silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Tanti Muchtar
NIM : 857777356
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Strategi yang diterapkan oleh guru tersebut sangat tepat untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
Berikut adalah analisis singkat dari setiap strategi:
– Memberikan Kebebasan untuk Menggambar Sesuai Minat Anak
Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minat mereka dapat merangsang kreativitas mereka. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan mengembangkan keterampilan gambar mereka dengan cara yang mereka sukai.
– Mengajak Anak Keluar Kelas dan Membuat Cerita
Mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar dan kemudian meminta mereka untuk bercerita dan menggambarkan pengalaman mereka adalah cara yang bagus untuk membangkitkan imajinasi mereka. Melalui pengamatan langsung, anak-anak dapat melihat berbagai objek dan situasi yang dapat menginspirasi mereka untuk menggambar. Selain itu, proses bercerita juga membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan verbal dan naratif mereka.
Dengan menggabungkan kedua strategi tersebut, guru tersebut menciptakan lingkungan belajar yang menstimulasi dan mendukung bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan keterampilan gambar mereka. Melibatkan anak-anak dalam proses belajar yang interaktif dan menyenangkan seperti ini dapat membantu mereka merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam kegiatan menggambar.
Nama : Tanti Muchtar
NIM : 857777356
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Strategi yang diterapkan oleh guru tersebut sangat tepat untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Berikut adalah analisis singkat dari setiap strategi:
– Memberikan Kebebasan untuk Menggambar Sesuai Minat Anak Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minat mereka dapat
merangsang kreativitas mereka. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan mengembangkan keterampilan gambar mereka
dengan cara yang mereka sukai.
– Mengajak Anak Keluar Kelas dan Membuat Cerita Mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar dan kemudian meminta mereka untuk
bercerita dan menggambarkan pengalaman mereka adalah cara yang bagus untuk membangkitkan imajinasi mereka. Melalui pengamatan langsung, anak-
anak dapat melihat berbagai objek dan situasi yang dapat menginspirasi mereka untuk menggambar. Selain itu, proses bercerita juga membantu mereka
untuk mengembangkan keterampilan verbal dan naratif mereka.
Dengan menggabungkan kedua strategi tersebut, guru tersebut menciptakan lingkungan belajar yang menstimulasi dan mendukung bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan keterampilan gambar mereka. Melibatkan anak-anak dalam proses belajar yang interaktif dan menyenangkan seperti ini dapat membantu mereka merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam kegiatan menggambar.
Nama: Ai Hayati
Nim: 857485776
Pokjar: 857503416
Kode/Mata Kuliah: PAUD4101/Metode Pengembangan Kognitif
Tutor: Nur Dini Fauziah M. Pd.
Dari vidio yang telah saya tonton saya agak mengkritisi ketika ibu guru memeriksa dan seperti terlihat mengkritisi hasil karya anak . menurut hemat saya itu akan menurunkan semangat anak .ketika ibu guru tidak mau anak didiknya menggambar dengan meniru harusnya ibu guru tidak usah mencontohkan gambar biarkan anak bebas menggambar apa yang mereka mau dan yang mereka bisa! menurut saya jika ibu guru mencontohkan
Nama : Ranny Aprilia Lioenardi
NIM : 857487461
Pokjar : Sinergi
Kode/Mata Kuliah : PAUD 4101 / Metode Pengembangan Kognitif
Tutor : Nur Dini Fauziah S.Pd.,M.Pd.
Saya setuju bagaimana guru tersebut dalam membimbing para siswa siswi untuk melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar mereka. Hal ini dapat mengembangkan daya pikir anak-anak melalui penggunaan panca indra mereka. Anak-anak dapat menggambar berdasarkan pengalaman nyata yang mereka dapatkan.
Guru juga memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman mereka.
Hal ini dapat mengembangkan kepercayaan diri mereka.
Namun saya pikir, sebaiknya guru melakukan kegiatan pembuka terlebih dahulu. Mungkin bertanya kepada anak-anak “Apa itu pemandangan?” “Siapa yang pernah lihat pemandangan?”. Hal ini ditujukan untuk membuka wawasan anak terlebih dahulu.
Nama : Nursalimah
Nim : 857590053
Pokjar : Kersana
Kode / Matakuliah : Metode Pengembangan Kognitif
Dengan melihat vidoe tersebut saya menambah ilmu atau pengalaman untuk cara mengajar anak yang susah diajak berbicara atau untuk .menggalih percaya diri dengan cara menggambar bebas atau berimanijasi, ide-ide dengan cara ini anak bisa mengungkapkan persanan dengan kesukan nya
Nama : Nur Salimah
Nim : 857590053
Pokjar : Kersana
kode /Mata kuliah : PAUD 4101 Metode Pengembangan Kognitif
Saat menggambar memang imajinasi sangat di butuhkan namun bagi anak usia dini mereka terkadang masih takut menuangkan imajinasi mereka secara gamblang karena takut di salahkan karena tidak sama dengan contoh yang diberikan oleh guru dan mereka menjadikan contoh yang di berikan sebagai patokan hal ini tentu saja bukan hasil yang kita sebagai guru inginkan karena goals kita adalah anak mampu menuangkan kreatifitasnya tanpa hambatan oleh sebab itu cara yang dilakukan di vidio sangat manjur dan itu terbukti karena terlihat setelah itu anak mampu menggambar gambar lain sesuai dengan apa yang mereka amati di lingkungan sekitarnya.
Nama : Megawati
NIM : 858306176
Judul : ” Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar ”
Menurut saya apa yang dilakukan Bu guru itu sudah benar , memberi anak-anak kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan yang ketat. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan bebas.
Bawa anak-anak ke lingkungan yang menginspirasi, seperti ke taman, kebun binatang, atau museum seni. Hal ini dapat membantu mereka menemukan bahan inspirasi untuk menggambar dan memperluas imajinasi mereka.
guru juga dapat Diskusikan ide-ide kreatif dengan anak-anak sebelum mereka mulai menggambar. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka pikirkan atau apa yang ingin mereka gambar. Diskusi ini dapat membantu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka ide-ide baru, selain itu juga guru bisa Berikan anak-anak akses ke berbagai jenis bahan menggambar, seperti pensil warna, spidol, cat air, dan krayon. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan mengembangkan imajinasi mereka.
Nama : Rukmaya
NIM : 857523812
Pokjar : Baleendah
Mata Kuliah : 4101/Metode Pengembangan Kognitif
Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd
Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Dalam pembelajaran di atas anak-anak nampak antusias dan merasa senang mengikuti arahan ibu guru ketika disuruh menggambar, namun setiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda. Ketika ibu guru menyuruh menggambar bebas namun beliau mencontohkan gambar pemandangan, dan banyak anak yang menggambar yang sama seperti ibu guru,itu dikarenakan anak-anak sering kali mencontoh apa yang dikerjakan ibu gurunya.
Menurut pendapat saya yang dilakukan ibu guru sudah cukup baik dengan memberikan berbagai strategi seperti : Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, Mengajak anak keluar kelas untuk melihat-lihat apa yang ada disekitar lingkungan sekolah, ini menjadikan anak lebih berimajinasi karena melihat langsung bendanya, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan,dengan menceritakan apa yang dilihat anak sehingga anak pun dapat bercerita dengan percaya diri.
nama: saskia putri anissa (8567184151)
mata kuliah: PAUD 4302 / pembelajaran terpadu
judul video: anak sulit berimajinasi saat menggambar
menurut saya ada baiknya bu guru mengajak atau meperlihatkan berbagai macam gambar ataupun bentuk kepada anak sebelum kegiatan menggambar, atau guru bisa mengajak anak berimajinasi dengan menyebutkan atau memperagakan berbagai macam gambar, juga mengajak anak bercakap cakap dahulu sebelum berkegiatan agar imajinasi anak dapat terasah sebelum berkegiatan.
namun langkah yang diambil guru di video tersebut juga sudah sangat bagus untuk mengajak anak anak berjkeliling sekolah agar imajinasi anak bertambah.
Nama : Iim Nursyamsiyah
NIM : 857475592
Pokjar : Indramayu
Matakuliah : PAUD4101/Metode Pengembangan Kognitif
Tutor : Ibu Nur Dini Fauziah, S.Pd., M.P
Menurut Saya, sebelum bu Guru memberikan intruksi kepada anak- anak untuk menggambar bebas, sebaiknya ajak anak- anak untuk mengamati lingkungan sekolah dulu, atau bisa juga dengan mengajak anak untuk bercerita tentang pengalaman liburan misalnya. Jadi anak- anak ada ide untuk menuangkannya dalam gambar. Kemudian pemberian contoh gambar, mungkin sebaiknya tidak usah ada, karena pasti anak akan meniru apa yang bu guru contohkan. Serta pemberian feedback positif seperti penggunaan kata ” kamu hebat” atau ” gambarnya bagus ya” disertai gestur tubuh misal diacungi jempol sangat sangat perlu diungkapkan kepada anak, karena itu akan membuat anak menjadi percaya diri, meskipun hasilnya belum seperti yang kita harapkan.