silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Tanggapan saya mengenai video di atas adalah terlihat bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru akan menyebabkan anak mudah merasa bosan terhadap pembelajaran yang berlangsung.
    Akibat rasa bosan itu anak menjadi tidak fokus dan tidak tertarik lagi mengikuti pembelajaran.
    Anak akan mencari hal lain yang menyenangkan baginya seperti menciptakan keributan untuk menarik perhatian temannya.
    Seharusnya guru bisa menggunakan strategi pembelajaran lain yang lebih berfokus pada siswa agar pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi anak.
    Dalam video di atas juga terlihat bahwa media yang digunakan guru kurang bervariasi dan guru tidak memberikan anak kesempatan untuk berkreasi mewarnai gambar sesuai imajinasinya sendiri.
    Seharusnya guru membiarkan anak mewarnai gambar sesuai imajinasinya dengan tetap membimbing anak mengenai warna nyata gambar tersebut dalam kehidupan.
    Dan intuk mengembalikan fokus anak guru bisa menyanyikan lagu-lagu atau memberikan ice breaking.

  2. Nama: Rame Regina Girsang
    Nim : 856094914
    Prodi : PGPAUD B1 semester I
    Pokjar : kab .karo
    Menurut saya setelah menonton vidio tentang anak ribut dikelas saat PBM sangat menarik buat kita para guru sehingga dengan menonton vidio tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa jika anak ribut dikelas yang pertama kita harus mengamankan anak dulu salah satunya dengan tepuk diam,dan bila dikit yang ribut kita harus bertanya apa penyebab ribut karna dari penyebabnya kita dapat melakukan sesuatu supaya anak tidak ribut lagi dan yang kedua kita guru harus penuh kesabaran menghadapi tingkah anak didalam kelas

  3. Nama: Patma Pratiwi
    NIM: 857969793
    Prodi: PG PAUD

    Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah: seorang guru memberikan tugas untuk anak mewarnai gambar wajah dan mencontohkan di papan tulis namun ketika proses pembelajaran banyak anak yang tidak fokus, dan rebut sendiri didalam kelas. Kelemahan dari video tersebut adalah pembelajaran masih dilakukan secara klasikal, media yang digunakan adalah LKS, sehingga anak bosan, menggunakan meja dan kursi dengan ruangan yang sempit sehingga membatasi ruang gerak anak.
    Sebenarnya guru sudah berusaha mengajar dengan baik namun menurut saya media yang digunakan kurang menarik. Namun, ada beberapa solusi yang sudah dipaparkan dalam video yang bisa diterapkan, yaitu : anak diajak bernyanyi/ tepuk; pendekatan secara individu; dan diberikan tambahan tugas yang lain.

  4. Nama : Denita Kumaila Al-laila
    NIM : 858172522
    Profil : PGPAUD

    Pada video tersebut terlihat guru menggunakan komunikasi satu arah atau pembelajaran berpusat pada guru sehingga PBM berlangsung membosankan bagi siswa yang pada akhirnya membuat PBM berlangsung tidak efektif dan efisien dan anak-anak mulai membuat kegaduhan sehingga kelas menjadi tidak kondusif.
    Seharusnya guru mengajar siswa dengan komunikasi dua arah artinya guru melibatkan siswa dalam PBM dengan dialog dan pertanyaan sehingga siswa fokus dan aktif pada saat guru menjelaskan pembelajaran.

    Guru bisa menggunakan metode yang lebih kreatif.Salah satunya memberikan ice breaking terlebih dahulu sebelum PBM dalam bentuk senam,tepuk tangan,atau yang lainnya.Guru bisa menggunakan flash card agar fokus anak tetap terjaga dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran.Guru juga bisa menggunakan koin atau star untuk menambah semangat anak dalam pembelajaran.

  5. Nama: Yeyen Nurhayati
    Nim:858928887
    Prodi: S1-PG PAUD
    Setelah melihat Vidio di atas tentang anak ribut di kelas saat PBM, sebetulnya ini kesulitan sy sebagai pendidik anak usia dini , dari pengalaman saya mengajar anak yang kurang fokus dalam pembelajaran ini harus di perhatikan lebih karena jika tidak di perhatikan betul akan menggangu teman yang lain, dan akan memicu keramaian di dalam kelas karena usia dini ini sifatnya peniru handal, dan solusi yang ada Vidio sdh sering di lakukan oleh pendidik tp kandang belum efektif, yang saya lakukan ketika anak didik ribut di dalam kelas:,
    1. saya akan mengalihkan pembelajaran seperti pembelajaran di luar kelas atau di kebun, lapangan yang terdekat di sekolah, untuk Menganti suasana baru supaya anak tidak bosan dengan kegiatan yang di berikan oleh guru dan akan membuat anak didik menyenangkan contohnya mengumpulkan bunga sesuai warna, mengurutkan daun dari yang kecil ke yang besar, menulis huruf di tanah, dari kegiatan ini anak bisa sambil berlari mengambil bunga,menata daun sambil jongkok dan lain sebagainya,
    2. Jika di dlm kelas ada 2 guru pembelajaran di bagi 1 guru untuk yang yang pembelajaran fokus dan
    1 guru yang tidak bisa fokus di kelas dengan pembelajaran kinestetik dan guru dapat memberi pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak, menanyakan keinginan anak, dan memberi tugas yang mencakup dengan gaya belajarnya,

  6. Nama : Nisa Nida’ul Janah
    NIM : 857971861
    Program studi : PGPAUD
    Tanggapan saya mengenai “Anak ribut di kelas saat PBM” adalah
    Sebaiknya metode yang diberikan kepada anak lebih menarik, penataan tempat duduk juga mempengaruhi konsentrasi dan minat belajar anak.
    Solusi yang tepat sesuai dengan video pembelajaran di atas adalah :
    1. Ajak anak untuk tenang.
    2. Jika banyak anak yang ribut gunakan sesuatu yang menarik seperti tepuk atau nyanyian untuk mengajak tenang.
    3. Jika anaknya ribut sedikit dekati anak dan acak untuk fokus kembali kepada materi.
    4. Jika anak yang ribut itu telah selesai mengerjakan tugasnya ajaklah anak tersebut dengan aktivitas lain.

  7. Nama : Husnun Hamidah
    NIM : 858848758
    Program Studi : S1-PG PAUD

    Memang anak yang ribut saat PBM sangat sering terjadi, dalam video tersebut memang seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di sampaikan dan dalam video di atas di jelaskan bagaimana cara menenangkan anak yang ribut. mungkin anak juga merasa bosan dengan tugas yang diberikan kepada mereka akibatnya jadi sering ribut sendiri.
    Seharusnya guru lebih kreatif memberi tugas kepada anak jangan terfokus pada buku saja padahal masih banyak media lain yang dapat digunakan anak untuk belajar. Jika tugas yang di berikan guru bervariasi anak akan senang dengan tugas mereka sendiri.
    Setiap anak juga memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang menurut ada juga yang memang sulit.

  8. Nama: IDA MARYANI
    Nim: 859169828
    Prodi: S1 PG-PAUD
    Nama Vidio: ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM
    Dari Vidio diatas, guru sudah melakukan cara mengatasi anak yang ribut sudah cukup Baek. Tapi:
    – guru sebaiknya melakukan pendahuluan sebelum memulai pembelajaran, menjelaskan tata tertib selama didalam kelas
    – guru sebaiknya menyelipkan ice breaking ketika melihat kondisi kelas sudah tidak tenang sehingga anak anak lebih fokus dan semangat kembali.
    – guru sebaiknya memastikan anak memiliki ATK masing masing agar menghindari timbulnya pinjam meminjam barang teman

  9. Nama : IKA NOVIDA YENI
    NIM : 859171208
    Prodi : PGPAUD

    Menurut pendapat saya yang dilakukan guru sudah baik, mengajak anak untuk tenang dalam mengerjakan Kegiatan yang diberikan, namun sebagian anak tidak menghiraukan penjelasan dari guru, sebaiknya guru menyajikan kegiatan yang menarik, di video anak-anak akan mewarnai alangkah baiknya jika guru mencontohkan dengan bernyanyi sehingga dapat menarik perhatian anak.

  10. Nama:purnawati
    Nim:859165268
    Program studi:121/S1-PGPAUD
    Judul Vidio
    anak ribut dikelas saat PBM
    Guru sdh menyelesaikan tugasnya dengan baik, kemudian anak2 juga sdh di berikan LKS untuk menunjang kegiatan pada hri itu, guru juga sdh mengajarkan bagaimana cara mewarnai dengan baik(pelan2), namun beberapa siswa bermain/libur,, dan yg dilakukan guru adalah
    1. Ajak anak2 untuk tenang
    2. Jika anak ribut cukup banyak maka gunakan tepok diam/gunakan Pluit untuk anak tertib kembali
    3. Jika anak yg ribut sedikit/cmn 1 orang,maka dekatilah dia dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan
    4. Jika anak yang ribut tadi sudah selsai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.
    Demikian solusi yg harus kita lakukan jika anak ribut di dalam kelas semoga bermanfaat untuk kita semua

Leave a Reply