silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Anastya Ayu f
NIM : 857852042
UPBJJ : Surakarta
Seri Pembelajaran PAUD dengan judul Anak Tidak Percaya Diri
Video tersebut memperlihatkan tentang guru yang secara sabar mengembangkan rasa percaya diri pada peserta didik, guru memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan. Selain itu guru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak PAUD dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif, memberikan pujian dan apresiasi, mendorong kemandirian, dan memberikan dukungan emosional. Selain itu, penggunaan metode seperti “show and tell” dan melibatkan anak dalam kegiatan yang mereka sukai juga bisa efektif. Selain itu, kegiatan yang rutin dan konsisten, melibatkan orang tua, kegiatan kelompok, dan memberikan aktivitas yang melatih kemandirian juga dapat membantu anak untuk lebih percaya diri. Guru dapat juga mengajarkan anak untuk mengenali dan mengekspresikan perasaan mereka dengan kata-kata yang tepat.
NAMA : DEVI MULIA SARI
NIM: 8781912
Menurut saya pada vidio ini sangat membantu untuk guru khususnya dalam menangani anak yang kurang percaya diri saat pertama masuk sekolah, karena pertama masuk sekolah kebanyakan anak masih malu malu belum mau bereksplorasi dengan bakat yang dimilikinya. Dengan bantuan bu guru anak anka dimotivasi, didukung untuk memunculkan kemampuan yang dimilikinya didalam diri. Dengan hal yang sederhana seperti coretan coretan dari crayon anak dapat paham warna terlebih dahulu, lalu dijarkan cara mewarna dengan baik sampai hasilnya bagus. yang terpenting adalah dukungan orang sekitar lingkungan yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak.
NAJMIYAH BEY NASUTION-878267244
UPBJJ MEDAN
Setelah saya mengamati video ini, terlihat bahwa anak dalam kegiatan tampak masih menunjukkan sikap kurang percaya diri, terutama saat harus tampil di depan teman-temannya. Anak terlihat ragu-ragu, menunduk, dan tidak terlalu aktif dalam merespons ajakan guru. Sebagai guru PAUD, saya memahami bahwa rasa percaya diri pada anak usia dini masih berkembang dan perlu ditumbuhkan secara perlahan. Dalam situasi seperti ini, penting bagi guru untuk memberikan dukungan emosional, seperti memberikan pujian kecil, mengajak anak secara lembut, serta menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan.Saya juga melihat bahwa guru dalam video sudah mencoba mendekati anak dengan sabar. Ini adalah langkah yang sangat baik. Untuk membantu anak lebih berani, mungkin bisa ditambahkan kegiatan bermain berpasangan atau kelompok kecil terlebih dahulu, agar anak merasa lebih nyaman. Ke depannya, saya menyarankan untuk terus memberi kesempatan pada anak untuk mencoba, tanpa memaksanya. Penguatan positif dan rasa aman dari lingkungan sekitar akan membantu menumbuhkan rasa percaya dirinya secara alami.
Nama : Siti Munfatiah
NIMProgram ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
PREMATIRA NURHARDINI W
858528355
UPBJJ SEMARANG
Dalam video di atas tentang anak yang tidak percaya diri, baik dalam mengerjakan tugasnya maupun saat ditanya guru juga saat berada di kelas bersama teman-temannya. Kurangnya rasa percaya diri pada anak disebabkan faktor dari keluarga, lingkungan dekitar, juga faktor dari anak itu sendiri. Sebagai pendidik, tentu harus melakukan pendekatan kepada anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Dalam video, pendekatan guru adalah memberi saran yang memabngun pada anak didiknya, memotivasi kreativitasnya dan mengeksplorasi potensi anak. Tidak mudah menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam sekejap. Namun kesabaran guru serta perhatian yang diberikannya, akan menumbuhkan rasa percaya diri anak.
Nama : siti Munfatiah
NIM : 859699337
Dalam video ini garis besarnya menceritakan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa gurutersebut berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. terdapat beberapa tehnik yang dapat dilakukan seorang guru untuk menghadapi anak yang tidak percaya diri:
1. Guru menanyakan kembali kepada anak terhadap tugas yang diberikan
2. Guru menyarankan untuk menggambar yang disukai meskipun tidak sesuai tema pada saat itu
3. Guru memotivasi kreatifitas anak
4. Guru mencoba mengesplorasi potensi anak
Berdasarkan fakta di lapangan tempat saya mengajar dimana kasus yang sama terkait anak tidak percaya diri dengan hasil belajarnya faktor yang membuat anak kurang percaya diri di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yang mana anak memiliki rasa takut, malu, minder akan temannya, ejekkan dari teman dan ketidak kepercayaan akan kemampuannya sendiri. Sedangkan faktor eksternal yang timbul dari keluarga anak, dimana anak
merasa kurangnya peran orang tua dalam kehidupan sehari-harinya dan kondisi ekonomi keluarga yang kurang memadai.
Berdasarkan permasalahan dalam video ini maka sebagai seorang pendidik adalah sebagai berikut :
1. Bagi anak, disarankan agar anak lebih aktif dalam mengekspresikan dirinya di setiap
aktivitas yang dilakukannya. Dengan meningkatkan kebiasaan ini diharapkan
kepercayaan diri anak akan tumbuh, sehingga anak lebih komunikatif saat berbicara
dengan orang tua serta lingkungannya.
2. Disarankan agar Guru lebih kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang dapat
meningkatkan rasa percaya diri anak. dengan demikian, perkembangan rasa percaya
diri anak dapat terwujud secara optimal
Nama :Sri Febriyati
NIM : 856283912
Dalam video di atas tentang anak tidak percaya diri,dari video diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa untuk meningkatakan rasa percaya pada diri anak banyak cara yang bisa di lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak antara lain: menanyakan kepada anak hal apa yang paling di sukai dan arahkan anak untuk melakukan hal yang di sukai.biarkan anak mengekspresikan hal lain untuk menumbukan rasa percaya dirinya.selain dari itu guru juga harus selalu memotivasi apa yang di lakukan anak supaya anak selalu bersemangat dalam kegiatan yang di lakukan.
Meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini adalah investasi jangka panjang untuk masa depan mereka. Dengan dukungan, kesempatan, dan bimbingan yang tepat, kita dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang percaya diri, mandiri, dan siap menghadapi dunia.
Nama : Roza Suryani
NIM : 856292026
PGPAUD
Meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini adalah investasi jangka panjang untuk masa depan mereka. Dengan dukungan, kesempatan, dan bimbingan yang tepat, kita dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang percaya diri, mandiri, dan siap menghadapi dunia.
Menurut saya video yang telah saya tonton sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik AUD, dimana pada video tersebut memberikan cara bagaimana seorang pendidik untuk mengatasi anak yang memiliki ketidak percayaan diri terhadap hasil belajarnya. Pada program tersebut memperlihatkan seorang guru AUD yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Terlihat jelas bahwa guru tersebut berusaha mendekati anak. Guru tersebut memberikan semangat dan memotivasi kepada anak, dengan bertanya kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti atas yang tercantum, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak. Dari tayangan tersebut, apa yang dilakukan oleh guru sangat efektif untuk mengatasi anak yang mengalami kurangnya rasa percaya diri terhadap hasil belajarnya. Dan video tersebut juga sangat menginspirasi saya sebagai pendidik agar kedepannya bisa menjadi guru AUD yang lebih baik lagi dalam mengatasi permasalahan serupa yang terdapat dilembaga tempat saya mengajar.