silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
NAMA : NURHAYATI
NIM : 856288216
Dalam video tersebut dapat terlihat jelas masalah apa yang dialami guru tersebut. Oleh karena itu setelah kita melihat video tersebut kita dapat menyimpulkan kekurangan pada video tersebut dan kita dapat belajar dari kekurangan tersebut bagaimana langkah yang tepat untuk membantu anak yang sulit berimajinasi. Dengan demikian hal-hal tersebut dapat menambah kompetensi yang dimiliki guru untuk menuju guru yang kaya. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk membantu anak yang sulit berimajinasi:
– Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak.
– Guru dapat memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah.
– Mintalah anak untuk bercerita apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
– Setelah itu guru dapat melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat oleh mereka.
Nama : Eva Rosdia
NIM : 856606453
Pada tayangan vidio tadi tentang anak kesulitan berimajinasi saat menggambar ketika anak-anak diberikan tugas oleh ibu guru untuk menggambar bebas anak-anak kesulitan saat mengerjakan tugas dari guru untuk menggambar bebas padahal banyak sekali yang bisa mereka gambar namun ketika mereka kesulitan menggambar mereka meniru gambar teman sebelahnya. kemudian guru mengajak anak untuk melihat-lihat benda-benda apa saja yang ada disekitar yang bisa mereka gambar tanpa meniru gambar temannya.
Nama : Kusuma Wardani
Nim : 822959425
Dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana guru menghadapi anak-anak yang kesulitan berimajinasi saat melakukan suatu kegiatan. Strategi yang digunakan meliputi memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka, membawa anak keluar kelas, meminta mereka menceritakan kembali pengalaman saat berada di luar, dan kemudian menggambarkannya. Pendekatan ini dinilai sangat baik karena tidak hanya mendekatkan anak pada lingkungan sekitar, tetapi juga melibatkan pembelajaran langsung melalui objek nyata. Hal ini sejalan dengan kebutuhan anak usia dini yang belajar lebih efektif dengan benda konkret, sehingga materi lebih mudah diingat dan dipahami.
Nama : Migda Sari Yuniar
NIM : 859799547
Prodi : FKIP PG PAUD
UPBJJ : Palembang
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Berdasarkan video diatas menurut saya, Pembelajaran pertama yang diberikan guru belum maksimal, sebab untuk anak usia dini anak-anak belum terlalu paham untuk menggambar sesuai imajinasi mereka. Kenapa gambar mereka semua nya sama? karena mereka melihat teman satu nya duluan menggambar pemandangan, kemudian diikuti yang lain juga, sehingga apa yang mereka gambar semua nya hampir sama tentang pemandangan karena belum ada contoh. Untuk anak usia dini biasanya materi yang ingin guru sampaikan harusnya diceritakan/dijelaskan terlebih dahulu tentang tema apa yang harus digambar walaupun bebas berimajinasi seharunya guru menyebutkan macam-macam gambar yang bisa atau yang boleh digambar anak sesuai imajinasinya, misal gambar bunga, rumah, matahari, dan sebagainya. Karena gambar semua anak sama, lalu guru mengajak mereka keluar kelas untuk melihat langsung apa saja yang ada diluar kelas. Ini baru cara pembelajaran yang kreatif, karena setelah melihat pemandangan/lingkungan diluar kelas lalu anak diperintahkan untuk menuangkan imajinasi apa yang sudah dilihatnya dari luar kelas tadi.
Demikianlah hasil tanggapan saya
Semoga bermanfaat
Terimakasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Nama : Cyndy Ikke Anggraini
NIM : 858873017
Pada video pembelajaran di atas yang dilakukan oleh guru sudah tepat dalam mengatasi anak yang sulit untuk berimajinasi yaitu dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek di luar lingkungan sekolah. Lingkungan alam dapat memberikan banyak rangsangan visual dan fisik untuk memicu daya imajinasi anak, alhasil anak dapat menggambar suatu objek berdasarkan apa yang mereka lihat.
Nama : Dwi Nurfadila
NIM : 858872735
Video ini menunjukkan pendekatan kreatif guru TK dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, dengan memberikan kebebasan, mengajak observasi luar kelas, dan mendorong anak bercerita. Strategi ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan kreativitas anak, namun ada tantangan dalam menjaga fokus anak dan memastikan pendekatan ini inklusif bagi semua. Secara keseluruhan, metode ini inspiratif dan dapat ditingkatkan dengan panduan lebih terarah dan media pendukung tambahan
Upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar yaitu
1. Meminta anak untuk menggambar bebas sesuai imajinasi anak, juga mewarnainya sesuai keinginan.
2. Mendorong analisis visual anak yang belum memahami konsep, seperti jarak, perbandingan, ukuran, dan perbedaan tekstur.
3. Menghargai keinginan anak dalam menuangkan ide ekspresi dalam gambarnya.
nama : Remilia Giawa
Prodi : PGPaud
Upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar yaitu
1. Meminta anak untuk menggambar bebas sesuai imajinasi anak, juga mewarnainya sesuai keinginan.
2. Mendorong analisis visual anak yang belum memahami konsep, seperti jarak, perbandingan, ukuran, dan perbedaan tekstur.
3. Menghargai keinginan anak dalam menuangkan ide ekspresi dalam gambarnya.
NAMA : CHOERUNISA YUNIAR
NIM : 857448176
Pada video tersebut kita telah memperlihatkan guru dalam menghadapi anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi pada saat melakukan suatu kegiatan bergambar. Maka dari itu kita sebagai pendidik harus membuat Strategi pembelajaran dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka, dengan mengajak anak-anak keluar dari ruangan kelas, serta meminta anak untuk menceritakan kembali pengalaman mereka saat berada di luar. sehingga mereka dapat berimajinasi dengan baik dan juga bisa menggambarkannya. Pendekatan ini dinilai sangat baik karena tidak hanya mendekatkan anak pada lingkungan sekitar, tetapi juga melibatkan pembelajaran langsung melalui objek nyata. Hal ini sejalan dengan kebutuhan anak usia dini yang belajar lebih efektif dan konkret, sehingga materi pembelajaran
lebih mudah diingat dan dipahami.
NAMA : DIAN YULIS SETYANI
NIM : 858863926
Pada video pembelajaran diatas sudah bagus tetapi alangkah baiknya jika kegiatan anak menggambar bebas guru tidak usah memberi contoh, biarkan anak berekspresi sendiri agar dapat menumbuhkan kreativitas anak dalam menggambar.