silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Irianti
    Nim: 859416286
    Pokjar: Barru
    Upbj: Makassar
    Video: Anak sulit berimaninasi saat menggambar.

    Assalamu alaikum.
    Didalam video diatas, salah satu kesulitan anak Usia Dini apalagi masa usia 4-5 tahun yaitu menggambar bebas sesuai imajinasinya. Disini anak cenderung meniru apa yang disampaikan oleh Guru, daya tangkap anak masih perlu di kembangkan.sebaiknya Guru harus lebih kreatif lagi atau mencari ide yang lebih matang lagi agar anak mampu menangkap bahwa mereka di beri kebebasan untuk berimajinasi menggambar apa yang ada dalam pikiran mereka.
    Nah, setelah mereka di ajak keluar kelas dan melihat dan bercerita tentang pemandangan apa saja yang sudah dilihat, maka anak bisa menunjukkan imajinasinya melalui menggambar sesuatu objek.Dan alangkah baiknya setelah itu Guru memberikan penilaian dari hasil karya anak berupa Stempel bintang atau yang lainnya.
    #Terima kasih

  2. Nama : Militia cristi buangsampuhi
    Nim : 859649633
    Prodi : PG PAUD
    Pokjar : tolitoli
    Vidio : Anak sulit berimajinasi waktu menggambar.
    Didalam video diatas, salah satu kesulitan anak Usia Dini apalagi masa usia 4-5 tahun yaitu menggambar bebas sesuai imajinasinya. Disini anak cenderung meniru apa yang disampaikan oleh Guru, daya tangkap anak masih perlu di kembangkan.sebaiknya Guru harus lebih kreatif lagi atau mencari ide yang lebih matang lagi agar anak mampu menangkap bahwa mereka di beri kebebasan untuk berimajinasi menggambar apa yang ada dalam pikiran mereka.
    Nah, setelah mereka di ajak keluar kelas dan melihat dan bercerita tentang pemandangan apa saja yang sudah dilihat, maka anak bisa menunjukkan imajinasinya melalui menggambar sesuatu objek.Dan alangkah baiknya setelah itu Guru memberikan penilaian dari hasil karya anak berupa Stempel bintang atau yang lainnya.
    #Terima kasih

  3. Nama : Asi Purwati
    Nim. : 859404679
    Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
    “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Menurut saya, strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluaran kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan sudah bagus. Akan tetapi sebaiknya saat awal pelajaran anak-anak tidak diberi contoh gambar terlebih dahulu agar anak-anak tidak meniru gambar yang diberikan oleh guru.
    Terima kasih 🙏

  4. NAMA : LAILATUL MUNAVINAHAR
    NIM : 858167441
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
    PRODI : PGPAUD BI

    tanggapan saya tentang video tersebut, menurut saya secara keseluruhan arahan dari guru sudah sangat baik, dengan merangsang anak
    1. ber imajinasi dengan melihat-lihat lingkungan disekitar
    2. kemudian meminta anak menceritakan kembali apa yang mereka lihat
    3. dan menerapkan tanya jawab dengan anak-anak
    hal-hal tersebut dapat merangsang anak dalam berimajinasi,

    dari video tersebut guru memberikan contoh menggambar pemandangan dan akhirnya semua anak ikut menggambar pemandangan, mungkin ada sedikit tambahan dari saya mengenai cara merangsang anak agar dapat berimajinasi
    1. pertama kita memberikan tahapan yang paling sederhana yaitu dengan memulai bentuk yang sederhana, contohnya kita menggambar ikan, kemudian kita meminta anak-anak untuk melengkapi gambar kita tersebut dengan suasana yang ada di laut apa saja. jadi kita meransang anak dengan satu gambar kemudian anak yang melengkapi.
    2. kita juga perlu menyiapkan media yang unik, sesekali kita ajarkan menggambar di papan tulis atau di tembok untuk merangsang anak berimajinasi.

  5. Nama : Isnaini
    Nim : 858945432
    Prodi : PG-PAUD
    Judul Video : Anak sulit Berimajinasi saat menggambar

    1. Menurut saya yang di lakukan guru dalam video tersebut sudah benar karena guru sudah mengatasi permasalahan anak yang sulit ber imajinasi dalam menggambar dengan cara mengajak anak untuk keluar dari kelasnya biar anak lebih banyak berimajinasi dengan apa yang di lihatnya di sekitar lingkungan sekolah.

    2. Kelebihannya guru sudah dapat memecahkan masalah tersebut dalam satu kegiatan tidak menunda keesokan harinya, jadi anak langsung paham dan apa yang harus dilakukannya yaitu dengan langsung menggambar setelah masuk kedalam kelas, karena anak sudah punya imajinasi tentang apa yang akan dia gambar.

    kekurangannya guru tidak menjelaskan kepada anak jika kalau namanya menggambar bebas itu tidak boleh sama seperti punya temannya atau menyontek gambar temannya.

    3. Jika saya mengalami hal seperti itu maka saya akan melakukan strategi dengan memberi contoh gambar dengan buku cerita, karena dengan buku cerita anak bisa melihat berbagai macam gambar disana, sehingga anak bisa memilih gambar apa yang akan di gambarnya.

    4. Metode yang cocok adalah metode pemberian tugas, pemberian tugas dilakukan oleh pendidik atau guru untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada anak baik secara individu maupun secara kelompok.

  6. nama : karnelia Ali
    nim : 859404654
    Prodi : PGPAUD S1

    Dari video diatas, menurut saya saat anak menggambar gambar pemandangn dan ternyata semua gambar yang buat hampir sama ternyata anak masih belum mampu mengembangkan imajinasinya dan cara guru mengembangkan imajinasi anak sudah benar yaitu dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar dan mengajak anak didik untuk mengumpulkan informasi melalui eksplorasi lingkungan sekitar atau keluar ke halaman, kemuidan anak akan mampu ber imajinasi dengan melihat-lihat lingkungan disekitar, kemudian meminta anak menceritakan kembali apa yang mereka lihat, dan melakukan tanya jawab dengan anak-anak. hal ini mampu merangsang anak dalam berimajinasi.

  7. Menurut saya, guru seharusnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dilapangan dan sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru) sehingga, penyampaian permasalahan dapat lebih diperkarya

  8. Nama : Ni Komang Sri Widyawati
    Nim : 859028859
    Prodi : 121/PGPAUD-S1
    Menurut saya sebelum mulai kegiatan menggambar anak-anak kita ajak observasi, misalnya kita mau mengambar bebas, kita ajak anak kehalaman sekolah, anak-anak melihat buku-buku bergambar, dan kita bisa melaksanakan kegiatan menggambar di luar kelas, sehingga ispirasi anak lebih dapat dan anak bebas berkreasi sesuai yang dilihat atau pun kita beri cerita tentang pantai, pengunungan, pasar, rumah sakit, sehingga pikiran anak akan terbawa kesana dan di tuangkan melalui gambar.

  9. nama : Anik Rochmiatun
    nim. : 857976584
    prodi : PGPAUD S1

    Menurut saya, dalam video tersebut anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.Untuk menggali ide dan imajinasi dari anak dapat dilakukan beberapa cara, yaitu
    1. Guru membebasskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan kegiatan diluar kelas bisa dihalaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada ddi halaman.
    3. Kemudian meminta anak bercerita tentang apa saja yang dia lihat dihalaman sekolah kemudian meminta anak untuk menggambarkannya kembali.
    4. Kemudian guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka lihat

  10. nama : Anik Rochmiatun
    nim. : 857976584
    prodi : PGPAUD S1

    Menurut saya, dalam video tersebut anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.Untuk menggali ide dan imajinasi dari anak dapat dilakukan beberapa cara, yaitu 1. Guru membebasskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak 2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan kegiatan diluar kelas bisa dihalaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada ddi halaman. 3. Kemudian meminta anak bercerita tentang apa saja yang dia lihat dihalaman sekolah kemudian meminta anak untuk menggambarkannya kembali. 4. Kemudian guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka lihat

Leave a Reply