silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Ainun Rodiah
    Pokjar Enrekang

    Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru adalah anak merasa senang karena Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk Menggambar sesuai dengan minat mereka sehingga mereka lebih dapat berimajinasi dan guru juga mengajak anak anak untuk berkeliling di sekitar lingkungan sekolah sehingga mereka mendapatkan pengetahuan baru tentang apa saja yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu anak juga diminta menceritakan apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sehingga anak menjadi lebih aktif dan berani untuk tampil di depan teman-teman mereka

  2. Nama: Mugiasih
    NIM : 857601869
    Setiap diri anak memiliki bakat yang berbeda, namun jika tidak terarahkan bakat anak akan tidak terasah karena hanya mengandalkan contoh. seperti yang ada pada video tersebut jika guru memberikan contoh maka anak pasti mencontohnya walau tanpa disuruh untuk mencontoh. Beda halnya dengan anak yang kita ajak untuk langsung mengamati benda-benda konkrit seperti Guru yang mengajak keluar kelas guna mengaamati benda-benda yang ada di luar kelas, anak lebih leluasa berimajinasi dan saat kegiatan menggambarpun anak lebih beragam bahkan anak dapat bercerita tentang apa yang dilihatnya.

  3. Assalamualaikum Wr Wb mohon ijin untuk menanggapi Video pada Seri Pembelajaran :
    Nama : Lely Eva RIka Veny
    NIM : 859655447
    UPBJJ : 71 / Surabaya
    Judul Video : Seri Pembelajaran PAUD “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Banyak tehnik/cara untuk menggali ide seorang anak pada saat menggambar, agar apa yang menjadi imajinasi anak dapat dituangkan dalam bentuk gambaran. Pada awal video guru memberikan contoh kepada anak, bagaimana cara menggambar “Pemandangan”. Seperti yang kita ketahui pada video tersebut, ada beberapa anak yang menggambar pemandangan mirip/sama dengan apa yang digambar oleh guru, karena pada dasrnya seorang anak akan mencontoh dan menirukan apa yang merika lihat. Pada video berikutnya, Guru mengajak anak untuk keluar dari kelas, misalnya guru mengajak anak ke halaman sekolah. Dengan cara/tehnik yang digunakan guru inilah, guru dapat menggali ide seorang anak pada saat menggambar, agar apa yang menjadi imajinasi anak dengan apa yang dilihat anak di halaman sekolah dapat dituangkan dalam bentuk gambaran. Adapun tehnik/caranya yaitu :
    1. Membebaskan anak untuk menggambar apa sajas esuai dengan imajinasinya dan minat anak.
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide/imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang dapat ia lihat saat di halaman.
    3. Meminta anak untuk bercerita tentang apa yang mereka gambardi halaman sekolah.
    4. Guru melakukan tanya jawab dengan anak tentang hasil karya yang mereka gambar.

    Dengan tehnik dan metode tersebut diharapkan anak juga dapat mengembangkan perkembangan sosial emosionalnya melalui interaksi anak dengan temannya di luar kelas, membangun rasa percaya diri untuk berimajinasi dalam menggambar dan berani mengekspresikan apa yang anak rasakan saat mengapresiasikan hasil karya anak melalui gambar.

  4. Nama: khalimatussa’diah
    Nim : 858307415

    Selama saya mengajar, kegiatan menggambar adalah salah satu kegitan yang anak- anak paling sukai.. namun terkadang ada beberapa anak yang kebingungan ingin mengambar apa. cara pada video tersebut adalah yg biasa saya lakukan yaitu mengajak anak untuk memikirkan tentang benda-benda apa yang ada disekitarnya atau mengajak anak-anak duduk diluar kelas sembari melihat sekeliling agar imajinasi anak lebih terbuka . Jika pun dalam menggambar harus tetentu sesuai dengan tema misal pada tema tanaman maka anak- anak cukup menggambar tanaman yang ia sering lihat atau temui kemudian anak- anak bebas ingin menambahkan gambar apapun.
    Mengajak anak menceritakan gambar yang ia buat adalah salah satu cara untuk mengembangkan rasa percaya diri anak.

  5. Nama : Dewi Nopita
    NIM : 857480405
    Pokjar : Baleendah
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Kognitif/PAUD4101
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd.
    Nama : Dewi Nopita
    NIM : 857480405
    Pokjar : Baleendah
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Kognitif/PAUD4101
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd.

    Menanggapi video di atas , ibu guru memberikan contoh gambar pemandangan lalu menginstruksikan anak-anak untuk menggambar bebas,dari tayangan video anak-anak seperti kesulitan untuk menentukan mau menggambar apa,terlihat dari beberapa anak yang tampak kurang percaya diri dengan terus melihat gambar teman-teman disampingnya,kemudian saat Ibu guru memeriksa hasil gambar anak-anak,ternyata seluruh anak menggambar pemandangan.Anak-anak seperti sulit untuk menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar sehingga mereka cenderung meniru ide gambar yang telah dicontohkan Ibu gurunya.
    Menurut pendapat saya yang dilakukan Ibu guru pada video sudah baik,beliau memberikan kebebasan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya kedalam bentuk gambar sesuai minat anak,kemudian beliau memotivasi anak untuk berimajinasi lebih luas lagi dengan mengajak anak-anak keluar kelas dan melihat banyak hal di luar kelas, menurut saya hal ini mematik ide anak untuk lebih kreativ dalam berimajinasi dan menggambar.Selepas anak-anak melihat banyak hal di luar kelas ,Ibu guru juga mengajak anak untuk menceritakan kembali apa yang mereka lihat dan memberikan referensi objek gambar yang akan anak-anak gambar setelah memngamati banyak hal di luar kelas.Namun ,yang saya lihat saat Ibu guru bercerita di depan kelas,ada beberapa anak yang duduk di belakang fokusnya terganggu dengan menggobrol bersama temannya dan ada juga yang menggoyangkan badannya ke kanan dan ke kiri untuk melihat ibu guru yang sedang bercerita.Menurut saya ,saat Ibu guru bercerita,pola duduk anak harus melingkar,sehingga seluruh anak dapat memfokuskan pandangannya ketika ibu guru bercerita ,saat pola duduk anak melingkar anak-anak akan lebih mudah dikondisikan.
    Menurut pendapat saya saat Ibu guru menyadari bahwa siswa-siswinya kesulitan berimajinasi,ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih imajinasi mereka contohnya dengan bermain peran,mendongeng,melakukan ataupun kegiatan outing. Karena jika kemampuan imajinasi anak baik,maka akan membantu anak untuk mengembangkan keterampilan kognitifnya seperti kemampuan pemecahan masalah, memunculkan ide baru,berpikir kritis terhadap segala sesuatu.

  6. Assalamu’alaikum wr. wb

    Nama : Lailatul Latifah
    Nim : 858452297
    Kode / Nama MK : PAUD4304 / PMK

    Saya ingin menanggapi tentang video tersebut bahwa pendekatan guru efektif dalam memberikan kebebasan dan inspirasi kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka.
    Dan mengajak anak bercerita setelah kegiatan di luar kelas memperkuat daya imajinasi dan pemahaman anak.

  7. Nama : Ai hayati
    Nim. : 857503416
    Terkait dengan vidio di atas saya ingin menyampaikan beberapa komentar dan masukan kalo menurut saya penyebab dari anak sulit berimajinasi karena terkadang guru itu mengharapkan gambar anak harus baik dan membentuk! sehingga belum apa apa si anak sudah malas bahkan mereka sudah mengatakan” aku nggak bisa Bu!”
    Kalo hemat saya berikan anak kebebasan untuk mengekspresikan perasaan nya kalaupun anak membuat coretan2 tak jelas saat di tanya pada anak apa yang kamu gambar nak?dia menjawab “angin ribut”.melihat anak seperti itu terkadang gurunya menegur ayo yang baik gambarnya!dari respon guru ini menurut saya akan menjadikan anak tidak kreatif bahkan dia akan malas dengan kegiatan menggambar karena menurutnya dia tidak bisa melakukannya.
    Seperti di vidio tadi Bu guru mengomentari apa yang anak gambar seolah-olah menyalahkan karena anak menggambar meniru Bu guru dan teman-teman.padahal guru tersebut awalnya mencontohkan
    Saran saya kalo Bu guru memberi contoh terlebih dahulu maka jangan mengkritik anak ketika anak mencontoh gambar guru

  8. Nama : Ai hayati Nim. : 857503416
    Pokjar: Garut
    Kelas: Indramayu
    Terkait dengan vidio di atas saya ingin menyampaikan beberapa komentar dan masukan kalo menurut saya penyebab dari anak sulit berimajinasi karena terkadang guru itu mengharapkan gambar anak harus baik dan membentuk! sehingga belum apa apa si anak sudah malas bahkan mereka sudah mengatakan” aku nggak bisa Bu!” Kalo hemat saya berikan anak kebebasan untuk mengekspresikan perasaan nya kalaupun anak membuat coretan2 tak jelas saat di tanya pada anak apa yang kamu gambar nak?dia menjawab “angin ribut”.melihat anak seperti itu terkadang gurunya menegur ayo yang baik gambarnya!dari respon guru ini menurut saya akan menjadikan anak tidak kreatif bahkan dia akan malas dengan kegiatan menggambar karena menurutnya dia tidak bisa melakukannya. Seperti di vidio tadi Bu guru mengomentari apa yang anak gambar seolah-olah menyalahkan karena anak menggambar meniru Bu guru dan teman-teman.padahal guru tersebut awalnya mencontohkan Saran saya kalo Bu guru memberi contoh terlebih dahulu maka jangan mengkritik anak ketika anak mencontoh gambar guru

  9. Nama : Lira Diana
    NIM : 855752754
    Judul Video : Seri Pembelajaran PAUD “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”

    Menurut saya apa yang dilakukan Bu guru sudah benar, dengan mengajak anak ke halaman luar sekolah dan memberikan anak – anak kebebasan dalam mengambar dapat membuat imajinasi anak terbuka, selain anak – anak memang menyukai kebebesan dan belajar diluar dengan cara seperti ini juga anak merasakan bermain sembari belajar , selain itu anal – anak bebas menggambar apa yang mereka lihat dan anak bisa menceritakan kenapa dia memilih menggambar itu .
    sebagai seorang guru kita memang harus Beri anak-anak kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan yang ketat. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan bebas.
    Diskusikan ide-ide kreatif dengan anak-anak sebelum mereka mulai menggambar. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka pikirkan atau apa yang ingin mereka gambar. Diskusi ini dapat membantu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka ide-ide baru.
    dan juga Berikan tantangan kepada anak-anak untuk menggambar sesuatu yang di luar kotak, seperti “gambarlah dunia di planet lain” atau “gambarlah hewan fantasi”. Tantangan semacam ini dapat mendorong imajinasi anak-anak untuk berkembang.

  10. Nama : Mai Agustina
    NIM : 857003275
    UPBJJ : Lampung
    Judul Video : Seri Pembelajaran PAUD “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Vidio di atas berisikan tentang sulitnya anak berimajinasi dalam menggambar bebas,dan bagaiamna cara guru menstimulus anak agar anak dapat berimajinasi ketika menggambar bebas. Kegiatan menggambar merupakan kegiatan yang menyenangkan di lakukan tak kecuali pada anak usia dini namun kegiatan yang di berikan guru diatas ialah bagaimana anak itu berimajinasi dan menuangkan ke dalam gambar yang masih sulit di lakukan Mereka lebih cenderung mengikuti gambar temnanya,dari Vidio diatas guru mengajak anak untuk melihat lingkungan sekitar sebelum menggambar dengan harapan anak akan dapat berimajinasi setelah melihat lihat lingkungan sekitar,hal yang di lakukan guru sudah sangat baik hal itu tentu akan menambah bantuan agar anak dapat berimajinasi dan menuangkan nya kedaLam gambar namun perlu di perhatikan bahwa kegiatan menggambar harus lah sesuai dengan tahap perkembangan anak dalam hal ini usia .

Leave a Reply