silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Nama : Winda Ariyanti
NIM : 858939381
UPBJJ : Jember
Program Studi : PGPAUD-S1
Setelah melihat video tersebut,kesulitan mengemukakan pendapat karena kurangnya stimulasi bahasa anak.
Berdasarkan asumsi yang perlu ditingkatkan dalam kemampuan bahasa yaitu kegiatan tanya jawab,media yang menarik bagi anak,meminta anak untuk menggambar bebas dan menceritakan gambar yang dibuat didepan teman-temannya,minta anak menceritakan mainan kesayangan didepan temannya.
Permasalahan bahasa sering kali kita jumpai pada anak, khususnya dalam menyampaikan pendapat. Anak biasanya sulit menyampaikan pendapat tentang keinginannya atau pun tentang suatu hal yang lainnya. Di dalam video tersebut menyebutkan salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya stimulus dalam berbicara aktif. Dan cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan: 1) Lontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, 2) perlihatkan gambar kepada anak kemudian mintalah pendapat anak tentang gambar tersebut, 3) mintalah anak menggambar bebas dan mintalah anak menceritakan gambar yang telah dibuatnya, 4) mintalah anak menceritakan kepada temannya mengenai mainan kesukaannya yang di bawa dari rumah.
Tentunya cara tersebut harus dilakukan secara terus menerus.
Jadi video tersebut sangat bagus karena telah mengungkapkan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru TK dan memberikan solusi cara mengatasi masalah tersebut. Sehingga saya sebagai guru sangat terbantu dan menambah pengetahuan.
Nama : Nurul Zulhidayati
NIM : 859166901
Prody : PGPAUD
Permasalahan bahasa sering kali kita jumpai pada anak, khususnya dalam menyampaikan pendapat. Anak biasanya sulit menyampaikan pendapat tentang keinginannya atau pun tentang suatu hal yang lainnya. Di dalam video tersebut menyebutkan salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya stimulus dalam berbicara aktif. Dan cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan: 1) Lontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, 2) perlihatkan gambar kepada anak kemudianmintalah pendapat anak tentang gambar tersebut, 3) mintalah anak menggambar bebas dan mintalah anak menceritakan gambar yang telah dibuatnya, 4) mintalah anak menceritakan kepada temannya mengenai mainan kesukaannya yang di bawa dari rumah.
Tentunya cara tersebut harus dilakukan secara terus menerus.
Jadi video tersebut sangat bagus karena telah mengungkapkan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru TK dan memberikan solusicara mengatasi masalah tersebut. Sehingga saya sebagai guru sangat terbantu dan menambah pengetahuan.
nama : Riski Ayu amaliya
NIM 858937388
Prodi : S1 PGPAUD BI POKJAR GENTENG C
anak sulit mengemukakan pendapat
setelah saya melihat vidio tersebut ditemukan adanya masalah anak sulit mengemukakan pendapat karena rendahnya keberanian serta percaya diri pada anak, pada pembahasan vidio tersebut guru perlu mendorong kemampuan berbahasa anak dengan metode dan media yang menarik bagi anak. metode yang digunakan adalah metode tanya jawab dengan model pembelajaran talking stick agar anak dapat memahami dan lebih mudah mengerti apa saja yang di bahas dan ditanyakan oleh guru. serta sering – sering guru untuk mengajak anak mengobrol ketika didalam kelas maupun diluar kelas.
sekian terimakasih.
Nama : Kuswidyanti Oktavia Putri
NIM : 858162893
PRODI : PGPAUD-BI
Dari tayangan video di atas tentang “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat”
Menurut saya langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menstimulasi muridnya sangat tepat yaitu sebagai berikut:
1.Melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukan anak, dengan cara tersebut anak akan belajar berbicara dan spontan merespon jawaban guru sehingga anak dapat mengungkapkan pendapatnya.
2.Memperlihatkan gambar kepada anak kemudian minta pendapat anak tentang gambar, dengan cara itu secara reflek anak akan terpancing untuk berbicara menangapi tentang gambar yang dilihat sehingga anak melatih aspek perkembangan bahasanya dengan mengungkapkan pendapat
3.Minta anak untuk menggambar bebas kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar yang telah dibutanya kepada teman-temanya didepan kelas, cara ini juga tepat karena dengan cara tersebut anak bisa mengungkapkan isi pikiran dan perasaan yang dirasakan anak melalui sebuah ungkapan dalam bentuk cerita.
4. Yang terakhir meminta anak untuk menceritakan di depan teman-temannya tentang mainan kesayangannya jug acara efektif karena anak akan mudah mengungkapkan sesuatu hal yang disenangi apa lagi yang berkaitan dengan mainan.
Dari empat cara di atas dapat disimpulkan bahwa dengan cara tersebut dapat membantu anak untuk dapat mengembangkan aspek berbicaranya dan mengatasi anak yang suka minder dan tidak percaya diri yang akhirnya mampu mengungkapkan pendapatnya.
Nama : Kuswidyanti Oktavia Putri
NIM : 858162893
PRODI : PGPAUD-BI
Dari tayangan video di atas tentang “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” Menurut saya langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menstimulasi muridnya sangat tepat yaitu sebagai berikut:
1.Melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukan anak, dengan cara tersebut anak akan belajar berbicara dan spontan merespon jawaban guru sehingga anak dapat mengungkapkan pendapatnya.
2.Memperlihatkan gambar kepada anak kemudian minta pendapat anak tentang gambar, dengan cara itu secara reflek anak akan terpancing untuk berbicara menangapi tentang gambar yang dilihat sehingga anak melatih aspek perkembangan bahasanya dengan mengungkapkan pendapat.
3.Minta anak untuk menggambar bebas kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar yang telah dibutanya kepada teman-temanya didepan kelas, cara ini juga tepat karena dengan cara tersebut anak bisa mengungkapkan isi pikiran dan perasaan yang dirasakan anak melalui sebuah ungkapan dalam bentuk cerita.
4. Yang terakhir meminta anak untuk menceritakan di depan teman-temannya tentang mainan kesayangannya jug acara efektif karena anak akan mudah mengungkapkan sesuatu hal yang disenangi apa lagi yang berkaitan dengan mainan.
Dari empat cara di atas dapat disimpulkan bahwa dengan cara tersebut dapat membantu anak untuk dapat mengembangkan aspek berbicaranya dan mengatasi anak yang suka minder dan tidak percaya diri yang akhirnya mampu mengungkapkan pendapatnya.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menurut saya tips-tips yang diberikan untuk menangani anak yang sulit mengungkapkan pendapat sudah tepat dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Pertama, dengan memberikan stimulasi bahasa aktif melalui tanya jawab yang dilakukan oleh guru dan anak juga dapat menambah rasa percaya diri anak dan anak akan merasa diakui keberadaanya, kedua dengan meminta anak menggambar bebas dapat menstimulasi anak untuk aspek kognitif nya, anak akan menuangkan imajinasinya kedalam gambar, ketiga anak akan sangat antusias untuk menceritakan hasil karyanya sendiri dihadapan temannya, keempat anak diminta membawa mainan kesukaannya dan tentu akan merasa sangat senang sekali jika diminta untuk menceritakan mainan kesukaannya, meskipun anak yang masih sulit mengeluarkan verbalnya, namun saat guru memberi pertanyaan-pertanyaan anak pasti akan terstimulasi untuk mengeluarkan verbalnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menurut saya tips-tips yang diberikan untuk menangani anak yang sulit mengungkapkan pendapat sudah tepat dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
1. Dengan memberikan stimulasi bahasa aktif melalui tanya jawab yang dilakukan oleh guru dan anak juga dapat menambah rasa percaya diri anak dan anak akan merasa diakui keberadaanya.
2. Dengan meminta anak menggambar bebas dapat menstimulasi anak untuk aspek kognitif nya, anak akan menuangkan imajinasinya kedalam gambar.
3. Anak akan sangat antusias untuk menceritakan hasil karyanya sendiri dihadapan temannya.
4. Anak diminta membawa mainan kesukaannya dan tentu akan merasa sangat senang sekali jika diminta untuk menceritakan mainan kesukaannya, meskipun anak yang masih sulit mengeluarkan verbalnya, namun saat guru memberi pertanyaan-pertanyaan anak pasti akan terstimulasi untuk mengeluarkan verbalnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Murni Asih
NIM : 858740772
Prodi : S1 PGPAUD-BI
UPBJJ Surabaya
Pokjar Pitaloka
– Judul video : Anak sulit mengungkapkan pendapatnya.
Menurut pendapat saya berdasar tayangan video tersebut isi dan apa yang ditampilkan dalam video cukup mencerminkan isi dari judul yang gunakan beserta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari seringkali dijumpai anak yang kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya, bisa jadi karena malu, takut, ataupun bingung bagaimana seharusnya menyampaikan pendapat. Pada tayangan tersebut, terlihat beberapa anak-anak masih kesulitan dalam menyampaikan pendapat ketika guru bertanya. Kemudian guru segera memulai untuk menggunakan beberapa cara dalam membantu anak agar mulai berani dan bisa mengungkapkan pendapatnya. Cara yang dipilih guru cukup menarik, bervariaasi, dan dekat dengan anak, diantaranya guru memberikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal-hal yang disukai anak dan yang sedang dilakukan anak, kemudian guru juga menunjukkan gambar kepada anak-anak dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pendapat tentang gambar yang ditunjukkan atau bisa juga dengan memberi kesempatan kepada anak untuk menggambar bebas lalu meminta mereka untuk menceritakan tentang gambar yang telah dibuat di depan teman-temannya. Selanjutnya cara lain yang digunakan oleh guru adalah meminta anak untuk membawa mainan ataupun buku kesukaannya ke sekolah kemudian meminta si anak untuk bercerita di depan kelas, selanjutnya dengan bantuan guru dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik berkaitan dengan apa yang dibawa, maka anak mulai bercerita.
Terakhir, secara keseluruhan video pembelajaran tersebut sudah sangat baik. Dimana guru sudah cukup kreatif untuk membantu anak lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya. Guru juga cukup aktif untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik dan berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak agar lebih berani dan mampu untuk mengungkapkan pendapatnya.
NAMA : ANWARGANI SAPUTRA
NIM : 836860408
MATA KULIAH : Evaluasi pembelajaran TK
PRODI : PG PAUD
UPBJJ : Yogyakarta
Berdasarkan pengalaman saya terkadang anak tidak mau mengatakan pendapatnya mungkin karena tidak tahu cara mengemukakan pendapatnya, malu atau takut dengan teman-temannya atau memang sengaja tidak mau mengungkapkan pendapatnya.
Pada video tersebut disampaikan tentangCara agar anak mau mengemukakan pendapat
1. Lemparkan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak
2. Perlihatakan gambar yang disukai anak kemudian minta pendapat anak tentang gambar tersebut
3. Minta anak untuk menggambar bebas, kemudian minta anak untuk menceritakan gambar yang telah dibuat kepada teman-teman di depan kelas
4. Minta anak untuk menceritakan di depan teman-teman kelasnya tentang benda kesayangan yang telah dibawa dari rumahnya
Saya baru tahu jika ada langkah-langkah seperti dalam video yang ditayangkan. Akan saya coba. Terima kasih suadh berbagi tips-tipsnya.