silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Devi

    Nim : 859874186

    Prodi : PGPAUD AKPMM

    Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dari video tersebut, dapat saya simpulkan bahwa apa yang guru ajarkan kepada siswa nya sudah bagus, guru membebaskan anak untuk menggambar apa saja sehingga anak menjadi kreatif dan berimajinasi sesuai apa yang ada difikiran anak tersebut. Akan tetapi sebaiknya guru tidak memberikan contoh gambar di papan tulis, karena akan ada beberapa anak yang menirukan gambar guru nya. Dengan begitu si anak akan malas dan tidak berimajinasi dengan baik. Lalu dari video tersebut juga guru mengajak anak untuk belajar di luar lingkungan, mengamati tanaman-tanaman dan benda yang ada, sehingga ketika guru menyuruh anak untuk bercerita dan melakukan tanya jawab kepada anak, anak mampu bercerita kembali apa yang telah dilihatnya dan anak mampu menjawab apa yang ditanya oleh guru nya.

    Terimakasih

  2. Nama : Lely Andri idayanti
    NIM. : 857608965
    Program studi : BI

    Anak sulit Berimajinasi saat menggambar

    1.Guru memfasilitasi dg mengajak ke
    halaman sekolah dg melihat lihat
    yg ada disekitarnya dg begitu anak
    akan mengenal yg ada disekitarnya
    dan mengeluarkan imajinasinya
    2.Mintalah anak untuk bercerita dan
    menggambarnya
    3. Guru melakukan tanya jawab
    dengan anak yg digambarnya
    4. Bacalah buku membqca cerita
    bersama sama
    5 berikan ujian
    6.Jangan memaksakan sesuatu ke anak
    7. Biarkan anak membuat pilihan untuk
    Menggambar

  3. Nama : Az zahrah
    Nim. : 859407674
    Pokjar : pangkep
    Prodi. : PGPAUD AKPMM
    Upbjj. : UT makassar

    Dalam video diatas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi dilingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul,guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah dilihat anak-anak ketika jalan-jalan diarea sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun, alangkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna. Tetapi dalam video tersebut juga menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak. Bahkan saat anak-anak jalan-jalan anak juga menemukan objek lain namun video tidak menampilkan hasil dari gambar anak setelah melihat keluar pemandangan sekitar sekolah. Menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan keluar kelas dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas sehingga anak tidak meniru contoh yang diberikan guru. Anak dapat berkreasi sesuai apa yang dilihat oleh anak diluar kelas. Untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak untuk menemukan ide yang akan digambar.

  4. Nama : Az zahrah
    Nim : 859407674
    Pokjar : pangkep
    Prodi : PGPAUD AKPMM
    Upbjj : UT makassar

    Judul Vidio Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar.
    Dari vidio yang saya lihat diatas terdapat kelebihan dan kelemahan dimana kelebihanya yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya.
    guru melakukan tanya jawab sebagai tahapan pengumpulan informasi.
    Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar anak bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar. Namun dari kelemahan tersebut guru mengajak anak untuk keluar kelas melihat benda-benda disekitar kelas untuk menumbuhkan imajinasi anak serta menggali informasi yang didapat anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang dilihat anak dan memberikan waktu pada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang telah dilihat diluar kelas, dan hasilnya terlihat bahwa anak tidak lagi menggambar gambar yang sama namun ada yang menggambar pohon, mobil, dan juga jalan.

  5. dalam tayangan video diatas menurut saya langkah yang diambil guru dalam mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar sudah tepat, yaitu dengan membebaskan anak untuk menggambar benda benda yang disukai. atau dengan mengajak anak untuk keluar kelas mengeksplor pemandangan yang ada dihalaman setelah itu mengajak anak tanya jawab tentang apa yang dilihat. setelah itu anak dituntun untuk menggambar sesuai apa yang dia lihat. terima kasih

  6. Bismillah..
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Dari tayangan video tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar di atas, menurut saya strategi yang digunakan sudah tepat. Dengan membawa anak keluar kelas untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar dapat menambah imajinasi anak tentang tema menggambar bebas. Sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang sudah dilihatnya. Setelah melakukan pengamatan di luar kelas, guru dalam video juga melakukan sesi tanya jawab tentang apa saja yang dilihat anak untuk pematangan. Namun kurangnya, guru tidak menayangkan kegiatan anak saat menggambar dan alangkah baiknya jika guru juga meminta anak-anak menceritakan gambarnya saat selesai menggambar dan menanyakan mengapa memilih untuk menggambar objek tersebut.

    Sekian dari saya terimakasih

  7. Anak Sulit Berimajinasi saat Menggamba
    memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapang
    Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran guru seharusnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dilapangan dan sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak khususnya mengenai tahap imitasi (meniru) hingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkarya
    helmaniatielma says:

    Perkembangan kognitif anak usia prasekolah (3-5 tahun) ditandai dengan sikap kreatif, bebas dan imajinasi. Imajinasi anak semakin berkembang sesuai dengan berjalannya waktu ia belajar dan mengenali lingkungan di sekitarnya anak memiliki imajinasi dan menyukai fantasi, serta terlibat dalam eksplorasi yang sistematis dan yang disengaja dalam sebuah kegiatan untuk pengembangan kreatifitas anak.

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

    rarahayu232 says:
    April 11, 2023 at 2:46 pm
    Rahayu Firdausi Nuzula (858797501)
    PG.PAUD

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

    Alfiah sugiarti says:
    April 11, 2023 at 3:05 pm
    vidio tersebut menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak. namun vidio tidak menampilkan hasil dari gambar anak setelah melihat keluar pemandangan sekitar sekolah. menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan keluar kelas dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas sehingga anak tidak meniru contoh yang diberikan guru. anak dapat berkreasi sesuai apa yang dilihat oleh anak di luar kelas. untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak unuk menemukan ide yang akan digambar

    TITIS WAHYUNINGTYAS says:
    April 11, 2023 at 6:08 pm
    TITIS WAHYUNINGTYAS 837493399 S1 pgpaud

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.
    tetapi dalam vidio tersebut juga menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak. bahkan saat ank-anak jln-jlan anak-anak juga menemukan objek lain namun vidio tidak menampilkan hasil dari gambar anak setelah melihat keluar pemandangan sekitar sekolah. menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan keluar kelas dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas sehingga anak tidak meniru contoh yang diberikan guru. anak dapat berkreasi sesuai apa yang dilihat oleh anak di luar kelas. untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak unuk menemukan ide yang akan digambar

    NURYANTI says:
    April 11, 2023 at 6:44 pm
    NURYANTI (NIM:858836137)
    Judul Vidio Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar.
    Dari vidio yang saya lihat diatas terdapat kelebihan dan kelemahan dimana kelebihanya yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya.
    guru melakukan tanya jawab sebagai tahapan pengumpulan informasi.
    Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar ank bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar. Namun dari kelemahan tersebut guru mengajak anak untuk keluar kelas melihat benda-benda disekitar kelas untuk menumbuhkan imajinasi anak serta menggali informasi yang didapat anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang dilihat anak dan memberikan waktu pada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang telah dilihat diluar kelas, dan hasilnya terlihat bahwa anak tidak lagi menggambar gambar yang sama namun ada yang menggambar pohon, mobil, dan juga jalan.

  8. Nama : Pahma wati
    Nim. :856258768

    Menurut saya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapang
    Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran guru seharusnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dilapangan dan sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak khususnya mengenai tahap imitasi (meniru) hingga penyampaian permasalahan

    Perkembangan kognitif anak usia prasekolah (3-5 tahun) ditandai dengan sikap kreatif, bebas dan imajinasi. Imajinasi anak semakin berkembang sesuai dengan berjalannya waktu ia belajar dan mengenali lingkungan di sekitarnya anak memiliki imajinasi dan menyukai fantasi, serta terlibat dalam eksplorasi yang sistematis dan yang disengaja dalam sebuah kegiatan untuk pengembangan kreatifitas anak.

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna

  9. Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

  10. Menurut saya, setiap anak itu unik dan memiliki daya imajinasinya sendiri, pada beberapa anak memang ada yang memiliki kesulitan untuk mengimajinasikan atau mengekspresikan diri lewat gambar, hal itu terjadai bisa karena kurang stimulasi dari orang terdekatnya. dengan seringnya anak berada di lingkungan baru maka itu akan membuka wawasan anak dan mengasah rasa ingin tahu anak, sehingga anak akan terbiasa berimajinasi dan mampu mengekspresikan diri melalui gambar atau bercerita. hal yang saya lakukan di sekolah untuk mengasah imajinasi anak adalah dengan kegiatan
    ‘jurnal pagi” dimana pada saat anak anak datang di pagi hari anak anak diminta untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya, lalau anak diminta untuk menceritakan tentang gambar yang dibuatnya saat itu, dengan cara seperti ini cukup efektif untuk mengembangkan kognitif si anak, selain itu anak juga terlatih motorik halus nya untuk menulis, dan secara tidak langsung anak juga mengenal huruf dan kata sebagai persiapan membaca di jenjang selanjutnya.

Leave a Reply