silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.
Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.
Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.
Kesan Umum
Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris, setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.
Dra. Titik Setyowati, M.Pd.
Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.
Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.
Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.
Wing Hanyom Sari
NAMA: ENDAH DWI YUSTIKA
NIM: 859688144
Menurut saya cara penyampain guru saat mengajarkan anak beris berbaris dengan tertib sangat baik dan bisa mengajarkan anak mengelola perkembangan sosial emosional, mengajarkan anak untuk disiplin, toleransi, negosiasi kerjasama antara anak didik. hal ini akan membantu mereka belajar cara berinteraksi dengan orang lain, menunggu giliran, mandiri,sabar, bisa mengatur dan mengontrol diri sendiri, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. dengan mempelajari keterampilan ini sejak dini anak-anak memiliki dasar yang kuat untuk kehidupan sosial yang positif dimasa depan.
Nama : Linda Nurjamilh
NIM- 857321223
UPBJJ : Serang
Dari tayangan video diatas dapat dilihat bagaimana cara guru menangani siswa yang kurang tertib dengan cara, menasihati, dan akan diberikan kesempatan di esok harinya serta memberi pujian setelah anak mau mengikuti apa yang diinstruksikan oleh guru.
Budaya mengantre merupakan pembiasaan yang harus dilatih sejak dini, hal ini bertujuan supaya anak-anak bisa tertib dan mau menunggu gilirannya untuk mengantre. Mengantre juga mempunyai manfaat sebagai berikut
Melatih kesabaran anak
Pada dasarnya anak memiliki dorongan untuk segera mendapatkan apa yang ia inginkan. Maka anak dilatih untuk bisa menunggu hingga gilirannya tiba. Tentu saja butuh tekad yang kuat untuk bisa bersabar menunggu giliran.
Belajar menghormati orang lain
Melalui mengantri, anak belajar untuk bisa menghormati hak orang lain yang memang sudah datang terlebih dahulu. Hal ini juga merupakan bentuk penegakkan keadilan bagi mereka yang sudah mengantri duluan
Belajar menghadapi konsekuensi
Anak belajar untuk bisa merasakan konsekuensi atas apa yang ia lakukan. Jika anak terlambat atau datang lebih akhir, maka konsekuensinya adalah ia mendapatkan giliran antri paling belakang. Oleh karenanya anak juga dilatih untuk mengatur waktu agar bisa datang lebih awal.
Kreatif dalam memanfaatkan waktu luang
Waktu yang dihabiskan untuk mengantri ternyata bisa lebih bermanfaat misalnya dengan membaca buku
Melatih keterampilan sosial
Saat mengantri, anak berjumpa dengan banyak orang sehingga ia bisa belajar untuk mengendalikan diri agar tidak mengganggu orang lain. Anak juga bisa belajar untuk berani menegur saat ada yang memotong antrian. Di sisi lain, orang tua juga bisa mengajarkan pada anak untuk merasa malu jika memotong antrian
Nama : RISNA HINDIYANI
NIM : 858314736
Video mengenai disiplin antri tadi sangat bermanfaat , menambah wawasan saya dalam mengatasi permasalahan di sekolah ketika berbaris bila ada anak yang tidak sabar dalam berbaris maka kita menemukan caranya , yaitu dengan berusaha semenarik mungkin memberikan penjelasan dengan posisi yg sama dan memberikan tepuk tangan pada ank yg mau disiplin, dan bisa dengan cara perjanjian mengubah posisi barisan setiap harinya🙏
Nama : Henny Surya
NIM : 859527206
Masalah antri sudah menjadi masalah setiap tahunnya. Beberapa anak mudah diarahkan untuk mengantri, namun sebagian anak relatif sulit utk mengantri. salah satu penyebabnya menurut saya adl. karena di rumah tidak dibiasakan bersabar utk mengantri, anak dibiarkan semaunya mereka sehingga terlihat tidak tahu aturan, dsb.
Dengan diberlakukannya aturan ini setiap hari di sekolah, lama kelamaan anak akan terbiasa mengantri. Dengan pembiasaaan mengantri, ini berarti anak sudah belajar untuk menghormati / menghargai orang lain, belajar untuk bersabar, belajar untuk memanfaatkan waktu dengan cara yang kreatif, dsb.
Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
judul : anak yang tidak mau antri saat berbaris
dari vedio diatas untuk dapat mengatasi dengan cara dekati anak dengan kasih sayang dan memberikan penjelasan secara sederhana, juga bisa memberikan pujian terhadap anak yga ingin berbaris rapi.
Video ini sangat membantu saya dalam mengatasi anak yang tidak mau berbaris dengan teman-temannya menjadi lebih disiplin lagi. Dengan budaya antri anak belajar menghargai orang lain, lebih bersabar untuk menunggu giliran.
Nama : Siti hajaroh
Nim : 858872387
Judul : Anak tidak mau antri berbasis
Dari vidio yg saya lihat anak di ajak berbaris oleh guru sudah bagus anak diajak untuk berbaris dengan rapi dan tertib namun saya guru hanya menyuruh anak untuk berbaris tanpa menjelaskan pada anak aturannya misalnya yg baris di depan Kelompok putra atau putri sehingga anak tidak seenaknya atau memilih barisannya sendiri
Namun yang menarik di vidio ini guru memberi pengertian kepada salah satu anak yg tidak baris sesuai urutannya dengan memberikan penjelasan pada anak sehingga anak mau menurut dan baris dengan tertib
Nama : SITI HAJAROH
Nim. : 858873487
Judul. : Anak tidak mau antri berbaris
Dari vidio yg saya lihat anak tidak mau antri berbaris karena tidak ada penjelasan dari guru mengenai aturan bagaimana anak harus berbaris sehingga anak beranggapan bisa berbaris di barisan mana saja namun guru dengan penuh kelembutan sangat bagus dalam memberikan penjelasan kepada anak yg tidak mau antri baris dan dg memberikan pujian kepada anak sehingga anak tersebut mau antri tertib untuk berbaris
Assalamualaikum Wr Wb
Nama : Rida Hania
NIM : 857532796
UPBJJ : BANDUNG
JUDUL : ANAK TIDAK MAU ANTRI SAAT BERBARIS
Menurut pendapat saya dari video yang saya lihat cara pemyampaian guru saat anak tidak mau berbaris sudah baik namun sebelumnya guru tidak memberi tahukan tentang penjelasan baris berbaris sehingga anak itu bisa berbaris di mana saja namun guru yang sangat baik dan lemah lembut kemudian mengatasi anak yang tidak mau baris itu dengan cara memberikan penjelasan dan kesepakatan kepada anak sehingga anak itu mengerti.
Dari video yang saya lihat sangat memberikan wawasan yang luas dan saya jadi tahu bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau antri saat berbaris. Terima kasih 🙏🏻
Waalaikumsalam Wr Wb