silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Menurut saya, guru seharusnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dilapangan dan sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru) sehingga, penyampaian permasalahan dapat lebih diperkarya

    6
    0
  2. Rahayu Firdausi Nuzula (858797501)
    PG.PAUD

    Dikutip dari Modul PAUD4101.
    Perkembangan kognitif anak usia prasekolah (3-5 tahun) ditandai dengan sikap kreatif, bebas dan imajinasi. Imajinasi anak semakin berkembang sesuai dengan berjalannya waktu ia belajar dan mengenali lingkungan di sekitarnya.

    Menurut Catron dan Allen (1999), anak memiliki imajinasi dan menyukai fantasi, serta terlibat dalam eksplorasi yang sistematis dan yang disengaja dalam sebuah kegiatan untuk pengembangan kreatifitas anak.

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

    1
    0
  3. Rahayu Firdausi Nuzula (858797501)
    PG.PAUD

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

  4. vidio tersebut menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak. namun vidio tidak menampilkan hasil dari gambar anak setelah melihat keluar pemandangan sekitar sekolah. menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan keluar kelas dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas sehingga anak tidak meniru contoh yang diberikan guru. anak dapat berkreasi sesuai apa yang dilihat oleh anak di luar kelas. untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak unuk menemukan ide yang akan digambar

  5. TITIS WAHYUNINGTYAS 837493399 S1 pgpaud

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.
    tetapi dalam vidio tersebut juga menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak. bahkan saat ank-anak jln-jlan anak-anak juga menemukan objek lain namun vidio tidak menampilkan hasil dari gambar anak setelah melihat keluar pemandangan sekitar sekolah. menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan keluar kelas dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas sehingga anak tidak meniru contoh yang diberikan guru. anak dapat berkreasi sesuai apa yang dilihat oleh anak di luar kelas. untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak unuk menemukan ide yang akan digambar

  6. NURYANTI (NIM:858836137)
    Judul Vidio Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar.
    Dari vidio yang saya lihat diatas terdapat kelebihan dan kelemahan dimana kelebihanya yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya.
    guru melakukan tanya jawab sebagai tahapan pengumpulan informasi.
    Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar ank bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar. Namun dari kelemahan tersebut guru mengajak anak untuk keluar kelas melihat benda-benda disekitar kelas untuk menumbuhkan imajinasi anak serta menggali informasi yang didapat anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang dilihat anak dan memberikan waktu pada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang telah dilihat diluar kelas, dan hasilnya terlihat bahwa anak tidak lagi menggambar gambar yang sama namun ada yang menggambar pohon, mobil, dan juga jalan.

  7. susi endang fitriana (nim 858835855)
    dari video pembelajaran tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar
    di dilihat dari video sudah benar guru mengajak anak untuk keluar ruangan agar anak dapat melihat secara langsung dan menuangkannya kedalam objek gambar imajinasi anak pun menjadi terasah dan juga anak bisa mengukapkan pendapatnya sesuai apa yang mereka lihat dan rasakan berbeda jika seorang guru tadi memberikan contoh gambar dan anak di minta untuk mengambar maka gambar di contoh tadi yang akan mereka gambar maka bisa di tarik kesimpulan belajar tidak hanya di dalam kelas lingkungan sekitar sekolah bisa di jadikan objek pembelajaran agar anak-anak dapat berkembang sesuai tahapan umurnya dan tentu dengan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak

  8. Menurut saya vidio itu sudah bagus, sudah memeberikan kesempatan anak untuk mengekspor imajinasinya dengan mengajak anak anak keluar kelas. Guru sudah memberi kesempatan anak anak untuk mendapatkan ide2 dari apa yang di lihatnya, guru sdh memberikan pertanyaan kepada anak anak tentang apa saja yg di lihat d halaman, kemudian mereka bisa menuangkan dalam gambar yang mereka buat. Kelebihannya bu guru sdh melakukan kegiatan dengan baik memberikan kesempatan kepada anak anak untuk belajar menggambar sesuai imajinasinya. Kelemahannya adalah anak anak di beri contoh gambar oleh bu guru, jadi ketika menggambar anak anak cenderung meniru gambar bu guru walaupun sdh d kasih tahu bisa menggambar sesuka hati, tp biasanya anak anak lebih suka meniru, sebaiknya jangan d kasih contoh biarkan anak menggambar sesuai yang mereka inginkan begitu sehingga mereka akan menggambar sebisa mereka sesuai yang mereka lihat.

  9. Dari vidio ini sangat membantu guru juga dalam mengembangkan kreatifitas menggambar anak, dikelas saya saat pelajaran menggambar anak harus saja di beri contoh tidak mau menggambar bebas, tapi sekarang mendapat ilmu baru insyaalloh akan dipraktikan terimakasihh

Leave a Reply