silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
video Anak ribut saat pembelajaran, adalah hal yang sering terjadi di dalam kelas khususnya anak PAUD, dimana mereka lebih suka bermain dibandingkan belajar sehingga di paud lebih dikenal bermain sambil belajar. anak anak yang berlari di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung terdapat beberapa faktor seperti tidak adanya aturan kelas yang berlaku saat pembelajaran, kurang tertarik saat pembelajaran, metode guru dalam mengajar yang kurang menarik bagi anak. hal yang bisa dilakuakan yakni menertibkan anak yang berlarian, tepuk diam atau ice breaking yang lain, jika hanya sedikit yang berlari maka dekati anak tersebut, jika anak telah selesai pekerjaannya maka berikan tugas tambahan untuk dia.
Nama : Anisa wah yuliana
Nim : 856225326
Dalam program ini, terlihat upaya guru untuk mengatasi siswa yang gaduh di kelas. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memahami penyebab kegaduhan tersebut. Setelah penyebabnya diketahui, solusi yang diterapkan oleh guru adalah menenangkan siswa yang ribut melalui berbagai jenis tepukan. Jika ternyata siswa merasa bosan dengan materi yang disampaikan di kelas, guru bisa memindahkan kegiatan pembelajaran ke luar kelas (outdoor) untuk mengurangi rasa bosan dan meningkatkan keterlibatan siswa.
Video tersebut memberikan tips yang berguna untuk mengatasi anak ribut di kelas saat proses belajar mengajar, beberapa tips yang saya setujui yaitu antara lain:
• menciptakan aturan kelas yang jelas, anak-anak perlu tahu batasan dan konsekuensi dari perilaku mereka sehingga aturan yang konsisten sangat penting untuk menjaga ketertiban. Hal ini membantu anak memahami apa yang diharapkan dari mereka dalam situasi belajar.
• memberikan perhatian dan penghargaan kepada anak yang berperilaku baik. Misalnya guru memberikan apresiasi kepada anak hal itu dapat memotivasi anak untuk menjaga perilaku yang baik.
• memvariasikan metode pembelajaran, dengan metode pembelajaran yang bervariasi membuat anak lebih semangat dalam proses belajar mengajar karena dengan metode pembelajaran yang monoton biasanya akan membuat anak sering merasa bosan.
Maria Edeltrudis Liwu
Nim : 859272513
Dari Video diatas, dilihat bahwa proses pembelajaran dikelas paud siswanya sangat ribut dan berkejaran dalam kelas guru tidak boleh melanjutkan proses belajar mengajar tetapi guru harus berupaya untuk menenangkan situasi kelasnya terlebih dahulu sehingga dapat memastikan proses pembelajaran akan berjlan dengan lancar. jadi pada saat mulai proses kegiatan belajar mengajar atau pada saat kegiatan main anak-anak perlu diadakan kesepakatan kelas,atau dengan cara lain yakni memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang ribut,menerapkan teknik pengalihan,dan menjadi teladan dalam bersikap sehingga anak-anak meniru dan merespon dan menjadi tenang,perlu juga melakukan pendekatan yang penuh kasih sayang,sabar,dan kreatif yang dapat mengelolah kebisingan dikelas dengan lebih efektif sambil tetap menjaga suasana belajar yang positif dan menyenangkan.
nama : putri diyan yuyun
NIM : 85853518
secara keseluruhan perilaku ngobrol dikelas adalah hal yang wajar terjadi. terutama paka anak yang sedang berkembang. yang penting adalah bagaimana guru mengelola dan mengarahkan perilaku ini agar anak tetap bisa belajar sambil mengembangkan keterampilan sosialnya. pendekatan yang empatik dan solutif biasanya lebih efektif dibandingkan dengan hukuman. anak perlu merasa dipahami agar mereka termotivasi untuk berubah.
Nama: Siti Chumairo
Nim: 877970065
Anak ribut di kelas saat proses pmb adalah hal wajar untuk anak PAUD, karena mereka masih dalam tahap perkembangan emosi dan sosial. Guru perlu memahami bahwa ini adalah bagian dari proses mereka belajar berinteraksi dan berekspresi
Beberapa strategi yang bisa dilakukan guru adalah:
1. Ajak anak-anak untuk tenang
2. Jika anak yang ribut cukup banyak gunakan tepuk diam agar anak tertib kembali
3. Jika anak yang membuat ribut sedikit ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus di kerjakan
4. Jika anak yang tadi ribut sudah mengerjakan tugas kasih dia aktivitas lainya
Anak yang ngobrol saat proses pembelajaran memang menjadi tantangan bagi guru, terutama di kelas usia dini. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya:
1. Gunakan Metode Belajar yang Bervariasi
Mengatasi siswa mengobrol saat guru mengajar perlu dilakukan dengan tepat supaya tidak menjadi kebiasaan. Siswa mulai berbuat ulah seperti mengobrol atau bercanda bisa juga disebabkan oleh rasa jenuh pada cara guru mengajar.
2. Buat Aturan yang Tegas dan Jelas
Mengatasi karakter siswa yang tidak disiplin dan kurang sopan terhadap gurunya, termasuk kebiasaan mengobrol, harus dilakukan dengan membuat aturan yang tegas dan jelas. Sebaiknya aturan-aturan yang diberlakukan di kelas dibuat bersama dengan siswa di awal pembelajaran.
3. Berikan Apresiasi Kepada Siswa yang Tertib
Menguasai kelas yang ramai adalah tantangan baik bagi guru baru maupun guru lama. Sering kali jika kelas ramai, guru hanya fokus pada siswa yang ramai saja. Nah, cobalah untuk melakukan sebaliknya.
setelah saya menonton tayangan video “anak ribut di kelas saat PBM” menurtu pendapat saya hal tersebut sangat wajar dan sering terjadi di kelas anak usia dini. hal ini mungkin disebabkan karena anak mudah bosan atau jenuh dengan kegiatan di kelas. upaya yang dilakukan oleh guru dalam vedio tersebut sangat relevan dan dapat digunakan di kelas. namun bisa ditambahkan, agar anak tidak ribut di kelas guru dapat menambahkan ragam main dengan tema yang sama sehingga anak dapat memilih ragam manin yang sesuai dengan keinginannya, selain itu guri juga dapat memebrikan sanksi tegas saat anak sudah sulit untuk dikondisikan, tentu saja dengan pendislipinan yang positif.
Dalam mengelola pengajaran di kelas PAUD (Pendidikan Usia Anak Dini) merupakan tantangan yang memerlukan pendekatan yang sabar, kreatif, dan konsisten dari guru. Untuk menjaga agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan anak-anak tetap fokus, guru perlu menerapkan beberapa solusi yang efektif. Beberapa langkah yang dapat dilakukan termasuk:
1. Penerapan aturan kelas yang jelas dan konsisten untuk memastikan anak-anak memahami ekspektasi dan tanggung jawab mereka.
2. Menggunakan teknik mengalihkan perhatian dengan aktivitas yang menarik dan mengubah fokus pembelajaran agar anak-anak tetap terlibat.
3. Memberikan pengingat lembut dan isyarat non-verbal untuk mengingatkan anak-anak agar menjaga ketenangan tanpa mengganggu konsentrasi teman-teman.
Cara mengatasi anak yang ramai saat di dalam kelas adalah yang paling utama yaitu dengan mencari tahu kenapa anak ramai di dalam kelas dan dengan cepat membuat solusi membuat anak diam dan memperhatikan pelajaran dengan konsentrasi kembali. Mengetahui solusi dengan tepat dan cepat sangat diperlukan agar pembelajaran tetap berlangsung sesuai tujuan pembelajaran. Dalam menganalisa permasalahan di dalam kelas saat mengajar dibutuhkan ketepatan tindakan, sehingga tidak membuat anak yang ramai kecil hati. Maka dari itu guru harus memiliki keterampilan analisa dalam setiap permasalahan yang muncul.