silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Assalamualaikum
    Perkenalan Nama saya : Sherly Marsella
    Nim : 856823088
    Pokjar : Ketahun

    Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki kekurangan yaitu
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Sebagai kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    sebagai solusinya sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajatan dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku melainkan membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar

  2. Assalamualaikum..
    Perkenalan Nama saya Sherly Marsella
    Nim : 856823088
    Pokjar : Ketahun
    Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki kekurangan yaitu
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Sebagai kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    sebagai solusinya sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajatan dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku melainkan membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar.

  3. Nama : Azzah Nirah Hayu
    NIM : 857163932
    UPBJJ : UT Jakarta

    Dari pengematan saya mengenai video pembelajaran “Belajar Menentukan Arah Mata Angin dengan Mudah” , menurut saya untuk mendukung pembelajaran yang utuh dan bermakna, penting untuk menambahkan unsur pembiasaan positif seperti doa sebelum dan sesudah kegiatan belajar. Selain itu, evaluasi pembelajaran sebaiknya tidak hanya dilakukan di luar kelas, tetapi juga dalam proses pembelajaran berkelanjutan di kelas agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa secara menyeluruh. Dengan begitu, pembelajaran tidak hanya berfokus pada pencapaian kognitif, tetapi juga sikap dan keterampilan siswa. Hal ini juga sejalan dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berbasis kurikulum yang berlaku.

  4. Nama : Widia Shita
    NIM : 857136594
    Semester 8 – UPBJJ UT Jakarta

    Menurut saya, pada video diatas memiliki beberapa kelebihan yang baik, diantaranya guru mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikan langsung dalam menentukan arah mata angin dengan hal ini memudahkan siswa untuk lebih cepat mengerti arah mata angin, dengan adanya praktik langsung seperti itu membuat siswa lebih tertarik dan senang dalam mengikuti pelajaran. Guru pun memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperbaiki atau kelemahan dalam video tersebut diantaranya, kurangnya alat peraga dalam praktik langsung seperti kompas atau gambar arah mata angin agar membantu siswa dalam memahami materi dengan baik.

    Secara keseluruhan, yang terdapat dalam video sudah sangat baik apalagi dalam pengajaran materi kepada siswa, namun ada sedikit beberapa hal yang harus diperbaiki agar lebih baik lagi

  5. Hai,
    Saya Hendi Alfrius Waruwu
    Menurut saya, pada video diatas ada kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihan yaitu dimana guru mengajak siswa keluar kelas untuk belajar sehingga mereka dapat langsung memahami pembelajaran secara jelas karena dipratekan secara langsung.
    Kekurangan nya terletak pada awal pembelajaran dimana Guru hanya menyapa siswanya dan langsung masuk menyampaikan pembelajaran, Guru tidak memberikan motivasi siswa pada awal pembelajaran siswa tidak tertib dan guru juga kurang perhatian terhadap siswanya dimana terdapat saat siswa menyampaikan pendapat dan diejek oleh siswa lain guru tidak memperingatkan siswa untuk tidak saling mengejek saat siswa lain memberikan pendapat

  6. Nama: Zeni Vitiani
    NIM: 858086113
    Semester: 6

    Menurut pendapat saya setelah melihat video Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin adalah sebagai berikut.
    1. Reaksi siswa sangat antusias ketika belajar menentukan arah mata angin di lapangan sekolah.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di kelas terkesan monoton sehingga siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran adalah ketika guru mengajak siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mempraktikkan langsung di luar kelas.
    4. Hal unik dalam video tersebut adalah siswa yang langsung memahami cara menentukan arah mata angin ketikan mempraktikkannya langsung di luar kelas.
    5. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selain mempraktikkan langsung bisa juga dengan memberikan gambaran kepada siswa, misalnya dengan menggambarkan arah mata angin di papan tulis.

  7. Nam : Dessy Adelina Hutagaol
    NIm : 860109406
    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Menurut saya video ini memiliki kelebihan yaitu :
    1. Guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif, dengan mengajak siswa mempraktikkan langsung menentukan arah mata angin
    2. Membuat siswa aktif, mendorong siswa untuk berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, dan melakukan aktivitas
    3. Guru menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari hari dengan mengajak siswa berdiskusi atau bertanya letak arah mata angin sekolah mereka jika dilihat dari tempat tinggal siswa.
    Kekurangan video ini adalah
    1. Guru membuka kegiatan pembelajaran langsung ke materi, tidak memberikan salam pembuka terlebih dahulu dan memberikan motivasi seperti menanyakan kabar siswa.
    Demikian tanggapan dari saya. Terima kasih

  8. Nama: DESI RIYANI
    NIN: 856480892
    UPBJJ: Pekanbaru
    Semester 6

    Menurut saya pada video di atas sudah menarik, dan memiliki beberapa kelebihan salah satunya guru mengajak siswa belajar di ruangan untuk mempraktikkan langsung bagaimana menentukan arah mata angin dengan mudah sehingga siswa tidak jenuh.

    Hanya saja pada awal pembelajaran menurut saya seharusnya guru mengawali dengan berdoa dan memberikan motivasi kepada siswa terlebih dahulu.

  9. Berdasarkan pengamatan video yang telah saya lihat. Menurut pendapat saya pada proses pembelajaran tersebut tidak adanya salam sapaan, bertanya kabar, absensi siswa, saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang mata angin dan kekurangan media belajar pendukung misalnya disediakannya kompas atau gambar-gambar.
    Namun kelebihan dalam video tersebut siswa diajak eksplor secara langsung ke luar kelas untuk mempraktekkan arah mata angin sehingga siswa lebih mudah dan sederhana untuk mengetahui apa itu mata angin serta bisa membedakannya dengan baik. Dengan cara ini siswa memahami cara menentukan arah mata angin dan membuat pembelajaran menjadi lebih aktif.

  10. Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa guru tersebut mengajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran ini bisa membantu siswa dalam belajar dan menguasai pelajaran, terbukti, dari kegiatan langsung siswa mampu meningkatkan hasil belajar dengan mudah dan siswa lebih fokus untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tentang arah mata angin tersebut .

Leave a Reply