silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

95 Comments

  1. Nama : vivi febrianti
    Nim : 856572149
    Dari video yang saya amati dalam memulai pelajaran guru tidak mengabsen siswa terlebih dahulu.
    Guru tersebut langsung menyuruh siswa langsung mempraktekkan membaca puisi tanpa diberi arahan, dan dalam video 2 guru baru mengajarkan cara membaca pantun dengan benar. Sebaiknya guru terlebih dahulu mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar agar siswa dapat mengikuti cara guru tersebut. Untuk mengetahui kemampuan siswa guru dapat melakukan evaluasi pantun dengan memberikan LKS kepada siswa dan Guru Juga Akan mengetahui dimana Letak kekurangpahaman siswa. Dan di akhir pembelajaran tidak memberikan kesimpulan dari materi yg sudah di ajarkan.

  2. NAMA : SITI RAHMA FAUZIR
    NIM : 855974919
    POKJAR : TANJUNGBALAI
    kelemahan dan kelebihan guru saat mengajar, di dalam video tersebut kelemahannya yaitu guru tidak mengawali pelajaran dengan salam dan berdoa. guru juga tidak memberikan suatu motivasi belajar pada saat mengawali pembelajaran cara mengajar guru sangat monoton sehingga siswa terlihat bosan. Dan kelebihannya yaitu, pelajaran berlangsung tertib, siswa merespon pelajaran dengan baik, cara guru menjelaskan materi juga tidak bertele-tele sehingga membuat siswa mudah memahami pelajaran.

  3. Nama : catur Nurul Utami
    Nim :857918772

    Mata Kuliah :Pemantapan Kemampuan yang diamati Hasil Analisis
    Kegiatan Pendahuluan
    1. Tidak ada salam pembuka maupun kegiatan berdo’a sebelum proses belajar mengajar di mulai
    2. Guru tidak menanyakan kabar siswa maupun melakukan pengecekan kehadiran atau mengabsen siswa-siswi dikelas
    3. Tujuan pembelajaran tidak disebutkan
    4. Apersepsi dan motivasi yang di sampaikan guru sudah cukup baik hanya saja masih terlihat kaku
    5. Guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan benar, seharusnya sebelum meminta siswa membaca pantun guru seharusnya memberikan contoh nyabterlebih dahulu agar siswa dapat lebih memahami cara atau intonasi yang tepat dalam membaca pantun

    Kegiatan inti
    Penguasaan guru terhadap materi pembelajaran maupun Penjelasan materi sudah cukup, karena materi yang diajarkan adalah cara membaca pantun yang benar
    2. Penerapan strategi pembelajaran pada video 1 yang mendidik menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab
    Sementara Video 2 menggunakan metode berpasangan investigation, Tanya jawab dan penugasan
    3. Penerapan pendekatan saintifik Video 1 ada tetapi tidak lengkap, kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan bertanya cara membaca pantun
    Video 2 ada tetapi tidak disimpulkan dan alat yang digunakan hanya buku sehingga hasil pengamatan tidak standar atau belum cukup baik serta kurang memuaskan
    4. Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran Video 1 media yang digunakan hanya media buku
    Video 2 menggunakan media buku juga
    5. Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran Video 1 Tidak, pelajaran berfokus pada guru
    Video 2 Ada pelibatan peserta didik
    Kegiatan Penutup
    1. Kesimpulan Tidak ada kegiatan menyimpulkan pembelajaran
    2. Salam penutup Tidak ada pada kegiatan penutupan

  4. Nama : Primada Sriwahyuningtyas
    Nim : 858846786
    Semester : 2
    Jurusan : S1 PGSD BI
    UPBJJ : Malang- Jawa Timur

    Setelah mengamati proses pembelajaran dengan materi membaca pantun pada video tersebut, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat kita jadikan evaluasi agar sebagai seorang guru kita bisa lebih meningkatkan profesionalisme kita dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik kita.
    Membaca pantun merupakan materi yang pasti akan menyenangkan bagi peserta didik di jenjang sekolah dasar, karena pada materi ini peserta didik akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih aktif melalui metode demonstrasi dan mencoba langsung untuk membacakan pantun di depan kelas.
    Beberapa kelebihan pada proses pembelajaran dalam viseo tersebut, antara lain:
    1. Guru mampu mendapatkan perhatian peserta didik dengan cara mengajarnya yang jelas dan bersahabat sehingga seluruh siswa fakus dan aktif mengikuti materi pembelajaran yang diberikan, dan tidak ada yang bergurau.
    2. Guru telah dapat membangun kedekatan dan berinteraksi dengan baik kepada peserta didik di kelasnya.
    3. Guru menerangkan materi yang diberikan dengan menyenangkan.
    4. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencoba mempraktekkan cara membaca pantun, sehingga memberikan pengalaman yang menarik bagi peserta didik.
    5. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah maju untuk membacakan pantun dengan cara memberikan tepuk tangan.

    Namun beberapa kekurangan juga ditemukan pada proses pembelajaran dalam video tersebut, antara lain:
    1. Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.
    2. Guru tidak mengabsen peserta didik.
    3. Guru tidak memberi apersepsi pada awal pembelajaran.
    4. Guru hanya mengatakan materi yang akan dipelajari hari itu tanpa menyampaikan tujuan yang diharapkan akan dicapai peserta didik setelah belajar materi tersebut.
    5. Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik sebelum meminta peserta didik membaca pantun.
    6. Tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran.
    7. Guru tidak memberi tugas.kepada peserta didik sebagai latihan di rumah.
    8. Tidak ada doa penutup pada akhir pembelajaran.

    Saran saya, guru lebih meningkatkan keterampilannya dalam membuka dan mengakhiri pembelajaran serta dapat mengajar peserta didik dengan tahapan pembelajaran yang runtut.

  5. Salam..
    Nama : Rusmiati Sinaga
    Nim : 856565254
    Pokjar : kota Jambi
    UPBJJ : Jambi

    Menurut pendapat saya, pada tampilan video pembelajaran diatas, masih ada terdapat beberapa hal yang kurang dalam proses pembelajaran.

    Pada kegiatan pendahuluan tidak ada salam pembuka, absensi maupun apersepsi.

    Juga tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran. Semua langsung tertuju pada kegiatan inti. Dimana guru langsung meminta siswa membuka buku pelajaran dan mengajak siswa membaca pantun. Saat menjelaskan pengertian pantun juga masih belum tepat. Ketika guru bertanya pada salah seorang siswa, apa itu pantun, dan siswa menjawab pantun adalah puisi. Seharusnya guru menjelaskan bahwa ada perbedaan antara pantun dengan puisi.

    Guru juga langsung meminta siswa untuk membaca pantun tanpa terlebih dahulu memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun dengan benar.

    Memang pada video selanjutnya guru membacakan pantun setelah siswa meminta agar guru tersebut mencontohkan cara membaca pantun.

    Pada kegiatan penutup guru tidak mengajak siswa untuk menutup pembelajaran dengan terlebih dahulu menyanyikan salah satu lagu wajib nasional untuk menumbuhkan sikap patriotisme. Guru juga tidak menutup pembelajaran dengan berdoa.

    Kelebihan dari video diatas dapat kita lihat bagaimana siswa belajar dengan antusias dan melakukan kerja kelompok dengan baik.

    Siswa juga dapat cepat memahami ketika guru menjelaskan tentang ciri-ciri pantun dan dapat langsung mempraktekkannya dalam pembacaan pantun.

    Penampilan guru juga sudah rapi.

    Demikian pendapat saya, terimakasih

  6. Nama : Putri Ardila
    Nim : 856573086
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Tanjab Timur

    Menurut saya, penjelasan yang disampaikan oleh guru terlalu cepat walaupun sebagian anak ada yang mengerti tetapi ada juga anak yang bingung. sebaiknya guru harus menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih kreatif dengan menggunakan misalnya media power point sehingga membuat siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar.

  7. NAMA : SRI MARIATI
    NIM : 855984199
    PRODI : SI PGSD
    POKJAR : LABURA
    MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
    MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
    KELAS 3 SD
    ASPEK YANG DIAMATI HASIL ANALISIS
    1. Pada pendahuluan tidak ada salam pembuka dan kegiatan berdoa sebelum memulai proses belajar mengajar
    2. Guru tidak menanyakan kabar siswa dan mengabsensi kehadiran siswa siswi di kelas
    3. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
    4. Seharusnya guru memberikan contoh cara membaca pantun dengan baik dan benar sebelum meminta siswa untuk membaca pantun sehingga siswa dapat mengerti cara membaca pantun dengan intonasi yang baik dan benar
    5. Apresiasi dan motivasi yang diberikan guru kepada siswa sudah baik hanya guru kurang lues dalam penyampaiannya.

  8. Nama : Irma Damayanti
    Nim : 855995675
    Pokjar : Asahan
    Semester: 8( AKPMM)
    UPBJJ: Medan
    Masa Regestrasi: 2023.1
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Di kegiatan awal , Guru tidak menyuruh siswa berdoa terlebih dahulu
    • Guru tidak melakukan absensi terlebih dahulu
    • Guru tidak memberi motivasi kepada siswa terlebih dahulu,tidak memberi kan yel yel di awal kegiaatan sehingga siswa kurang bersemangat
    • Di kegiatan inti: Guru langsung menyampaikan materi tanpa memberi tujuan materi pembelajaran hari ini
    • Guru menjelaskan terlalu cepat sehingga sebagian siswa merasa kebingungan
    • Guru langsung menyuruh siswa melakukan praktek membaca pantun tanpa mencontohkan terlebih dahulu membaca pantun yang benar
    • Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa setelah melakukan praktek membaca pantun
    • Dikegiatan akhir: Guru tidak menyimuplkan hasil pembelajaran yang di ajarkan
    • Guru tidak memberikan tugas evaluasi kepada siswa
    • Guru tidak melakukan penutup seperti membaca doa kembali dan tidak memberi semangat kepada siswa
    Kelebihan Pembelajaran Dalam Video :
    • Guru menyampaikan penjelasan dengan tepat dan jelas sehingga siswa mudah memahami pembelajaran dan nangkap dalam pembelajaran
    • Guru menciptakan kegiatan belajar yang kondusif dan tentram sehingga siswa tidak ribut dalam waktu pembelajaran dari awal hingga akhir
    • Siswa lebih banyak aktif di dalam kelas
    • Semangat belajar siswa sangat luar biasa

  9. Nama : Tasya Fahmi Nabila
    NIM. : 856984492
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : way tuba

    Kelebihan: dari kelebihan pembelajaran tadi guru menanyakan kabar anak guru memberi tahu kepada anak pembelajaran yang akan di pelajari yaitu pantun dan guru menciptakan pembelajaran yang kondusif dan tentram

    Kekurangan : guru tidak memberikan salam dan guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak guru langsung meminta siswa untuk membaca pantun tanpa memberitahu cara membaca pantun yang benar guru tidak salam saat menutup pembelajaran

    Keunggulan: guru mampu membuat kelas terasa nyaman dan tentram dan guru mampu membuat siswa dapat memperhatikan penjelasan guru dan guru memberikan anak kesempatan pada anak untuk membaca pantun

    Saran : menurut saya pembelajaran sudah cukup baik tetapi guru wajib memberi kan salam baik di awal pembelajaran dan di akhir dan guru harus mengapresiasikan hasil siswa contoh nya guru meminta anak-anak untuk bertepuk tangan karna siswa lain sudah berani maju dan membaca pantun

  10. Nama: Birah Sundari
    NIM: 857112223
    Prodi: S1-PGSD
    UPBJJ: Jakarta
    Pojkar: Tambelang

    Menurut pendapat saya terdapat kekurangan pada kegiatan awal yaitu guru tidak mengawali pembelajaran dengan membaca doa , kemudian pada saat kegiatan membacakan teks pantun guru tidak mencontohkan terlebih dahulu cara membaca pantun yang baik dan benar seperti apa, yang terakhir guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran nya secara detail, untuk kelebihannya guru sudah bagus dalam mendemonstrasikan materi pembelajaran di depan kelas dalam hal apresiasi dan umpan balik kepada anak-anak pun sudah cukup baik dilakukan nya

Leave a Reply