silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Riza Umami Aziz
    Nim : 858795482
    PGPAUD

    Didalam permasalahan vidio yaitu anak sulit berimajinasi saat menggambar, menurut saya anak dalam video tersebut sudah dapat memahami dan menangkap apa yang di jelaskan oleh guru, tetapi masih ada yang kurang dimana anak kurangnya pengetahuan dalam imajinasi tentang apa saja yang ada di sekolah. Didalam video anak cenderung meniru apa saja yang ada pada guru. Dan Lebih baik guru mengajak anak kembali berkeliling halaman sekolah lagi dan memberi tahukan bahwa semua objek yang ada di sekolah bisa di gambar kembali, sebelum pembelajaran guru mengajak anak bernyanyi tentang yang ada di sekitar sekolah, dengan ini imajinasi anak akan lebih berkembang dan anak tidak cenderung menirukan guru.

  2. Nama : Riza Umami Aziz
    Nim : 858795482
    PGPAUD

    menurut saya anak dalam video tersebut sudah dapat memahami dan menangkap apa yang di jelaskan oleh guru, tetapi masih ada yang kurang dimana anak kurangnya pengetahuan dalam imajinasi tentang apa saja yang ada di sekolah. Didalam video anak cenderung meniru apa saja yang ada pada guru. Dan Lebih baik guru mengajak anak kembali berkeliling halaman sekolah lagi dan memberi tahukan bahwa semua objek yang ada di sekolah bisa di gambar kembali, sebelum pembelajaran guru mengajak anak bernyanyi tentang yang ada di sekitar sekolah, dengan ini imajinasi anak akan lebih berkembang dan anak tidak cenderung menirukan guru.

  3. nama : AJENG DWI SUSANTI
    NIM :858776214
    PRODI PG PAUD

    Sya akan menanggapi terkait video yg sudah Sya lihat di atas….
    Dalam video tersebut terlihat bahwa dalam kegiatan KBM, yg dimana anak berkegiatan menggambar bebas agak terkendala dalam hal berimajinasi, beberapa anak bahkan terlihat meniru gambar Bu gurunya…
    Dan beberapa cara dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan:
    1). Anak-anak diberikan kebebasan untuk menggambar apa sja yg mereka liat.
    2). Bu Gurunya, memfasilitasi anak-anak dengan baik, seperti memotivasi anak-anak agar lebih memunculkan ide-ide dan di tuangkan lewat gambar mereka.

    # Kelebihannya: Bu Guru sudah benar dalam mengevaluasi tugas anak dengan mengajak anak-anak keluar halaman sekolah, agar mereka bisa lebih berimajinasi dengan apa yang mereka lihat di halaman sekolah, dan mampu menuangkannya dalam bentuk gambar tanpa harus meniru gambar Bu Guru atau teman-temannya.

    # Kekurangannya : Sebelum melakukan tugas menggambar, Bu Guru lupa memberikan tanya jawab ke anak-anak “Anak-anak hari ini mau gambar apa Nak?” Seharusnya dilakukan kegiatan tanya jawab terlebih dahulu agar anak-anak bisa lebih berimajinasi dalam berkegiatan..

  4. NAMA : APRILLIA PRILLY WISANG
    NIM :859256637
    PRODI :PG PAUD

    Saya ingin menanggapi Refleksi Singkat Terkait Video yang Baru saya tonton mengenai Program Pengembangan Meningkatkan imajinasi dan Penggalian ide bagi anak dalam mengembangkan Aspek kognitif pada Anak.

    Kekurangan: Apabila ingin melihat hasil imajinasi memberikan Tugas Menggambar kepada anak Guru tidak perlu memberikan Contoh gambar kepada Anak karena anak akan cenderung meniru gambar yang baru saja di lihatnya,karena yang tertanam dalam pikirannya yaitu gambar yang baru saja dilihatnya, ataupun jika ia tidak dapat berimajinasi bahkan meniru gambar temannya.Namun Guru harus meminta anak untuk menggambar apa saja sesuai keinginannya atau apa yang ada dalam pikirannya dan tidak menentukan gambar apa yang harus digambarnya tetapi justru tidak membatasi keinginannya dalam kegiatan menggambarnya.

    Kelebihannya: Disini saya melihat kelebihan Guru ketika melihat 3 dari sekian banyak anak di kelas yang melakukan kegiatan menggambar sesuatu yang sama dengan Gurunya,Guru tersebut langsung mengambil tindakan Untuk mengajak anak keluar ruangan untuk berjalan di sekitaran halaman sekolah dengan Mengamati apa saja yang ada di sekelilingnya kemudian meminta anak untuk bercerita kembali apa saja yang dilihatnya di halaman sekolah dan meminta anak menggambarkan secara bebas apa sja yang dilihatnya kemudian adanya interaksi tanya jawab antara Guru dan anak mengenai hasil karya yang di buat anak.dan menurut saya cara ini dapat mengatasi anak yang sulit menuangkan ide dan imajinasinya dalam bentuk gambar.anak pun merasa tidak dibatasi dan bebas untuk mengekspresikan dan menuangkan apa yang ada dalam pikirannya melalui gambarnya.

  5. Pada kegiatan pembelajaran tersebut reaksi anak cenderung meniru gambar yang sudah di gambar sebelumnya atau mengikuti gambar temannya, sehingga anak tersebut tidak kreatif. Kelemahan ibu guru dalam melakukan pembelajaran ibu guru tidak mengarahkan anak bagaimana cara menggambar yang baik, dan kelebihan ibu guru dalam pembelajaran memberikan kebebasan kepada anak dan mengajak anak keluar kelas untuk menggambar apa yg dilihat sesuai ide-ide dan minat anak, upaya yg dilakukan dalam vidio pembelajaran sudah bagus agar meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

  6. Setelah melihat video ini. Saya mendapatkan masukkan untuk menghadapi anak-anak saat belum bisa berimajinasi dalam kegiatan menggambar.

    Membawa anak ke sekitar lingkungan, anak-anak langsung menggambar kegiatan yang sangat mudah untuk di lakukan.

    Di dalam video ini. Guru juga berinteraksi ke anak-anak. Bertanya apa saja yang anak-anak lihat di luar lingkungan sekolah. Keadaan kelas aktif karena ada tanya jawab.

  7. Nama : Lollisa Widyanasari
    NIM : 858726384
    Prodi : PG PAUD Semester 3

    “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    Perkembangan kognitif anak usia prasekolah (3-5 tahun) ditandai dengan sikap kreatif, bebas dan imajinasi. Imajinasi anak semakin berkembang sesuai dengan berjalannya waktu ia belajar dan mengenali lingkungan di sekitarnya. Anak memiliki imajinasi dan menyukai fantasi, serta terlibat dalam eksplorasi yang sistematis dan yang disengaja dalam sebuah kegiatan untuk pengembangan kreatifitas anak.
    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Guru sudah memberikan kesempatan anak untuk mengeksplor imajinasinya dengan mengajak anak anak keluar kelas. Guru sudah memberi kesempatan anak anak untuk mendapatkan ide ide dari apa yang di lihatnya, guru sudah memberikan pertanyaan kepada anak anak tentang apa saja yang di lihat di halaman sekolah, kemudian mereka bisa menuangkan dalam gambar yang mereka buat. Kelebihannya ibu guru sudah melakukan kegiatan dengan baik memberikan kesempatan kepada anak anak untuk belajar menggambar sesuai imajinasinya. Kelemahannya adalah anak anak di beri contoh gambar oleh ibu guru, jadi ketika menggambar anak cenderung meniru gambar ibu guru walaupun sudah diberi tahu bisa menggambar sesuka hati, tapi biasanya anak anak lebih suka meniru, sebaiknya jangan dikasih contoh biarkan anak menggambar sesuai dengan yang mereka inginkan begitu sehingga mereka akan menggambar sebisa mereka sesuai yang mereka lihat dan setelah kegiatan menggambar objek selesai anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna mereka.

  8. asslamualaikum.

    Nama : Mahfiranda
    nim : 859404461
    PGPAUD- Semester4

    kesulitan Berimajinasi saat Menggambar, kasus seperti ini sering kali kita dapat di lingkungan sekitar dimana anak-anak / peserta didik lebih cendrung untuk meniruh gambar atau model yang sudah di buat oleh pendidik atau guru hal ini dapat membuat anak – anak atau peserta didik terhambat untuk mengembangkan keretifitasnya.

    penanagan yang diberikan ibu guru dalam video tersebut cukup baik. dengan mengajak anak untuk menesplor lingkungan sekitar sehingga anak dapat mengebangkan kreatifitasnya yang mereka tuang dalam karnya seni berupa gambar.

  9. Nama : Warda Restuti Andari
    NIM : 857790054
    Pokjar : Wonogiri
    Setelah saya mengamati video sudah saya putar, yang ditampilkan tentang permasalahan ketika anak sulit berimajinasi saat menggambar caranya sudah tepat dimana anak diberi kebebasan untuk melihat langsung keadaan secara luas.dalam video tersebut pembelajaran lebih objektif dan mendalam, adanya perbaikan dalam proses pembelajaran yaitu, guru mengajak anak keluar untuk mendapatkan imajinasi tentang menggambar bebas. Sekian menurut pandangan saya tentang bagaimana menstimulasi anak agar bisa berimajinasi ketika menggambar, terimakasih.

  10. Hesti suryanti
    857419365
    Pada vidio pembelajaran yang sudah saya lihat tentang kegiatan anak sulit berimajinasi saat menggambar maka tanggapan saya setelah melihat vidio tersebut adalah guru seharusnya sebeum memulai anak untuk menggambar bebas maka ajaklah anak anak untuk berjalan jalan di lingkungan sekolah dengan guru aktif menanyakan apa saya yang anak anak lihat ,sambil guru memberikan pertanyaan pemantik ketika anak anak diajak berjalan jalan ,kemudian guru selalu menjawab pertanyaan pertanyan yang di utarakan anak anak ketika berjalan jalan di lingkungan sekolah ,setelah itu anak di bawa masuk keruangan kelas dengan mengajak anak untuk bergantian bercerita di di depan kelas apa saja yang anak lihat ( masuk pada perkembangan bahasa ) ,dilanjutkan perkembangan moral agama dengan benda apa saja yang di ciptakan allah dan benda apa saja yang buatan manusia ( masuk pada moral agama) kemudian bagaiaman cara merawat benda ciptaan allah yang anak anak lihat ,kemudian anak diajak menghitung benda apa saya yang termasuk benda hidup dan benda apa saja yang termasuk benda mati atau cipataan manusia (masuk pada perkembangan kognitif ) ,setelah itu anak anak diajak untuk menirukan mahluk hidup yang anak lihat ketika berjalan jalan di lingkungan sekolah ( masuk kepada perkembangan fisik motorik ) dan anak di beri pertanyaan siapa saja yang ketika berjalan jalan di lingkungan skeolah yang melihat binatang di sekitar lingkungan sekolah ,apa yang harus di lakukan terhadap binatang atau mahluk ciptaan allah ,maka di sini anak belajar ( perkembangan sosial emosional ) ,yang terkahir anak baru di berikan buku gambar untuk anak anak menggambar bebas sesuai apa yang menjadi keinginan anak anak dan sesuai imajinasi yang anak anak lihat ketika berjalan jalan ( masuk kedalam perkembangan seni )
    Maka dari itu dalam satu kegiatan anak sudah mampu mengembangakan 6 bidang perkembangan dan anak mampu menggambar sesuai dengan imajinasj anak karena anak sudah belajar melihat lingkungan sekitar secara objektif ,hal ini pun akan meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar sesuai imajinasi mereka dan sekaligus mampu mengembangkan 6 bidang perkembangan secara bersamaaan dalam satu kegiatan

Leave a Reply