silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Dika Auliya Wardani
    NIM : 855877395
    Pada video tersebut menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalah. membantu anak berimajinasi ini muncul ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru. Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.

    Menurut pendapat saya dari video diatas yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar sudah baik, namun salah satu kegiatan yang bisa di lakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan mengjak anak untuk mengamati dunia di sekitar mereka misalnya ;
    1. Berjalan-jalan di alam: Ajak anak untuk mengamati berbagai macam benda di alam, seperti pohon, bunga, hewan, dan awan. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelah kembali ke rumah.
    2. Pergi ke kebun binatang atau museum: Biarkan anak mengamati berbagai macam hewan dan benda-benda bersejarah. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelahnya.
    3. Berbicara tentang pengalaman sehari-hari: Tanyakan kepada anak tentang apa yang mereka lakukan di sekolah, saat bermain dengan teman, atau saat berlibur. Mintalah anak untuk menggambar pengalaman tersebut.

  2. Judul Video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”.
    Beberapa anak mungkin merasa takut membuat kesalahan atau menggambar sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan mereka sendiri atau orang lain.Anak-anak yang tidak mendapatkan dorongan atau dukungan dari orang tua atau guru mungkin merasa kurang termotivasi untuk bereksplorasi dalam menggambar.Untuk membantu anak mengatasi kesulitan ini, penting untuk:Memberikan Dukungan dan Dorongan: Berikan pujian yang konstruktif dan dorong anak untuk bereksperimen tanpa takut gagal.Menyediakan Sumber Inspirasi: Sediakan buku cerita, film, atau kunjungan ke tempat-tempat yang bisa memicu imajinasi mereka.Membuat Lingkungan yang Mendukung: Buat ruang di rumah yang nyaman dan bebas dari distraksi untuk kegiatan seni.

  3. Nama : Jamilatun Na’imah
    Nim : 858182143

    Video sangat bagus,dimana didalam video tersebut mengajarkan tentang pemecahan terhadap masalah ketika anak-anak tidak mampu berimajinasi dalam menggambar dengan stimulus yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan menggambar dan anak-anak bisa lebih mengenal lingkungan yang ada di sekitarnya.

  4. Pada video Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar tersebut langkah pertama yang dilakukan guru adalah sebagai berikut :
    Tahap 1 : guru memberikan kertas dan pensil kepada anak untuk menggambarsesuai dengan apa yang sudah pernah di lihat tanpa memberikan bantuan atau
    pematik agar anak dapat mengingat objek benda yang pernah di lihat / di amati
    Tahap 2 : guru mengajak anak untuk keluar kelas dan meminta anak memperhatikan objek benda disekitar nya. Kemudian anak – anak menceritakan bahwa dia
    telah melihat bunga, pohon, dll. Setelah anak – anak mencoba menggambar objek tersebut maka guru meinta anak untuk memberikan warna dengan
    crayon sehingga pada tahap 2 inilah anak -anak mampu menuangkan ide untuk bisa memnggambar objek yang sudah di amati

  5. Pada video tersebut tidak dilakukan kegiatan pembukaan, tetapi langsung pada kegiatan inti. sebaiknya guru memberikan rangsangan awal pada saat kegiatan pembukaan berlangsung. Sehingga saat memasuki kegiatan inti, anak sudah siap melakukan aktivitas pada kegiatan inti. Serta Pendekatan yang digunakan oleh guru untuk menstimulus imajinasi anak sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan pada objek-objek yang ada di sekitarnya. Sehingga dengan prinsip tersebut dapat menstimulasi imajinasi anak lebih dalam dan luas

  6. NAMA:SITI NURSALAMAH
    NIM:857521374
    Dalam tayangan video diatas yang berjudul “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar Sering kita jumpai anak yang sulit bercerita / berimajinasi dan menuangkannya dalam bentuk gambar, jadi sering kali anak meniru gambar yang dicotohkan guru atau juga menitu gambar milik temannya.
    Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain:
    1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
    2. Guru memfasilitasi untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak kehalaman sekolah untuk melihat apa yang dilihat dihalaman sekolah seperti (Pemandangan, rumah, mainan,pohon, dll).
    3. Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkan nya
    4. Guru melakukan tanya jawab/ refleksi dengan anak mengenai yang dibuat mereka.
    Sekian pendapat dari saya semoga bermanfaat, Terimakasih🙏🏻

  7. Nama : Monika Indriani
    NIM : 858174311
    Setelah melihat video pembelajaran diatas guru sudah baik dalam memberikan stimulasi kepada anak agar imajinasi anak tersalurkan dengan cara mengajak anak belajar dan bermain diluar kelas atau ruangan untuk menciptakan atau mengembangan ide atau imajinasi anak dalam menggambar dari melihat lingkungan sekitarnya dan bisa juga memberikan tontonan tentang alam yang memperlihatkan ciptaan-ciptaan allah sesuai dengan tema minggu ini.

  8. Nama: Ranti Rahayu
    Nim : 857471026

    Setelah mengamati video di atas, cara yang dilakukan Guru dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi sudah tepat, namun mungkin bisa di tambah kan pada awal kegiatan inti anak bisa kita ajak menonton video yang sesuai dengan tema yang akan berlangsung hari itu, serta Guru memberikan stimulus kepada anak yang dapat merangsang imajinasi nya dalam menggambar bebas.
    1. Berjalan-jalan di alam: Ajak anak untuk mengamati berbagai macam benda di alam, seperti pohon, bunga, hewan, dan awan. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelah kembali ke rumah.
    2. Pergi ke kebun binatang atau museum: Biarkan anak mengamati berbagai macam hewan dan benda-benda bersejarah. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelahnya.
    3. Berbicara tentang pengalaman sehari-hari: Tanyakan kepada anak tentang apa yang mereka lakukan di sekolah, saat bermain dengan teman, atau saat berlibur. Mintalah anak untuk menggambar pengalaman tersebut.

  9. Nama : Ranti Rahayu
    Nim. :857471026

    May 12, 2024 at 3:12 pm
    Video tersebut menunjukkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak yang peduli dan kreatif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut sangat terarah dan memperhatikan kebutuhan individu anak.

  10. Setelah melihat vidio seorang guru mengajak anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak di beri kebebasan untuk menuangkan ide ide cemerlnagnya namaun isi pembelajaran tersebut menemukan hambatan untuk menggamabar agar anak anak dapat meluangkan ide guru cemerlang guru mengajak anak anak didiknya untuk melihat lihat benda yang ada di sekitar sekolah dengan begitu anak didik dapatlah langsung media yang akan di tuangkan lewat gambar sesuai tingkat pengembangan anak didik dan kegiatan pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum

Leave a Reply