Bagaimana Menulis Cerita?

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

124 Comments

  1. Nama : Kholilah
    Nim : 857105299
    Pokjar : Tarumajaya

    Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
    Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti .
    Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid, hanya saja guru kurang memperhatikan muridnya mengenai kefokusan murid pada materu yg disampaikan guru.

    Saran saya : sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran.
    Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

  2. Nama : Erna Milosopa
    NIM : 501362619
    Prodi : MPDr
    UPBJJ : UT_Mataram

    Pembelajaran pada video diatas dengan judul “Bagaimana menulis cerita “:
    Kekurangan : Tidak melakukan apersepsi, tidak menggunakan media belajar, tidak disampaikan tujuan pembelajaran
    Kelebihan : Materi disampaikan dengan jelas dan terstruktur, dan mampu mengarahkan siswa sampai menghasilkan sebuah karangan atau cerita

    Saran saya : Lakukan apersepsi, gunakan media belajar, dan dalam membagi kelompok gunakan asesmen awal dan tentukan peran siswa dalam kelompok

  3. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak/ Ibu perkenalkan :
    Nama : Windari Yunianty
    NIM : 857141485
    Fakultas : FKIP
    Program Studi : PGSD
    Pokjar : Duren Sawit

    Menurut pendapat saya setelah menonton tayangan video tersebut dapat saya simpulkan berikut ini :
    Yang pertama Guru menceritakan pengalamannya menolong seseorang namun diri sendiri terkena hal yang tidak di inginkan yaitu kecopetan.
    adapun kekurangan dari video tersebut tidak adanya contoh yang real di setiap penjelesan ataupun tidak ada video arahan kepada siswa/siswi hanya arahan tertulis.
    Kelebihan dari video tersebut siswa/siswi dapat berfikir dan berimajinasi tentang apa yang akan di ceritakan atau yang di rangkai kata perkata, siswa/siswi menjadi lebih fokus dan teliti, ini sangat bagus untuk perkembangan anak dalam belajar karna memerlukan cara berfikir yang logis dan jelas.

    Saran saya pada video ini disaat penjelasan lebih baik di berikan video atau arahan yang fakta untuk siswa atau siswi lebih mengetahui apa yang akan di karangkan supaya anak tidak bingung di saat akan membuat karangan dan anak anak lebih memahmi kontek yang di jelaskan oleh guru tersebut.

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan.

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  4. Nama : Devi Yanti Zega
    Nim : 855853862
    Pokjar : Tapanuli Tengah (Tapteng)

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas, cerita yang diceritakan oleh bapak guru tersebut memberikan kesan kepada para siswa supaya mau menolong sesama tetapi juga harus tetap waspada karena kita tidak tau apakah yang meminta tolong itu benar-benar membutuhkan atau tidak dengan kata lain yaitu menjebak (modus penipuan).
    Adapun kelebihan dan kekurangan dari video pembelajaran diatas yaitu :
    * Kelebihannya :
    Adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan agar kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
    * Kekurangan :
    a. Kurangnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru
    b. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
    c. Guru hanya meminta kepada siswa untuk mencari materi pelajaran tanpa adanya penjelasan.
    d. Kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.

  5. Nama : Devi Yanti Zega
    Nim : 855853862
    Pokjar : Tapanuli Tengah (Tapteng)

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas, cerita yang diceritakan oleh bapak guru tersebut memberikan kesan kepada para siswa supaya mau menolong sesama tetapi juga harus tetap waspada karena kita tidak tau apakah yang meminta tolong itu benar-benar membutuhkan atau tidak dengan kata lain yaitu menjebak (modus penipuan).
    Adapun kelebihan dan kekurangan dari video pembelajaran diatas yaitu :
    * Kelebihannya :
    Adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan agar kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
    * Kekurangan :
    -Minimnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru sehingga langsung tertuju langsung pada materi
    -Tujuan dari cerita tersebut tidak tersampaikan langsung dalam proses pembelajaran
    -Siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru..

  6. Nama: Anissa Nur Seni
    NIM: 858623936

    Menurut saya, vidio pembelajaran diatas sudah baik. Guru menjelaskan dengan detail tentang materi yang diajarkan. Guru juga menggunakan metode yang bisa membuat anak turut serta pada materi tersebut, sehingga anak bisa mengikuti dan anak tidak cepat bosan. Selain itu, guru tidak hanya melakukan tugas mandiri saja namun melakukan tugas kelompok dimana pada tugas kelompok tersebut anak diberikan sesi untuk bertukar pikiran dengan siswa lain dalam satu kelompok. Hal ini sangat baik karena anak bisa mengerti berbagai karangan dari siswa lain sehingga anak mempunyai referensi dalam membuat cerita lainya serta mengerti tentang baik dan kurangnya pekerjaan siswa lain. Sehingga dalam satu kelompok tersebut bisa saling mengoreksi satu sama lain.
    Namun dalam vidio tersebut, menurut saya ada sedikit kekurangan yaitu dimana guru tidak menjelaskan tentang kesalahan pekerjaan yang sudah siswa kerjakan. Guru tidak melakukan evaluasi pada pekerjaan siswa,jadi siswa belum mengetahui bagaimana baiknya sebuah karangan cerita.

  7. Nama : Alami Gulo
    Nim :856062506
    Menurut pengamatan saya pada pembelajaran video diatas terdapat beberapa kelemahan, kelebihan dan hal unik juga.
    1. Kelemahan dalam pembelajaran video diatas, kegiatan pembuka tidak terlihat seperti me ngabsen siswa, berdoa, bernyanyi dan memotivasi sehingga siswa dalam mendengarkan materi tidak semangat karena kegiatan memotivasi siswa tidak dilakukan.
    2. Kelebihan dalam pembelajaran video diatas dimana guru dalam menyampaikan materi terlebih dahulu bercerita dengan menceritakan pengalaman yang dialami sewaktu berangkat sekolah, pengalaman yang dialami guru tersebut merupakan sebuah contoh menulis cerita. Guru dalam memilih contoh untuk menjelaskan materi pembelajaran sangat bagus karena menggunakan pengalaman yang di alami sehingga siswa juga bisa menuangkan pengalaman yang mereka alami dalam buku sehingga menjadi sebuah cerita.
    3. Dalam pembelajaran video diatas terdapat juga hal unik dimana guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan temannya dan membandingkan cerita mereka, sehingga kegiatan tersebut siswa mengetahui perbedaan-perbedaan mana saja langkah-langkah yang belum tertuang dalam cerita yang ditulis. Hal unik lainnya yang terdapat dalam video tersebut yaitu dengan memajang hasil karya terbaik siswa didinding untuk dipublikasikan kepada teman-temannya, dengan cara tersebut siswa juga lebih semangat dalam menuliskan pengalaman yang dialaminya menjadi sebuah cerita.

  8. Nama : Bayu Putra
    Nim : 858058192
    Pokjar : Maria Elyse

    Izin memberikan tanggapan. Setelah mengamati video pembelajaran di atas saya merasa bahwa penyampaian guru sudah sangat baik, karena berhasil menggabungkan dan memberikan gambaran mengenai materi yang akan disampaikan. Siswa juga menunjukkan antusias nya yg tinggi saat mendengarkan penjelasan guru serta memberikan tanggapan. Tapi ada kekurangan dalam video tersebut ialah pada awal pembelajaran tidak melakukan pembukaan terlebih dahulu dengan berdoa dan absensi melainkan langsung melanjutkan ke apersepsi.

  9. Nama : Bayu Putra
    Nim : 858058192
    Pokjar : Maria Elyse

    Izin memberikan tanggapan. Setelah mengamati video pembelajaran di atas saya merasa bahwa penyampaian guru sudah sangat baik, karena berhasil menggabungkan dan memberikan gambaran mengenai materi yang akan disampaikan. Siswa juga menunjukkan antusias nya yg tinggi saat mendengarkan penjelasan guru serta memberikan tanggapan. Tapi ada kekurangan dalam video tersebut ialah pada awal pembelajaran tidak melakukan pembukaan terlebih dahulu dengan berdoa dan absensi melainkan langsung melanjutkan ke apersepsi.

  10. Nama : Anggi Pramelia
    Nim : 856085076
    Pokjar : Batam – S1 Pgsd – Pendas
    UPBJJ : 13/ Batam
    Kelas : 6A

    Bismillah,
    Assalammualaikum wr wb
    Salam sehat buat kita semua semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin yrb

    Baiklah saya akan menanggapi video yang sudah saya tonton barusan dengan durasi 8:36 menit yang mana membahas tentang Bagaimana menulis cerita
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? siswa antusias mendengarkan guru bercerita walaupun guru tersebut langsung kepada inti bercerita dan siswa melakukan umpan balik terhadap cerita yang disampaikan oleh guru
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? guru langsung memulai pembelajaran bercerita tanpa sapaan terlebih dahulu akan tetapi siswa masih bisa memahami dan mendengarkan
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? guru dalam video tersebut bercerita dari awal berangkat kesekolah sampai turun dari bus, guru dalam penyampaian mengguakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga siswa mendengarkan dan memahami cerita yang disampaikan oleh guru
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? guru meminta siswa membuat kelompok agar bisa bersama-sama membuat cerita, memahami isi cerita dari teman, umpan balik yang dilakukan guru membuat siswa paham dan mengerti
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru harus memberitahukan kepada siswa langkah-langkah apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat cerita, serta bagaimana cara mengembangkan tulisan karena siswa hanya paham menulis cerita dan karangan saja akan tetapi makna yang terkandung didalamnya belum memahami jadi disarankan kepada guru agar lebih sering memberikan pengajaran yang bisa meningkatkan minat siswa dalam mendengarkan cerita dan menulis cerita kembali. Dan guru juga harus memberikan apresiasi kepada siswa apabila siswa telah paham membuat cerita sendiri dan cerita yang bagus akan dipajang di depan kelas adalah sebagai bentuk apresiasi kepada siswa karena telah menulis cerita dengan baik.

    Didalam video yang telah saya tonton bahwa pak guru pergi kesekolah melihat ada orang yang kesakitan dan pak guru berusaha ingin menolong orang tersebut namun orang tersebut malah mengambil dompet pak guru, jadi dari cerita pak guru mengajarkan agar siswa lebih berhati-hati di lingkungan luar sekolah serta harus saling membantu satu dengan yang lain walalupun kebaikan belum tentu dibalas dengan kebaikan akan tetapi kita sudah berbuat kebaikan. Ajarkan dan tanamkan kepada siswa untuk selalu menolong orang lain baik yang dikenal maupun tidak dikenal serta tetap waspada dan berhati-hati. Siswa sudah mampu membuat karangan secara berkelompok dan membacakannya didepan kelas, siswa yang lain mendengarkan siswa yang membaca didepan kelas dan memberikan tepuk tangan dengan keberanian telah membaca pengalaman mereka didepan kelas.

    Wassalam,
    Demikian yang dapat saya sampaikan dari video diatas semoga bermanfaat dan mohon bimbingannya, terima kasih

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777