Anak Ribut di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

905 Comments

  1. Nama : Sahara Putri Pangastika
    NIM : 857624873
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Dalam video tersebut adalah seorang gru yang menghadapi anak anak yang sedang ribut ketika guru sedang melakukan pembelajaran, upaya yang dilakukan oleh guru tersebut yakni :
    1. Mengajak anak untuk tenang
    2. Menggunakan teknik tepuk diam atau peluit (jika anak yang ribut cukup banyak)
    3. Dekati anak supaya bisa fokus kembali pada tugas (jika anak yang ribut hanya sedikit)
    4. Ajak anak melakukan aktivitas lain (jika anak sudah tidak ribut)
    Dari video diatas saya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menangani anak yang sedang ribut dikelas saat guru sedang melakukan pembelajaran.

  2. Nama :Yunarti
    NIM : 859644301
    UPBJJ :PALU
    Vidio berjudul “Anak ribut di kelas saat PBM”
    Vidio ini sangat menarik dan relevan dengan situasi nyata yang sering di hadapi guru PAUD,anak-anak yang ribut di kelas saat proses belajar mengajar sebenarnya menunjukkan bahwa mereka membutuhkan pendekatan yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan gaya belajar mereka.saya setuju dengan pendekatan guru dalam vidio ini yang tetap sabar,tidak memarahi anak,dan justru mengalihkan perhatian mereka dengan kegiatan yang lebih menarik dan interaktif.Ini bisa menjadi salah satu strategi efektif untuk mengembangkan perilaku positif sekaligus menjaga suasana kelas tetap kondusif.Vidio ini juga menambah wawasan saya dalam memahami pentingnya fleksibilitas dan kreativitas dalam mengajar anak usia dini.

  3. Nama : Rizma Fuaidah
    NIM: 877312877
    UPBJJ : Surabaya
    Setelah melihat video diatas, bahwa hal tersebut sering sekali terjadi saat saya sedang melakukan KBM, di mana ada anak yang memiliki karakter yang aktif sehingga ketika sudah menyelesaikan tugas bahkan ada yang saat sedang mengerjakan tugas tetap ribut dan yang lebih parahnya ketika saya menjelaskan pun mereka tetap ribut.
    Dari vidio yang singkat ini saya memahami bahwa menjaga ketenangan dan fokus anak-anak selama proses belajar mengajar merupakan tantangan yang amat menantang selain kita menyiapkan kosa kata yang mudah dipahami oleh anak.
    Terima kasih GPO, yang sudah menginspirasi para guru untuk menjadi lebih baik.

  4. Assalamualaikum wr.wb

    NAMA : NADYA APRILIYA ANGGRAENI
    NIM : 857474132

    mohon izin menanggapi..
    “ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM”

    terlihat di dalam video ibu guru sedang menjelaskan namun banyak anak anak berlarian dan membuat gaduh yang tentunya itu adalah hal yang sudah biasa dijumpai oleh guru tk..
    ada berbagai macam cara dalam menanggapi peristiwa ini,diantarany adalah guru bisa melakukan tepuk diam,guru juga bisa mendistraksi anak dengan berbagai macam ice breaking serta memberi pengertian pada anak jika sedang belajar tidak boleh membuat gaduh atau mengobrol dengan suara yang keras karena jika ia tidak mendengarkan maka anak tidak akan tau apa yang sedang dijelaskan oleh ibu guru lalu selain itu juga anak bisa mengganggu konsentrasi temannya yang lain

    sekian tanggapan dari saya,kurang dan lebih nya mohon maaf

    wassalamualaikum wr.wb

  5. Assalamualaikum wr.wb

    NAMA : NADYA APRILIYA ANGGRAENI
    NIM : 857474132

    izin menangggapi
    “ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM”

    terlihat di dalam video ibu guru sedang menjelaskan namun banyak anak anak berlarian dan membuat gaduh yang tentunya itu adalah hal yang sudah biasa dijumpai oleh guru tk..
    ada berbagai macam cara dalam menanggapi peristiwa ini,diantarany adalah guru bisa melakukan tepuk diam,guru juga bisa mendistraksi anak dengan berbagai macam ice breaking serta memberi pengertian pada anak jika sedang belajar tidak boleh membuat gaduh atau mengobrol dengan suara yang keras karena jika ia tidak mendengarkan maka anak tidak akan tau apa yang sedang dijelaskan oleh ibu guru lalu selain itu juga anak bisa mengganggu konsentrasi temannya yang lain

    sekian tanggapan dari saya,kurang dan lebih nya mohon maaf

    wassalamualaikum wr.wb

  6. assalamualikum wr wb .
    Nama :Siska Dewi Nur Syafitri
    Nim :858718101
    mohon izin menangapi video tentang apa saja yang di lakukan guru saat anak ribut di kelas saat PBM. sangat bermanfaat bagi kami dari lembaga lain untuk menerapkan karena banyak keterangan jika yang membuat ribut banyak atau sedikit. Alhamdulillah beberapa cara yang dilakukan guru pada video tersebut sudah kami terapkan di sekolah kami, dan kedepannya aksi yang dilakukan guru dalam video tersebut menjadi inspirasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mengatasi anak yang ribut pada saat PBM. dari video tersebut juga di jelaskan cara-cara untuk membuat anak-anak tenang dan tidak ribut selama PBM yaitu dengan memberikan pengertian kepada anak bahwa selama PBM tidak boleh ribut, menggunakan ice breaking yang menarik sehingga anak-anak mau kembali duduk dengan tenang dan mendengarkan guru selama PBM, dan gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali dan kembali fokus terhadap pembelajaran dalam mewarnai dan kegiatan yang lain.
    sekian tanggapan dari saya dan terima kasih

  7. Assalamualaikum wr.wb

    NAMA : YESI
    NIM : 856283604
    Judul Video
    “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”

    Izin memberikan tanggapan mengenai video tersebut. Pendekatan yang dilakukan oleh guru sangat baik dan tepat dalam mengatasi masalah anak yang ribut di kelas. Dengan mengenali penyebab anak ribut, guru dapat memberikan solusi yang sesuai, seperti menenangkan melalui tepuk-tepuk yang dapat menenangkan suasana. Selain itu, memindahkan pembelajaran ke luar kelas saat anak merasa bosan adalah strategi yang efektif untuk mengurangi kebosanan dan meningkatkan perhatian anak terhadap pembelajaran. Pendekatan ini menunjukkan bahwa guru mampu beradaptasi dan menggunakan metode yang variatif untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak.
    Sekian tanggapan dari saya terimakasih

  8. Maaf saya tidak bisa masuk,karna kata sandi saya tidak sesuai ,padahal NiM dan kata sandi untuk membuka kursus,terima kasih

    0
    0
  9. Selamat Malam,,,Syalom
    Nama : Agustina Rumaketty
    NIM : 855708363
    Tugas : PKM PAUD

    Ijin menangapi vidio Anak Ribut di Kelas Saat PBM,,terlihat guru membuka pembelajaran dan anak-anak dengan kegiatan anak-anak masing” ada yang langsung mengikuti instruksi guru ada yang ribut dengan bercerita dengan teman tapi juga ada yang berlarian didalam kelas.
    guru mengunakan media untuk mengajar dengan benar namun upaya guru untuk menguasai kelas dengan solusi ajak anak untuk tenang,,
    Adapun solusi lain ;

    – Yang ribut guru puny teknik seperti tepuk tangan/pluit untuk tertib ,jika sedikit yang ribut dengan pendekatan dekati anak dan ajak fokus dan berikan tugas/aktivitas lain untuk dikerjakan.

    – ketika anak bosan guru dapat memindahkan pembelajaran diluar kelas agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik

    Dan vidio tersebut menjadi inspirasi dan memotivasi saya untuk belajar melakukan peran seorang guru,bukan saja mengajar namun mampu berupaya dalam mengunakan teknik /solusi” agar anak” dapat memperoleh pembelajaran sesuai kebutuhan dan perkembangan mereka.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/