silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
nama : Uswatun Hasanah
NIM : 857339756
Menurut saya vidio ini Menarik melihat bagaimana kurangnya stimulasi dapat mempengaruhi kemampuan imajinasi anak. Video ini memberikan perspektif baru tentang pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak. inovasi yang di tunjukkan untuk memperkaya stimulasi lingkungan belajar di usia dini. Anak-anak perlu lebih banyak kesempatan bereksplorasi dengan media, cerita, dan pengalaman nyata agar imajinasi mereka dapat berkembangmaksimal Peran guru dan orang tua sangat penting dalam menciptakan ruang yang mendukung kreativitas, bukan sekadar menuntut hasil akhir dari sebuah gambar namun sebagai proses. Konten ini sangat relevan bagi para pendidik PAUD dan patut dijadikan bahan refleksi dalam praktik pembelajaran dan kegiatan stimulasi anak
NAMA : LAILA ROMADHONI
NIM : 860012075
Saya setuju,Dengan memberikan stimulasi yang tepat, dukungan yang positif, dan kesempatan untuk berkreasi, anak-anak akan lebih mudah mengembangkan imajinasi mereka saat menggambar
Nama : April Lina Zega
Nim : 855855637
Jurusan : PG PAUD
Anak kesulitan berimajinasi saat menggambar. Hal ini memberikan pemahaman kepada kita sebagai seorang pendidik kita harus tau bahwa setiap anak memiliki kelemahan dan kekurangan serta kesulitan dalam pertumbuhannya. Dari video di atas merupakan salah satu kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar dan seorang guru yang sedang berusaha untuk membangun minat anak dalam mewarnai agar anak mampu melawan kesulitan yang di alaminya. Dari video tersebut juga upaya guru dalam membawa anak keluar dari ruang belajar menuju halaman lingkungan sekolah agar anak mampu memahami secara nyata dari teori pembelajaran yang mereka lakukan tadi di ruang kelas sehingga anak mampu berimajinasi dan mampu memberikan tanggapan serta jawaban ketika guru menanyakan sesuatu tentang materi yang sedang di pelajari dan yang di teliti yang ada di lingkungan sekolah. Video ini sangat menginspirasi kita sebagai pendidik bahwa kita harus mengenali setiap proses perkembangan anak mulai dari kesulitan yang dimiliki sehingga nantinya pada saat guru memberikan pembelajaran maka anak mampu mengetahui dengan baik terhadap materi yang di sampaikan dan sebagai guru harus memiliki banyak cara dalam menangani setiap kesulitan anak.
Sekian terimakasih 🙏
DIAN WAHYU PURWANINGSIH
NIM:877957715
Video ini sangat menarik dan inspiratif karena menampilkan pendekatan guru Taman Kanak-Kanak dalam menghadapi tantangan nyata di kelas, yaitu anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar. Karena masalah ini cukup umum terjadi, terutama pada anak-anak yang mungkin belum terbiasa mengekspresikan diri secara visual. video ini memberikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini. Guru tidak hanya fokus pada hasil gambar, tetapi lebih pada proses berpikir dan tumbuhnya daya imajinasi anak. Ini adalah pendekatan yang sangat mendukung perkembangan motoric kasar, kognitif, sosial, dan emosional anak secara menyeluruh.
Metode ini juga sejalan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis pengalaman, yang sangat cocok diterapkan pada anak usia dini. Anak-anak pada usia ini belajar dengan cara melihat, merasakan, dan mengalami secara langsung, bukan hanya melalui instruksi guru.
DIAN WAHYU PURWANINGSIH
NIM 877957715
Video ini sangat menarik dan inspiratif karena menampilkan pendekatan guru Taman Kanak-Kanak dalam menghadapi tantangan nyata di kelas, yaitu anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar. Karena masalah ini cukup umum terjadi, terutama pada anak-anak yang mungkin belum terbiasa mengekspresikan diri secara visual. video ini memberikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini. Guru tidak hanya fokus pada hasil gambar, tetapi lebih pada proses berpikir dan tumbuhnya daya imajinasi anak. Ini adalah pendekatan yang sangat mendukung perkembangan motoric kasar, kognitif, sosial, dan emosional anak secara menyeluruh.
Metode ini juga sejalan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis pengalaman, yang sangat cocok diterapkan pada anak usia dini. Anak-anak pada usia ini belajar dengan cara melihat, merasakan, dan mengalami secara langsung, bukan hanya melalui instruksi guru.
video tersebut sangat bermanfaat untuk penerapan bagi anak yg sulit berimajinasi yaitu dengan cara menggambar langsung dilingkungan sekitar sekolah.hal tersebut akan menambah wawasan anak dalam hal menggambar dan anak-anak akan menceritakan kembali benda-benda /bermacam hal yang telah mereka amati yang ada di alam dan juga menambah kosa kata anak .dalam kegiatan menggambar bebas anak-anak akan jauh lebih senang tanpa ada paksaan mereka akan berimajinasi sendiri apa yang akan digambar sesuai apa yang mereka inginkan.
Saya setuju bahwa suasana menggambar harus dibuat menyenangkan dan bebas tekanan. Serta memberi penguatan kepada anak supaya anak akan merasa percaya diri dan perlahan mulai berani menuangkan imajinasinya. Kemudian program ini juga menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Assalamualaikum.wr.wb..
Izin mengomentari….
Vidio tersebut sangat bermanfaat untuk penerapan bagi siswa yang sangat sulit berimajinasi di saat menggambar,biasanya yang terjadi di sekolah kami,anak lebih banyak menggambar yang ada di sekeliling nya saja tanpa memikirkan hal yang lain yang sesuai dengan isi di fikiran nya..melalui vidio ini saya bisa memahami dan menerapkan isi isi yang ada di dalam video untuk anak didik saya di kelas…vidio ini sangat bermanfaat bagi saya yang baru baru mengajar di TK,…
Terimakasih
Nama: rahima
Nim : 855884068
Seringkali kita menjumpai anak-anak yang sulit untuk berimajinasi atau menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar. Biasanya anak-anak meniru gambar yang menjadi contoh atau meniru gambar milik temannya. Secara tidak langsung hal ini dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menuang imajinasinya dalam bentuk gambar.
Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah cara yang disebutkan dalam video:
1. Dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah .Selanjutnya mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka
Permaslahan anak yang kesulitan menuangkan imajinasi mereka dalam bentuk gambar dapat mempengaruhi kreativitas mereka.
Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah cara yang disebutkan dalam video:
1. Dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah .Selanjutnya mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka