silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

295 Comments

  1. Nama. : Yulia Citra
    Nim. :856023228
    Prodi. : PGSD S1
    Menurut saya dari Vidio di atas interaksi antara guru dan siswa sangat baik,sehingga dalam proses pembelajaran semua siswa fokus kepada guru yang sedang memberi kan penjelasan tentang bagaimana membuat pantu,juga guru tersebut menjelaskan dengan bahasa yang mudah di pahami oleh siswanya,sehingga pembelajaran pun semakin mudah di pahami.

  2. Nama : Lisnawati Dwi Arini
    Nim : 856589927
    Prodi : PGSD S1
    Menurut saya dari video pembelajaran tersebut guru sudah bagus menjelaskan materi tentang pantun kepada siswa. Hanya saja alangkah baiknya jika sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa nya berdo’a terlebih dahulu

  3. Nama: Irma Damayanti
    Nim: 8559956575
    Semester: 8
    Upbjj: Medan
    Pokjar:Asahan

    Menurut analisis dari video yang saya lihat adalah:
    Untuk kegiatan pembuka Guru tidak menyuruh siswa terlebih dahulu berdoa,Guru menyanakan kabar siswa dan melakukan absen terhadap siswa.Guru menjelaskan kepada siswa akan pembelajaran hari ini dan menyanakan kepada suruh siswa tentang materi yang sudah di pelajari sebelumnya.terlebih dahulu guru guru menjelaskan tentang ciri-ciri pantun,Guru membuat siswa lebih aktif dalam pelaksanaa pembelajaran.
    Guru kurang dalam menggunakan metode pembelajaran sehinnga siswa sedikit sulit menangkap pembelajaran. Guru menyimpulkan hasil belajar hari ini dan memotivasi siswa
    pada kegiatan akhir guru tidak menuyuh siswa berdoa.
    Namu pada kegiatan pembelajaran dari mulai sampai akhir siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan tidak ribut dalam waktu pembelajaran di mulai.

  4. nama : ASWARDI
    NIM : 856077649
    Prodi : PGSD S1

    Menurut analisis saya tentang ” Belajar Membuat Pantun ” pada video diatas ialah

    KELEBIHAN
    1. Sebelum memulai pelajaran guru tersebut sudah baik, mulai dari menyapa siswa dan menyampaikan materi apa yang akan dibahas pada kegiatan pembelajaran. Tidak lupa memberikan apersepsi apa itu pantun.
    2. Pada kegiatan penyampaian materi pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru tersebut.
    3. Metode pembelajaran yang digunakan juga sudah baik, dengan membagi siswa secara berkelompok untuk membuat pantun bersama. Hal ini mampu untuk meningkatkan sosialisasi antar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa.

    KELEMAHAN
    1. Guru belum mangajak siswa untuk berdoa
    2. Guru belum motivasi siswa
    3. Guru belum melakukan apersepsi terkait materi pelajaran
    4. Kelompok belajar yang dibentuk guru belum berdasarkan minat, kesiapan belajar dan gaya belajar siswa
    5. Guru belum mendampingi siswa dalam kerja kelompok, sehingga kelompok yang belum bisa masih kesulitan dalam mengerjakan tugas.

  5. Nama Dina rismaya
    Nim 85657330
    Parodi s1 pgsd
    Assalamualaikum izin untuk berkomentar 🙏
    Dari video pembelajaran di atas yang berjudul “BELAJAR MEMBUAT PANTUN” ,guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam,mengadakan absensi.Ada baiknya sebelum masuk ke kegiatan inti, guru menyampaikan apersepsi terkait materi yang akan diberikan sehingga siswa terangsang untuk mengikuti proses pembelajaran berikutnya.Disini guru sudah merangsang keaktifan siswa dengan mengajak siswa untuk belajar kelompok,sehingga memicu siswa untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-temannya.proses pembelajaran terlihat menyenangkan,dimana siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sampai akhir

  6. Nama : ASNA MEYLIANA
    Nim : 859878896
    Prodi : S1PGSD
    Dari video pembelajaran tersebut yang berjudul “BELAJAR MEMBUAT PANTUN”
    Guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa. Dan guru tersebut sudah mengingatkan materi sebelumnya namun dan dilanjutkan dengan apresiasi bahwa para siswa pasti bisa membuat pantun karena mereka pintar dan apresiasi tersebut akan lebih memotivasi anak-anak. Pembelajaran berkelompok yang dilakukan bisa lebih memudahkan anak-anak dalam bersosialisasi dan berbagi informasi.

  7. Nama. : Aciyah
    Nim. :857099693
    Prodi. : PGSD S1

    menuut analisis saya setelah menontn vidio pembelajaran tersebut terdapat dimana di kelas ini guru mengetahui cara menyampaikan dengan baik dan teliti, walaupun guru agak kesulitan dalam membimbing anak dalam kelompok, di kelas ini hampir semuanya sempurna, dimana guru tahu cara memotivasi anak, menyapa, dalam kelompok dalam diskusi untuk mempelajari dan menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak.
    dan jangan lupa di akhir video guru menyuruh anak-anak untuk tetap belajar di rumah, tapi ini ada celah kecil, saya ingin guru melengkapinya dengan memulai belajar dengan doa. karena guru datang menyapa dan langsung memulai pelajaran tanpa menyuruh siswa berdoa terlebih dahulu.

  8. Nama : AHMAD SUTISNA
    NIM : 83647817
    Program Studi : S1-PGSD
    Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
    Pokok Bahasan : Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Belajar membuat pantun)

    Dari hasil menyimak video tentang “Belajar membuat pantun”, dapat ditarik kesimpulan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan dalam video tersebut terlihat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
    Berdasarkan hasil menyimak, terdapat kelebihan dan kelemahan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, yakni sebagai berikut.
    1. Kelemahan
    a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik berdo’a terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing
    b. Sesudah berdo’a, alangkah lebih baik untuk melakukan flashback terkait materi pembelajaran pada hari sebelumnya
    c. Guru tidak bertanya terkait kabar/keadaan siswa saat itu
    2. Kelebihan
    a. Pembawaan gaya penyampaian materi guru yang dinilai cukup menyenangkan membuat siswa terlihat sangat antusias
    b. Penyampaian materi yang tidak berbelit sehingga memudahkan siswa untuk mencerna materi tersebut
    c. Metode pembelajaran yang digunakan juga dapat menstimulus kerjasama antar siswa
    Terdapat hal unik dalam video pembelajaran tersebut yakni, dalam video tersebut selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menggunakan metode diskusi. Metode ini dapat menstimulus kerjasama siswa sehingga siswa terlatih untuk menghadapi perbedaan pendapat dan melakukan problem solving ketika terdapat masalah dalam kelompok diskusinya. Selain itu, tema puisi yang ditentukan oleh guru juga bebas. Hal ini sangat bagus untuk menstimulus critical thinking siswa.
    Beberapa hal yang mungkin akan menjadi upaya sehingga siswa dapat berkembang lebih baik dalam pembelajaran yaitu, meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung (student center) dapat berupa kegiatan seperti sebagai berikut.
    1. Berikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat terkait materi pelajaran yang hendak/sudah dipelajarinya
    2. Berikan kesempatan siswa untuk menilai hasil kinerja kelompok temannya
    3. Melakukan pijatan refleksi sederhana untuk meringankan otot/sel yang sudah berkontribusi dalam tubuh selama kegiatan pembelajaran berlangsung

  9. Nama : Putri Ardila
    Nim : 856573086
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Tanjab Timur

    Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut sudah cukup baik. Namun, dalam pendahuluan terlihat guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum belajar serta tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan belum terlihat memotivasi siswa. Kemudian dalam kegiatan inti guru menjelaskan terlalu cepat mengenai pantun ciri pantun serta contoh pantun dan langsung memberi tugas sehingga terlihat beberapa siswa belum memahami perintah yang disampaikan oleh guru.
    Meskipun demikian, pembelajaran yang ada dalam video berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kesulitan yang mengganggu.

  10. Nama: Anis srigianti
    Nim : 856573355
    Prodi : PGSD-SI
    Semester : 6

    Menurut saya guru sudah melakukan tahap pembukaan yaitu menyapa anak-anak serta menanyakan kehadiran siswa dengan semangat.
    2. Pada video tersebut guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya tetapi guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. agar lebih menguatkan ingatan para siswa.
    3. dalam pembelajaran membuat pantun, guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa lbih bersosialisasi lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran memang sangat bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat.
    4. Menurut saya ada baiknya jika kelompok di tunjuk atau dibagi langsung oleh guru supaya adil dan tidak terjadi keributan antar sesama siswa.
    5. Kemudian dalam proses pembelajaran menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar.

Leave a Reply