silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Yanisa Laia
Nim : 817507596
Prodi : PGSD S-1
Pokjar : Teluk Dalam
Menurtu saya video diatas sudah bagus, namun masih perlu pejelasan secara berulang kepada peserta didik dengan membuat banyak pertanyaan, kepada siswa untuk mengetahui sampai dimana penguasaan oleh peserta didik darimateri yang telah di sajikan oleh Guru.Sekian dari saya.
Nama: Anggi Nadia Citra Rukmana
Nim: 858812951
Pokjar : Garum
Progam Studi : S1 PGSD
Menurut dari video yang saya lihat, dari mulai pembukaan guru tidak menyapa siswa dengan baik dan terlalu tergesa-gesa, melakukan pembukaan yang kurang baik. selain itu guru juga tidak ada kegiatan tanya kabar kesiswa itu adalah ;angkah awal pwmbuakaan yang sangat kurang. dan juga anak-anak tidak di beri pengetahuan sebelumnya tentang materi tersebut.
Tetapi dari segi positifnya guru tersebut tidak hanya belajar di dalam kelas, melainkan siswa di ajak keluar untuk melihat secara langsung arah mata angin yang sebenarnya, sehingga siswa lebih memahami apa yang di maksud oleh guru tersebut, siswa pun lebih bersemangat serta antusias untuk memperhatikan serta mempraktikan langsung arah mata angin dengan seksama dan benar. sehingga siswa lebih cepat paham dan tidak ada pengulangan materi tersebut.
Nama : HENDRIK KRISTANTO
NIM : 858830745
POKJAR : Kota Kediri
Kelebihan :
Guru melakukan pretest dilanjutkan dengan diskusi kecil, sangat bagus sekali untuk melihat kemampuan awal siswa dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran.
Guru melaksanakan pembelajaran di luar kelas memanfaatkan ruang terbuka untuk sarana belajar sehingga memberikan variasi tempat belajar agar siswa tidak jenuh.
Guru memberikan reward dengan kata “bagus” dan “tepuk tangan” untuk siswa yang mampu menunjukkan arah mata angin dengan benar, reward ini sebagai bentuk apresiasi serta dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Kelemahan :
Guru tidak memberikan salam dan sapa dalam mengawali pembelajaran.
Ekspresi guru terlihat kaku (kompetensi sosial), sebaiknya sebagai guru SD terutama di kelas rendah lebih murah senyum agar terjalin kedekatan emosi yang baik.
Guru tidak menggunakan media visual berupa gambar atau poster arah mata angin. Dengan adanya gambar atau simbol mata angin dimunginkan siswa lebih mudah mengingat arah mata angin.
Nama :FITRIANI
NIM :855832038
PRODI :S1 PGSD
UPBJJ :11/BANDA ACEH
Menurut pendapat saya tentang analisis vidio di atas,metode yang di lakukan oleh guru tersebut cukup baik,andai saja ada beberapa sikap yang kurang baik yang di tampilkan oleh siswa, dan guru tersebut tdk menugurnya,contohnya pada saat siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan jawaban yang salah malah kawan2 menyorakinya dan itu pun berulang hingga beberapa kali terjadi pada siswa lain di dalam kelas, sebaiknya guru tersebut memperingat kepada siswa jgn menyoraki kawan saat menjawab salah dari pertanyaan ibu,karena kita disini sama2 belajar untuk yg salah menjadi benar.
Terimakasih…
Nama : Siti Nur Syarbania
Nim : 858050317
Kelas : B
PGSD S1
Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Berdasarkan analisis video yang saya amati yaitu :
Kelemahan :
1. Pada kegiatan awal guru guru tidak memberikan salam kepada siswa, berdoa, mengecek kehadiran siswa dan tidak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar.
2. Pada kegiatan inti pembelajaran guru tidak menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa dan langsung praktek di luar kelas.
3. pada kegiatan akhir guru tidak memberikan evaluasi atau latihan soal, serta tidak berdoa dan mengucapkan salam.
Kelebihan :
1. Guru mengajak siswa belajar di luar kelas dan melakukan praktek. Hal ini membuat siswa lebih mengerti dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar tentang menentukan arah mata angin.
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa pada saat menjawab pertanyaan. hal itu membuat siswa bersemangat belajar.
3. siswa mengamati apa yang diajarkan oleh gurunya tentang posisi matahari terbit atau terbenam. setelah itu siswa diminta mempraktekkannya dengan menyebutkan arah mata angin.
Nama : Irfan Rozali
NIM : 858809258
PRODI : PGSD AKPMM
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Menurut pendapat saya :
1. Masih kurang cocok, karena media pembelajaran juga masih kurang dan terkesan sebagian besar guru menggunakan metode ceramah saja
2. Dalam video tersebut, tidak adanya pemantapan di akhir pembelajaran seperti evaluasi dan kesimpulan
3. Siswa cukup terlibat aktif dengan ditunjuknya seorang siswa untuk memeragakan arah mata angin
Terima Kasih
Nama : RESTI AMANDA
NIM : 856441876
POKJAR : Pelalawan
“Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Kelemahan :
Berdasarkan hasil pengamatan rekaman video pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan kurang baik. Guru melewatkan banyak hal yaitu tidak melakukan kegiatan apersepsi seperti tidak ada pengecekan kondisi siswa, tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, sehingga dapat dilihat masih banyak siswa yang asik mengobrol dengan temannya sehingga terciptanya kondisi kelas yang tidak kondusif. Selain itu juga guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan diberikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang diberikan. Padahal kegiatan apersepsi dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih fokus terhadap materi yang nantinya akan disampaikan, terlewatnya apersepsi akan menyebabkan siswa tidak atau kurang fokus pada materi yang akan dibahas. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif
Kelebihan :
Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki.
Nama : RESTI AMANDA
NIM : 856441876
POKJAR : Pelalawan
“Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Kelemahan :
Menurut pendapat saya
Berdasarkan hasil pengamatan rekaman video pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan kurang baik. Guru melewatkan banyak hal yaitu tidak melakukan kegiatan apersepsi seperti tidak ada pengecekan kondisi siswa, tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, sehingga dapat dilihat masih banyak siswa yang asik mengobrol dengan temannya sehingga terciptanya kondisi kelas yang tidak kondusif. Selain itu juga guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan diberikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang diberikan. Padahal kegiatan apersepsi dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih fokus terhadap materi yang nantinya akan disampaikan, terlewatnya apersepsi akan menyebabkan siswa tidak atau kurang fokus pada materi yang akan dibahas. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif
Kelebihan :
Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki.
Nama : Rr. Shabrina Himmata
NIM : 858809344
POKJAR : Kota Kediri
Kelebihan :
1. Guru memancing pertanyaan dilanjutkan dengan diskusi kecil ttg arah mata angin dg gambaran terbitnya dan terbenamnya matahari. Ini bagus untuk mengukur kemampuan awal siswa dan antusias siswa dalam memahami materi yang akan dibahas secara umum.
2. Guru melaksanakan pembelajaran ruang terbuka untuk sarana belajar sehingga siswa lebih antusias.
3. Guru memberikan apresiasi dengan kata “bagus” dan “tepuk tangan” untuk siswa yang mampu menunjukkan arah mata angin dengan benar sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
4. Guru menggunakan media tubuh untuk memberikan gambaran arah mata angin kepada siswa
5. Siswa terlihat antusias dalam kegiatan diskusi ttg pengertian arah mata angin.
Kelemahan :
1. Guru tidak memberikan salam, sapa dan doa dalam mengawali pembelajaran.
2. Ekspresi terlihat kaku dan kurang ramah terlebih pada kelas rendah. Sebaiknya guru menjalin interaksi dg sumringah sehingga murid juga tidak tegang. Karena murid bercermin pada gurunya.
3. Guru tidak menggunakan media visual berupa gambar atau poster arah mata angin. Sehingga siswa kesulitan dalam mengingat dan memvisualisasikan arah mata angin.
4. Guru kurang lengkap menjelaskan arah mata angin yg terdiri dari 8 arah. Yaitu
UTARA, TIMUR, BARAT, SELATAN, TIMUR LAUT, BARAT LAUT, TENGGARA, BARAT DAYA.
Nama : Savira Aulia
NIM : 858808951
Prodi : PGSD
Drai vidio tersebut terlihat siswa kurang bersemangat di awal pembelajaran, kelas terlihat kondusif dan siswa terlihat fokus namun sepertinya anak-anak masih bingung.
Dalam vidio tersebut juga terlihat bahwa guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran diawal pembelajaran serta evaluasi yang hanya dilakukan diluar kelas. Cara guru tersebut dalam menyampaikan pembelajaran juga kurang menarik sehingga siswa cenderung kurang bersemangat dalam menyampaikan pendapat mereka.
Sebaiknya sebelum memulai pembelajran, guru emnyampaiakn tujuan pembelajran serta memberikan motivasi kepada siswa agar siswa lebih semangat dalam belajar. Serta dalam menyampaikan materi mengenai mata angin, dapat dilakukann dengan cara yang lebih menarik salah satunya dengan mengajak siswa membuat petunjuk arah mata angin dari kardus yang diberi kertas warna warni, selain membuat siswa lebih semnagat membuat petunjuk arah juga akan memudahkan siswa dalam menentukan arah mata angin.
Terima Kasih