silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dalam video tersebut yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar.Ibu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang mereka minati.Dan cara yang efektif untuk merangsang kreativitas pada anak dan ini membantu anak merasa lebih terlibat dalam proses menggambar.
    Ibu guru mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita serta menggambar apa yang mereka temukan di lapangan.Hal ini dapat membantu anak mengembangkan imajinasi melalui pengalaman langsung.
    Dalam pendekatan ini guru memberikan dukugan positif kepada anak-anak yang mugkin mengalami kesulitan dalam menggambar.Guru dapat memberikan pujian atas upaya mereka dan membantu mereka melihat aspek positif dalam hasil karyanya.

  2. Nama:Siti Mawadah
    Nim :858712308
    Makul:PAUD4101( Metode Pengembaga Kognitif )
    Prodi :SI PGPAUD (AKPMM)

    Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dalam video tersebut yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar.Ibu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang mereka minati.Dan cara yang efektif untuk merangsang kreativitas pada anak dan ini membantu anak merasa lebih terlibat dalam proses menggambar.
    Ibu guru mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita serta menggambar apa yang mereka temukan di lapangan.Hal ini dapat membantu anak mengembangkan imajinasi melalui pengalaman langsung.
    Dalam pendekatan ini guru memberikan dukugan positif kepada anak-anak yang mugkin mengalami kesulitan dalam menggambar.Guru dapat memberikan pujian atas upaya mereka dan membantu mereka melihat aspek positif dalam hasil karyanya.

  3. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Lailla Sabrina
    NIM : 856823665
    Dari vidio di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa anak masih belum.bisa mengembangkan imajinasi nya dengan menggambar bebas. Anak tidak kreatif dengan meniru gambar guru.
    Guru sebaiknya memberikan stimulasi tidak dengan contoh berikan cerita-cerita mengenai alam yang indah dengan bercerita misal ” di alam itu bisa kalian menggambar gunung dengan perpohonan yang indah ,dengan sawah yang lebar , di sertai langit biru” biarkan anak membayangkan imajinasi tersebut di dalam kepalanya , anak membangun gambarannya sendiri kemudia baru meminta anak menggambar di buku ,tanpa di beri contoh,supaya anak dapat menggambar imajinasi nya sendiri.

    Mengajak anak bermain di alam sangatlah bermanfaat, karena anak bosan hanya dengan bermain di indoor . Aktifitas memacu anak untuk lebih aktif bergerak dan melakukan kegiatan yang mengedukasi serta menyehatkan. Saat anak bergerak aktif, dampak positif lainnya adalah anak tidak akan mudah stres dan semakin bersemangat dalam belajar.
    Terimakasih

  4. NAMA : NUR VAIZAH
    NIM : 858737846

    Setelah saya mengamati vidio sering pembelajaran dengan judul Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar dapat saya simpulkan isi dari vidio tersebut menjelaskan tentang masalah dan solusi untuk mengatasinya. Dampak dari anak yang meniru milik orang lain .
    Anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar.
    Cara mengganti imajinasi anak :
    Bebaskan anak untuk menggambar.
    Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide2, misal ke halaman sekolah untuk melihat objek.
    Mintalah anak bercerita tentang apa yang telah dilihat dan di gambar.
    Kemudian melakukan tanya jawab melalui hasil gambar tadi.
    Mungkin bagi sekolah yang memiliki keterbatasan APE dan ruang outdoor bisa mengajak anak ke taman sekitar sekolah.
    Yang bisa dijangkau untuk menghindari anak bosan bermain di dalam ruangan yang terbatas juga.
    Kelebihan dari video :
    Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.
    Sebaiknya kita sebagai guru PAUD dapat memvariasikan metode dalam menstimulasi aspek perkembangan anak sesuai dengan karakteristik anak.

    Kelemahan dari video:
    Pengelolaan kelas yang kurang tepat, pengaturan tempat duduk anak kurang nyaman dan berdesakan sehingga susah melihat Ibu Guru karena terhalangi oleh temannya.
    Guru langsung memulai bercerita tanpa melakukan brainstorming terlebih dahulu misalnya menghubungkan cerita yang akan dibacakan dengan pengalaman anak sehingga anak tertarik dengan cerita yang akan dibacakan aplagi ketika ada seorang anak yang menyeletuk menyampaikan bahwa cerita tidak seru tetapi – guru sepertinya tidak menanggapi hal tersebut.
    Guru tidak menunjukkan buku cerita kepada anak, ada anak yang sampai menengok ke tempat duduk Bu Guru karena ingin melihat buku ceritanya.

  5. Nama : Nisa Nuraeni
    Nim : 857497907
    Mata Kuliah : Media dan Sumber Belajar Paud
    Prodi : S1 PGPAUD
    Dari video yang saya amati seluruh peserta didik kesulitan dalam berimajinasi/mengungkapkan ide ketika menggambar bebas, karena anak anak masih meniru contoh gambar dari guru.
    Maka seorang guru harus memiliki strategi yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu dengan cara, mengajak anak untuk belajar diluar kelas, berikan kebebasan untuk anak melihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar sekolah, berikan kesempatan anak untuk mengungkapkan ide/imajinasi baik itu lewat gambar maupun lewat cerita dan berikan apresiasi kepada anak baik itu reward ataupun pujian dari hasil imajinasi anak agar dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

  6. Nama : Nisa Nuraeni
    Nim : 857497907
    Mata Kuliah : Media dan Sumber Belajar Paud
    Prodi : S1 PGPAUD
    Dari video yang saya amati seluruh peserta didik kesulitan dalam berimajinasi/mengungkapkan ide ketika menggambar bebas, karena anak anak masih meniru contoh gambar dari guru.
    Maka seorang guru harus memiliki strategi yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu dengan cara, mengajak anak untuk belajar diluar kelas, memberikan kebebasan untuk anak untuk melihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar sekolah, berikan kesempatan untuk anak agar mampu mengungkapkan ide/imajinasi baik itu lewat gambar maupun lewat cerita dan berikan apresiasi kepada anak baik itu reward ataupun pujian dari hasil imajinasi anak agar dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

  7. Nama : Azka Auliya Tsamrotul Fuadah
    Nim : 857502786
    Dari vidio ini, guru sudah melakukan hal yang tepat dengan memberikan solusi terhadap masalah anak yang sulit untuk menggambar. Guru tersebut membawa anak untuk keluar dari lingkungan kelas dan melihat langsung lingkungan sekitar agar anak mempunyai gambaran berbagai macam bentuk. Dengan melihat lingkungan sekitar, imajinasi anak akan meningkat dan anak bisa secara langsung mengetahui bagaimana gambaran aslinya. Setelah melihat lingkungan sekitar, guru meminta anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat, hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat anak. Guru memberikan kebebasan terhadap anak untuk menggambar apa saja sesuai kemauan anak, hal tersebut akan melatih cara berpikir anak dalam menggambar sesuatu.Setelah selesai menggambar, guru melakukan tanya jawab terhadap hasil karya anak, maka akan menimbulkan pendekatan yang positif.

  8. Nama : Fathimah Zahro
    NIM : 857753285

    Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    Dalam video yang dilakukan guru menurut saya sudah benar. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang mereka minati. Cara yang efektif untuk merangsang kreativitas pada anak dan ini membantu anak merasa lebih terlibat dalam proses menggambar. Guru mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita serta menggambar apa yang mereka temukan di lapangan. Hal ini dapat membantu anak mengembangkan imajinasi melalui pengalaman langsung.
    Dalam pendekatan ini guru memberikan dukugan positif kepada anak-anak yang mungkin mengalami kesulitan dalam menggambar. Guru dapat memberikan pujian atas upaya mereka dan membantu mereka melihat aspek positif dalam hasil karyanya.

  9. Nama : Fathimah Zahro
    NIM : 857753285
    Mata Kuliah : Media dan Sumber Belajar

    Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dalam video yang dilakukan guru menurut saya sudah benar. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang mereka minati. Cara yang efektif untuk merangsang kreativitas pada anak dan ini membantu anak merasa lebih terlibat dalam proses menggambar. Guru mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita serta menggambar apa yang mereka temukan di lapangan. Hal ini dapat membantu anak mengembangkan imajinasi melalui pengalaman langsung.
    Dalam pendekatan ini guru memberikan dukugan positif kepada anak-anak yang mungkin mengalami kesulitan dalam menggambar. Guru dapat memberikan pujian atas upaya mereka dan membantu mereka melihat aspek positif dalam hasil karyanya.

  10. Nama : Maria Abin Tupen Atulolon
    Nim : 859256787
    Menurut pendapat saya strategi pembelajaran yang dibuat oleh guru sangat bagus dan tepat dengan melihat anak sulit berimajinasi maka guru memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi anak, oleh karena itu sebagai pendukung guru membawa anak untuk melihat linkungan di sekitar halaman sekolah dengan begitu dapat membangkitkan imajinasi anak sehingga anak dapat menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat di lingkungan sekolah.
    Terimah kasih.

Leave a Reply