silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : ayu afida ilmi
Nim : 857837071
Progdi : PGPAUD BI
Pokjar : Salatiga
Kebanyakan anak ketika diminta guru untuk menggambar memang akan meniru apa yang digambar guru atau apa yang guru minta, bahkan masih ada beberapa anak yang belum mengerti ketika diminta menggambar bebas.
Menurut saya metode yang digunakan guru dalam video untuk melatih imajinasi anak ketika menggambar sudah tepat, yaitu dengan cara mengajak anak keluar kelas dan anak menggambar sesuai dengan apa yang ia lihat, dengan metode seperti itu, tentu antara anak yang satu dengan yang lain akan mendapatkan hasil gambaran yang berbeda karena sesuai dengan apa yang dilihat masing-masing anak.
Nama:Inawati
NIM :857750724
PG PAUD BI
A. Dari vidio diatas”anak sulit berimajinasi saat menggambar”terlihat guru memberikan instruksi pada anak untuk menggambar bebas namun dengan memberikan contoh gambar yang ditempel dipapan tulis.hasil gambar anak pun cenderung sama yaitu gambar pemandangan.karena hasil gambar anak sama guru lalu mengajak anak keluar mengamati lingkungan lalu melakukan tanya jawab pada anak lalu mempersilahkan menggambar bebas apa yang diamatinya.
B. Berdasar ilustrasi diatas menurut saya guru sudah melakukan prinsip asesment dan evaluasi.hal ini terlihat ketika kegiatan menggambar anak yang pertama ,guru memberi contoh pada anak,hasil gambar anak sama, kreatifitas dan imajinasi anak tidak berkembang guru lalu memperbaiki strategi pembelajaran yaitu lewat pengamatan lingkungan secara langsung,tanya jawab dan meminta anak menceritakan hasil pengamatannya,dan mempersilahkan menggambar bebas apa yang diamatinya
C. Hal yang perlu diperbaiki menurut saya 1.untuk anak PAUD sebaiknya instruksi yang diberikan ke anak jelas,jika menggambar bebas berarti tidak usah diberi contoh.2.untuk membangun kreatifitas dan imajinasi anak PAUD diawal langsung mengamati langsung hal ini karena pengenalan akan benda/lingkungan yang masih perlu digali,dengan mengamati langsung imajinasi anak lebih berkembang.3. Ketika kegiatan menggambar guru berkeliling sambil memberikan kalimat pemantik agar kreatifitas dan imajinasi anak lebih berkembang maksimal seperti misal anak menggambar mobil,guru berkata”wah bagus sekali mobilnya,kira-kira apa yang perlu ditambahkan lagi digambar mobilmu?berapa banyak mobil yang kamu lihat tadi?
4. Sebaiknya tindak lanjut hasil evaluasi yaitu perbaikan kegiatan tidak dilaksanakan dalam 1 waktu,jika kegiatan menggambar hari tersebut belum mampu membangun kreatifitas dan imajinasi anak,maka strategi kegiatan menggambar dilakukan esok hari.bukan seperti ilustrasi anak selesai menggambar dengan buku gambar lalu menggambar lagi.hal ini bisa mengakibatkan anak bosan.misal dilakukan dalam satu waktu alat,bahan,dan medianya harus beda misal dengan cat air,finger painting,media pasir
Nama:Sukini
Nim:859170886
Prodi: PGPAUD
Vokjar: Salut
Assalamualaikum
Ijin menanggapi Vidio diatas
1. Setelah saya amati Vidio diatas Guru sudah menyampaikan dengan sangat baik dengan mengarahkan anak-anak dengan menanyakan gambar apa yg disukai sehingga anak-anak bisa berimajinasi untuk menggambar apa yg ada dipikirannya.
2.dari Vidio diatas Anak-anak kurang fokus atau kurang berimajinasi,ketika guru menjelaskan gambar anak-anak lebih banyak diam dn tidak fokus, namun ketika guru mencoba mengarahkan untuk mengamati pemandangan diluar Anak-anak lebih bisa berimaji nasi dan lngsung mnjawab apa saja yg ditanyakan guru.
NAMA:RIZKI KHOIRUN NISA
NIM:858861542
PRODI:PGPAUD
dalam vidio diatas memperlihatkan bagai mana upaya seorang guru untuk meningkatkan imajinasi anak saat menggambar.
kebanyakan anak ketika diminta untuk menggambar bebas justru malah anak menggambar mengikuti apa yang digambar oleh guru atau meniru teman.upaya guru dalam vidio diatas sangat bagus ,dengan mengajak anak keluar kelas untukmelihat lingkungan sekitar kemudian meminta anak menggambar apa yang baru saja dilihat kemudian menceritakan apa yang digambar oleh anak.
Nama : CARINIH
NIM : 857154388
POKJAR : Makasar Jakarta Timur
Prodi : PGPAUD BI A
A. Judul : Seri pengembangan kognitif PAUD
mengenai vidio : “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Ringkasan materi dalam vidio : pada vidio tersebut dalam suatu kelas seorang guru sedang memberi instruksi kepada anak didik untuk menggambar bebas dengan guru mencontohkan menggambar gunung dan rumput. pada vidio tersebut anak-anak cenderung meniru gambar yang di contohkan yang sudah ada maupun meniru gambar temannya. untuk memberikan solusi masalah sulitnya berimajinasi guru tersebut mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat hal-hal yang ada diluar atau di halaman sekolah. lalu guru mengajak anak-anak mengkomunikasikan hal apa yang mereka lihat di luar lalu guru mengajak anak menggambar hal atau benda yang mereka lihat.
b. pada vidio tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini dengan mengulang kegiatan menggambar setelah melakukan observasi dilingkungan sekitar sehingga anak-anak mampu menggambar sesuai dengan imajinasinya atau sesuai dengan apa yang mereka lihat di lingkungan tersebut.
c. hal yang perlu diperbaiki dalam vidio tersebut yaitu guru harus lebih konkrit dalam memberikan instruksi untuk menggambar bebas memang seharusnya tidak diberikan contoh karena menggambar bebas itu bertujuan untuk mengajak anak mengeluarkan ide-ide atau imajinasinya sehingga anak-anak mempunyai kebebasan dalam menggambar bebas.
Nama : CARINIH
NIM : 857154388
POKJAR : Makasar Jakarta Timur
Prodi : PGPAUD BI A
A. Judul : Seri pengembangan kognitif PAUD
mengenai vidio : “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Ringkasan materi dalam vidio : pada vidio tersebut dalam suatu kelas seorang guru sedang memberi instruksi kepada anak didik untuk menggambar bebas dengan guru mencontohkan menggambar gunung dan rumput. pada vidio tersebut anak-anak cenderung meniru gambar yang di contohkan yang sudah ada maupun meniru gambar temannya. untuk memberikan solusi masalah sulitnya berimajinasi guru tersebut mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat hal-hal yang ada diluar atau di halaman sekolah. lalu guru mengajak anak-anak mengkomunikasikan hal apa yang mereka lihat di luar lalu guru mengajak anak menggambar hal atau benda yang mereka lihat.
b. pada vidio tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini dengan mengulang kegiatan menggambar setelah melakukan observasi dilingkungan sekitar sehingga anak-anak mampu menggambar sesuai dengan imajinasinya atau sesuai dengan apa yang mereka lihat di lingkungan tersebut.
c. hal yang perlu diperbaiki dalam vidio tersebut yaitu guru harus lebih konkrit dalam memberikan instruksi untuk menggambar bebas memang seharusnya tidak diberikan contoh karena menggambar bebas itu bertujuan untuk mengajak anak mengeluarkan ide-ide atau imajinasinya sehingga anak-anak mempunyai kebebasan dalam menggambar bebas.
Alfin Nur Hamidah (859626066)
Menurut saya, cara guru mengajar sudah benar akan tetapi kurang dalam perhatian personal kepada masing-masing anak.
Misalnya dengan bertanys jawab kepada anak apa kesukaan anak, dan menstimulasi anak agar anak dapat menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah gambar.
NAMA : AZZA AFTINA FACHRIANI
NIM : 858846643
PRODI : S1-PGPAUD
Menurut saya metode yang digunakan guru dalam video untuk melatih imajinasi anak sudah tepat, yaitu memberi contoh dalam bentuk gambar sehingga anak tersebut cenderung meniru. Selain itu, dengan cara mengajak anak keluar kelas seperti di video tersebut anak juga mulai mampu berimajinasi dengan cara melihat lingkungan sekitarnya. Dengan berbagai metode tersebut tentu antara anak yang satu dengan yang lain akan mendapatkan hasil gambaran yang berbeda .
menurut saya guru tersebut sudah maksimal dan mengarahkan dengan baik terhadap anak-anak.guru dapat menjelaskan atau mengenalkan sekitar lingkungan sekolah terlebih dahulu agar anak tidak menggambar 2x. karena anak-anak sifatnya cepat bosan dan lelah,terkadang baru menggambar satu belum selesai anak sudah merasa capek.
Menurut saya guru tersebut sudah baik dan maksimal,tetapi alangkah baiknya sebelum menggambar bebas anak di perkenalkan dulu sekitar lingkungan sekolah,bisa juga anak di tanya tempat apa yang mereka suka,maka anak dapat menemukan ide untuk menggambar bebas,agar anak juga tidak menggambar 2x, karena anak-anak saat belajar tidak fokus,mudah capek, dan cepat bosan.