silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Dari video diatas, menurut saya cara guru mengembangkan imajinasi anak sudah benar yaitu dengan memberikan keberbasan kepada anak untuk menggambar dan mengajak anak didik untuk mengumpulkan informasi melalui eksplorasi lingkungan sekitar atau keluar ke halaman.
akan tetapi menurut saya, ada cara lain juga untuk mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yakni dengan cara menggunakan beberapa alat peraga atau mainan sebelum mulai kegiatan menggambar agar anak memiliki refrensi baru, dan membacakan buku-buku cerita kepada anak karena anak akan mengumpulkan banyak informasi yang terekam kedalam ingatan melalui apa yang dilihat dan didengarnya sehingga hal itu bisa mengembangkan imajinasi anak untuk dituangkan kedalam bentuk gambar. Karana setiap anak itu berbeda.
Nama : Megayati
NIM : 857763358
Prodi : PGPAUD/AKPMM
Mata Kuliah : Evaluasi pembelajaran di TK
Tanggapan saya mengenai video yang berjudul Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar. Dalam video pembelajaran tersebut yang dilakukan guru sudah baik dalam memberikan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Guru juga memberikan pengertian bahwa anak boleh berimajinasi sesuai ide dan minatnya. Akan tetapi seringkali kita melihat anak sulit berimajinasi dalam menggambar dan bercerita, anak cenderung meniru hasil orang lain yang menyebabkan anak menjadi tidak kreatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan agar dapat menggali imajinasi anak, yang dilakukan guru adalah dengan membebaskan anak menggambar apa saja sesuai imajinasinya. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide dengan mengajak ke halaman sekolah. Kemudian guru melakukan tanya jawab kepada anak tentang apa yang ada di halaman sekolah. Ketika hal tersebut sudah dilakukan oleh guru, pada saat guru memberikan kegiatan menggambar bebas anak sudah mampu berimajinasi sesuai dengan ide-idenya dan apa yang dilihat di lingkungan sekitarnya.
Salam sehat, salam sejahtera untuk kita semua. Nama saya Emahawini NIM 858161616, dari UPBJJ-UT Pokjar Palangkaraya. Berdasarkan video pembelajaran yang saya simak, saya bersyukur karena memperoleh ilmu didalamnya terkait bagaimana upaya kita sebagai guru dalam memfasilitasi kreativitas menggambar anak. Dari video tersebut, dipaparkan cara seperti mengajak anak melihat bentuk asli dari objek yang akan digambar, membebaskan anak memilih bentuk gambar walaupun guru sudah menentukan tema gambar dan masih banyak lainnya, sehingga anak merasa percaya diri mengembangkan kreativitas mereka.
Nama : Munawarah
Nim : 858305809
Menurut saya, sebelum anak-anak menggambar anak-anak diajak keliling halaman sekolah dan guru menjelaskan tentang apa yg dilihat anak dan yang ditanyakan anak. Setelah itu, baru anak diberi perintah untuk menggambar apa aja yang mau digambar anak. Kemudian setelah anak menggambar tanya anak apa yang di gambarnya sehingga dia mau bercerita apa yang digambar nya.
Nama : Agatha Debby Sega
NIM : 857154467
Izin menanggapi atau berdiskusi terkait video pembelajaran “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar ”
Berdasarkan video diatas, pembelajaran yang dilakukan oleh Guru tersebut sangat bagus, yaitu membebaskan anak untuk berimajinasi tentang gambar yang akan anak PAUD buat. Dan juga membantu anak berimajinasi dengan mengajak mereka melihat sekeliling sekolah dan objek-objek apa saja yang menarik perhatian mereka, contohnya anak yang menyebutkan bahwa ia melihat “tempat pak satpam berjaga” .
hal tersebut menurut saya merupakan suatu hal diluar nalar sebagai suatu objek yang ingin digambarnya.
dan juga menurut saya, cara lain untuk mengasah kreativitas dan imajinasi mereka adalah dengan mengajak mereka untuk menggambarkan tokoh idola atau objek apa yang mereka senangi, contohnya sepeti kartun atau bisa juga tempat favorite yang mereka suka kunjungi bersama keluarga, atau hal-hal lain yang membuat mereka selalu ingat atau kegiatan yang mereka senangi.
sekian tanggapan dan diskusi dari saya.
Terimakasih. Selamat Sore.
Nama: Qoyimatul Hasanah
Nim.858931473
-reaksi pembelajaran anak-anak yang dilakukan guru. banyak anak menggambar sesuai dengan pa yang di contohkan guru atau sama dengan gambar temannya padahal , guru memberi tugas menggambar bebas
-Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di video itu guru tidak melakukan pembukaan, dan penjelasan tentang menggambar bebas
– Guru melakukan kegiatan ulang agar anak-anak berimajinasi menggambar kreatif dengan mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat pemandangan di luar
-Hal unik yang dilakukan guru dalam pembelajaran, guru ekspresi guru ketika melihat semua anak menggambar pemandangan
-kelemahan guru,dalam video tersebut, tidak melakukan pembukaan pembelajaran, tidak memberi motivasi ketika pembelajaran berlangsungmenyanyi, serta tidak menjelaskan apa menggambar bebas itu seharusnya guru melakukan pembukaan salam menjelaskan tentang menggambar bebas, serta memberi motifasi kepada anak-anak ketika pembelajaran berlangsung
-kelebihan.guru merefleksi pembelajaran yang dilakukannya kemudian melakukan pembelajaran lagi yang ke dua dengan mengajak anak-anak ke luar ruangan untuk mengamati benda-benda yang ada di luar
Nama : Rosi Augustin Maghfiroh
NIM : 858944842
Prodi : BI PG PAUD
UPBJJ : UT Jember
Pokjar : Genteng – Banyuwangi
Pada video seri pembelajaran yang berjudul anak sulit berimajinasi saat menggambar, sangat menarik sekali. Guru memberikan penugasan menggambar bebas pada anak untuk menggali imajinasi dan kreatifitas anak. Sebelum memulai kegiatan, guru tersebut telah memberikan contoh gambar, yaitu gambar pemandangan. Ternyata,kebanyakan siswa masih belum memiliki imajinasi tentang apa yang akan di gambar, sehingga anak-anak juga memilih menggambar pemandangan. Lalu, yang dilakukan guru tersebut untuk menggali imajinasi dan kreatifitas anak-anak dengan cara mengajak siswa melihat sekeliling sekolah, memerhatikan beberapa tempat, baik itu tanaman di sekolah, beberapa ruangan, dan memerhatikan halaman. Setelah mengajak anak berkeliling dan memerhatikan sekitar, barulah muncul ide anak untuk menggambar selain pemandangan.
Tambahan dari saya, guru menjelaskan lebih dulu bagaimana menggambar bebas itu,karena anak usia dini masih belum paham betul bagaimana yang dimaksud dengan menggambar bebas. Guru dapat menambahkan seperti misalnya, anak-anak diberi tugas menggambar bebas, boleh tentang mainan kesukaan, hal yang sering dilakukan di rumah, dll. Dengan begitu, akan memudahkan anak berimajinasi tentang hal yang paling disukai kemudian di tuangkan dan diceritakan berupa gambar.
2. Nama: Gita Islamiwaty Suherlan
NIM: 858166242
Judul: Anak Sulit berimajinasi saat menggambar
Nama pengembang: Donny Harsabudhi
Video tersebut menjelaskan masih adanya anak yang kesulitan dalam meningkatkan imajinasi atau ide-ide dalam bentuk-bentuk menggambar dan setelah menggambar anak kesulitan dalam bercerita atas gambarannya. Yang dilakukan anak-anak yang kesulitan tersebut biasanya menggambar yang sudah pernah digambar sebelumnya atau meniru gambar temannya sehingga ini berpengaruh terhadap kreativitas. Dengan ini maka diperlukan stimulasi yang dapat menjadi solusi permasalahan diatas yaitu kebebasan anak dalam menggambar. Kebebasan menggambar bias dibantu dengan diajaknya anak dalam lingkungan yang baru (tidak didalam kelas) sehinggu lingkungan yang berbeda dari biasanya dapat membantu anak memberikan ide atau referensi dalam menggambar. Selain itu didukung oleh percakapan atau interaksi Tanya jawab yang dilakukan oleh guru dan anak mengenai apa saja yang mereka lihat diluar kelas dan yang bisa anak-anak gambar, cara ini dapat membantu anak berpikir kritis dan kreatif dalam karya yang akan dibuat nantinya. Dari video tersebut yang menurut saya lebih baik anak-anak diberikan edukasi terlebih dalam mengeksplor lingkungan sekitar sehingga gambar tidak monoton menirukan gambar ibu guru.
Selamat malam, dari vidio yg saya simak dapat saya simpulkan bahwa pembelajaran yang diberikan oleh guru sudah benar, tetapi masih banyak anak yang tidak bisa berkonsentrasi dalam menggambar sehingga mereka cenderung menggambar apa yang sudah digambar sebelumnya dan ada juga yang meniru gambar temannya. Tetapi ibu guru memiliki ide cemerlang yaitu dengan mengajak anak- anak belajar diluar ruangan agar anak- anak bisa mengekspresikan dirinya dan menggambar apa yang mereka lihat diluar ruangan. Dari situ barulah mereka bisa mencurahkan apa yg mereka lihat dan bisa berfikir lebih jernih dari sebelumnya.
Terimakasih
menurut saya, vidio itu sudah membantu dan menarik. tetapi yang sring saya lakukan terlebih dahulu, jika anak- anak ada waktu kegiatan menggambar, kami terlebih dahulu untk mengajak ank-anak keluar kelas atau jalan-jalan dengan tujuan agar anak dapat melihat dan memiliki pengalaman langsung, dengan demikian dengan tidak sengaja anak sudah memilki imajinasi, setelah itu ank-ank kita tanyain apa yg merka lihat,lalu guru memberikan wakt udan perlengkapan/alat, anak suruh menggambar bebas sesuai yg mereka lihat dan menceritakan kembali apa yang d gambar dan dlihat