silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : DEVI ANGGRAINI
    NIM : 856943132
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokja : Sidomulyo

    Video yang saya lihat pada seri pelajaran IPS di SD, dengan judul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin.
    Berikut analisis saya tentang video yang saya amati.

    1. Kelebihan
    Kelebihan yang saya amati dalam video pembelajaran Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin ini , Metode dalam pembelajaran nya sudah baik karena mempraktikkan langsung di lapangan sehingga siswa lebih mudah memahami materinya , Guru juga sangat antusias dalam memberikan penjelasan terkait arah mata angin kepada siswa, metode tanya jawab yang di lakukan guru juga membangun rasa percaya diri dan keberanian pada diri siswa.

    2. Kekurangan
    Kekurangan yang saya amati pada video pembelajaran ini yaitu Guru sebaik nya menjelaskan terlebih dahulu materi Arah Mata Angin kepada siswa, guru dapat menggunakan media gambar dan kompas agar lebih mudah dalam menjelaskan materi yang di sampaikan, keseriusan siswa dalam belajar juga harus di perhatikan.

    3. Saran
    Saran saya terkait video pembelajaran ini sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru lebih siap dalam materi yang akan di sampaikan , Menentukan metode yang tepat, dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai dengan siswa.

  2. Nama : Yohana Kartika Devi
    Nim : 858776848
    UPBJJ : UT Malang
    Judul video : Belajar mudah menentukan arah mata angin
    link video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-menentukan-arah-mata-angin/
    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut kita sebagai guru harus kreatif dalam menentukan model pembelajaran agar siswa lebih mudah mengingat. seperti yang dilakukan oleh guru tersebut dengan melakukan kegiatan pembelajaran diluar kelas, sehingga siswa lebih luas memandang dan lebih mudah mempelajarinya. guru tersebut memberikan solusi dengan cara peserta didik diminta untuk mengamati posisi matahari terbit dan tenggelam.

    deskripsi dari video tersebut:
    Guru memulai pembelajaran di dalam kelas terlebih dahulu, kemudian menanyakan tentang arah mata angin, setelah itu guru membawa siswa keluar kelas untuk mengamati dimana posisi ketika matahari terbit dan matahari tenggelam. kemudia mengajarkan bagaimana menentukan arah mata angin dengan benar

    kelemahan video tersebut:
    guru terlalu monoton dalam mengajar, kurang berinterasi dengan siswa secara langsung, dan tidak bisa mengendalikan siswa yang ramai

    kelebihan video tersebut:
    guru bisa memanfaatkan situasi dengan tepat, walaupun guru tidak memakai media tetapi guru bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik

    upaya yang dapat dilakukan:
    guru dapat menggunakan media seperti kompas, bila tidak ada bisa melalui aplikasi kompas yang ada di hp, agar siswa bisa membandingkan secara langsung, bahwa memang benar jika matahari terbit dari arah timur dan tenggelam dari arah barat

  3. Nama : Tulus Arum Puspaningsih
    NIM : 857805867
    Prodi : S1-PGSD

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran
    Di awal kegiatan pembelajaran reaksi siswa menunjukkan rasa kebingungan yang teramat sangat dan betul-betul tidak memahami arah mta angin yang diajarkan. Namun, ketika metode pembelajaran diganti reaksi siswa begitu bersemangat dan sangat mudah memahami materi yang disampaikan.

    2. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut ialah guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang pas dan menarik bagi siswa agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan, guru kurang interaktif dan komunikatif dengan siswa, guru tidak memberikan media atau sumber belajar sebagai contoh pemahaman materi kepada siswa, guru tidak menjelaskan secara spesifik penjelasan mengenai arah mata angin, guru kurang menampilkan ekspresi yang bersahabat kepada siswa, serta guru tidak mengevaluasi kembali materi pembelajaran yang sudah diajarkan.

    3. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru sering memberikan bentuk apresiasi kepada siswanya dalam pembelajaran, selanjutnya guru dapat memberikan metode yang lebih relevan dan menarik yang nantinya dapat memberikan pengalaman serta pengetahuan kepada siswa yaitu dengan praktek secara langsung diluar kelas serta mencoba meakukan praktek ersebut secara bersama-sama, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk uji kebolehannya dalam memahami materi.

    4. Hal unik dalam pembelajaran video
    Cara penyampaian materi yang dilakukan dengan contoh badan atau tubuh diri sendiri.

    5. Usulan dalam meningkatkan pembelajaran selanjutnya
    Guru hendaknya menggunakan ekspresi wajah yang lebih bersahabat dengan siswa, metode yang dilakukan guru sebaiknya tidak hanya satu tetapi dengan diambil beberapa contoh, dan guru seharusnya menegur siswa untuk menghormati jawaban yang diberikan oleh teman-temannya.

  4. Nama : Arinta Nazhifah Janani
    NIM : 857702099
    S1 PGSD POKJAR KEDUNGWUNI PEKALONGAN

    IZINKAN MEMBERIKAN TANGGAPAN
    1.REAKSI ANAK DI DALAM ADALAH SANGAT MEMPERHATIKAN DALAM PENYAMPAIAN MATERI
    2. KELEMAHAN DI DALAM PEMBELAJARAN TERSEBUT GURU TIDAK MEMBERIKAN SALAM PEMBUKA DALAM PEMBELAJARAN, ANAK” BELUM MENGETAHUI SECARA PENUH DIKARENAKAN KURANGNYA ALAT PERGA
    3. KELEBIHAN : GURU MEMBERIKAN PENGALAMAN TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA LANGSUNG DI LUAR KELAS
    4. HAL UNIK : GURU MEMPRAKTIKKAN TERHADAP ANAK” SATU PERSATU
    5. SARAN : GURU HARUS MEMPERSIAPAKAN ALAT PERAGA MENGENAI ARAH MATA ANGIN KARENA BANYAK SISWA YANG KURANG MENGETAHUI

  5. Nama :Asna Makruf
    NIM : 856316773
    Prodi : S1 PGSD

    Pada video diatas materi yang diajarkan adalah ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi tentang Belajar Mudah menentukan arah mata angin, setelah mengamati video tersebut dari awal sampai video pembelajaran tersebut selesai saya akan mencoba menjelaskan pendapat probadi saya serta solusi yang dapat saya berikan dalam video kali ini.
    Yamg pertama, dalam video guru (pendidik) memberitahukan kepada siswa materi apa yang akan diajarkan oleh guru pada saat ini dan itu sudah bagus, kita sebagai seorang pendidik memang harus menjelaskan serta memberitahu siswa tentang materi apa yang akan kita bawakan atau kita berikan kepada mereka (siswa).
    Namun dalam video diatas guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran serta tidak adanya pemberian apersepsi dan motivasi dari guru sebelum masuk dalam inti pembelajaran.
    Pembelajaran mata angin memang sangat perlu dengan menggunakan metode maupun strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran akan benar-benar tercapai. Dengan guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas dapat membantu cara berfikir siswa sehingga pembelajaran tidak akan membosankan dan monoton serta pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru. Jika tidak ada media pembelajaran berupa alat seperti kompas dan benda lainnya yang dapat menunjukkan arah mata angin maka dengan metode sederhana melalui pembelajaran di luar kelas sangatlah membantu siswa dalam menganalisa, serta berikir kritis.

  6. Nama : Devi Hikmawati
    Nim : 857701864
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Semarang
    Pokjar : Kedungwuni, Kab.Pekalongan

    Menurut pendapat saya video yang telah saya lihat di atas reaksi siswa pada saat pembelajaran tidak bisa memahami materi dengan baik, akan tetapi setelah guru mengajak belajar di luar kelas dan langsung mengamatinya siswa tampak aktif dalam tanya jawab, serta pada saat guru menjelaskan materi siswa dapat memahami dengan baik.

    Kelebihan : Dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas, dan melakukan pengamatan. Hal ini membuat siswa lebih paham serta aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

    Kekurangan : Guru dalam menjelaskan materi kurang jelas, ekpresi terlihat monoton, serta dalam pembelajaran tersebut tidak ada pendahuluan yang dilakukan oleh guru, sehingga siswa merasa sulit untuk menangkap materi yang disampaikan guru dan sulit untuk bertanya jawab.
    Solusi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebaiknya guru memberi penjelasan mengenai tujuan pembelajaran, guru menerangkan materi harus jelas, memberikan motivasi kepada siswa, serta mencoba hal yang baru misalnya menggunakan alat peraga contohnya memeberi video yang diyoutube mengenai arah mata angin. Hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat dan giat belajar.

  7. Nama : Lili Purnama Sari
    Nim : 858054307
    Prodi : PGSD-S1

    Seri : Pengembangan IPS di SD
    Judul : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Menurut saya video tersebut sangat bagus, di mana pada pembelajaran menentukan arah mata angin ini seorang guru sudah menyiapkan metode yang akan disampaikan sehingga siswa lebih mudah memahami arah mata angin.

    Pada video tersebut tampak seorang guru mengajak siswa belajar outdour sehingga siswa lebih mudah dalam menentukan arah mata angin.

  8. 16 April 2023 pukul 23.51
    Nama : ABD.HALIM
    Nim : 858910122
    Prodi : PGSD S-1
    Pokjar : Kalisat
    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
    Mohon ma’af sebelumnya setelah saya mengamati dan menganalisis Video tersebut sudah bagus,cuman ada sedikit kekurangan,alangkah baiknya guru itu sebelum memulai pelajaran menyapa murid dengan ucapan salam,berdoa,dan memberikan yel-yel kepada siswa biyar nanti ketika menerima pelajaran tidak canggung dan menoton.Jadi guru berusaha terlebi dahulu bagaimana siswa tersebut senang dulu terhadap kehadiran kita didalam kelas.Dan juga alangkah lebih cepat diresapi dan dipahami oleh peserta didik tentang arah mata angin buatlah gemes sehingga siswa merasa senang dan tertantang,dan juga perlu di ajarkan kepada siswa bukan cuman arah utara,selatan,barat,dan timur,tetapi untuk arah tenggara,barat daya,barat laut,dan timur laut,ini sangat perlu di berikan kepada siswa,kebanyakan siswa kebingungan di arah yang tiga ini,barat daya,barat laut,dan timur laut soalnya dalam bahasa indonesia terbalik dengan bahasa daerah,apalagi asli orang madura.Mungkin ini yang dapat saya analisis dari Video diatas.Sekali lagi saya mohon Ma’af apabila ada salah kata.
    Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

  9. Nama : Anisa hatuwe
    Nim : 823059031

    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut kita sebagai guru harus tampil dan menetukan modul pembelajaran.
    Guru tidak memaparkan mengenai tujuna pembelajaran yang akan di berikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang di terima.
    Guru terlihat menguasai pembelajaran dengan baik, dan menyampaikan pembelajaran siswa dengan keadaan siswa.

  10. Nama : Siti Hikmatul Aliyah
    Nim : 857311548
    UPBJJ : BOGOR

    Saya menonton sebuah video pada seri pelajaran IPS di SD yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”. saya melakukan analisis terhadap isi video.

    Kelebihan video ini adalah metode pembelajarannya yang sudah baik karena siswa dapat langsung mempraktikkan materinya di lapangan, sehingga lebih mudah dipahami. Guru juga sangat antusias dalam memberikan penjelasan terkait arah mata angin kepada siswa dan menggunakan metode tanya jawab yang dapat membangun rasa percaya diri dan keberanian pada diri siswa.

    Namun, terdapat kekurangan pada video pembelajaran ini. Guru sebaiknya lebih dulu menjelaskan materi Arah Mata Angin kepada siswa dan menggunakan media gambar dan kompas agar lebih mudah dalam menjelaskan materi yang disampaikan. Keseriusan siswa dalam belajar juga harus diperhatikan.

    Saran saya terkait video pembelajaran ini adalah sebaiknya guru mempersiapkan diri dengan materi yang akan disampaikan, menentukan metode yang tepat, dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai dengan siswa.

Leave a Reply