik-teknik manajemen kelas yang efektif dan interaktif. Ini dapat membantu guru-guru dalam menangani situasi kelas yang dinamis dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Pendekatan Berbasis Anak:
– Pengenalan Karakter Anak: Mengajak guru untuk lebih mengenal karakter dan kebutuhan individual anak didik. Hal ini bisa dilakukan melalui observasi rutin dan komunikasi dengan anak-anak serta orang tua untuk memahami penyebab ketidaknyamanan atau kebosanan anak di kelas.
3. Integrasi Teknologi:
– Penggunaan Media Digital: Memanfaatkan media digital seperti video pembelajaran interaktif, aplikasi edukasi, atau permainan edukatif yang dapat menarik perhatian anak dan mengurangi kebosanan.
4. Ruang Diskusi:
– Forum Diskusi: Menyediakan forum diskusi atau kelompok belajar bagi para guru untuk saling berbagi pengalaman dan solusi dalam mengelola kelas. Ini dapat menjadi sarana bagi guru untuk mendapatkan masukan dan inspirasi dari rekan-rekan sejawat.
Dengan adanya perbaikan dan saran-saran ini, diharapkan video pembelajaran dari Portal Guru Pintar dapat lebih efektif dalam memberikan panduan kepada guru dalam mengatasi anak yang ribut di kelas, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik dan menyenangkan bagi anak-anak.
Nama : Putu Mas Wina Lestari
NIM : 859034204
UPBJJ : Denpasar
Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Video ini sangat membantu para Guru PAUD yang lain ketika menemukan masalah yang sama seperti di video ini yaitu anak yang ribut di kelas saat PBM. Dalam video tersebut merupakan salah satu cara agar anak tenang di dalam kelas pada saat PBM berlangsung. Salah satunya solusi yang diberikan dalam video tersebut adalah memberikan peringatan atau sign kepada anak yang ribut agar tetap tenang bahwasanya anak sedang belajar bukan bermain ribut kejar-kejaran karena PBM nya bukan kejar-kejaran atau mengembangkan fisik motorik anak. Kemudian jika sedikitanak yang ribut, maka anak tersebut di dekati apa keinginan anak tersebut. Jika ada anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya maka anak diberikan tugas yang lain. Menurut saya ada cara lain yang bisa diterapkan yaitu anak yang suka ribut biasanya anak tersebut memiliki kebutuhan khusus atau perhatian khusus. sebab anak seperti ini mempunyai nilai keaktifan yang perlu diperhatikan khusus agar arah dari perkembangannya nanti menjadi bagus dan menuju hal yang positif. salah satu contoh anak dikasi tahu atau didekati atau diteliti atau diobservasi terhadap kemampuan anak ini hari demi hari. Sebab anak yang sering berulah atau bertingkah lebih, pasti anak itu saja, sehingga teman yang lainnya ikut terpengaruh. Dengan menggunakan pendekatan terhadap seperti itu guru bisa merancang sutu pembelajaran dikelasnya kedepannya dan sesuai dengan karakter perkembangan anak-anak.