silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : septari
    Nim : 856831845
    Prodi : PGPAUD S1
    Assalamu’alaikum
    Disini saya memilih
    seri pengembangan kognitif
    judul video: anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Menurut saya strategi yang diterapkan oleh guru untuk mengembangkan imajinasinya anak saat menggambar sudah bagus dimana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat anak, mengajak anak ke luar kelas, mengajak anak bercerita dan menggambarkan apa yang anak temukan di lapangan. Di situ kita juga dapat melihat bahwa guru juga sudah menerapkan sasaran pemikiran asesmen otentik yang mana adanya proses interaksi antara anak didik dengan lingkungan belajarnya.

  2. Video yg cukup bagus yg menggambarkan seorang guru yg memberikan kebebasan kepada anak didiknya untuk menggambar sesuai imajinasinya. Akan lebih baik lagi jika guru memberikan contoh beberapa gambar yg sesuai dg tema agar anak bisa memilih akan menggambar apa.
    Melihat lihat lingkungan diluar kelas adalah cara yg sangat bagus agar setelah anak memperhatikan sekitarnya dia bisa menentukan akan menggambar apa

  3. Tanzilla Rikha Maghfiroh
    NIM : 857845054

    Pendapat saya berdasarkan video diatas adalah strategi yang dilakukan guru sudah cukup baik,yaitu merangsang/menstimulus imajinasi dengan cara mengajak anak keluar kelas melihat-lihat apa yang ada disekitar. Strategi lain yang dapat dilakukan menurut saya adalah guru dapat menceritakan kisah-kisah dan dongeng,membacakan buku bergambar atau bisa juga dengan menyebutkan nama-nama benda,alat transportasi,hewan. Dengan cara itu akan dapat membantu memancing imajinnasi anak.

  4. Nama : Meutia Indah A.G
    NIM : 857602735
    PRODI : S1 PG PAUD BI

    video di atas dapat disimpulkan bahwa anak cenderung lebih suka meniru apa yang dia lihat. ketika jarak pandang mereka terbatas, khususnya pandangan mereka terpusat kepada guru, maka mereka akan melakukan apa yang guru lakukan. hal ini tidak jauh berbeda dengan Lembaga saya, tidak hanya dalam hal menggambar, namun dapat terjadi ketika membentuk plastisin, menyusun balok hingga bermain projek. anak akan meniru dari segi betuk, ukuran dan warna. video di atas sangatlah menarik dan inspiratif sekali. dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat lingkungan sekitar, anak memiliki jarak pandang yang luas, anak dengan leluasa dapat menentukan imajinasi mereka. serta mereka lebih merasa bahagia

  5. Nama : MARGA RETNO PUJI LESTARI
    NIM : 857762356
    Prodi : PGPAUD
    Seri Pembelajaran : Pengembangan Kognitif PAUD
    Topik : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

    Dalam video tersebut Bu Lina sedang menjelaskan apa itu pemandangan, setelah Bu Lina selesai menjelaskan lalu Bu Lina memberi tugas kepada anak-anak untuk menggambar bebas dengan tema pemandangan. Tetapi kasus anak sulit berimajinasi saat menggambar masih terjadi, hal itu smaa pada kasus di sekolah saya hingga sampai saat ini. Anak-anak cenderung menggambar ulang gambar kemarin atau meniru gambar temannya. Hal tersebut menandakan anak tidak kreatif, untuk menggali kreatif ide anak dalam video tersebut :
    1. Dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide kreatif dengan mengajak anak-anak jalan-jalan melihat halaman sekolah atau lingkungan sekitar sekolah
    3. Setelah anak-anak berjalan santai biarkan anak bercerita tentang apa yang dia lihat saat berjalan santai
    4. Guru melakukan tanya jawab terhadap hasil karya anak.

    Menurut saya langkah-langkah dalam menggali ide kreatif dalam video tersebut sudah benar, tetapi sebaiknya saat bu guru memberi tugas kepada anak untuk menggambar, bu guru selalu mengingatkan anak yang kreatif anak yang tidak menggambar ulang gambar kemarin atau meniru gambar temannya saat mendampingi anak-anak dalam belajar dan ada juga berbagai cara stimulus terhadap anak-anak agar anak saat menggambar bisa mendapatkan ide :
    1. Penuhi asupan nutrisi berkualitas
    2. Melihat Minat dan Bakat Anak
    3. Bermain
    4. Melatih Imajinasinya
    5. Hindari Menggunakan Kata Salah
    6. Jangan Memaksa Anak
    7. Berikan Pujian

  6. Nama : Lailatul Maskurin
    NIM: 858751893

    Imajinasi setiap anak berbeda-beda, namun terkadang ada beberapa tipe anak yang meskipun sudah melihat benda yang sudah dicontohkan oleh ibu guru tetapi anak kesulitan untuk menuangkan kedalam bentuk gambar. Menurut saya apa yang dilakukan oleh bu guru yang terdapat di video sudah cukup baik dengan mengajak anak-anak melihat-lihat benda alam yang ada di sekitar sekolah, namun mungkin konteksnya masih terlalu luas sehingga anak2 masih bingung mau menggambar apa, jadi bisa dicoba dengan memperkecil konteks seperti menginstruksikan anak-anak untuk menggambar benda yang ada dirumah, atau menggambar mainan yang kamu miliki dirumah, selain itu bisa memberi contoh dengan beberapa pilihan benda yang biasanya ada di sekitar rumah atau mainan yang biasa dimiliki anak2 sesuai gender mereka..
    semoga bisa bermanfaat 🙏☺️

  7. Nama : Ni Putu Emi Erawati
    Nim : 859029764
    Prodi : S1 PGPAUD

    Upaya penanganan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar yang di paparkan dalam video di atas sangat menarik dan bermaanfaat dengan mengajak anak melihat-lihat benda yang ada di sekitarnya lalu memberi ank untuk berimajinasi sendiri. Cara yang sangat efektif untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi . 🙏

  8. Nama : Titi Mulyani
    Nim : 857610338
    Video pengembangan kognitif anak (anak sulit berimajinasi dalam menggambar)
    Setelah melihat video tersebut metode yang digunakan guru sudah tepat yaitu :
    1.dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak dapat meningkatkan kreativitas anak.
    2.guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan cara mengajak anak kehalaman sekolah dengan demikian anak dapat mengekspresikan imajinasinya lewat menggambar
    3.bercerita apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkanya
    Lewat bercerita anak anak akan mengenal kosa kata baru,melatih fokus dan konsentrasi.dan meningkatkan imajinasi saat mengolah kisah yang diceritakan.
    4.Tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka
    Dengan tanya jawab akan dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu anak tentang pokok bahasan yang akan dibahas.

  9. Nama : Shofiyatun
    NIM : 858736156

    Dalam video diatas, menurut pendapat saya guru memberikan tugas kepada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya masing-masing, akan tetapi ada anak yang masih bingung dalam menggambar.
    Adapun kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan metode yang digunakan mengajak anak keluar kelas untuk melihat benda yang ada di sekitar sudah baik, Untuk mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar bebas. Selain itu, anak juga dapat mengeksplor idenya. Akan tetapi dalam vidio tersebut, menurut saya memiliki kelemahan dalam pemberian tugas. Karena di dalam vidio guru mencohkan menggambar bebas tersebut. Sehingga anak hanya meniru dan tidak menggali imajinasinya dengan baik.
    Adapun cara untuk mengatasi permasalah tersebut, guru menanyakan kepada anak tentang hal yang disukainya, apa yang telah dilihat anak dengan cara bercakap-cakap bersama anak untuk menggali imajinasinya.

Leave a Reply