silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Aura Rodliyatul Jannah
    NIM : 857512146
    UPBJJ : BANDUNG (SALUT Majalengka)

    Dalam video tersebut pada awal pembelajaran anak-anak tidak dapat mengembangkan imajinasinya dalam menggambar karena mereka melihat contoh gambar bu guru sehingga membuat imajinasi & kreativitas nya menjadi terbatas (walaupun bu guru sudah mengingatkan bahwa anak-anak bebas menggambar apapun).
    Setelah bu guru mengetahui adanya permasalahan perkembangan pada anak didiknya, bu guru mecari cara untuk anak dapat mengembangkan perkembangan seni & kognitif nya melalui pengamatan di lingkungan sekitar sekolah. Ibu guru & Anak-anak mengamati tanaman, benda, hewan, dan lingkungan lainnya yang bisa menjadi inspirasi anak untuk mereka gambar sesuai dengan apa yang mereka lihat. Dengan begitu, anak akan berimajinasi bagaimana bentuk kantor pak satpam, bentuk pohon kelapa, bentuk bangunan sekolah, bentuk tanaman yang ada di sekolah, dan lain sebagainya. Pengamatan tersebut akan menghasilkan berbagai macam imajinasi & jenis gambar pada masing-masing anak.

    Sekian dari saya, mohon bimbingannya bapak/ibu.

  2. Assalamu’alaikum
    Nama : puji lestari
    Nim : 855842472
    Izin menjawab
    Menurut saya mengenai masalah anak sulit berimajinasi saat menggambar. Hal tersebut sangat sering dialami oleh setiap anak. Karena seperti yang kita ketahui sebagai seorang guru bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, termasuk juga tentang gaya imajinasi nya. Ada anak yang sulit untuk berimajinasi karena dia tidak tau apa yang ingin di ceritakannya dan dituangkan nya dalam bentuk gambar tersebut. Sehingga anak tersebut lebih cenderung melihat gambar yang sudah ada seperti yang dicontohkan oleh ibu guru ataupun gambar punya temannya. Nah strategi yang diberikan oleh guru di dalam video tersebut adalah strategi yang cocok untuk anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Karena strategi dengan melihat lingkungan sekitar, akan memudahkan anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya selama mereka berada di lingkungan tersebut. Dan anak juga akan mengingat nya. Sehingga jika anak mengamati dan melihat sesuatu pasti dia akan mudah ingat dan akan bercerita juga sehingga anak dapat mengungkapkan apa yang dilihatnya kemudian di tuangkanlah melalui bentuk gambar.

  3. Assalamu’alaikum
    Izin menanggapi isi vidio berjudul “anak sulit Berimajinasi saat menggambar”

    emberikan lebih banyak stimulasi visual seperti buku bergambar, cerita ,foster atau kegiatan mendongeng yang dapat memicu imajinasi.
    Mengajak anak berdiskusi tentang gambar yang diinginkan sebelum memulai kegiatan menggambar untuk membantu memancing ide.
    Mengapresiasi hasil gambar anak, apa pun bentuknya, untuk meningkatkan rasa percaya diri.
    Mengadakan kegiatan menggambar kolaboratif, di mana anak-anak saling bertukar ide untuk menciptakan gambar bersama.

    Terimakasih🙏

  4. Assalamu’alaikum wr..wb..
    Nama : Nyayi rizki. M
    Nim : 855766333

    Izin menggapi isi vidio yg berjudul “Anak sulit Berimajinasi saat menggambar ”

    Sebaik nya Guru terlebih dahulu sebelum kegiatan di mulai Guru memberikan lebih banyak stimulasi visual kepada anak-anak seperti buku bergambar, cerita ,foster atau kegiatan mendongeng yang dapat memicu imajinasi pada anak.
    Mengajak anak berdiskusi tentang gambar yang diinginkan sebelum memulai kegiatan menggambar untuk membantu memancing ide anak .
    Mengapresiasi hasil gambar anak, apa pun bentuknya, untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

    Terimakasih🙏

  5. Nama : Siti Ainatus Sholikah
    Nim : 858554067
    UPBJJ : Malang

    izin menjawab
    menurut pendapat saya vidio tentang anak sulit berimajinasi menggambar cara pembelajarannya sudah bagus seperti anak sulit berimajinasi menggambar guru memberikan contoh gambar di papan dan pemahaman tentang menggambar bebas selain itu guru mengajak anak untuk keluar melihat lingkungan disekitar sekolah dan tanya jawab tentang apa yang dilihatnya untuk menggambar bebas namun menurut saya dalam vidio tersebut ada yang kurang yaitu guru harus memberikan reward pada anak meskipun gambar anak kurang jelas agar anak lebih semangat dan bermotivasi

  6. Nama:Asmaul Husnah
    Nim:859419693

    Dalam video tersebut dimana seorang guru menggambar pemandangan setelah itu menyuruh anak menggambar sesuai dengan imajinasi anak-anak tetapi Sering kali kita temui pasti ada anak-anak yang sulit berimajinasi. Contoh dalam video tersebut dimana anak-anak pasti akan mengikuti apa yang dilakukan gurunya.

    Akan tetapi dalam video tersebut guru jugaengarahkan anak-anak ke halaman sekolah supaya bisa melihat pemandangan dan menyebutkan apa saja yang dilihat dihalaman sekolah

  7. Assakamualaikum..
    Nama : Nadia Kudsiah
    NIM : 859941445
    Izin mengomentari tentang video anak sulit dalam berimajinasi dalam menggambar.
    menurut saya, setiap anak sebenarnya memiliki imajinasi yang luar biasa, hanya saja dalam perkembangkan anak usia dini, mereka belum dapat secara penuh dapat menuangkan apa yang ada dalam fikirannya dan di tuang kan dalam sebuah gambar, sehingga anak cendrung mengimitasi apa yang dilihatnya saat gurunya memberi contoh, terlihat jelas, bahwa ketika guru tersebut memberi contoh gambar pemandangan, sebagian besar anak juga mengimitasi gambar pemandangan tersebut, walau pun jika kita lihat dari brnuk gambaran dan warna mereka tetap memiliki ciri khas masing,. dalam hal ini guru sadar betul bahwa anak anak perlu mendapat bimbingan agar dapat mengasah perkembangan seni nya dengan cara mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengajak anak anak untuk keluar ruangan, bimbingan ini merupapakan satu inovasi dalam pembelajaran anak, serta menstimulus anak dalam melakukan referensi dalam perkembangan wawasan atau kognitifnya, sehingga ketika melakukan eksplolasi anak menjadi terbuka sudut pandangnya dan mempunyai ide dan gagasan baru untuk di tuangkan dalam gambarnya nanti. Dapat kita lihat pada video tersebut pandangan anak dan gambar anak pada sesi lanjutan menjadi bervariasi dan berkembang.
    jadi kesimpulannya pelajaran yang dapat saya ambil dalam pembelajaran di video tersebut adalah, pada hakikatnya ketika pembelajaran berpusat pada perkembangan anak, maka guru secara sadar harus melakukan pembaharuan pembelajaran yang dapat menstimulasi setiap aspek perkembangan anak,s erta melibatkan anak secara penuh dlam pembelajaran sehingga capaian pendidikan dapat di raih secara optimal.

  8. Daya imajinasi sangat erat kaitannya dengan kreativitas anak. Karena dengan berimajinasi, anak akan semakin terpancing untuk menggali rasa ingin tahunya. Si Kecil akan bisa merasakan dan membayangkan apa yang ia ceritakan.

    Kreativitas itu sendiri adalah respon unik anak-anak terhadap semua yang mereka lihat, dengar, rasakan, dan alami. Bagaimana si Kecil bereaksi terhadap stimulasi, pengalaman, dan ide akan merangsang kreativitas dan imajinasi mereka. Semua pengalaman kreatif ini kemudian akan membangun koneksi antar saraf yang kuat di dalam otak.

    Menurut saya, cara yang dilakukan guru tersebut adalah bagian dari cara mengatasi anak yang sulit Berimajinasi dalam menggambar dengan cara memberi anak ruang dan waktu yang cukup untuk bereksplorasi dan memuaskan rasa ingin tahu mereka sendiri. Pada akhirnya, dukungan yang membebaskan anak berimajinasi dapat membantunya membangun kepercayaan diri dan kemandirian.
    Selain itu, Berimajinasi juga akan membantu si anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan sesuatu yang inovatif.

    Seorang anak yang memiliki daya imajinasi tinggi mampu melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan lebih luas sehingga memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan menggunakan pendekatan yang unik.

    Sebab, saat sedang berkhayal ia mungkin dapat mengurutkan sebab-akibat dari suatu kejadian menurut logikanya tersendiri, dan berusaha untuk mewujudkan solusinya di “dunia nyata” dengan caranya sendiri yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang dewasa.

    Salah satu alasan mengapa problem solving penting dalam perkembangan anak adalah karena hal itu mengajarkan kearifan, membantu anak-anak bisa membedakan apa yang merupakan masalah yang dapat dipecahkan sendiri dan mana masalah yang membutuhkan bantuan dari orang lain.

    Problem solving juga mengembangkan kegigihan, yang menjadi dasar bagi tumbuh kembang hebat Anak Usia Dini

    Anak yang akhirnya harus belajar untuk mengelola emosinya sembari menunggu giliran mendapatkan peran yang diinginkan.

    Selain mengelola emosi dan belajar bahwa tidak semua yang diinginkan dapat terpenuhi, pada kesempatan ini si anak juga dapat belajar berkompromi dengan Dirinya untuk menemukan win-win solution sehingga Gambarnya dapat terselesaikan.

  9. Nama: Nurlinda Miftahul Janah
    NIM: 857455727
    Pokjar: Gambir
    UPBJJ: Bandung

    Berdasarkan video Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar yang saya tonton, pendapat saya mengenai video tersebut adalah apa yang dilakukan guru untuk menangani anak yang sulit berimajinasi saat menggambar adalah tepat, yaitu dengan mengajak anak melihat apa yang ada di halaman sekolah untuk memfasilitasi dan menggali ide anak. Selain itu, guru sudah dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi anak dengan melakukan kegiatan tanya jawab dan bercerita tentang apa yang dilihat anak di halaman sekolah serta hasil karya yang dibuat oleh anak.

    Saran untuk guru yang terdapat pada video yang berjudul Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar adalah guru dapat menyediakan berbagai media pembelajaran yang lebih beragam dan bervariatif dalam melakukan kegiatan menggambar tersebut.

  10. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.
    Nama : Atik nur fatimah
    NIM : 857596695
    UPBJJ : Purwokerto

    Mohon izin menanggapi vidio tersebut didalam video tersebut guru sudah berperan dengan baik pertama guru memberikan salah satu contoh gambar pemandangan namun ada beberapa anak menggambar sesuai dengan gurunya padahal disini guru menyuruh untuk menggambar bebas karena masih ada anak yang menngambar mencontoh gurunya maka guru mengajak anak untuk keluar dengan begitu anak akan mulai berfikir dan berimajinasi lebih luas ketimbang anak melihat satu objek yang dilihat dipapan tulis saja.

    terimakasih dan mohon maaf

Leave a Reply