silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Zulfa fauziah alghifari
Nim : 859661759
Judul video : Anak yang tidak percata diri atas hasil belajar yang di kerjakan
Menurut saya di setiap lembaga pasti ada beberapa orang anak yang masih saja tidak percaya diri atas karya yang di buatnya.Jika anak merasa tidak percaya diri maka bisa di katakan bahwa anak ini tidak kreatif yang artinya perlu di perbaiki apalagi pada saat masih usia dini. Anak yang tidak percaya diri pun pasti ada faktor yang membuat anak menjadi seperti itu seperti faktor kurang dukungan dari keluarga atau dari gurunya sendiri,kurangnya apresiasi dari guru pada anak,tidak percaya karna takut di ejek oleh teman dan masih banyak lagi.
Assalamualaikum
Tanggapan saya pada video tersebut adalah ketika anak tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, sehingga kita sebagai guru dalam meningkatkan kepercayaan diri anak, guru harus memiliki peran, strategi, dan keterampilan yang optimal.
beberapa teknik yang dapat dilaukan guru untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatifitas anak:
1. Guru menanyakan kepada anak
2. Guru memberi saran kepada anak
3. Guru memotivasi kreatifitas anak
4. Guru mengeksplorasi potensi anak
Dengan demikian guru harus berperan sebagai pembimbing, motivator, dan inspirator untuk mengembangkan kepercayaan diri anak. Guru harus mampu menggunakan strategi yang efektif untuk membantu anak-anak yang kurang percaya diri, serta memberikan dukungan yang diperlukan untuk perkembangan mereka.
Terimakasih
Wassalamualaikum
Nama : WINDAH DEWI MUASHOMAH
Judul : Anak Tidak Percya Diri
Seringkali anak tidak percaya diri atas hasil karya yang telah dikerjakannya. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif.
Terdapt beberapa tehnik yang dapat dilakukan pendidik anak usia dini untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatifitas anak diantaranya, Guru menanyakan kepada murid atas tugas-tugas yang telah diberikan. Guru memberi saran atas gambar apa yang disukai meskipun tidak sama dengan tema saat itu. Guru perlu melakukan pendektan untuk memotivasi kreativitas anak. Selain itu guru juga dapat mengeksplorasi potensi anak
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan nama saya Vindy Rima Arifah dengan NIM 858946885. Izinkan saya menanggapi video tersebut.
Judul video : “Anak Tidak Percaya Diri”
Video tersebut sangat menginspirasi bagi saya karena didalam video tersebut disajikan beberapa cara untuk dapat mengatasi anak yang tidak percaya diri. Dalam video tersebut, guru memiliki kemampuan untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri pada hasil karya yang dihasilkan dengan melakukan beberapa tehnik, diantaranya adalah :
1. Guru menanyakan kepada anak apabila anak masih ragu atau bingung dengan tugas yang diberikan
2. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema pada saat itu
3. Memotivasi kreativitas anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar apa yang dia sukai dan dapat dia buat
4. Guru mencoba mengeksplotasu potensi anak dengan mengeksplor hal lain yang bisa dibuat terkait dengan gambar yang ditugaskan kepada anak
5. Guru melakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi anak bahwa anak pasti bisa
Selain itu, mengajak anak untuk belajar (menggambar) diluar kelas dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang dia sukai juga dapat membuat mereka tidak merasa jenuh.
Dari tayangan video tersebut, dapat kita ketahui bahwa peran guru dalam kegiatan belajar mengajar sangatlah penting. Guru memiliki peran sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, inspirator dalam kegiatan yang dilakukan anak. Guru memiliki tugas untuk membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa percaya diri anak dengan melakukan berbagai cara/teknik seperti yang dijelaskan di atas. Guru juga dapat selalu menciptakan pembelajaran yang dapat membangun rasa percaya diri dalam diri anak. Sehingga dengan begitu anak dapat lebih percaya diri untuk mengekspresikan keinginan dan kreativitasnya. Guru juga dapat memilih strategi, metode, dan pendekatan yang sesuai dengan anak sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Icha hartika khusmiati
Nim : 859679335
Profesionalitas guru paud semester : 2
Dalam video tersebut menunjukkan bagaimana cara mengatasi anak yang kurang percaya diri , Memang rasa percaya diri pada anak sangat sulit dikarenakan kurangnya eksplorasi lingkungan tetapi untuk anak usia dini memang anak selalu bersama ibunya sehingga ketika sekolah anak menjadi malu terhadap guru dan juga temannya ada juga yang menangis dan tidak mau melakukan hal apapun sehingga guru harus bisa memahami anak tersebut
Sebagai pendidik video tersebut boot sangat manfaat dan bisa diterapkan di lembaga saya untuk menerapkan jika ada anak yang kurang percaya diri dengan memotivasikan tersebut menanyakan hal dengan mengeksplorasi pengetahuan anak mendampingi anak tersebut dan membantu kegiatanya
Dengan begitu perlahan enam jadi berani dan mengurangi rasa percaya diri
Memang tidak mudah untuk menumbukan rasa percaya diri kepada Anda tetapi Anda dapat percaya diri jika kita sebagai musik terus memberi motivasi dan dukungan untuk menambahkan semangat pada dirinya.
NAMA : DEWI SARI AYU RATNA
NIM : 858941087
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
video ini sangat menginspirasi saya, dimana seorang guru memberikan motivasi kepada anak yang tidak percaya untuk menciptakan sebuah gambar. dalam video ada beberapa tahapan yang dilakukan guru.
1. Guru menanyakan perasaan anak tentang tugas yang diberikan apakah anak merasa ragu atau bahkan kesulitan terhadap tugas yang diberikan
2. Memberikan anak ruang untuk menggambar apa yang dia suka meskipun tidak sesuai dengan tema
3. Kemudian guru mengekplor hal lain yang bisa dibuat terkait tugas yang diberikan
4. berikan motivasi dan apresiasi atas pekerjaan anak, agar anak merasa percaya diri serta memberikan masukan terhadap anak atas gambarnya.
berdasarkan ilustrasi diatas guru harus lebih aktif dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak terdorong untuk mencoba.
Nama : Serla Suci Suminar
Semester : 3
Nim : 857535293
Judul video 2 : Anak Tidak Percaya Diri
Seri : Pengembangan Bahasa Anak
Isi : anak sering merasakan tidak percaya diri terhadap hasil belajarnya . bahkan anak juga sering merasa takut dan tidak berani dalam menyampaika pendapat kepada gurunya di kelas . dengan dilatar belakangi kejadian tersebut .anak yang tidak percaya diri akan cenderung tidak kreatif dalam belajar . ada beberapa cara guru dalam mengembangkan rasa percaya diri pada anak sebgai berikut :
1. Guru dapat menanyakan pada anak terkait tugas yang diberikan
2. Guru memberikan saran akan hal yang disukai anak meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Guru memotivasi kreatifitas anak dengan cara memerintahkan anak menggambar sesuatu yang disukai oleh anak
4. Mengeksplorasi potensi anak
5. Ajak anak- anak menggambar bebas diluar kelas atau diluar sekolah
Hai ini mampu mngembangkan daya kreativitas ppada anak dan membuat anak tidak bosan
6. Lakukam pendepatan dengan memotivasi anak bahwa anak mampu menggambarnya
7. Pada anak di masa awal masuk sekolah yang belum berkembnag motoric halusnya , guru dapat menyuruh anak menernagkan apa yang ia gambar dan memberi judul pada gambar tersebut.
Dengan adanya video tersebut dapat menjadi gambaran dan edukasi bagi guru dalam proses pembelajaran yang terkait dengan kasus yang sama . sehingga memudahkan guru dalam menangani masalah yang sama yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar. Video tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk terus menciptakan lingkungan belajar yang lebig kreatif dan mampu memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan anak sehingga anak mampu percaya diri dan cenderung kreatif.
Terima kasih
Nama : Hamelia Gunawan
NIM : 857166913
Terimakasih untuk video tips mengatasi anak yang tidak percaya diri atas hasil karyanya. saya mendapatkan pembelajaran atas video tersebut salah satunya yaitu dengan mengajak anak untuk membuat prakarya gambar sesuai keinginan dan kesukaan anak sehingga anak timbul rasa percaya diri akan hasil karyanya sendiri dan saya sebagai guru menjadi motivator bagi anak didik saya dalam kegiatan seni dan penyaluran ide anak.
Sekian dari saya, Terimakasih.
Menurut saya video tersebut sangat bermafaat untuk pendidik pada saat menemukan kendala dikelas seperti video tersebut, dengan memberikan motivasi kepada anak didik, mengajak anak berkomunikasi dengan mengekspolasi hal kecil yang mereka sukai. memberikan contoh kegiatan agar anak tidak bosan dalam kelas
Di dalam kelas saya , ada satu anak yang menunjukkan kepercayaan dirinya itu kurang ,dia tidak mau di tinggal oleh ibu pengasuhnya , mintak di tungguin sampai jam pulang sekolah.. Pada saat pembelajaran pun smbil d temani ibunya di dalam kelas , kami sebagai guru memberi oengertian kepada anak dan memberi dukungan, menyuport anak agar anak bisa bersosialisasi dengan teman temannya dan menjadi anak yang mandiri dan percaya diri