Similar Posts
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Assalamu’alaikum
Nama: Nur Fadhila
NIM: 856655266
UNIVERSITAS: UNIVERSITAS TERBUKA KOTA JAMBI
Dari hasil video yang sudah saya amati bahwa dalm video tersebut kekurangan dari guru saat menjelaskan materi adalah sebelum pembelajaran dimulai kurangnya persiapan dari guru saat membuka pelajaran , dan guru kurang dalam memperhatikan fokus anak saat belajar , guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diberikan. dan terakhir penjelasan yang disampaikan guru kepada siswa juga membuat siswa jadi kurang fokus dan membuat siswa gampang bosan.
Sedangkan kelebihan yang ada pada guru tersebut, yaitu guru tersebut dalam menyampaikan materi sudah bagus dan dari bahasanya juga sudah baik, dan cara guru menceritakan cerita juga dapat membuat siswa sadar bahwa pentingnya juga menolong dengan sesama namun, guru juga memberikan arahan bahwa selain itu juga perlu waspada
Nama : Binti Latifah jaiyida
NIM: 877324398
Setelah melihat tayangan video ini, menurut pendapat saya adalah 1. Pembukaan materi sesuai dengan materi yang akan diajarkan sekaligus memberikan contohnya.
2. Penguasaan kelas baik, terlihat muridnya mayoritas disiplin semua.
3. Ada aturan atau kesepakatan, jika ingin berpendapat atau bertanya murid harus angkat tangan terlebih dahulu, mungkin bisa ditambah dengan ditunjuk dahulu baru menguatarakan.
4. Ketika guru memberi tugas dan ternyata banyak celetukan dari siswa bahwa bosan menulis, guru menjelaskan sisi mudahnya menulis cerita dan meyakinkan murid bahwa mereka bisa.
5. Ketika pembentukan kemompok, guru menjelaskan jumlah kelompoknya, namun mungkin lebih baik lagi jika posisi duduknya tidak membelakangi papan tulis.
6. Guru melakukan evaluasi proses pengerjaan membuat cerita dengan cara keliling ke setiap kelompok, ini baik.
7. Ketika ditemukan hal yang belum dikuasai murid, guru menjelaskan urutan membuat cerita yang benar sesuai dengan kesulitan peserta didik.
8. Guru memberikan apresiasi dan menghargai hasil kerja murid. Hal ini sangat baik.
9. Guru menekankan lagi bahwa menulis cerita itu tidak sesulit yang dibayangkan, good job ini akan membangun mindset siswa, apalagi mereka sudah mempraktikkannya.
NAMA : RAPIKA SISWANTI
NIM : 856084683
A. Analisis Pendekatan Pembelajaran Guru
Pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut memiliki potensi yang baik, namun perlu beberapa perbaikan untuk meningkatkan efektivitasnya. Mari kita bahas satu per satu dari aspek:
1. Metode Pembelajaran
Kelebihan: Guru telah mencoba menghubungkan pengalaman siswa dengan kegiatan menulis. Ini adalah langkah yang baik untuk membuat siswa merasa lebih terlibat dan terhubung dengan materi.
Kekurangan: Perintah langsung untuk “menuangkan pengalaman liburan” tanpa memberikan panduan yang lebih spesifik bisa membuat siswa merasa bingung dan kehilangan arah.
2. Interaksi Guru-Siswa
Kekurangan: Ketika ada siswa yang menyatakan bosan, guru perlu merespons dengan lebih empati dan mencari tahu alasan di balik kebosanan tersebut.
Potensi: Membagi siswa dalam kelompok adalah upaya yang baik untuk meningkatkan interaksi antar siswa. Namun, guru perlu memastikan bahwa setiap anggota kelompok aktif berpartisipasi.
3. Pengelolaan Kelas
Kekurangan: Membacakan cerita di depan kelas adalah ide yang bagus, namun guru perlu memastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berbicara.
Potensi: Dengan membagi siswa dalam kelompok, guru dapat lebih mudah mengelola kelas dan memberikan perhatian individu kepada setiap siswa.
4. Penggunaan Media
Kekurangan: Tampaknya dalam skenario ini tidak disebutkan adanya penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media seperti gambar, video, atau benda nyata dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
B. Saran Perbaikan
1. Variasi Tugas Menulis: Guru dapat memberikan variasi tugas menulis, seperti menulis surat, membuat komik, atau menulis puisi berdasarkan pengalaman liburan.
2. Model Menulis: Guru dapat memberikan contoh tulisan yang menarik dan relevan dengan tema liburan untuk menginspirasi siswa.
3. Diskusi Kelompok: Sebelum menulis, guru dapat memulai dengan diskusi kelompok untuk merangsang ide-ide siswa.
4. Umpan Balik yang Konstruktif: Guru perlu memberikan umpan balik yang spesifik dan membangun untuk setiap karya siswa.
5. Penggunaan Media: Guru dapat menggunakan gambar, video, atau benda nyata untuk memperkaya materi pembelajaran.
6. Kolaborasi dengan Orang Tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam kegiatan menulis dengan meminta mereka untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anak di rumah.
7. Evaluasi yang Beragam: Guru dapat menggunakan berbagai bentuk penilaian, seperti rubrik, portofolio, atau presentasi, untuk menilai kemampuan menulis siswa.
C. Pandangan Terhadap Guru
Guru tersebut telah menunjukkan inisiatif yang baik dalam menghubungkan pengalaman siswa dengan kegiatan menulis. Namun, perlu adanya perbaikan dalam hal memberikan panduan yang lebih spesifik, menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, dan menggunakan berbagai metode pembelajaran.
D. Kesimpulan
Pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dengan beberapa perbaikan, kegiatan menulis dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi semua siswa.
Terimakasih
Menurut saya, berdasarkan pengamatan vide tersebut, reaksi para siswa terhadap kgiatan pembelajaran yang dilakukan nampak terlihat positif. Hal tersebut dilihat dari tingginya antusiasme dan semangat mereka ketika guru melakukan kegiatan awal pembelajaran. Ketika memasuki kegiatan inti pembelajaran, mereka juga menunjukkan minat dan fokus yang tinggi pada mater pembelajaran yang disampaikan,serta menunjukkan kemampuan bekerja sama dengan baik dengan teman sekelas melalui metode pembelajaran diskusi serta mampu menyelesaikan tugas bersama-sama secara efektif.
Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah tidak digunakannya media pembelajaran sebagai sarana untuk membantu menyampaikan informasi dan memfasilitasi pembelajaran siswa. Kalau pendapat saya, kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut adalah guru tersebut dapat memenuhi dan melaksanakan semua tahapan dalam prosedur umum pembelajaran dengan baik,yang meliputi adanya kegiatan awal, inti, dan penutup sehingga pembelajaran yang dilakukan terstruktur dan sistematis.
Menurut saya,perbaikan yang hrus dilakukan guru tersebut adalah seharusnya guru menyertakan penggunaan media dalam pembelajaran. terkait dengan kompetensi pembelajaran membuat pantun gur bisa menggunakan media pembelajaran berupa kartu pantun. Gur dapat membuat kartu-kartu yang berisi sampiran atau isi pantun.
Nama : LINDAWATI
Nim : 856999564
Pokjar : sidomulyo
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : LINDAWATI
Nim : 856999564
Pokjar : sidomulyo
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : LINDAWATI
Nim : 856999564
Pokjar : sidomulyo
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : HERINA
Nim : 857025819
Program : PGSD-S1
Izin memberikan komentar pada video diatas , menurut saya karangan cerita yang disampaikan oleh guru tersebut bagus , ada kesan dan pesan yang bagus yang bisa di ambil oleh para siswa pada cerita tersebut. Guru memberikan contoh kepada siswa untuk saling tolong menolong saat ada yang membutuhkan bantuan , tetapi kita juga harus waspada meskipun itu di tempat umum, bisa jadi itu sebuah penipuan seperti yang di ceritakan oleh guru tersebut. Tetapi sayangnya di awal cerita guru tidak memberikan pendahuluan terlebih dahulu, guru langsung menuju ke inti cerita. Dan tujuan guru memceritakan karangannya juga tidak di jelaskan. Ia langsung menyuruh siswa untuk masuk ke dalam proses pembelajaran . Jadi siswa yang belum paham sedikit kesulitan untuk membuat karangan cerita . Akhirnya siswa hanya bisa menceritakan cerita karangan pendek .
Berdasarkan video “Pembelajaran Menulis Cerita” dapat dianalisis permasalah guru pada pelaksanaan pembelajaran di kelas sebagai berikut:
1. Pada kegiatan pembuka, selain menanyakan kabar peserta didiknya seharusnya guru:
– Mengucapkan salam.
– Berdoa bersama.
– Melakukan pengecekkan kehadiran siswa.
– Mengajak siswa ikut serta game seru/ice breaking.
– Menjelaskan apersepsi dan tujuan pembelajaran
2. Pada kegiatan inti yang perlu dilakukan guru:
– Seharusnya guru menerangkan tentang materi yang terkait dan menjelaskan terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan untuk menulis cerita dan langkah-langkah apa saja dalam menulis cerita.
– Setelah guru menceritakan pengalaman, guru bisa mensimulasikan menggunakan media animasi cerita yang dapat menarik perhatian peserta didiknya.
3. Pada kegiatan penutup yang perlu dilakukan guru:
– Guru seharusnya dapat menyimpulkan pembelajarannya dikelas.
– Memberikan penguatan agar dapat mengasah kemampuan menulis cerita.
– Doa dan salam penutup.
Nama : Hikmah Agus Dwi Saputri
NIM : 878191527
UPBJJ : Salut Pakis
Semester 6
Dari video diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa :
1. Apa yang diceritakan oleh guru tersebut untuk kita saling tolong menolong, tetapi juga harus melihat kondisi artinya apa, seringkali muncul modus penipuan pura pura minta bantuan ternyata itu untuk menjebak.
2. Harus ada interaksi antara siswa dan guru untuk mempermudah menjaga konsentrasi peserta didik
3. Guru tidak menjelaskan secara rinci dan jelas terkait tujuan pembelajaran dan juga guru hanya meminta siswa untuk mencari materi pembelajaran tanpa memberikan penjelasan yang baik.