Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
1.dalam vidio pembelajaran yang di lakukan sangat bagus dan terampil dan membuat siswa sangat tertarik untuk belajar.
kelebihan dalam vidio guru sudah cukup terampil dalam menyampaikan materi pembelajaran serta sudah merangsang daya ingat siswa tentang apa yang telah disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut kemudian guru sudah memberikan kesempatan bagi siswa untuk mencoba memberanikan diri dalam melatih kepercanyaan diri dengan menyuruh mereka untuk satu per satu ke depan untuk membaca puisi .
kedua kelemahan dalam vidio terlihat pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegitan awal dengan baik tidak adanya pengecekan absenssi, religius serta tidak adanya kegiatan menumbhkan rasa nasionalisme dalam kegiatan awal tersebut kemudian kelemahan selanjutya tidak adanya ksempatan bagi siswa untuk menyampaikan kndala apa yang mereka hadapai selama proses belejar mengajar dan guru pun tidak memberikan evalasi dalam kegiatan akhir pembelajaran .
2. Guru memberikan atensi kepada anak yang berani maju dan reward tepuk tangan kepada para siswa karena berhasil mengungkapkan isi puisi yang telah disampaikan
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
NAMA : RELLY HANDAYANI
NIM : 858402404
PRODI : S1-PGSD
Pada video pembelajaran tersebut terlihat guru sangat baik dalam menyapa dan menanyakan kabar siswa namun guru tersebut lupa untuk melakukan apersepsi dan pengecekan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.Lalu Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas membaca puisi sambil memberi pujian namun masih perlu perbaikan lagi agar guru tersebut lebih kreatif dan berwawasan luas.
Nama : Ratih Nur Atika Khoirunnisa’
NIM : 858696962
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya dalam video tersebut kurangnya interaktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang hanya terbatas pada menonton video. Tidak adanya evaluasi atau tes akhir yang dapat mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan. Kurangnya variasi metode pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Beberapa Kelebihan kegiatan pembelajaran yaitu:
1. Video yang disajikan cukup jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik.
2. Pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:
1. Menambah interaktifitas melalui penggunaan teknologi atau platform pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi secara langsung dengan guru dan teman sekelas.
2. Melaksanakan evaluasi atau tes akhir yang dapat memperlihatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari.
Video menunjukkan beberapa hal yang harus dievaluasi. Motivasi siswa dibaca rendah, khususnya membaca puisi. Guru perlu membuat membaca puisi menarik untuk mendorong motivasi siswa dan memberikan pengalaman baru. Guru perlu mengapresiasi peran siswa dalam pembelajaran dan mengajak beberapa siswa membacakan puisi di depan kelas.
Terima kasih.
Nama : Nishfu Lailiyah
NIM : 858911392
UPBJJ : UT Jember
Dari video tersebut, guru langsung mengajarkan materi. Guru tidak menyapa siswa dengan sapaan yang lebih dalam. Dengan kata lain interaksi antara guru dan siswa masih kurang. Selain itu guru perlu menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu. Serta guru perlu lebih inovatif atau lebih kreatif dalam menyampaikan materi, terlebih dalam materi puisi ini. Karena terdapat beberapa unsur dalam penyampaian atau pembacaan puisi.
Tetapi sebagai guru kita juga harus memberikan kesempatan seperti guru pada video tersebut untuk siswa dapat mencoba membacakan puisi dihadapan teman-temannya. Dengan begitu rasa percaya diri siswa dapat dipupuk sejak dini. Tak lupa memberikan apresiasi adalah hal penting dalam pembelajaran. Sehingga siswa dapat lebih termotivasi dalam mempelajari puisi ataupun materi yang lain.
Nama : Umi Kholifatu Saro
NIM : 856942796
Pokjar : Gisting
Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut,cara guru mengajar sangat terampil dan membuat siswa tertarik dalam belajar. Serta siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar dengan tampil di depan teman-temannya. Namun,ada kelemahan dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal,seperti mengecek absensi siswa yang merupakan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran.
Nama : Umi Kholifatu Saro
NIM : 856942796
Pokjar : Gisting
Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut,cara guru mengajar sangat terampil dan membuat siswa tertarik dalam belajar. Serta siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar dengan tampil di depan teman-temannya. Namun,ada kelemahan dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal,seperti mengecek absensi siswa yang merupakan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran.
Nama : Umi Kholifatu Saro
NIM : 856942796
Pokjar : Gisting
Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut,cara guru mengajar sangat terampil dan membuat siswa tertarik dalam belajar. Serta siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar dengan tampil di depan teman-temannya. Namun,ada kelemahan dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal,seperti mengecek absensi siswa yang merupakan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran.
Nama : nurjanah
nim : 856573093
prodi : S1-PGSD
Menurut saya guru melakukan pendahuluan hanya beberapa saja sehingga anak tersebut seperti tidak semangat dan juga siswa belum memahami puisi apa yang telah di bacakan oleh guru tersebut karena guru tersebut belum memberikan kesempatan siswa untuk membaca puisinya seharusnya berikan kesempatan kepada siswa untuk membaca puisi terlebih dahulu agar anak tersebut paham dan guru baru memberikan pertanyaan tersebut,setelah anak membaca puisi dan di sruh guru maju kedepan membaca anak menjadi tau tentang apa puisi itu dan anak menjadi suka untuk membaca puisi.
Nama : Wiwik Ayu Laili Nur
Nim : 858907955
Prodi : PGSD
Dari video pembelajaran di atas, dapat dilihat bahwa guru sudah bagus dalam memberikan kesempatan pada siswa untuk maju ke depan kelas. Hal tersebut akan merangsang rasa percaya diri siswa untuk ke depannya. Guru memberikan contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh siswa untuk mempraktikkannya di depan teman sekelas. Namun terdapat kekurangan pada awal pembelajaran, yaitu guru tidak mengucapkan salam dan tidak melakukan absensi pada siswa.
Nama : Rini Dwi Antika
NIM : 856717208
Pokjar : Gelumbang
UPBJJ : Palembang.
Disini saya mengamati video tentang menjawab pertanyaan isi puisi. Pada video ini, guru telah memberikan penyampaian materi sudah sangat baik, interasi yang diberikan guru sudah mampu menimbulkan timbal balik kepada siswa, sehingga pembelajaran berlangsung tidak monoton. Bahkan guru telah memberikan kesempatan siswa dalam menyampaikan pendapatnya dimana mampu melatih kepercayaan diri siswa tersebut. Namun ada beberapa kelemahan yang terjadi pada video tersebut adalah dimana pada kegiatan awal guru tidak mengajak siswa berdoa, dab mengecek daftar kehadiran siswa. Pada kegiatan akhir pun guru tidak menyimpulkan materi yang di ajarkan.