silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. video diatas menampilkan seorang guru yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. nampak guru memberikan pendekatan, upaya anak bisa percaya diri. dan guru menanyakan apakah anak ada keraguan dalam mengerjakan tugasnya?
    selain itu upaya kita sebagai seorang guru jika ada anak yang kurang percaya diri adalah dengan memberi motivasi, tanya apakah ada keraguan dalam mengerjakan tugas?, memberikan saran untuk menggambar yang ia sukai sesuai tema, berikan kenyaman dan rasa aman bagi anak.

  2. Setiap tahun ajaran baru saya selalu mengalami dimana ketika anak tidak percaya diri ketika diminta melakukan sesuatu,seperti menggambar,jadi saya harus memberinya motivasi dan sugesti supaya anak muncul rasa percaya diri nya.

  3. Nama : FIRDA NUZULA RAMADHANI
    Nim : 858756316
    Dalam video tersebut menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan. Dari video tersebut sangat bermanfaat dan saya juga mengetahui cara mengatasi permasalahan anak tidak percaya diri.

  4. Setelah saya menonton vidio ini saya jadi tau cara mengatasi anak yang tidak percaya diri. Saya mencoba menumbuhkan kembali rasa percaya diri anak dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang cukup, anak-anak dapat diberi dorongan untuk meningkatkan percaya dirinya dan mencapai potensi penuh mereka di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru

  5. Dalam proses pembelajaran sebagai seorang guru kita harus selalu memperhatikan anak didik kita, bagaimana situasi dan kondisi mereka sebab setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Seperti pada video di atas guru lebih memilih minat/keinginan anak walaupun itu tidak sesuai dengan tema yang di ajarkan, karena hanya dengan demikian anak bisa semangat belajar dan percaya diri mengerjakan kegiatan yang mereka bisa. Guru juga harus selalu memotivasi dan memberikan dukungan yang positif agar anak lebih percaya diri dalam mengerjakan kegiatan dan tugas mereka

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin menanggapi

    Nama: Vibriannisa Anandaputri Machmud
    NIM: 856323328
    UPBJJ UT Gorontalo

    “Anak Tidak Percaya Diri atas Hasil Belajar yang Dimilikinya”
    Anak Usia Dini, adalah periode penting dengan kepercayaan diri. Setiap kelas arau lingkungan, pastilah ada satu atau dua anak yang masih malu dan tidak percaya diri, baik dalam hal menjawab pertanyaan, membuka suara, bercerita, dan sebagainya.
    Pada video ini, terdapat masalah yang terjadi di Proses Belajar Mengajar, yaitu anak yang tidak percaya diri.

    Dalam video, terdapat solusi dalam mengatasi masalah, sebagai berikut.
    1. Guru bertanya jika masih ragu dengan hasil kerja yang diberikan
    – Guru membantu anak jika membutuhkan bantuan
    – Memberikan saran meskipun tdak sesuai dengan topik saat itu
    2. Guru memotivasi untuk menggambar hal yang anak senangi
    3. Guru mengembangkan atau mengeksplorasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh anak
    4. Memotivasi anak untuk semangat menyelesaikan tugasnya meskipun tidak sempurna
    5. Pada anak baru yang belum bisa menggenggam pensil atau menggambar, guru memberikan kebebasan anak untuk menggambar bebas, bahkan bisa hanya mencorat-coret. Setelah selesai, Guru akan bertanya makna dari gambar abstrak tersebut. Jika anak dapat menjelaskan maksudnya, guru akan menuliskan judul gambar karya anak tersebut.
    6. Ajak anak menggambar bebas di sekitar anak, di luar kelas, misalnya di taman bunga atau di area bermain anak.

    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  7. – Video tersebut menawarkan pendekatan yang sangat baik untuk menangani masalah kekurangan percaya diri pada anak-anak saat belajar di kelas. Faktor-faktor yang sangat membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri adalah bertanya ketika mereka ragu pada hasil kerjanya sendiri, memberikan saran atau pilihan, dan serta mendorong kreativitas anak.

    Saran:
    Penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif ketika mereka mengungkapkan ketidakpercayaan diri. Mereka harus dimotivasi dengan memberikan pujian, bimbingan untuk meningkatkan kemampuan mereka, memberikan tantangan yang sesuai dengan tingkat kemmapuan mereka, serta memfalisitasi kerja sama dan dukungan antar teman sekelas.
    Sangat penting bagi orang tua untuk membantu anak mereka menjadi lebih percaya diri. Jika anak memiliki dukungan dari rumah, mereka dapat lebih percaya diri di luar kelas.

  8. Nama : Anis Kharisma Putri
    NIM : 859664708

    Mohon izin menyampaikan pendapat saya pada video anak tidak percaya diri.
    Pada video ini disajikan kendala anak merasa tidak percaya diri atas hasil karya yang dihasilkan mungkin mereka merasa kurang puas akan karya yang dihasilkan sehingga tidak percaya diri untuk menunjukkan hasil mereka kepada guru atau temannya. Disampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah anak yang tidak percaya diri diantaranya guru menggali informasi atas kendala anak dengan mendatangi mereka kerumah, mengeksplorasi kemampuan anak dengan memberikan kebebasan kepada mereka untuk menggambar yang mereka inginkan atau mereka sukai, meskipun hasil gambarnya hanya berupa coretan karena memang anak yang baru bersekolah kemampuan motorik halus mereka belum berkembang dengan baik dengan itu dapat meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka gambar. Sebagai guru harus tetap dan selalu memberikan motivasi kepada anak agar mereka dapat terus berkembang dan bisa percaya diri dan percaya akan potensi yang mereka miliki. Beberapa solusi tersebut adalah ilmu bagi kami dan juga akan bermanfaat jika dilakukan dengan baik.
    Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.

  9. Nama : Diana
    Nim : 858305364

    Kegiatan ini sangat membantu anak dalam mengembangkan sikap percaya diri ,pendidik memberi motifasi kepada anak agar mereka bisa melakukan kegiatan dengan baik tanpa ada rasa malu dan takut.

  10. Nama : DIA FITRIA TSANY
    NIM : 858755812
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Dalam video tersebut menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan. Dari video tersebut sangat bermanfaat dan saya juga mengetahui cara mengatasi permasalahan anak tidak percaya diri.

Leave a Reply