silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Muchtar M Noor

Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.

Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.

Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.

Drs. Tarhadi, M.Si.

  1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
  2. Media sudah tepat.
  3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

909 Comments

  1. Nama : Marchella C. Manossoh
    NIM : 859860647

    Media belajar merupakan bagian dari sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, alat, bahan, teknik, dan lingkungan. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga mendorong kegiatan belajar mengajar. Pengadaan media belajar sangat berpengaruh penuh terhadap mata pelajaran matematika, dimana pelajaran ini memerluan benda kongret yang dapat menjelaskan materi bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika. Namun dari video diatas menurut saya agak berbahaya karena guru meminta siswa untuk menggunakan pisau untuk membelah buah, sebagaimana yang kita tahu pisau tidak direkomendasikan untuk dipakai anak-anak. Masih ada media belajar lain yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan, seperti Media Papan Pecahan, atau Puzzle Pecahan, yang dapat dibuat sendiri oleh siswa. Dengan menggunakan media belajar yang dibuat sendiri, dapat menambah kreatifitas siswa di kelas.

  2. Nama :Rina Ernawati
    NIM : 85753541
    UPBJJ : Majalengka

    Dari hasil analisis video di atas dapat saya simpulkan bawa dalam proses pembelajaran guru menyampaikan materi dengan cukup baik akan tetapi serta menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tema yaitu ” belajar matemetika dengan lingkhngan media” yaitu menggunakan praga buah appel sebagai metode yang dapat siswa lihat sehari-hari di lingkungan. Akan tetapi guru sebaiknya tidak menggunakan alat peraga yang terbilang alat tajam seperti pisau untuk di kelas 1 sd. siswa antusias dalam melakukan proses pembelajaran yang bervariasi dan interaktif.

  3. Nama :Rina Ernawati
    PRODI : PGSD
    NIM : 857535641
    UPBJJ : Majalengka

    Dari hasil analisis video di atas dapat saya simpulkan bawa dalam proses pembelajaran guru menyampaikan materi dengan cukup baik akan tetapi serta menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tema yaitu ” belajar matemetika dengan lingkhngan media” yaitu menggunakan praga buah appel sebagai metode yang dapat siswa lihat sehari-hari di lingkungan. Akan tetapi guru sebaiknya tidak menggunakan alat peraga yang terbilang alat tajam seperti pisau untuk di kelas 1 sd. siswa antusias dalam melakukan proses pembelajaran yang bervariasi dan interaktif. 

  4. Nama : La abdulrachim
    Nim 855706338
    UPBJJ : Ambon

    Ass wb
    ijin menjawab

    Dari hasil analisis vidio di atas dapat saya simpulkan bahwa Metode ini berfokus pada penggunaan lingkungan sebagai media untuk memahami konsep matematika ,misanya tentang pecahan dapat di pahami lebih baik jika siswa dapat melihat dan merasakan lingkungan sekitar mereka.misanya guru dapat menggunakan contoh seperti membagi pizza menjadi beberapa bagian untuk mengajar konsep pecahan,dalam pengajaran penting untuk membuat konsep ini mudah dipahami oleh siswa .salah satu cara untuk melakukan adalah dengan menggunakan lingkungan sebagai media misalnya guru dapat membagi pizza menjadi beberapa bagian dan minta siswa untuk menghitung berapa banyak bagian yang mereka miliki ini akan membantu siswa memahami konsep pecahan secara konkret dan praktis.dengan menggunakan lingkungan sebagai media belajar ,siswa dapat lebih mudah memahamim konsep pecahan dan menerapakan dalam kehidupann sehari hari, hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran pecahan.
    terima kasih

  5. Nama : La abdulrachim
    Nim 855706338
    UPBJJ : Ambon

    Ass wb
    ijin menjawab

    Dari hasil analisis vidio di atas dapat saya simpulkan bahwa Metode ini berfokus pada penggunaan lingkungan sebagai media untuk memahami konsep matematika ,misanya tentang pecahan dapat di pahami lebih baik jika siswa dapat melihat dan merasakan lingkungan sekitar mereka.misanya guru dapat menggunakan contoh seperti membagi pizza menjadi beberapa bagian untuk mengajar konsep pecahan,dalam pengajaran penting untuk membuat konsep ini mudah dipahami oleh siswa .salah satu cara untuk melakukan adalah dengan menggunakan lingkungan sebagai media misalnya guru dapat membagi pizza menjadi beberapa bagian dan minta siswa untuk menghitung berapa banyak bagian yang mereka miliki ini akan membantu siswa memahami konsep pecahan secara konkret dan praktis.dengan menggunakan lingkungan sebagai media belajar ,siswa dapat lebih mudah memahamim konsep pecahan dan menerapakan dalam kehidupann sehari hari, hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran pecahan.
    terima kasih

  6. Nama : Fina Gustina
    NIm : 658501459
    Dari vidio tersebut, “belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”
    Adapun kekurangannya guru menjelaskan pelajaran ketika siswa belum siap untuk memulai belajar adapun kelebihan guru membuat eksplorasi terhadap siswa sehingga siswa bisa belajar dari media yang dibawa.

  7. Dari hasil analisis video diatas menurut saya proses pembelajaran sangat menyenangkan karena menggunakan benda-benda konkret untuk melibatkan anak-anak langsung. Namun yang harus perlu diperhatikan ialah benda-benda seperti buah-buahan bisa diganti dengan roti atau sejenisnya karena roti lebih mudah untuk dipotong jadi tidak perlu menggunakan pisau.
    Secara materi sudah sangat bagus karena dengan praktek seperti itu anak-anak dapat lebih mudah memahami penjelasan dari materinya.

  8. Dari hasil analisis video diatas menurut saya proses pembelajaran sangat menyenangkan karena menggunakan benda-benda konkret untuk melibatkan anak-anak langsung. Namun yang harus perlu diperhatikan ialah benda-benda seperti buah-buahan bisa diganti dengan roti atau sejenisnya karena roti lebih mudah untuk dipotong jadi tidak perlu menggunakan pisau.
    Secara materi sudah sangat bagus karena dengan praktek seperti itu anak-anak dapat lebih mudah memahami penjelasan dari materinya.

  9. Nama : Yulianti
    Nim : 856470196
    Mata kuliah : PKM 71
    Semester: 6

    Dari hasil analisis video diatas menurut saya proses pembelajaran sangat menyenangkan karena menggunakan benda-benda konkret untuk melibatkan anak-anak langsung. Namun yang harus perlu diperhatikan ialah benda-benda seperti buah-buahan bisa diganti dengan roti atau sejenisnya karena roti lebih mudah untuk dipotong jadi tidak perlu menggunakan pisau.
    Secara materi sudah sangat bagus karena dengan praktek seperti itu anak-anak dapat lebih mudah memahami penjelasan dari materinya.

  10. Nama:Gigih Agung wicaksono
    Nim:858919104
    pokjar:Umbulsari
    UPBJJ-UT:JEMBER
    Prodi:PGSD
    Berdasarkan vidio yang telah saya amati,pada saat proses pembelajaran ada beberapa siswa yang bergurau sendiri tidak memeperhatikan penjelasan dari guru,
    Kelebihan vidio pembelajaran ini adalah penggunaan lingkungan nyata memungkinkan siswa untuk melihat aplikasi langsung dari konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Lingkungan dapat memberikan kesempatan untuk pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, seperti eksplorasi lapangan dan pengukuran praktis. Selain itu, penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran dapat merangsang kreativitas siswa dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah secara alami.
    kelemahan vidio pembelajaran ini adalah siswa membawa benda tajam takut nya terjadi sesuatu yang tidak di ingin kan

Leave a Reply