Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Nama : NENGSI NALITA
Nim: 856809395
Mahasiswa Universitas Terbuka pokjar : kepahiang
Dari vidio yang telah saya amati diatas dapat saya simpulkan dalam vidio tersebut
pertama kelebihan dalam vidio guru sudah cukup terampil dalam menyampaikan materi pembelajaran serta sudah merangsang daya ingat siswa tentang apa yang telah disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut kemudian guru sudah memberikan kesempatan bagi siswa untuk mencoba memberanikan diri dalam melatih kepercanyaan diri dengan menyuruh mereka untuk satu per satu ke depan untuk membaca puisi .
kedua kelemahan dalam vidio terlihat pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegitan awal dengan baik tidak adanya pengecekan absenssi, religius serta tidak adanya kegiatan menumbhkan rasa nasionalisme dalam kegiatan awal tersebut kemudian kelemahan selanjutya tidak adanya ksempatan bagi siswa untuk menyampaikan kndala apa yang mereka hadapai selama proses belejar mengajar dan guru puntidak memberikan evalasi dalam kegiatan akhir pembelajaran .
Nama : Maspurah
Nim : 858295557
Prodi : PGSD – S1
Dari analisis vedio diatas, menurut saya sudah cukup baik. Dimana kelebihan guru tersebut yaitu :
– memberikan kesempatan peserta didik untuk maju kedepan kelas membacakan puisi untuk menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik.
– mengkondisikan kelas dengan mengajak peseta didik untuk aktif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk menambah pengetahuan peserta didik tentang isi puisi yang telah dibaca peserta didik lainnya.
Adapun kelemahan proses belajar guru tersebut yaitu :
– tidak adanya kegiatan awal dalam pembelajaran seperti, membaca do’a sebelum pembelajaran, menumbuhkan jiwa nasinalisme dengn menyanyikan lagu wajib.
– tidak melakukan apersepsi, untuk menambah motivasi belajar peserta didik, serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
– tidak melakukan tes formatif untuk mengetahui tingkat pemaham peserta didik, agar guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran dan langkah tindak lanjutnya.
Nama : Nur Fitriana
NIM : 858818762
UPBJJ : Malang
POKJAR : Kota Kediri
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Menurut opini saya tentang video pembelajaran diatas adalah :
1. Tidak ada kegiatan pembukaan (seperti doa dan salam)
2. Seharusnya guru sudah memberikan materi tentang puisi terlebih dahulu
3. Guru memberikan contoh membaca puisi tidak dengan intonasi yang datar (seperti membaca cerita)
4. Tidak ada pengulangan materi pada akhir video yang diajarkan
5. Tidak memberikan salam penutup dan doa
Sekian, Terima Kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Siti Aminah
NIM : 858847179
UPBJJ : Malang
Pokjar: Bandung-Tulungagung
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyimak dan melakukan analisis terhadap video dengan judul “Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi” pada GPO, saya berusaha menemukan kekurangan dan kelebihan pada kegiatan pembelajaran tersebut. Berikut kesimpulan yang dapat saya sampaikan:
Beberapa Kekurangan kegiatan pembelajaran yaitu:
1. Guru hanya melakukan salam pembuka, tetapi tidak melakukan kegiatan pengecekan kehadiran siswa (presensi), tidak melakukan kegiatan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan
2. Guru tidak menjelaskan atau mengajak siswa mencari tahu terlebih dahulu tentang pengertian dari puisi itu sendiri
3. Guru mencontohkan cara membaca puisi, tetapi sayangnya dengan intonasi yang kurang tepat, jadi terkesan sedang membaca cerita biasa
4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang apa yang belum dipahami/menyampaikan pendapat tentang materi yang sedang dipelajari
5. Guru tidak mengajak siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
6. Guru tidak melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang baru disampaikan
Beberapa Kelebihan kegiatan pembelajaran yaitu:
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan kelas untuk mencoba membaca puisi (melatih percaya diri)
2. Guru memberikan atensi kepada anak yang berani maju dan reward tepuk tangan kepada para siswa karena berhasil mengungkapkan isi puisi yang telah disampaikan
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama:Ni Wayan Erna Watiningsih
NIM:859037793
Guru sudah mengucapkan salam tetapi tidak mengabsen kehadiran siswa.Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang belum mereka pahami.Guru kurang memberikan kesempadan kepada siswa yang lain untuk tampil kedepan lebih banyak lagi.Supaya mereka bisa berekpresi membawakan puisi dengan ditambah gerakan,tetapi guru sudah memberikan apresiasi kepada siswa yang tampil kedepan.Guru sudah merangsang daya ingat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan,walaupun guru tidak melakukan evaluasi/penilaian.
Nama : RUDIAN
NIM : 858034423
Prodi : PGSD-S1
Assalamualaikum wr.wb,
Setelah mengamati video di atas, menurut pendapat saya pribadi seorang guru dalam video tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan pada bagian tertentu. Misalnya untuk kekurangannya yaitu pada saat membuka kelas atau membuka pelajaran alangkah baiknya guru tersebut melakukan do’a serta absensi terlebih dahulu untuk memulai suatu pelajaran. Tetapi pada suatu sisi lain seorang guru tersebut juga mempunyai kelebihan yaitu mampu menjadikan suasana di dalam kelas tidak terlalu monoton yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada para atau seluruh siswa untuk melakukan atau membacakan puisi yang ada di buku guna untuk menjadikan siswa terfokus pada bacaan puisi tersebut sehingga para siswa menjadi paham dengan apa yang telah dibacakannya tersebut. Dan yang lebih penting lagi pada akhir pembelajaran guru tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar siswa-siswa tersebut menjadi lebih bersemangat lagi untuk belajar dan menjadi lebih termotivasi untuk membaca puisi-puisi lainnya. Demikian pendapat saya kurang lebihnya saya mohon maaf, Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Anggrita Novim Christama
Nim : 858821176
Prodi : PGSD – S1
menurut saya dalam video tersebut diawal pembelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa-siswinya, dan setelah memberi salam guru langsung masuk didalam pembelajaran. Kemudian guru memberikan kesempatan untuk anak-anak maju kedepan untuk melatih kepercayaan dirinya untuk membaca puisi didepan teman-temannya. Dan di akhir video guru juga sudah memberi pertanyaan untuk mengetes apakah anak-anak sudah memahami apa yg mereka pelajari tadi.
Nama : Puji Astutik
NIM : 858568517
Program Study : 118/PGSD -SI
Menurut saya video pembelajaran tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan
kelebihannya adalah
1. guru sudah bisa menguasai kelas
2. guru sudah bisa menyampaikan materi kepada siswa dengan baik
3. guru sudah bisa memberikan pertanyaan dan ada umpan balik dari siswa
4. Guru sudah memberikan kesempatan siswa untuk mengajak siswa maju kedepan
Kekurangannya adalah
1. Seharusnya sebelum pelajaran di mulai guru mengucapakan salam
2. Tidak ada kegiatan pendahuluan seperti berdoa dan kegiatan absensi
3. Tidak ada kegiatan menumbuhkan rasa nasionalisme kepada siswa .
4. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. tidak kegiatan evaluasi pembelajaran
6. Tidak ada kegiatan penutup seperti refleksi dan berdoa
Setelah melihat vidionya saya melihat kelemahan dan kelebihan vidio tersebut.
A. Kelemahan dalam pembelajaran video
1. Guru hanya melakukan salam pembuka, tetapi tidak melakukan kegiatan pengecekan kehadiran siswa (presensi), tidak melakukan kegiatan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan
2. Guru tidak menjelaskan atau mengajak siswa mencari tahu terlebih dahulu tentang pengertian dari puisi itu sendiri
3. Guru mencontohkan cara membaca puisi, tetapi sayangnya dengan intonasi yang kurang tepat, jadi terkesan sedang membaca cerita biasa
4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang apa yang belum dipahami/menyampaikan pendapat tentang materi yang sedang dipelajari
5. Guru tidak mengajak siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
6. Guru tidak melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang baru disampaikan
B. Kelebihan dalam pembelajaran video
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan kelas untuk mencoba membaca puisi (melatih percaya diri)
2. Guru memberikan atensi kepada anak yang berani maju dan reward tepuk tangan kepada para siswa karena berhasil mengungkapkan isi puisi yang telah disampaikan
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Dari video pembelajaran yang berjudul menjelaskan isi puisi terdapat dua penilaian :
1.kelebihan atau keunggulan dari metode penyampaian adalah lebih menarik dan dapat memancing antusiasme siswa untuk belajar memahami dan menjelaskan isi puisi.
2.kekurangan atau kelemahan dari metode tersebut terlalu monoton.
Jd menurut sy kelemahan tersebut dpat diantisipasi agar siswa TDK Jenu diharapkan siswa dpt mempraktekkan langsung dengan cara bergiliran siswa membaca puisi dan siswa yang lain memberikan tanggapan dan kesimpulan isi puisi.ataupun suasananya diruang ruangan.