silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Sindi Karundeng
    NIM : 859962829
    UPBJJ : MANADO
    Hallo apakabar…
    Dalam hal ini, saya sudah Menonton Vidio di atas Mengenai Anak yang Sulit Berimajinasi Saat Menggambar.
    Dalam Vidio ini terlihat Bahwa Seorang Guru Begitu Memperhatikan apa yang Menjadi Sumber Masalah sehingga Anak Sulit Berimajinasi untuk Mengambar, sehingga Guru Melatih anak Untuk Melihat di Sekitar atau Sekeliling Sekolah, contoh didepan Sekolah. Dengan begitu anak-anak bisa melihat apa saja yang ada disekeliling Mereka dan Membuka Wawasan Mereka untuk Berimajinasi dalam MENGGAMBAR. Dengan Begitu anak-anak akan Meluapkan hasil Mereka Melalui Hasil Gambar,Meski belum Sempurna.
    Dengan Melihat Vidio ini, sangat Mendorong Saya Untuk Mengembangkan lagi Imajinasi Anak dalam Hal menggambar. Karna Bentuk Vidio ini juga Sudah sering saya terapkan DALAM Kegiatan Belajar Saat ini.
    Sekian dan terimakasih 🙏

  2. Nama : Dian A’mila
    NIM : 857719727
    UPBJJ : UT SEMARANG
    Assalamualaikum wr wb , setelah saya menonton vidio anak sulit berimajinasi saat menggambar saya langsung teringat dengan siswa dikelas saya mengajar yang kesulitan menggambar sesuai dengan imajinasinya. Dari vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara agar kita sebagi seorang guru dapat mengembangkan imajinasi anak ketika menggambar yaitu dengan mengajak anak keluar melihat hal hal yang ada di halaman / luar kelas. Dengan begitu anak bisa melihat secara langsung dan nyata terhadap apa yang ingin di gambar , dengan cara ini anak lebih mudah tertarik dalam merekam apa yang dilihat ,cara ini
    juga menambah daya imajinasi anak terhadap benda/ suatu hal. Atau bisa kita menggambar di luar kelas tidak melulu di dalam kelas. Dengan melihat vidio tersebut menambah wawasan saya dalam mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yang bisa saya lakukan di lembaga saya mengajar . Terima kasih , Wassalamualaikum wr wb.

  3. Assalamu’alaikum. Setelah Saya menonton video anak sulit berimajiasi saat menggambar, dalam hal ini imajinasi anak masih perlu diasah dan dilatih karena anak-anak yang berusia 4-6 tahun masih kesulitan dalam berimajinasi ketika menggambar, maka kita sebagai pendidik disekolah agar lebih fokus terhadap anak-anak dengan semua kesulitan yang dihadapi , karena tidak semua anak imajinasinya berkembang dengan optimal atau dengan kata lain tidak semua anak mampu berimajinasi saat menggambar. Sebagai pendidik harus tau langkah-langkah apa yang dilakukan dalam menghadapi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan oleh pendidik dalam video tersebut sangat tepat antara lain : memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. dengan demikian anak-anak akan mudah untuk berimajinasi saat menggambar.
    demikian tanggapan saya terimakasih,
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  4. Nama : Resi Febriyani
    NIM : 860055709

    Secara keseluruhan, video ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para calon guru dan guru PAUD dalam menghadapi kesulitan belajar yang dialami anak didik. Meskipun video ini hanya membahas satu permasalahan, namun video ini bisa menjadi titik awal untuk mempelajari dan mengembangkan strategi mengajar yang lebih baik.

  5. Nama : Irma faly
    Nim : 859426674

    Bismillahirrahmanirrahim,

    Dalam video ini, guru menghadapi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar. Guru kemudian memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minatnya, mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar, dan mengarahkan anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya. Setelah itu, anak diminta untuk menggambar berdasarkan pengalamannya.

    Strategi ini sangat menarik dan menyenangkan bagi anak. Mengajak anak melihat langsung objek nyata sangat membantu dalam memicu ide dan imajinasi mereka. Saya pribadi merasa pendekatan seperti ini sangat efektif diterapkan, karena anak jadi lebih antusias dan mudah mengungkapkan idenya lewat gambar.

  6. Nama: Winda Luxtiani
    NIM : 877973917

    Dari video tersebut dapat disimpulkan beberapa cara yang bisa saya lakukan sebagai guru untuk mengembangkan imajinasi anak pada saat menggambar adalah dengan mengajak anak untuk belajar dihalaman / di luar kelas agar melihat secara nyata terhadap apa yang ingin digambar, memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat anak, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambar apa yang ditemukan dilapangan. Dengan demikian anak akan lebih mudah untuk berimajinasi dan meningkatkan kreativitasnya saat menggambar.
    Dengan melihat video tersebut sangat membantu saya dalam menghadapi anak yang kesulitan berimajinasi dalam menggambar.

  7. NAMA : GITA ZAINIAH
    UPBJJ : UT JEMBER
    Setelah saya menonton vidio tersebut yang dapat saya petik manfaat bagi saya seorang guru ialah bisa menjadi sumber ide segar untuk membuat kelas kita lebih menarik dan efektif. Dengan melihat bagaimana rekan guru lain mengelola kelas, menyampaikan materi, atau mengatasi tantangan, kita bisa belajar dan mengembangkan kompetensi pedagogik kita. Kita bisa mengamati praktik baik dan mungkin menemukan cara baru untuk meningkatkan kualitas pengajaran kita.

  8. Nama: Anisa Amini
    NIM: 856592244

    Pada video yang telah ditonton tampak usaha guru dalam mengatasi masalah dengan kondisi anak yang sulit berimajinasi. Dalam video, tampak bahwa untuk menggali ide, maka guru dapat menggunakan beberapa cara yakni:
    1. Membebaskan anak untuk mengambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke luar sekolah sehingga dapat mengamati apasaja yang ada dihalaman sekolah. Anak dapat bercerita apa yang dilihat dihalaman sekolah dena menggambarkannnya
    3. Guru melakukan tanya jawab hasil karya yang telah dibuat anak sebelumnya

  9. Nama; Anisa Amini
    NIM; 856592244
    Pada video yang telah ditonton tampak usaha guru dalam mengatasi masalah dengan kondisi anak yang sulit berimajinasi. Dalam video, tampak bahwa untuk menggali ide, maka guru dapat menggunakan beberapa cara yakni:
    1. Membebaskan anak untuk mengambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke luar sekolah sehingga dapat mengamati apasaja yang ada dihalaman sekolah. Anak dapat bercerita apa yang dilihat dihalaman sekolah dena menggambarkannnya
    3. Guru melakukan tanya jawab hasil karya yang telah dibuat anak sebelumnya

  10. Nama : Anwargani Saputra
    NIM : 836860408

    Anak diperbolehkan anak menggambar bebas
    Guru mengajak anak melihat-lihat di halaman sekolah agar memiliki ide untuk menggambar.
    guru mengajak anak untuk bercerita tentang gambarnya.

    saran: mohon lain kali UT membuat video yang terbaru yang sesuai dengan sistem pendidikan terbaru dengan pendekatan dan cara mengajar terbaru.

Leave a Reply