silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Nama : Arni Putri Niat Hati Hulu
    NIM : 859879605
    Dalam video ini dijelaskan bagaimana upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru ialah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.cara atau strategi guru dalam Video tersebut bisa dijadikan sebagai referensi bagi guru yang memiliki kasus yang sama di sekolahnya.
    Antri saat berbaris membantu mengajarkan anak tentang pentingnya kedisiplinan dan mengikuti aturan serta tidak membuat antrian baru dan tidak memotong antrian, sehingga mereka belajar menghormati hak orang lain juga Anak bisa berinteraksi dengan teman sebaya saat berbaris, sehingga mereka belajar berbagi, bekerja dalam kelompok.

  2. Nama : Sri Lestari
    NIM : 857748323
    Dari video diatas anak-anak harus dilatih untuk disiplin, seperti video diatas anak tidak mau antri ketika berbaris. Guru harus memberi arahan kepada anak tersebut agar mengantri ketika berbaris. Selain itu memberikan jadwal untuk menjadi pemimpin barisan juga perlu, agar anak berani untuk menjadi pemimpin.

  3. Materi yang disampaikan dalam video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD khususnya ketika memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai bagaimana pentingnya menerapkan budaya mengantri sejak dini. Anak yang terbiasa untuk sabar mengantri/menunggu giliran akan memiliki kedisiplinan pada dirinya. Hal ini bisa memberikan dampak yang positif untuk pribadi anak di masa yang akan datang.

  4. Nama : Zimamatud Diyanah

    Vido yang berjudul anak tidak mau antri saat berbaris, Dalam vidio tersebut di jelaskan adanya kasus anak yang tidak mau antri saat berbaris .
    Kegiatan berbaris jadi sangat menarik ketika ibu guru mengajak anak berbaris dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan membuat ular-ularan,Hal tersebut menjadikan anak tertarik dan senang,dan solusi yang di paparkan di vidio ini sangat membantu saya sebagai pendidik dalam menangani kasus seperti kasus dalam video tersebut dengan cara :
    1. Mendekati anak dengan kasih sayang
    2. Menjelaskan menggunakan bahasa sederhana
    3. Membuat kesepakatan
    4. Berikan pujian dan reward ,seperti mengacungi jempol ,tepuk tangan dan lain-lain.
    Terimakasih

  5. Nama:SONISA HULU
    NIM:859794849
    pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD khususnya ketika memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai bagaimana pentingnya menerapkan budaya mengantri sejak dini. Anak yang terbiasa untuk sabar mengantri/menunggu giliran akan memiliki kedisiplinan pada dirinya. Hal ini bisa memberikan dampak yang positif untuk pribadi anak sehingga lebih membentuk karakter anak

  6. SEPTA AJRINA IRSALINA
    858527163
    UT SEMARANG

    C. anak tidak mau antri saat berbaris :
    dari video tersebut saya menjadi tau ilmu baru cara mengatasi anak yang tidak mau antri berbaris, yaitu :
    – dekati anak dengan kasih sayang
    – beri penjelasan dengan kalimat yang sederhana
    – beri tepuk tangan dan rewards untuk anak yang tertib

  7. Bismillah
    Nama : Toiah Labibah
    NIM : 859655605
    Video diatas mengajak guru untuk mendidik anak dengan lembut dan sabar.
    Untuk mengajak anak tertib, guru bisa mengajak anak bermain ular panjang atau kereta.
    Guru juga harus banyak memberikan apresiasi terhadap anak Didik yang sudah mau tertib dan mengikuti arahan

  8. Nama : Ayu Wandira Lahagu
    Nim :859788361

    Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD Khususnya ketika memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai bagaimana pentingnya menerapkan budaya mengantri sejak dini titik anak yang terbiasa untuk sabar mengantri atau menunggu giliran akan memiliki kedisiplinan pada dirinya. Hal ini bisa memberikan dampak yang positif untuk pribadi anak sehingga lebih membentuk karakter anak.

  9. Terkadang anak tidak mau untuk d ajak kesepakatan.. Jadi dari vidio tersebut misalkan ada yang mengalami kalau anaknya tetap tidak mau bergiliran baris di depan.. Apa ada solusi yang lainnya.. Terimakasih

  10. Nama : Siti Hawa
    Nim : 856712105
    UPBJJ : Palembang

    Terkait video diatas, saya mempelajari hal yang memicu terjadinya masalah pad saat situasi berbari. Karena berbaris adalah kegiatan rutin sebelum masuk ke kelas, dan hal inilah yang membuat guru kesulitan untuk mengatasinya. Dalam video ini menjelaskan tentang bagaimana mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan kegiatan berinovasi yaitu seperti bermain ular-ularan agar dapat menarik perhatian sang anak dan mereka pun segera membentuk barisan sesuai arahan guru.

Leave a Reply