silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : SITI NUR HALIZA
Nim : 8585670177e7e
UPBJJ : UT MALANG
Prodi : PGSD-AKPMM.
1.bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
-Pertama kali siswa bingung karena mereka belum begitu memahami arah mata angin yang benar
-tapi saat siswa di ajak untuk mempraktekkanya langsung keluar kelas mereka tampak senang
2.secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– sebelum memulai dan sesudah mengakhiri pembelajaran baiknya membaca doa terlebih dahulu
– Paling tidak guru harus mencontohkan senyum dan ceria saat mengajar agar tidak bosan
3.secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– menjelaskan dengan sabar kepada siswa yang belum mengerti akan arah mata angin
– sangat bagus memberikan pertanyaan² mengenai materi yang diajarkan tujuanya kita bisa mengetahui mereka faham atau tidak dengan materi yang guru sudah sampaikan.
4.hal² unik apa saja yang ditemukan dalam video tsb dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– Ada salah satu siswa yang kurang fokus saat guru menjelaskan materi pembelajaran
– tidak ada salam pembuka dan penutup diakhir pembelajaran
5.setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan u/ meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
-memberi salam saat akan memulai pembelajaran maupun diakhir pembelajaran
– memandu siswa untuk berdoa pada awal dan akhir kegiatan belajar
– absensi siswa saat akan memulai pembelajaran
– memperbaiki cara mengajar menjadi lebih ceria dan murah senyum
– menambahkan aktivitas seperti ice breaking agar siswa semangat lagi dan tidak bosan saat pelajaran berlangsung
– menambahkan evaluasi pada akhir pelejaran gunanya agar kita mengetahui seberapa faham siswa mengerti materi yang sudah guru sampaikan
mungkin cukup sekian dari saya apabila ada keslaahan dalam kata saya ucapkan mohon maaf yang se besar-besarnya:)
Nama : SITI NUR HALIZA
Nim : 858567017
UPBJJ : UT MALANG
Prodi : PGSD-AKPMM.
1.bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
-Pertama kali siswa bingung karena mereka belum begitu memahami arah mata angin yang benar
-tapi saat siswa di ajak untuk mempraktekkanya langsung keluar kelas mereka tampak senang
2.secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– sebelum memulai dan sesudah mengakhiri pembelajaran baiknya membaca doa terlebih dahulu
– Paling tidak guru harus mencontohkan senyum dan ceria saat mengajar agar tidak bosan
3.secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– menjelaskan dengan sabar kepada siswa yang belum mengerti akan arah mata angin
– sangat bagus memberikan pertanyaan² mengenai materi yang diajarkan tujuanya kita bisa mengetahui mereka faham atau tidak dengan materi yang guru sudah sampaikan.
4.hal² unik apa saja yang ditemukan dalam video tsb dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– Ada salah satu siswa yang kurang fokus saat guru menjelaskan materi pembelajaran
– tidak ada salam pembuka dan penutup diakhir pembelajaran
5.setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan u/ meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
-memberi salam saat akan memulai pembelajaran maupun diakhir pembelajaran
– memandu siswa untuk berdoa pada awal dan akhir kegiatan belajar
– absensi siswa saat akan memulai pembelajaran
– memperbaiki cara mengajar menjadi lebih ceria dan murah senyum
– menambahkan aktivitas seperti ice breaking agar siswa semangat lagi dan tidak bosan saat pelajaran berlangsung
– menambahkan evaluasi pada akhir pelejaran gunanya agar kita mengetahui seberapa faham siswa mengerti materi yang sudah guru sampaikan
mungkin cukup sekian dari saya apabila ada keslaahan dalam kata saya ucapkan mohon maaf yang se besar-besarnya:)
Nama : Revina Dionita Ardianti
NIM : 858571049
Kelas : 6 A
Pokjar : Al-huda Kediri
Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video di atas :
1. Guru tampak tidak memberikan salam pembuka maupun penutup.
2. Guru tampak tidak mengabsen para siswa.
3. Guru hanya melakukan evaluasi secara lisan tanpa memberikan tes tulis kepada siswa.
4. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa.
5. Metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
6. Guru tersebut mengajar sesuai dengan kurikulum.
Saran saya,
1. Harusnya melaksanakan apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka,berdoa,absensi.
2. Guru memancing pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
3. Setelah menyampaikan materi alangkah baiknya guru melakukan evaluasi tidak hanya secara lisan,namun juga memberikan tes tulis untuk menambah pemahaman siswa.
4. Guru sebaiknya menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup ataupun Hamdallah bagi yang beragama Islam.
Nama: Mareta indah sutra
Nim: 856823207
PRODI: PGSD S1
UPBJJ :UT Bengkulu
Dari Video di atas Menurut saya kurang terampil dan dalam membuka pembelajaran,yang mana bertujuan untuk menambah semangat anak dalam Belajar,
Saat menjelaskan guru kurang menjelaskan materi dan langsung menanyakan tentang materi yang belum di jelaskan,
Di akhir pembelajaran tidak ada kesimpulan maupun salam
Tetapi adapun kelebihannya guru mengajak anak belajar di luar,menghirup udara segar dan mendapatkan suasana yg berbeda 😁
Nama : Mohamad Rifaldi Mamonto
NIM : 859951263
Video pembelajaran diatas dapat saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama : Mohamad Rifaldi Mamonto
NIM : 859951263
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama: Mellyndha Widya Putri
Nim: 858571515
Setelah saya melihat video diatas, dapat saya simpulkan bahwa setiap pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangan. Dalam video pembelajaran diatas Materi dalam pembelajaran bagus untuk mengajak anak kelas tiga mengetahui arah mata angin. Adapun kelebihannya adalah:
1. Guru mengajak anak keluar kelas untuk belajar mengetahui arah mata angin langsung sehingga anak lebih mudah memahaminya
2. Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa
3. Guru memberikan respon positif kepada siswa ketika siswa bisa menjawab pertanyaan dari guru
Kekurangan dari video tersebut adalah:
1. Pada saat kegiatan awal pembukaan tidak ada salam yang disampaikan oleh guru kepada siswa.
2. Guru tidak mengabsen siswa.
3. Guru tidak memberikan semangat kepada siswa.
4. Pada saat pembelajaran guru langsung bertanya kepada siswa tentang arah mata angin.
5. Pada saat kegiatan penutup guru tidak memberkan refleksi, dan tidak mengajak siswa berdoa dan menutup pembelajaran.
Adapun hal unik yang saya dapatkan dari menonton video tersebut adalah ketika guru bertanya arah mata angin ada siswa yang sangat antusias menjawab meskipun sedikit ragu-ragu, ada yang menjawab dengan percaya diri, ada yang menjawab dengan malu-malu.
Adapun saran perbaikan yang dapat saya sampaikan yaitu:
1. Ketika kegiatan awal memulai pembelajaran hendaknya guru membuka pembelajaran dengan berdoa, kemudian hendaknya guru mengabsen siswa
2. Sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru memberikan semangat siswa untuk memulai pembelajaran.
3. Sebelum kegiatan pembelajaran berakhir guru seharusnya memberikan refleksi agar siswa lebih paham.
4. Ketika kegiatan berakhir guru seharusnya memberikan kata-kata penutup pembelajaran setelah itu mengajak anak berdoa.
Nama : LILIN TRISNAWATI
NIM : 858903689
Dalam video pengenalan arah mata angin diatas ada beberapa kekurangan yang saya lihat diantaranya adalah :
1. Guru tidak mengabsen siswa terlebih dahulu diawal pembelajaran.
2. Guru tidak terlebih dahulu menjelaskan apa itu arah mata angin.
3. Guru tidak memberi salam diawal dan tidak mengakhirinya dengan salam.
4. Raut wajah guru kurang bersemangat.
Nama : Robin Natan Abner Zebua
Nim : 855853705
Pokjar : Idanogawo
UPBJJ : Medan
Setelah melihat vidio diatas dapat saya simpulkan bahwa:
Pertama, Harusnya melaksanakan Apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka, berdoa,dan absensi.
Kedua, Guru seharusnya jangan langsung memberikan pertanyaan yg membingungkan terhadap siswa, sehingga Meraka kurang respect dengan materi yang akan disampaikan.
Ketiga, guru Hendaknya lebih menumbuhkan rasa semangat, sehingga terciptanya suasana belajar yang baik.
Terimakasih..
Nama : Siti Norani
NIM : 858066096
Semester : 6
Pokja : Sintang
UPJJ : Pontianak
setelah melihat video pembelajaran diatas dapat saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
– Pada tahap awal di mulai proses pembelajaran di kelas Guru Membuka dengan nanyakan meteri pelajaran dengan membuat pertanyaan kepada siswa satu persatu tentang arak mata angin.
– Kedua Guru menjelaskan letak arah mata angin dengan mengunakan media /alat peraga anggota badannya.
– Ketiga guru memberikan respon yang sangat baik dan positif agar menumbuh semangat belajar siswa.
– Keempat Guru mengajak siswa belajar di luar kelas atau di alam terbuka, supaya siswa mendapat suasana belajar yang nyaman.