silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama : Anisa Putri
    NIM: 856486213
    UPBJJ-UT: Pekanbaru

    Video ini menunjukkan pentingnya pendekatan pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung, terutama untuk materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Namun, struktur pembelajaran yang lengkap sangat diperlukan untuk memastikan siswa memahami materi secara menyeluruh.​
    Rekomendasi untuk Pembelajaran yang Lebih Efektif:
    1.Struktur Pembelajaran yang Jelas: Mulai dengan kegiatan pembukaan (salam, doa, apersepsi), diikuti dengan penjelasan materi, praktik, dan diakhiri dengan evaluasi serta refleksi.
    2.Penjelasan Teoritis Sebelum Praktik: Memberikan penjelasan awal tentang konsep arah mata angin sebelum praktik dapat membantu siswa memahami tujuan kegiatan.
    3.Evaluasi dan Refleksi: Melakukan evaluasi di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari.​
    Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, pembelajaran tentang arah mata angin dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi siswa.

  2. Perkenalkan saya Yunita Wulandari dengan 58571 32368 dari upbj Yogyakarta PGSD semester 8 Izinkan saya untuk ikut berdiskusi mengenai video tersebut pertama kesulitan yang dialami oleh murid yaitu menentukan arah mata angin di dunia nyatanya meskipun ia sudah tahu beberapa nama arah mata angin kedua kesulitan yang dialami guru yaitu guru memerlukan tempat di luar kelas untuk mempelajari secara lebih rinci yang mana ini membuat Iya lebih ekstra menjaga anak di luar kelas agar tetap fokus hal yang bisa dilakukan guru menurut saya yaitu sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat pembelajaran seperti menyediakan tempat dari awal sampai akhir pembelajaran di luar kelas karena jika perpindahan kelas terjadi di tengah-tengah materi itu membuat konsentrasi anak kurang keempat anak mendapatkan bayangan yang jelas mengenai materi yang diberikan guru tentang menentukan arah mata angin dengan konsentrasi yang full keuntungannya yaitu pertama anak memahami pembelajaran kedua guru tidak perlu menerangkan berkali-kali untuk membuat anak mengerti kelemahannya yaitu guru membutuhkan persiapan yang matang karena pembelajaran dilakukan di luar kelas

  3. NAMA : NURUL AMALIA
    NIM : 859895538
    POKJAR : ASAHAN

    Pembelajaran tentang arah mata angin merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting dikuasai oleh siswa sejak dini. Dari program ini, kita dapat melihat bahwa tidak semua siswa secara otomatis memahami konsep arah mata angin dan membaca peta lokasi, meskipun mereka hidup di lingkungan yang penuh dengan petunjuk alam.
    Dengan pendekatan yang sederhana dan kontekstual, seperti mengamati matahari atau menggunakan tubuh sebagai alat bantu orientasi arah, siswa lebih mudah memahami dan mengingat arah mata angin. Penggunaan kompas juga menjadi solusi praktis ketika pengamatan alam tidak memungkinkan, misalnya saat cuaca mendung.
    Refleksi ini mengingatkan kita bahwa proses belajar harus dekat dengan pengalaman nyata siswa, serta pentingnya menyediakan berbagai strategi untuk mengakomodasi kondisi yang berbeda. Guru memiliki peran besar dalam membimbing siswa agar keterampilan ini tidak hanya dipahami secara teori, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  4. NAMA : PUTRI ERIKA

    NIM: 859884162

    POKJAR: ASAHAN

    PROGRAM STUDI: S1 PGSD

    Pada video Pembelajaran diatas setelah saya pahami tentang arah mata angin merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dikuasai oleh siswa sejak dini. Dari pembelajaran ini, kita dapat melihat bahwa tidak semua siswa secara otomatis memahami konsep arah mata angin dan membaca peta lokasi, meskipun mereka hidup di lingkungan yang penuh dengan petunjuk alam. Dengan pendekatan yang sederhana dan kontekstual, seperti mengamati matahari atau menggunakan tubuh sebagai alat bantu orientasi arah, siswa lebih mudah memahami dan mengingat arah mata angin. Penggunaan kompas juga menjadi solusi praktis ketika pengamatan alam tidak memungkinkan, misalnya saat cuaca mendung. Refleksi ini mengingatkan kita bahwa proses belajar harus dekat dengan pengalaman nyata siswa, serta pentingnya menyediakan berbagai strategi untuk mengakomodasi kondisi yang berbeda. Guru memiliki peran besar dalam membimbing siswa agar keterampilan ini tidak hanya dipahami secara teori, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  5. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman IPS yang kuat dari kecil akan menjadi pondasi yang kokoh untuk pembelajaran dan untuk menghadapi berbagai kehidupan sehari-hari. Namun kadang sebagian siswa tidak menyukai pelajaran IPS. Dari video tersebut nampak sebagian siswa kebingungan menentukan arah mata angina pada pelajaran IPS. Mereka tampak tidak bersemangat ketika guru menyampaikan pelajaran IPS. Namun dalam video tersebut Ibu guru melakukan cara dan upaya agar pembelajaran menjadi menarik dan anak-anak bersemangat memperhatikan yaitu dengan mengajak siswa keluar ruangan dan menunjuk arah mata angina dengan berpedoman arah terbit dan terbenamnya matahari. Siswa sangat antusias ketika melakukan pembelajaran di luar ruangan dan menyampaikan manfaat mengenal arah mata dengan pelajaran IPS tersebut.

  6. Nama : REVINA DIONITA ARDIANTI
    NIM : 858571049
    Prodi : S-1 PGSD SMT 8
    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman IPS yang kuat dari kecil akan menjadi pondasi yang kokoh untuk pembelajaran dan untuk menghadapi berbagai kehidupan sehari-hari. Namun kadang sebagian siswa tidak menyukai pelajaran IPS. Dari video tersebut nampak sebagian siswa kebingungan menentukan arah mata angina pada pelajaran IPS. Mereka tampak tidak bersemangat ketika guru menyampaikan pelajaran IPS. Namun dalam video tersebut Ibu guru melakukan cara dan upaya agar pembelajaran menjadi menarik dan anak-anak bersemangat memperhatikan yaitu dengan mengajak siswa keluar ruangan dan menunjuk arah mata angina dengan berpedoman arah terbit dan terbenamnya matahari. Siswa sangat antusias ketika melakukan pembelajaran di luar ruangan dan menyampaikan manfaat mengenal arah mata dengan pelajaran IPS tersebut.

  7. Nama : Ezri Wasti Novia Gori
    Nim : 855869112
    UPBJJ UT MEDAN
    Pokjar Idanogawo – Nias

    Menurut saya video mengajar yang dilakukan kurang maksimal.
    Dalam video tersebut, guru langsung menyampaikan materi yang dipelajari. Baiknya saat memulai pembelajaran terlebih dahulu dilakukan awal/pembukaan pembelajaran menyapa/memberi salam, berdoa, menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran, mengajak bernyanyi/ melakukan ice breaking agar suasana kelas hidup.
    Dalam video tersebut, guru memberi contoh secara langsung dan mempraktekkan dilapangan. Tetapi, baiknya guru menggunakan alat peraga yang akurat seperti kompas dan lainnya yang dapat menunjukkan arah mata angin. Guru dan peserta didik aktif saat proses belajar semangat sehingga suasana semangat dan tidak kaku. Terakhir, guru harus melakukan kegiatan evaluasi di akhir pembelajaran.

  8. Nama:Maulana Solehudin
    Nim:857031837
    UPBJJ UT BANDAR LAMPUNG
    Pokjar Sidomulyo
    Menurut saya Cara pengajaran kurang di mengerti oleh murid atau bisa di katakan susah di fahami karena cara penyampaian nya kurang, di dalam vidio tersebut guru langsung menuju ke materi pokoknya tanpa ada salam pembuka atau sapaan kepada anak anak agar anak anak tersebut bisa dengan senang untuk belajar arah mata angin, alat peraga seperti kompas juga jadi bahan yg sangat penting menurut saya untuk pembelajaran arah mata angin karna selain kita mengajarkan arah arah mata angin kita juga mengajarkan cara menggunakan alat bantu arah mata angin yaitu berupa kompas

  9. Nama : BONDAN LARASATI RAHAYU
    NIM : 859945127
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT JAKARTA

    Assalamualaikum wr wb
    Izinkan saya memberikan komentar untuk video di atas.

    Setelah saya menonton video tersebut, hal pertama yang saya tangkap adalah Guru langsung masuk ke pembelajaran IPS tentang arah mata angin. Murid-murid merasa kesulitan untuk mengetahui arah mata angin sekolah. Arah mata angin merupakan salah satu pelajaran yang penting. Guru harus memberikan contoh dan pemahaman yang menarik dan efektif agar murid mengetahui araha mata angin dengan baik.
    Metode yang digunakan adalah Direct Learning yaitu belajar langsung dengan mengamati contoh pemahaman yang diberikan oleh Guru dan dilakukan di luar kelas. Hal ini lebih efektif dimana murid-murid dapat mempraktekkannya langsung dan memahami arah mata angin.

    Demikian komentar dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr wb

  10. Nama : Sherly Marsella
    Nim : 856823088
    Pokjar : Ketahun
    Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki kekurangan yaitu
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Sebagai kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    sebagai solusinya sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajatan dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku melainkan membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar.. terimakasih

Leave a Reply