Similar Posts
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Nama : Azura Ramadhanis
NIM: 856109752
UPBJJ: kota Batam
Pendapat saya pada vidio diatas adalah:
1. Pada sesi pertama guru tidak membukak pelajaran dengan baik, kurangnya interaksi dengan murid membuat mereka tidak memperhatikan guru dengan fokus, mereka juga sibuk sendiri dan tidak mendengarkan guru saat menjelaskan pelajaran. Guru terkesan tidak memahami materi dan bahan ajar. Diawal guru juga tidak memberitahu keananda untuk mencatat poin penting saat artikel di bacakan
2. Pada sesi ke 2 guru terlihat sudah menyiapkan bahan ajar terlebih dahulu, sehingga guru menguasai materi yang diberikan. Pada saat awal pembelajaran guru membuat kelas dengan interaktif dan adanya interaksi besama murid. Guru juga memusatkan perhatian siswa terlebih dahulu serta mengajak siswa untuk memperhatikan dan mencatat poin penting saat guru menyampaikan materi, sehingga saat diberi pertanyaan murid mampu menjawab dengan benar sesuai materi yang diberikan.
Nama: Sulisdiawati
Nim 859873779
UPBJJ:Medan
Dari sebuah video pembelajaran tersebut dapat menyimpulkan pembelajaran efektif, dikarenakan guru menjelaskan langkah “yang di laksanakan siswa dan membuat kesimpulan cerita anak.
Nama : Nur Zilawati
NIM. : 857035422
UPBJJ: Bandar Lampung
Prodi. : S1 PGSD
Tema : Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia
Judul : Bagaimana menyimak yang efektif
Menurut saya pada video bagian 1 guru membacakan cerita dengan cepat tanpa memperhatikan intonasi serta tanda baca seperti titik dan koma. Kemudian guru juga kurang memperhatikan kondisi kelas sehingga guru tetap membacakan cerita walaupun siswa siswa sedang ribut atau keadaan kelas tidak kondusif. Sehingga siswa diakhir pembelajaran tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru, karena kurangnya perhatian serta pemahaman.
Sedangkan pada video bagian 2 guru mempersiapkan materi dengan sangat baik serta menggunakan tanda baca dengan tepat, guru juga mengkondisikan kelasnya dengan kondusif jadi siswa menyimak dan memperhatikan dengan baik. Dan diakhir pembelajaran siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru dengan tepat.
Nama: Cicillia Chyndy Avita
Nim: 857030075
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar Sidomulyo
Hasil analisa video diatas. (Bagainnana menyimak yang efektif).
Setelah mengamati video pertama mengenai bagaimana menyimak secara efektif ini,menurut saya dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru mengawali proses pembelajaran dengan menyapa dan memberikan salam, tetapi pada kegiatan pembelajaran selanjutnya guru terlihat sangat cepat sekali dalam membacakan materi nya tanpa memperhatikan reaksi dari beberapa siswa tersebut guru juga tidak mengkondisikan peserta didik sehingga dari awal pembelajaran dimulai, kondisi diruang kelas sangat ribut guru juga tidak melakukan dan memulai pembelajaran tidak memyampaikan tujuan dari bagaimana menyimak dengan tepat tetapi langsung pada inti pembelajaran menyimak dan membacakan dengan tempo yang cepat, bahkan sepertinya mengabaikan tanda baca yang ada juga sehingga hal ini membuat siswa kurang berminat dalam menyimak cerita secara efektif
Dalam video kedua, berbeda sekali dengan video yang pertama, pada video yang kedua ini guru lebih terlihat sudah mempersiapkan materi yang akan disampaikan dengan baik, guru juga mengkondisikan bagaimana peserta didik fokus dalam menyimak guru juga mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tempo dalam membacakan nya juga lebih memperhatikan tanda baca dan tidak cepat-cepat,mulai dari penekanan dan intonasi pada saat menyampaikan materi nya guru sudah mempersiapkan nya, sehingga guru mampu membuat peserta didik lebih fokus pada menynak cerita yang dibacakan oleh guru dan siswa pun lebih mudah dalam menyanak dan memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan dengan baik, dan lebih
menariknya lagi siswa juga antusias dalam menunjukan minat nya yang lebih tinggi dalam kegiatan pembelajaran dan menyimak tersebut.
Nama : Srikartini
Nim : 858071184
Setelah saya menyaksikan tayangan video ini , berikut hasil analisis saya :
a. Identifikasi masalah dalam tayangan video :
• Guru tidak memperhatikan kondisi kelas yang tidak kondusif
• Siswa terlihat kurang memperhatikan guru dan justru terlibat dalam percakapan satu sama lain saat guru sedang membaca materi.
• Guru membaca teks dengan cepat dan tidak memberikan penekanan pada bagian-bagian penting, sehingga membuat siswa kesulitan untuk memahami isi bacaan.
b. Analisis penyebab masalah :
• Kurangnya persiapan awal dari guru sebelum pembelajaran dimulai. Guru tidak mengondisikan kelas dengan baik dan langsung masuk ke materi tanpa membangun suasana yang siap untuk belajar.
• Tidak adanya apersepsi atau pengenalan materi dengan cara yang menarik menyebabkan siswa merasa kurang tertarik dengan apa yang disampaikan
• Guru tampaknya tidak menyadari pentingnya teknik membaca yang efektif dalam pembelajaran, khususnya ketika materi disampaikan dalam bentuk teks. Membaca dengan intonasi yang datar dan terlalu cepat membuat siswa sulit menyimak dan merasa bosan.
c. Alternatif pemecahan masalah :
• Guru perlu mempersiapkan pembelajaran dengan lebih baik, khususnya pada tahap awal. Kegiatan pembukaan seperti memberi salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa, serta menyampaikan tujuan pembelajaran harus dilakukan dengan sistematis agar siswa dapat lebih fokus.
• Guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan interaktif. Misalnya, dengan mengajak siswa berdiskusi. meminta mereka mencatat poin-poin penting Hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar.
• Guru juga perlu memperbaiki teknik penyampaian materi. Dalam hal ini, guru harus memperhatikan kecepatan membaca, penggunaan intonasi, serta memberikan penekanan pada bagian penting dalam teks yang dibacakan.
d. Menentukan tujuan perbaikan :
• Tujuan dari upaya perbaikan pembelajaran ini adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. Secara khusus, perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan perhatian siswa selama kegiatan menyimak berlangsung. Dengan kondisi kelas yang lebih kondusif dan pendekatan pengajaran yang lebih menarik, diharapkan siswa mampu memahami materi dengan lebih baik.
Nama : Natalia Dwi Cahyani
NIM : 857028799
Kelas : C
Pokjar : Sidomulyo
Izin menanggapi
Setelah menyimak video diatas, ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan yaitu:
Video tersebut menampilkan praktik nyata aktivitas menyimak di kelas, di mana guru membacakan teks berita dan siswa diminta menyimak serta menuliskan poin-poin penting, sehingga pembelajaran terasa kontekstual dan aplikatif. Guru menerapkan teknik ‘Simak Tulis’, yang efektif untuk melatih konsentrasi, pemahaman, dan kemampuan menulis siswa setelah menyimak informasi lisan. Pada video tersebut juga menyertakan contoh strategi pembelajaran yang mudah diterapkan tanpa memerlukan teknologi atau alat bantu rumit, sehingga dapat diadaptasi di berbagai kondisi kelas.
Namun, ada beberapa hal bisa menjadi cacatan dan perlu diperbaiki yaituu pada bagian awal video, guru menyampaikan materi dengan kecepatan tinggi dan intonasi kurang jelas, karena tidak semua siswa dapat langsung memahami atau menuliskan poin penting dengan baik, terutama jika materi yang dibacakan terlalu cepat atau kurang menarik minat siswa. Pada video diatas juga belum membahas secara mendalam evaluasi hasil menyimak siswa atau tindak lanjut pembelajaran setelah aktivitas menyimak selesai.
Yang terakhir adalah kita dapat melihat keunikan dari video tersebut, dimana video Menampilkan proses refleksi guru dalam memperbaiki teknik mengajar, misalnya dengan memperbaiki intonasi dan kecepatan bicara setelah menyadari siswa kesulitan menyimak dan memberikan gambaran konkret tentang interaksi dua arah antara guru dan siswa dalam aktivitas menyimak, bukan sekadar ceramah satu arah, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dan inspirasi bagi guru lain untuk mengembangkan model pembelajaran menyimak yang lebih efektif dan menyenangkan di kelas dasar.
Nama : Fuji Andriani
NIM : 877521609
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Menurut saya, Diskusi kelompok memang dapat membuat siswa lebih terlibat dalam proses belajar karena mereka harus berpartisipasi dan aktif dalam diskusi, sehingga dapat menjawab pertanyaan secara bersama-sama. Selain itu diskusi kelompok juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan pikiran dan ide serta berkomunikasi dengan baik. Dengan demikian, diskusi kelompok bukan hanya sekedar metode pengajaran, tetapi alat yang efektif untuk mengembangkan berbagai keterampilan penting yang akan bermanfaat bagi siswa. Jadi, menurut saya Ibu guru sudah sangat baik dalam hal membimbing dan mengajar anak didik disekolah.
Nama : Saka Wiguna
Nim : 857029103
Pokjar : Sidomulyo
Dari video pertama, dapat disimpulkan bahwa cara guru dalam mengawali pembelajaran kurang tepat. Guru tidak membuka pelajaran dengan baik, seperti tidak memberikan salam, apersepsi, atau motivasi awal. Selain itu, guru juga tidak menyiapkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
Dalam penyampaian materi, guru seharusnya menggunakan intonasi suara yang jelas serta menekankan pentingnya menyimak dengan penuh konsentrasi. Namun, guru tampak kurang mampu mengelola kelas dengan baik. Banyak siswa yang terlihat sibuk berbicara sendiri dan bermain, sehingga tidak fokus pada pembelajaran. Akibatnya, sebagian siswa tidak memahami materi yang disampaikan. Di akhir kegiatan, guru juga tidak memberikan kesimpulan atau penegasan dari materi yang telah dipelajari.
Sementara itu, pada video kedua terlihat peningkatan yang cukup signifikan. Guru tampak sudah mempersiapkan materi dengan baik dan mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif. Siswa tampak lebih fokus dan dapat menyimak dengan baik. Hal ini membuat mereka mampu memahami materi yang diajarkan serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan lebih percaya diri.
Nama : Anna Riana Sipayung
NIM : 856086426
UPBJJ -UT Batam
Izin saya untuk menaggapi video tentang “Bagaimana Menyimak Yang Efektif”
Beberpa kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak melakukan apersepsi atau pertanyaan pemantik guna mengetauhi pemahaman awal siswa mengenai materi yang akan dibahas. Dalam hal ini sangat perlu agar guru dapat menilai pada akhir pembelajaran apakah materi yang telah disampaikan telah tecapai atau tidak.
Dalam penyampaian materi sebaiknya guru dapat mengunakan variasi media pembelajaran atau model pembelajaran agar pemahaman materi dapat diterima siswa dengan baik, oleh karena itu guru harus menyiapkan dan merencanakan pembelajaran sebelumnya dengan baik. Terima kasih
Nama:Septi Nur Karomah
NIM:857031661
Kelas:D
Pokjar:Sidomulyo
Setelah saya melihat vidio tersebut,dapat saya simpulkan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah
Siswa terlihat antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka mengikuti arahan guru dengan baik dan menunjukkan minat dalam menyimak materi yang disampaikan. Interaksi antara guru dan siswa juga cukup dinamis. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah kurangnya variasi dalam metode penyampaian materi. Pembelajaran masih terfokus pada penjelasan lisan tanpa banyak media atau aktivitas yang melibatkan gerak atau visual. Selain itu, guru kurang memberikan umpan balik langsung terhadap respons siswa, terutama saat siswa tampak kebingungan. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru memiliki kemampuan komunikasi yang baik, suara jelas, dan mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman. Ia juga memperlihatkan penguasaan materi serta kemampuan untuk mengelola kelas dengan cukup efektif. Pendekatan yang digunakan juga membangun rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat.Hal unik yang dapat diamati adalah pendekatan guru yang sangat humanis dan sabar dalam membimbing siswa. Guru juga sering menggunakan pertanyaan reflektif yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyimak lebih dalam, bukan sekadar mendengar secara pasif.Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru dapat memperkaya metode penyampaian dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih variatif seperti video pendek, gambar, atau alat bantu visual lainnya. Selain itu, guru juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan aktivitas kolaboratif atau diskusi kelompok kecil. Pemberian umpan balik yang lebih cepat dan spesifik juga dapat membantu siswa merasa lebih dihargai dan termotivasi.