silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Endang Eka Purwatiningsih
NIM : 857778967
Di dalam video ditampilkan bahwa di saat anak disuruh menggambar bebas, anak malah menggambar sesuai contoh dari bu guru. Lalu di video dijelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, salah satunya anak diajak terlibat langsung dengan alam sesuai yang diamati, sehingga anak bisa menggambar sesuai yang dilihatnya . Ini menurut saya sangat bagus, bisa menjadi ide gambar anak agar tidak cenderung meniru ke contoh yang diberikan bu guru. Dengan anak dberi kebebasan untuk menggambar, semakin menumbuhkan berpikir kritis dan imajinatifnya.
Nama : Fenita Tri Lestari
Nim : 859667022
Setelah saya menonton video diatas saya sebagai guru menjadi lebih tahu bagaimana cara menghadapi anak yang sulit berimajinasi ketika menggambar , karena ada salah satu murid saya yang suka kebingungan pada saat saya suruh membuat gambar bebas , tetapi setelah saya melihat video ini saya menjadi lebih kreatif, saya menjadi lebih banyak ide ide kreatif berkat video yang saya tonton ini dan seperti nya anak juga akan lebih tertarik bila saya ajak melihat pemandangan atau hamalan sekolah seperti ini. Terimakasih
nama: zahra febri ananta
NIM:86042132
setelah saya menonton video tersebut menambahkan wawasan saya tentang teknik cara mengatasi permasalahan ketika anak sulit berimajinasi ketika menggambar.
Nama : Risalatul Muawanah
NIM : 858018934
Anak usia dini sebenarnya tidak sulit berimajinasi, mereka justru punya daya imajinasi yang sangat tinggi. Tapi kalau mereka tampak “sulit berimajinasi dalam menggambar”, biasanya ada beberapa faktor penyebabnya, seperti:
– Kurangnya stimulasi atau pengalaman
– Takut salah atau terlalu dibatasi
– Kurangnya percaya diri
– Perkembangan motorik halus belum optimal
– Lingkungan yang kurang mendukung kreativitas
Bismillah
Saya menyimak video anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Hal ini saya temui juga di dalam kelas tempat saya mengajar, ketika diminta membuat jurnal pagi (menggambar) beberapa anak menggelangkan kepala (tidak mau) kemudian saya tanya kenapa tidak mau, karena tidak tau harus menggambar apa. Biasanya hal yang saya sampaikan adalah coba diingat tadi waktu ke sekolah di jalan liat apa, atau tadi pagi sarapan apa. Ada yang mulai menggambar dengan ide sendiri namun ada pula yang masih meniru gambar temannya.
Dari video diatas, saya mendapat solusi baru bagaimana agar anak dapat berimajinasi saat menggambar yaitu dengan mengeajak mereka keluar kelas , melihat apa yang ada disekitar dan recalling tentang apa yang mereka lihat.
Sekian dan Terima Kasih
Nama : Indah Lestari
NIM : 857996396
Video di atas memberikan cara bagaimana agar anak dapat menggambar sesuai imajinasinya. Salah satunya yaitu dengan cara guru menfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah lalu menceritakan apa yang dilihat kemudian anak menggambarkannya. Guru juga dapat menerapkan tehnik lainnya untuk membangun imajinasi anak.
Berdasarkan pengalaman saya mengajar, ada beberapa anak yang sudah memiliki imajinasi dalam menggambar, namun gambarnya belum berbentuk sempurna. Hal ini karena menggambar juga ada tahapannya/ tahapan perkembangan visual art. Melalui kegiatan anak menceritakan gambarnya, guru menjadi tau apa yang digambar anak. Guru dapat menstimulasi perkembangan anak dengan berbagai tehnik sesuai perkembangan anak. Terima kasih.
Nama : Siti Aisyah
Nim : 858316453
Setelah saya melihat dan menyimak video tadi saya sebagai guru menjadi lebih tahu bagaimana cara menghadapi anak yang sulit berimajinasi ketika anak mau melakukan kegiatan menggambar, dengan mengajak anak-anak keluar kelas mereka akan mempunyai ide-ide untuk menggambar dengan melihat benda-benda yang kongkrit disekitar lingkungan sekolah.
Nama : Khansa Laila
Nim : 858526795
Dari video terssebut saya bisa lebih faham bagaimana menghadapi anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Yaitu dengan salah satu cara mengajak anak berkeliling halaman sekolah dengan tujuan mengembangkan imajinasinya tersebut.
nama: mukisah
nim: 857628096
video ini sangat bagus dan menginspirasi guru/pendidik yang lain bagaimana memotivasi anak/menggali ide anak/ mengekspresikan imajinasi melalui kegiatan menggambar bebas.
salah satu dengan menggambar di luar kelas, karena di luar kelas/lingkungan bebas,, pandangan anak bebas melihat tanpa dibatasi tembok/penghalang lainya.
menggambar di alam bebas akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak.👍
Nama : Rini Susilawati
NIM : 857523693
Setelah melihat video diatas strategi yang diterapkan oleh guru tersebut untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sudah sangat baik. Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain : memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambar apa yang ditemukan dilapangan.
Menurut saya strategi yang sangat baik untuk menumbuhkan imajinasi anak saat menggambar yaitu dengan cara mengajak anak keluar kelas karena diluar kelas banyak objek yang bisa anak lihat sehingga anak dapat bercerita tentang apa yang mereka lihat dan dapat menuangkan ide/imajinasinya kedalam gambar yang akan mereka buat.
Metode pembelajaran yang guru tersebut lakukan yaitu dengan cara bercakap-cakap, bercerita dan pemberian tugas.
Tujuan dari pembelajaran menggambar yaitu untuk meningkatkan pengembangan kognitif anak, selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak ketika anak bercerita tentang gambar yang anak buat.
Terima kasih.