silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama :Trisna wati
    Nim. : 877597992
    Assalamualaikum warahmatullahi
    Alhamdulillah setelah menonton video yang sudah diterapkan bisa dilihat guru memperaga memberikan contoh dari menggambar sesuai imajinasi anak_ anak sehingga bisa berkembang sesuai kemampuan siswa dari yang sudah dilihat sehingga siswa bisa menirukan

  2. Analisis video 1”anak sulit berimajinasi ssat menggambar”
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan dan pembelajaran yang di lakukan pada kegiatan tersebut?
    • Menurut analisis saya, pada kegiatan tersebut terdapat guru yang sedang mengajak anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas. Namun pada saat anak berkegiatan menggambar di dalam ruangan, terlihat ada anak yang masih mengalami kesulitan untuk memahami perintah guru, anak terlihat sulit berkreasi dan belum bisa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar. Sehingga anak cenderung meniru gambar yang di contohkan guru sebelumnya dan bahkan ada yang meniru gambar milik teman yang berada di sebelahnya. Berbeda dengan reaksi anak saat di ajak guru berkegiatan di luar ruangan melihat-lihat keadaan di lingkungan sekolah. Anak terlihat lebih bebas untuk berkreasi dalam menggambar sesuai apa yang mereka inginkan.
    2. Hal unik apa yang ditemui dalam pengembangan dan pembelajaran di video tersebut?
    • Menurut saya hal unik yang saya temui dalam pengembangan dan pembelajaran di video tersebut ialah pada saat kegiatan menggambar dikelas, terdapat anak yang terlihat kesulitan untuk berimajinasi saat menggambar bebas, sehingga ia menoleh dan mencontoh gambar milik teman yang ada di sebelahnya.
    3. Hal apa yang perlu di tingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan atau pembelajaran di video tersebut?
    • Menurut saya pada pengembangan atau pembelajaran di video tersebut, guru sudah melakukan kegiatan pengembangan dan pembelajaran sesuai dengan kurikulum anak usia dini, guru sudah melakukan kegiatan alternatif saat anak mengalami kesulitan berimajinasi dengan mengajak anak-anak melihat-lihat lingkungan sekitar. Selain di lingkungan sekolah guru perlu mengajak anak-anak untuk mengeksplor imajinasi mereka di alam hijau lainnya sehingga anak selain bebas menikmati keindahan alam, anak lebih bebas untuk mengeksplor, berkreasi, dan berimajinasi.

  3. Nama : Iin Endang Purwati
    Nim : 959914527
    Program studi : PGPAUD

    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Manfaat dari vidio tersebut :
    >Sebagai media trik-trik untuk guru mengajarkan ke murid dalam menggambar
    >Media akses yang menyediakan pengetahuan guru
    >Teknik penyampaian yang sederhana dan mudah di pahami
    Refleksi dari vidio tersebut :
    >Secara keseluruhan vidio sudah bagus, namun bisa di tambahkan lagi kegiatan penyampaian anak lewat bermain menggunakan alat (main/sederhana)
    >Guru bisa lebih memberikan gaya yang menarik dalam menggambar, seperti menggunakan dari alam

  4. Nama : Iin Endang Purwati
    Nim : 959914527
    Program studi : PGPAUD

    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Manfaat dari vidio tersebut :
    >Sebagai media trik-trik untuk guru mengajarkan ke murid dalam menggambar
    >Media akses yang menyediakan pengetahuan guru
    >Teknik penyampaian yang sederhana dan mudah di pahami
    Refleksi dari vidio tersebut :
    >Secara keseluruhan vidio sudah bagus, namun bisa di tambahkan lagi kegiatan penyampaian anak lewat bermain menggunakan alat (main/sederhana)
    >Guru bisa lebih memberikan gaya yang menarik dalam menggambar, seperti menggunakan dari bahan alam

  5. Dari video ini sangat bermanfaat seperti yang kita ketahui menggambar bisa menjadi tantangan oleh beberapa anak dengan mengajarkan anak mengembangkan imajinasi mereka dapat membantu mereka mengekspresikan ide-ide baru dan inovatif. Sehingga peran guru sangat penting dalam membimbing anak-anak untuk lebih terbuka dan bebas dalam beimajinasi.

  6. Nama: Achmad Fathoni
    NIM :837736317

    MENURUT SAYA DALAM HAL PEMBELAJARAN ANAK DENGAN SISTEM SABAR DAN LEGOWO AGAR TELATEN DALAM MEMBIMBING DAN SELALU MEMBERIKAN APLOUS DAN SEMANGAT AGAR PESERTA DIDIK LEBIH BAIK DAN MEMAMHI DALAM HAL MEMGAMBAR SESUAI IMAJINASI MEREKA DAN JNGAN PERNAH UNTUK SELALU MERENDAHKAN APA YG MEREKA BUAT DAN GAMBAR.ITULAH SENI IMAJINASI ANAK USIA DINI.

  7. Nama : Achmad Fathoni
    NIM: 837736317
    Guru tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang memahami kebutuhan dan karakteristik unik setiap anak. Karna itulah sebagai guru harus bisa kreatif dan mempunyai ide ide yang menyenangkan untuk anak, salah satunya pada saat menggambar. Dalam video ini cara yang digunakan guru dalam menghadapi situasi anak yang sulit berimajinasi dengan mengajak anak keluar kelas untuk melihat benda benda yang ada sudah sangat bervariasi sehingga menumbuhkan saya pikir dan imajinasi anak.

  8. Nama : Ilmi Mufidah
    Nim : 858993021
    Progam Study : PGPAUD

    dari Vidio di atas bahwa guru melakukan kegiatan menggambar bebas sesuai dengan imaginasi masing-masing anak, kegiatan ini sangat bagus. Karna biasanya anak itu bingung kalau disuruh menggambar bebas. jadi inisiatif guru mengajak anak- anak untuk berkeliling di lingkungan sekolah.

  9. Nama : Ilmi Mufidah
    NIM : 858993021
    Prodi : PGPAUD

    pada vidio diatas ibu guru melakukan kegiatan menggambar bebas kegiatan ini sangat bagus sekali Karna kebanyakan anak tidak bisas jika suruh menggambar sesuai imaginasinya masing-masing. setelah selesai baru ibu guru mengajak anak-anak keliling sekolah agar pengetahuan anak sebenarnya benda itu banyak sekali.

  10. Nama : Maya Ismaya
    NIM : 857470998
    Dosen Pengampu : Undang Sudana, S.S., M.HUM.

    Pada video di atas memecahkan permasalahan yang ada di kelas mengenai anak sulit berimajinasi ketika menggambar. Solusi/alternatif yang digunakan sangat sesuai dengan pembelajaran anak usia dini. Guru memberi kebebasan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya ke dalam gambar,hal ini sesuai dengan pembelajaran anak usia dini yaitu pembelajaran yang berpusat pada anak. Selain itu, anak-anak diberi kesempatan menceritakan hasil gambarannya di depan kelas, hal ini bertujuan untuk menambah kecakapan berbahasa juga sosial anak-anak.

Leave a Reply