silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Dari kutipan video di atas Ada beberapa metode untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di taman kanak-kanak salah satunya dengan cara mengamati dunia sesuai dengan kenyataan yang ada secara langsung, yang meliputi manusia, macam-macam binatang, tumbuh-tumbuhan,dan benda-benda lainya.
    Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru itu sudah benar, dengan mengajak anak keluar kelas atau ke halaman sekolah untuk memberi kebebasan kepada anak sehingga mereka bisa berimajinasi dengan apa yang mereka lihat diluar. selanjutnya, guru dapat meminta anak untuk bercerita atau menggambar tentang apa yang mereka lihat dihalaman sekolah. dengan bercerita anak juga dapat mengembangkan aspek bahasa mereka.

  2. Nama : Diah Naluritasari
    NIM : 857796087
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester 8

    Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar

    Salah satu kesulitan anak usia dini yaitu menggambarkan apa yang mereka lihat. Anak cenderung tidak percaya diri atau takut apabila guru memberikan tugas untuk menggambar . anak seringkali mengeluh bahwa tidak bisa menggambar, karena anak memiliki persepsibahwa menggambar harus mirip dengan benda yang mereka lihat. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan imajinasi anak saat menggambar seperti yang ada divideo yaitu ajak anak mengelilingi lingkungan sekolah. Lalu anak diajak menggambar sesuai apa yang mereka lihat. Selain tips yang ada divideo, ada beberapa cara yang lain dalam melatih imajinasi anak dalam menggamabar :
    1. Ajaklah anak menggambar pada saat bermain
    2. Berdiskusi tentang apa yang disukai anak, lalu beri gambaran. Contohnya seperti binatang jeraoah yang memiliki leher panjang, kakinya empat, kulitnya bintik bitnik coklat
    3. Beri banyak gambaran kepada anak tentang apa yang mereka ingin gambar.
    4. Beri kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai keinginan
    5. Beri pujian dari semua hasil yang mereka dapatkan. Apabila belum sesuai beri masukkan yang halus supaya anak tetap semangat dalam melatih imajinasi menggambarnya
    6. Ajaklah anak menggambar tidak hanya dikertas, bisa juga di pasir, dipapan tulis atau dikain yang sudah disiapkan. Supaya ada inovasi dalam menggambar dan anak lebih bersemangat.

  3. NAMA: SRI WAHYUNI
    NIM: 859170094
    Program studi: PGPAUD
    “Anak sulit berimajinasi dan menggambar”
    saya berpendapat dari kutipan video di atas guru sudah melakukan tindakan yang sangat tepat. guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apapun yang mereka inginkan sehingga anak dapat berimajinasi dan menggali ide-idenya, selanjutnya guru juga bisa meminta anak untuk menceritakan apa saja yang mereka lihat di luar kelas sehingga kemampuan berbahasa anak juga dapat ditingkatkan.

  4. assalamualaikum,wr,wb..
    NAMA : Maryuni
    NIM :857853417
    Prodi : PGPAUD

    Saya akan menanggapi vidio yang disajikan diatas, menurut saya guru tersebuh sudah bagus, anak dimotivasi untuk berfikir kritis dan berfikir kreatif. Anak dibawa keluar ruangan atau kehalaman sekolah sambil diajak bercakap-cakap apa saja yang dilihat oleh siswa-siswanya kemudian guru meminta anak untuk bebas memilih akan mengambar apa dari penagkapan indra dan kreatifitas siswa. Anak diajarkan kepercayaan diri untuk mengambar sesuai imajinasinya tidak harus sama dengan teman yang lainya. Namun terkadang ada pula anak yang sulit untuk bereksplorasi dikarenakan si anak tidak percaya diri ataupun sianak berkarakter introvert. Sehingga sebagai seorang guru PAUD harus memahami karakter anak untuk memudahkan kita dalam mematik semangat, mendorong berpikir aktif dan kreatif terhadap peserta didik. Dalam vidio tersebut nampak anak-anak rapi mendengarkan dan memperhatikan hasil gambaran dari teman-temannya. Biasanya untuk mematik motivasi anak guru juga boleh memberikan reward pada siswa yang aktif dan kreatif, atau tetib pada aturan..Reward bisa berupa bintang, tos ataupun jempol.

  5. Nama: Yunis miwati
    Nim: 856820154
    Prodi: PG PAUD
    MK: metode perkembangan kognitif
    Judul Vidio: anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Menurut saya buguru dalam pembelajaran sudah tercapai setelah saya melihat Vidio diatas anak sulit berimajinasi ketaiaka menggambar,dimana anak -anak diberi kebebasan untuk melihat langsung keadaan secara luas diluar sehingga anak semakin terbuka wawasannya. Sehingga anak melakukan kegiatan kegiatan tidak menirukan apa yang digambarkan oleh guru dengan dilakukan kegiatan diluar kelas anak dapat bereksreasi sesuai dengan apa yang dilihat oleh anakdiluar kelas apa yang dilakukan oleh guru.guru sudah tepat.sehingga menambah daya daya ingat anak dan juga membantu anakenemukqn ide yang akan digambar oleh anak.

  6. Nama : Tina Marlina
    NIM : 857484079
    Prodi : S1 PGPAUD
    Kelas : Gambir

    Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Pada kegiatan pertama, guru mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar pemandangan di papan tulis. Namun, kebanyakan anak menggambar contoh gambar guru. Itu karena anak usia dini masih bersifat imitatif/ meniru apa yang mereka lihat.
    Sehingga pada kegiatan selanjutnya guru mengajak anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar sekolah. Upaya yang dilakukan guru tersebut dalam mengembangkan imajinasi anak sudah benar . Dengan begitu kemampuan imajinasinya terasah. Kemudian guru mengajak anak untuk menceritakan tentang apa saja yang telah mereka lihat dan menuangkannya dalam gambar.

  7. Nama : Titin Intyas Sari
    NIM : 858840176
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Menurut saya, saya setuju dengan pendapat saudara Hidayatika dengan Hal- hal yang baik yang sudah dilakukan oleh guru dalam vidio dan beberapa Refleksi untuk guru dalam vidio.
    Saya menambahkan Kelebihan dan kekurangan dalam vidio dengan judul Anak Sulit Berimajinasi Saat menggambar.

    KEKURANGAN:
    1. Sebagai seorang guru seharusnya memberikan kesempatan anak untuk memberikan kebebasan menggambar sesuai dengan minat dan bakat anak, didalam vidio tersebut guru seolah olah sudah membatasi pikiran anak untuk menggambar bebas sesuai minat anak tetapi guru malah memberikan contoh gambar yang ditemp dipapan tulis sehingga anak cenderung melihat gambar dipapan tulis dan menirukan gambar tersebut di buku gambar.
    2. Berikan kesempatan anak untuk menjawab pertanyaan dari guru. Semisal guru bertanya menggambar apa? tetapi guru menjawab pertanyaan sendiri pemandangan. Seolah-olah di dalam kelas hanya guru saja yang aktif. sedangkan anak hanya mengikuti petunjuk guru.

    KELEBIHAN :
    1. Dari vidio tersebut terdapat kelebihan yang saya lihat bahwasanya guru mengajak anak untuk keluar kelas menuju halaman agar anak bisa melihat ide apa yang seharusnya anak pilih untuk dijadikan obyek
    2. Guru memberi kesempatan anak untuk maju kedepan menjelaskan apa saya yang ia lihat sehingga semangat anak untuk mengembangakan imajinasi saat menggambar pasti ada. Karena ada apresiasi tanya jawab guru dengan anak.

  8. Nama: sukini
    Nim: 859170886
    Prodi: S1 PGPAUD

    Dari Vidio diatas ,anak -anak kurang berimajinasi krna guru terlalu fokus ke Umum,mungkin bisa diubah cara penyampaiannya dengan menanyakan misalnya Mau gambar apa,mungkin dgn begitu anak-anak akan berimajinasi dan memulai apa yg trlintas di benak nya ..lalu mengapresiasikan dlm bentuk gambar

  9. NAMA : Maryuni
    NIM : 588753417
    Prodi : S1 PGPAUD
    Menurut saya vidio yang dijabarkan diatas sudah bagus, guru mematik semangat siswa agar anak tampil percaya diri mengeksplorasi dan mengembangkan kreativitas dalam menuangkan ide gagasan dalam bentuk mengambar bebas. Anak diajak keluar ruangan untuk mangamati hal apa saja yang dilihat kemudian anak diajak bercakap-cakap mengenai hal yang dilihatnya kemudian mengajak anak untuk mengambar sesuai dengan hal yang dilihat dan imajinasi si anak. Anak didorong untuk tampil percaya dirimenampilkan karyanya sendiri sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing. Setelah anak menyelesaikan tygasnya anak diberikan reward bisa berupa tanda bintang, tos, jempol, maupun pelukan. Terimakasih

  10. NAMA : FITRI WULANDARI
    NIM : 858840097

    Salah satu kesulitan anak usia dini yaitu menggambarkan apa yang mereka lihat. Anak cenderung tidak percaya diri atau takut apabila guru memberikan tugas untuk menggambar . anak seringkali mengeluh bahwa tidak bisa menggambar, karena anak memiliki persepsibahwa menggambar harus mirip dengan benda yang mereka lihat. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan imajinasi anak saat menggambar seperti yang ada divideo yaitu ajak anak mengelilingi lingkungan sekolah. Lalu anak diajak menggambar sesuai apa yang mereka lihat.

Leave a Reply