silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Rita Hadianti
    NIM ; 857523765
    Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Menurut saya strategi yang dilakukan guru untuk memicu imajinasi anak sudah tepat. Pada saat di awal kegiatan hampir semua anak menggambar pemandangan seperti contoh gambar yang dibuat ibu guru, untuk memicu imajinasi anak dalam menggambar guru berdiskus bersama anak-anak apa yang dapat digambar berdasarkan sumber inspirasi tersebut, selain itu guru menggunakan teknik visualisasi dengan mengajak anak kehalaman sekolah dan melihat secara langsung apa saja yang ada di halaman sekolah yang dapat digunakan sebagai inspirasi untuk menggambar.Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berimajinasi dan mengekspresikannya melalui kegiatan menggambar.

  2. Nama : Yati Haryati
    NIM : 857484473
    Pokjar : Indramayu
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Kognitif
    Tutor : Nur Dini Fauziah, M.Pd

    Tanggapan saya terhadap video tersebut.
    Anak dan imajinasi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Imajinasi anak artinya daya khayal anak sedang bermain di sana. Imajinasi anak umumnya sangat tidak terbatas dibandingkan orang dewasa. Seiring berjalannya waktu, imajinasi akan berhubungan erat dengan kemampuan bicara dan menjadi alat bagi anak untuk belajar memahami keadaan dan keberadaan di lingkungan.
    Melatih khayalan atau imajinasi adalah salah satu bentuk stimulasi.
    Dalam video diatas cara melatih imajinasi anak dalam menggambar yaitu dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
    Beberapa jenis stimulasi lain yaitu selain menggambar adalah mendongeng.
    Saat mendongeng, kerja otak aktif dan anak tidak cuma mendengar tapi membuat imajinasi. Aktivitas otak pendongeng dan pendengar sama. Anak akan merasakan dan membayangkan apa yang diceritakan. Mendongeng juga berhubungan dengan kemampuan membaca dan bicara anak. “Kemampuan bicara dan bahasa anak ini erat hubungannya dengan IQ.
    Screen play juga merupakan salah satu cara untuk mengasah daya imajinasi meski dengan berbagai catatan.
    screen play bisa dijadikan wadah untuk melatih daya khayal bila anak ikut membayangkan apa yang ada layar.
    Tapi pada praktiknya mungkin tidak efektif karena anak lebih sibuk main gadget-nya daripada membayangkan imajinasinya.
    Bila ingin memakai gadget sebagai alat untuk mengasah imajinasi, pastikan Anda mendampingi ketika anak menonton video.
    Selain itu juga bisa bertanya pada anak tentang video yang ia tonton agar ada interaksi dua arah.

  3. Nama : Rini Hasna
    Nim : 857488123
    Mata kuliah : PAUD4101/Metode pengembangan kognitif

    Menurut pendapat saya,Ibu guru ini sudah sangat benar dengan memberikan kebebasan kepada siswa dalam menggambar,jadi siswa dapat menggali imajinasinya dan juga dapat menambah wawasannya dengan membawa siswa-siswi untuk melihat apa yang ada di sekitar lingkungan sekolahnya.dan ibu guru ini sudah sangat baik dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang sudah mereka lihat di sekitar lingkungannya.karena dengan memberikan pertanyaan pemantik ini dapat menstimulasi kemampuan kognitif dan efektif siswa,menguji kemampuan siswa,mengkomunikasikan ide siswa,dan juga dapat mengevaluasi suatu perbuatan yang telah mereka lakukan.

  4. Nama : Rini Hasna
    Nim : 857488123
    Mata Kuliah : PAUD4101/Metode pengembangan Kognitif

    Menurut pendapat saya,ibu guru ini sudah sangat benar dengan memberikan kebebasan terhadap siswa dalam menggambar,jadi siswa dapat menggali imajinasinya dan juga dapat menambah wawasannya dengan membawa siswa-siswi untuk melihat apa yang ada di sekitar lingkungan sekolahnya. dan ibu guru ini sudah sudah sangat baik dengan memberikan pertanyaan pemantik yang sudah mereka lihat di sekitar lingkungannya,karena dengan memberikan pertanyaan pemantik ini,dapat menstimulasi kemampuan kognitif dan efektif siswa,menguji kemampuan siswa,mengkomunikasikan ide,dan juga dapat mengevaluasi suatu perbuatan yang telah mereka lakukan.

  5. Nama : MIMIN AMINAH
    NIM : 857478383
    Pokjar : Baleendah
    Mata Kuliah : 4101/Metode Pengembangan Kognitif
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd
    Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar karena disaat anak susah atau tidak bisa mengungkapkan imajinasinya saat di suruh menggambar maka guru mengajak anak keluar dari kelas untuk melihat di sekitar lingkungan sekolah.Disana anak bisa mengamati dan melihat apa saja yang dia lihat dan dia akan menuangkannya lewat gambar atau lukisan apa yang tadi lihat,sambil menggambar biasanya dia juga asik bercerita tentang apa yang tadi lihat,dan guru cukup memfasilitasi anak tersebut serta memberikan apresiasi kepada anak sehingga anak akan lebih percaya diri.

  6. Nama : MIMIN AMINAH NIM : 857478383 Pokjar : Baleendah Mata Kuliah : 4101/Metode Pengembangan Kognitif Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar karena disaat anak susah atau tidak bisa mengungkapkan imajinasinya saat di suruh menggambar maka guru mengajak anak keluar dari kelas untuk melihat di sekitar lingkungan sekolah.Disana anak bisa mengamati dan melihat apa saja yang dia lihat dan dia akan menuangkannya lewat gambar atau lukisan apa yang tadi lihat,sambil menggambar biasanya dia juga asik bercerita tentang apa yang tadi lihat,dan guru cukup memfasilitasi anak tersebut serta memberikan apresiasi kepada anak sehingga anak akan lebih percaya diri.

  7. Nama : MIMIN AMINAH
    NIM : 857478383
    Pokjar : Baleendah
    Mata Kuliah : 4101/Metode Pengembangan Kognitif
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S.Pd.,M.Pd
    Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar karena disaat anak susah atau tidak bisa mengungkapkan imajinasinya saat di suruh menggambar maka guru mengajak anak keluar dari kelas untuk melihat di sekitar lingkungan sekolah.Disana anak bisa mengamati dan melihat apa saja yang dia lihat dan dia akan menuangkannya lewat gambar atau lukisan apa yang tadi lihat,sambil menggambar biasanya dia juga asik bercerita tentang apa yang tadi lihat,dan guru cukup memfasilitasi anak tersebut serta memberikan apresiasi kepada anak sehingga anak akan lebih percaya diri.

  8. NAMA: SISKA ROSIANA
    NIM : 858188904
    JUDUL: ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR

    Anak PAUD sangat lah sulit apa bila berimajinasi karena mereka membayangkan yang belum tentu itu sesuia dengan bayangan mereka tanpa kita dasari dengan bercetoita dahulu misalnya membuat bayangan yang sehingga mereka itu bisa menggambarkan denhan adanya petunjuk yang ada dalam cerita tersebut, sebenarnya dalam pendidikan PAUD itu tidak boleh ya menyuruh anak ber imajinasi tanpa adanya dasar pembelajaran, karena itu akan membuat anak kebingungan, Imajinasi dapat terbentuk ketika seseorang mengalami atau menyaksikan sesuatu. Indera mereka akan menyimpan penglihatan tersebut di dalam pikiran, tanpa adanya itu mungkin kita pendidik sulit untuk membuat anak berimajinasi. Saya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang itu mudah ternyata sulit apa lagi dalam pembelajaran di PAUD, karena ini pengalaman pribadi saya. Tanpa imajinasi dunia tidak akan berwarna dan kehidupan akan terasa hambar. Selama manusia masih bisa berangan-angan maka imajinasi akan terus hidup dan diwariskan lintas generasi. Imajinasi adalah salah satu bentuk kekuatan yang menjadi roda penggerak untuk manusia berkarya dan menjalani kehidupannya begitu pula untuk anak didik kita. Tahapan yang saya lakukan untuk anak berimajinasi harus dengan sesuatu yang mudah di mengerti misal Dasar – dasar menggambar dapat melatih motorik halus anak, yang meliputi : membuat berbagai bentuk garis, membuat lingkaran dan macam – macam bentuk geometri. Melalui playgroup anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halusnya dengan baik misalnya pada awal anak memegang pensil, mencorat – coret, menggambar bebas. kita tidak akan mampu menciptakan karya seni, musik, sastra, atau inovasi dalam bidang ilmiah dan teknologi. Imajinasi memungkinkan kita untuk berpikir di luar batas dan menciptakan sesuatu yang baru dan unik untuk anak didik kita.

  9. Nama : Pahma wati
    Nim. : 856258768

    Menurut saya apa yang dilakukan Bu guru itu sudah benar , Beri anak-anak kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan yang ketat. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan bebas.
    Membawa anak-anak ke lingkungan yang menginspirasi, seperti ke taman, kebun binatang, atau museum seni. Hal ini dapat membantu mereka menemukan bahan inspirasi untuk menggambar dan memperluas imajinasi mereka.
    guru juga dapat mendiskusikan ide-ide kreatif dengan anak-anak sebelum mereka mulai menggambar. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka pikirkan atau apa yang ingin mereka gambar. Diskusi ini dapat membantu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka ide-ide baru, selain itu juga guru bisa memberikan anak-anak akses ke berbagai jenis bahan menggambar, seperti pensil warna, spidol, cat air, dan krayon. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan mengembangkan imajinasi mereka.

  10. Nama : Pahma wati
    Nim. : 856258768

    sudah bagus.
    Analisis masalah yang ada:
    -anak belum mampu berimajinasi saat menggambar
    -anak belum mampu berkreatifitas
    -anak belum mampu menuangkan idenya ke dalam bentuk gambar
    Solusi:
    Mengajak anak jalan-jalan ke halaman sekolah untuk melihat benda yang ada disekitar.
    Rumusan masalah:
    Apakah mengajak anak jala-jalan ke halaman sekolah untuk melihat benda-benda disekitarnya mampu meningkatkan imajinasi anak saat menggambar?
    Judul:
    Meningkatkan imajinasi anak saat menggambar melalui kegiatan jalan-jalan di halaman sekolah pada anak usia dini di Kelompok Bermain Terata

Leave a Reply